13 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Gratis

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling digemari oleh netizen, yang mana bisa menjadi media eksistensi hingga jualan. Nah, untuk memaksimalkan setiap post di sana, maka wajib hukumnya menggunakan aplikasi edit foto Instagram, agar terlihat menarik dan sempurna.

Melalui aplikasi edit foto di bawah ini, kamu bisa mempermak foto menjadi lebih bagus dan eye catching dengan memanfaatkan fitur terkini yang ditawarkan di dalamnya. Langsung saja, berikut aplikasi edit foto untuk Instagram yang terbaik dan paling rekomendasi.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Instagram

1. Snapseed

Jika kamu termasuk pengguna aktif Instagram, pasti pernah menggunakan Snapseed dong? Ya, aplikasi foto ini memang menawarkan fitur beragam yang bisa diandalkan untuk membuat foto lebih menarik dibandingkan aslinya.

Melalui Snapseed, kamu bisa mengatur kecerahan, eksposur, ketajaman hingga mengatur ulang warna foto agar terlihat lebih tajam dan natural. Ada juga filter keren seperti vintage dan black & white yang bisa kamu terapkan ke foto untuk memberikan kesan retro dan jadul.

Selain filter dan fitur yang lengkap, Snapseed juga masih memiliki tool andalan lain, yaitu healing tool yang memungkinkan untuk menghapus objek di foto dengan mudah. Ada juga lens blur untuk memberikan kesan bokeh pada foto.

2. Adobe Photoshop & Lightroom

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik, yang membebaskanmu mengatur ulang foto agar lebih menarik untuk kemudian di-upload ke Instagram. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai mode kamera semisal RAW, HDR dan profesional untuk output foto terbaik.

Sedangkan Adobe Lightroom memiliki beragam preset dimana kamu bisa mengatur kecerahan, ketajaman, saturasi, warna dst dengan menggeser parameternya sehingga foto menjadi sempurna. Aplikasi ini juga memudahkan untuk manajemen foto karena ada fitur album, star rating dan folder.

3. VSCO: Photo & Video Editor

Aplikasi edit foto Instagram kekinian yang harus kamu coba selanjutnya adalah VSCO, yang bisa digunakan di Android maupun iPhone. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam filter dan tool yang lengkap, yang bisa membuat foto Instagram menjadi masterpiece.

Selain tool standar semisal preset dan filter, yang patut diapresiasi dari aplikasi ini adalah adanya komunitas VSCO yang cukup besar. Mereka adalah pengguna aplikasi VSCO yang rajin membuat konten edit foto, yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan ide edit foto Instagram yang variatif.

Dan tidak hanya untuk edit gambar saja, VSCO juga bisa sekaligus jadi aplikasi edit video kamu juga lho.

4. Instasize

Berikutnya ada Instasize, aplikasi edit foto Instagram dengan user interface memudahkan dan bisa kamu gunakan untuk edit foto kapan dan di mana saja. Aplikasi tanpa ribet ini memiliki tool edit foto standar yang lengkap, yang bisa memfasilitasi eksistensi atau untuk jualan di Instagram.

Beberapa fitur dan tool yang bisa kamu dapatkan adalah crop, resize, border, sharpness, brightness, filter warna, font dan masih banyak lagi. Melalui aplikasi ini, kebutuhan akan edit foto yang gratis dan mudah plus dengan fitur super lengkap akan tercukupi.

5. Layout

buat foto kolase untuk feed dan story instagram dengan aplikasi Layout

Layout adalah aplikasi resmi dari Instagram yang bisa digunakan untuk membuat foto kolase dengan mencampur semua foto kamu dalam satu frame. Kolase dapat dibuat dengan foto yang ada di galeri, atau mengambil langsung melalui aplikasi foto built-in yang disediakan aplikasi ini.

Satu hal yang menarik, kamu bisa memiih foto dengan tampilan wajah yang sama melalui tab Faces. Foto yang sudah dibuat kolase nantinya bisa diedit menggunakan filter Instagram atau beragam efek dari aplikasi ini. Setelah selesai, foto dapat langsung diupload ke Instagram.

6. PicsArt

PicsArt merupakan nama aplikasi edit foto yang sangat populer, dengan jumlah download yang sudah mencapai puluhan juta. PicsArt juga memiliki basis content creator yang besar, yang bisa kamu manfaatkan sumber inspirasi untuk belajar edit foto yang menarik untuk di-upload ke Instagram.

PicsArt memang menawarkan semua yang dimiliki aplikasi edit foto terbaik, mulai dari filter yang beragam, tool yang lengkap, hingga fitur lainnya layaknya software edit foto untuk PC. Pastinya, dengan aplikasi ini, feed dan IG Story milikmu layaknya pameran lukisan oleh profesional.

