9 Aplikasi VPN Gratis Terbaik untuk Android

Butuh rekomendasi aplikasi VPN gratis terbaik di Android untuk membuka aplikasi dan situs yang diblokir internet positif? Simak daftarnya di sini yuk!

Akhir-akhir ini rasanya cukup banyak situs yang sulit diakses karena diblokir internet positif. Jika dulu situs yang diblokir biasanya berupa situs judi atau situs dewasa saja, kini situs steaming dan situs lain yang melanggar hak cipta pun mulai sulit diakses dari Indonesia.

Tidak hanya itu, salah satu situs download subtitle terbaik Indonesia seperti Subscene pun kini keta getahnya meski file yang dibagikan tidak langsung melanggar hak cipta.

Untungnya, kini ada banyak cara untuk membuka situs yang diblokir internet positif. Bagi pengguna Android, salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan aplikasi VPN terbaik berikut ini.

Apa itu VPN?

VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network yang jika diterjemahkan kira-kira berarti Jaringan Privat Virtual.

Fungsi dari VPN adalah untuk menyembunyikan alamat IP yang kita gunakan sehingga aktifitas virtual kita tidak akan dapat dideteksi dengan mudah. Tidak hanya itu, jaringan yang digunakan dalam VPN juga sudah terenkripsi sehingga data-data yang kita kirim melalui VPN akan jauh lebih aman (setidaknya secara teori).

Manfaat VPN tidak hanya itu saja. Dengan VPN, browsing history kita juga akan tersembunyi dari Internet Service Provider (ISP) yang kita pakai. Hal ini terjadi karena aktifitas kita selama di web akan diasosiasikan dengan alamat IP yang dimiliki jaringan VPN yang kita gunakan. Karena itulah, VPN menjadi cara populer untuk membuka situs yang diblokir internet positif.

Aplikasi VPN Android Gratis Agar Bebas Internetan

Beruntunglah pengguna Android karena kini aplikasi VPN begitu mudah dijumpai di Play Store. Tidak hanya yang berbayar saja, aplikasi VPN gratis pun cukup banyak. Meski fiturnya cukup terbatas, speednya masih lumayan oke dan rasanya sudah cukup untuk pemakaian personal.

1. Turbo VPN

Aplikasi vpn gratis terbaik dari Turbo VPN

Aplikasi VPN gratis pertama yang bisa kamu unduh gratis dari Playstore adalah Turbo VPN. Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena kamu tidak perlu daftar terlebih dahulu untuk mulai menggukannya. Dan untuk terhubung melalui aplikasi ini, kita hanya perlu menekan satu tombol saja.

Pada versi gratisnya, kamu hanya bisa menggunakan VPN dengan server Singapura, Jepang, Jerman, Kanada, hingga Amerika Serikat saja. Namun dari pengalaman saya, server-server ini sudah cukup untuk dipakai membuka situs yang diblokir. Selain itu kecepatannya cukup baik dan bisa dipakai untuk mengakses streaming video secara live.

2. Thunder VPN

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Thunder VPN adalah aplikasi VPN terbaik yang cukup mudah digunakan. Cukup satu kali klik saja, kita sudah terhubung dengan server terbaik dari Thunder VPN yang bisa diakses melalui jaringan Wi-Fi, LTE, 4G, dan 3G di semua operator seluler. Tidak hanya itu, kita juga tidak perlu login terlebih dahulu.

Selama memakai aplikasi Thunder VPN, kit tidak perlu pusing masalah biaya karena aplikasi ini bisa dipakai gratis. Server yang disediakan pun cukup banyak serta memiliki kecepatan yang sangat baik.

3. TunnelBear VPN

Aplikasi selanjutnya adalah TunnelBear VPN yang dikenal sebagai salah satu aplikasi VPN gratis terbaik karena performanya yang stabil. Selain itu kecepatannya pun cukup tinggi saat diakses dari Indonesia.

Namun beda dengan aplikasi VPN gratis lainnya, TunnerBear hanya memberi kuota bandwidth sebesar 500MB saja per bulannya. Meski begitu, kamu bisa meningkatkan batas kuota ini dengan membagikan atau share aplikasi ini ke media sosial.

4. Free VPN Tomato

Free VPN Tomato adalah salah satu aplikasi VPN terbaik dan tercepat yang bisa digunakan untk menyembunyikan alamat IP, mengenkripsi jaringan internet, membuka situs yang diblokir, hingga membuka situs yang tidak bisa diakses dari Indonesia. Selain itu, fitur-fitur pada Free VPN Tomato membuatnya menjadi salah satu aplikasi VPN terbaik untuk bermain Mobile Legend, Free Fire, atau PUBG.

Dengan 60+ lebih pilihan lokasi server, Free VPN Tomato menjanjikan kualitas jaringan yang stabil dan bebas kuota (unlimited). Selain itu, Free VPN Tomato juga bisa mendeteksi asal negara dan menghubungkan kita dengan server terdekat agar kecepatan akses kita tetap tinggi.

5. Proton VPN

Jika kamu peduli dengan masalah keamanan, maka salah satu aplikasi VPN gratis terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Proton VPN. Tidak hanya aman, Proton VPN juga memiliki kecepatan akses yang baik, stabil, dan tanpa kuota bulanan.

Proton VPN sendiri dibuat oleh ilmuwan CERN dan MIT yang juga membuat aplikasi email terenkripsi paling aman di dunia, Proton Mail. Proton VPN menggunakan enkripsi AES-256 dan 4096 RSA untuk memastikan data kamu aman. Selain itu, Proton VPN juga berlokasi di Swiss yang cukup ketat untuk masalah privasi. Dengan begitu kamu bisa cukup yakin kalau aplikasi ini tidak akan menyimpan browsing history, menjual data ke pihak ketiga, atau menampilkan iklan yang mengganggu.

6. Betternet VPN

Aplikasi VPN terbaik selanjutnya adalah Betternet VPN yang bisa digunakan gratis dan tanpa kuota di hape Android. Betternet VPN akan menyembunyikan alamat IP, mengenkripsi jaringan internet, dan membantu membuka aplikasi serta situs yang diblokir dengan aman.

Pada betternet VPN, terdapat fitur Shield Wi-Fi Hotspot agar penggunanya bisa terlindungi saat menggunakan Wi-Fi publik. Selain itu aplikasi ini dapat mengalihkan kita jaringan ke server tercepat dengan melihat lokasi penggunanya.

Untuk versi gratis, kita hanya akan mendapatkan kuota sebesar 500 MB per hari. Selain itu aplikasi ini juga akan memunculkan iklan agar kamu bisa terus memakai aplikasi VPN ini dengan gratis.

7. 1.1.1.1: Faster & Safer Internet

Berbeda dengan aplikasi lain di daftar ini, 1.1.1.1 dari Cloudflare ini bekerja dengan cara merubah DNS Android menjadi 1.1.1.1 yang dimiliki oleh Cloudflare. Dengan DNS Server ini, koneksi internet kita akan jauh lebih aman. Selain itu kecepatan koneksinya pun tetap cepat sehingga tidak mengganggu aktifitas browsing kamu.

Karena berasal dari Cloudflare, aplikasi ini hanya bisa diatur untuk menggunakan DNS Server 1.1.1.1 saja. Dan karena bukan berbentuk VPN, aplikasi ini mungkin tidak akan bisa membuka seluruh situs yang diblokir internet positif, apalagi jika ISP yang kamu pakai sudah memblok DNS Server ini.

8. Opera with Free VPN

Opera memang bukan aplikasi khusus VPN, melainkan sebuah browser. Browser Opera sendiri dikenal sebagai salah satu browser terbaik untuk Android. Beberapa fitur yang ada pada browser ini antara lain adblocker, news feed, night mode, private browsing, serta layanan VPN gratis.

Meski gratis, VPN dari Opera termasuk salah satu yang bisa diandalkan. Selain cepat, koneksinya juga sangat stabil dan bisa digunakan tanpa kuota tertentu. Jika ada kekurangan, VPN dari Opera hanya bisa dipakai di dalam browser itu saja. jadi jika kamu ingin mencari aplikasi VPN untuk Mobile Legends atau aplikasi lainnya, kamu harus mencari aplikasi khusus VPN.

9. Hola Free VPN Proxy unblocker

Hola adalah salah satu aplikasi VPN yang mudah digunakan dan sudah ada cukup lama. Tidak hanya tersedia di Android saja, aplikasi Hola juga bisa kamu instal di iPhone atau sebagai ekstensi browser.

Pada versi gratisnya, Hola tidak menyediakan server VPN mereka sendiri namun memakai sistem peer-to-peer di mana penggunanya akan saling berbagi resource untuk menciptakan jaringan open web yang bisa diakses siapa saja. Dengan begitu Hola bisa diakses dari banyak negara dan mampu membuka lebih dari 99% situs yang diblokir.

Hati-Hati Saat Menggunakan Aplikasi VPN Gratis

Meskipun semua aplikasi VPN di atas bisa kita pakai secara gratis, kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakannya.

Dari beberapa sumber, aplikasi VPN gratis seringkali menjadi celah masuknya malware berbahaya yang bisa saja mencuri data-data penting yang kita akses melalui aplikasi tersebut.

Karena itulah, jangan gunakan aplikasi VPN gratis ini untuk melakukan aktifitas yang melibatkan data penting seperti belanja online atau menggunakan aplikasi internet banking. Namun jika kamu hanya ingin menggunakan VPN untuk streaming atau bermain game seperti Mobile Legend, rasanya tidak maslah jika kamu memakai aplikasi VPN gratis di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like