7. AirBrush

AirBrush bisa menjadi pilihan jika kamu rutin memamerkan selfie di Instagram berkat fitur dan tool yang bisa membuat selfie semakin menakjubkan. Aplikasi edit foto Instagram Story ini patut kamu gunakan untuk menunjang eksistensimu di platform terbesar dunia tersebut.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menghaluskan wajah, menghilangkan jerawat, meratakan tone dan warna, memutihkan senyum dan masih banyak lagi. Ada juga fitur peregangan yang bisa membuat foto tampak lebih tinggi dibandingkan aslinya.

8. Polarr Photo Editor

Berikutnya ada Polarr, aplikasi edit foto Instagram yang menawarkan tool dan filter yang super lengkap. Selain tool standar yang wajib dimiliki semua aplikasi edit foto, Polarr juga memiliki filter atau efek yang menakjubkan, misalnya saja weather effects, flares, clouds dan masih banyak lagi.

Ingin foto kotak kotak (grid) atau ingin menerapkan efek ala korea? Tenang, semua bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Polarr. Lebih-lebih aplikasi ini juga memiliki fitur ekspor batch dan ekstensi foto yang bisa membuat pekerjaan editing jauh lebih mudah.

9. Photo Lab

Jika kamu sedang mencari aplikasi edit foto yang simple, mudah digunakan dan tanpa crop sana-sini, maka bisa menggunakan Photo Lab. Ya, aplikasi ini memiliki hingga 800 filter dan 50 preset yang bisa kamu terapkan pada foto untuk hasil instan dan terbaik.

Tidak hanya itu saja, Photo Lab juga memiliki direktori bingkai foto yang beragam, yang bisa kamu aplikasikan ke foto untuk diunggah ke feed atau IG Story. Well, sederhananya, Photo Lab bisa menjadi solusi edit foto instan dengan hasil terbaik.

10. Pixlr

Berikutnya ada Pixlr, aplikasi edit foto yang menawarkan kombinasi 2 juta efek yang bisa kamu manfaatkan dengan leluasa untuk hasil foto terbaik. Selain filter yang super lengkap, Pixlr juga memiliki tool standar yang memudahkan dalam mempermak foto menjadi sempurna.

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa membuat kolase foto dengan mencomot berbagai foto untuk dijadikan satu kesatuan. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat feed Instagram menjadi tematik, yang mana masih hits hingga sekarang.

11. Foodie

edit foto makanan agar lebih menarik dan kekinian dengan aplikasi Foodie

Buat yang suka pamer foto makanan di Instagram pasti bakalan cocok banget sama aplikasi edit foto Instagram yang satu ini. Sesuai namanya, Foodies memang diperuntukan bagi mereka yang hobi bikin orang lapar.

Dilengkapi dengan 30 filter berkualitas, foto yang kamu ambil bisa diedit agar tampil lebih menarik. Selain itu, Foodie juga dilengkapi dengan fitur smart guide yang memudahkan kita untuk mengambil gambar dari atas secara akurat.

Selain ke Instagram, gambar yang sudah selesai diedit pun bisa langsung dishare di sosial media lain seperti LINE atau Facebook.

12. Afterlight

Berikutnya ada Afterlight, aplikasi edit foto yang lagi hits dan mengusung UI dan UX yang memudahkan penggunanya. Jadi tanpa latar belakang skill editing, kamu tetap bisa menggunakannya untuk edit foto dengan cepat dan mudah.

Banyak fitur dan tool yang bisa kamu gunakan untuk foto terbaik, misalnya saja filter beragam, hue, tone, clarify, curves, font dan lain sebagainya. Pengguna juga memiliki opsi untuk menyimpan foto dalam berbagai ukuran, dari SD hingga HD.

13. Perfect365

Aplikasi edit foto Instagram terbaik yang terakhir adalah Perfect365, yang menawarkan fitur dan filter untuk membuat wajah menjadi lebih menarik. Aplikasi ini wajib digunakan, khususnya wanita, jika ingin menampilkan foto yang flawless tanpa harus bersusah payah.

Menggunakan aplikasi ini layaknya mengaplikasikan make up ke wajah, jadi kamu bebas touch up sana sini untuk menghasilkan tampilan terbaik. Ada juga alat pendeteksi wajah, yang bisa merekomendasikan riasan mana yang paling cocok untuk wajahmu.

Tips Agar Foto Terlihat Lebih Bagus

Menggunakan aplikasi edit foto Instagram saja tidak cukup untuk membuat foto yang keren dan tampil kekinian untuk feed dan story kamu. Agar terlihat lebih bagus, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum posting di Instagram.

  • Tentukan konsep/template feed Instagram, semisal travelling, makanan, bangunan dst
  • Ambil foto dengan memanfaatkan cahaya natural
  • Cari spot foto tepat untuk menghasilkan foto terbaik
  • Usahakan foto memiliki titik fokus agar terlihat lebih menarik
  • Coba untuk menangkap foto dari spot yang berbeda-beda
  • Bidik objek dari jarak dekat, jangan hanya memanfaatkan zoom saja

Foto yang baik tidak cukup, karena kamu masih membutuhkan aplikasi edit foto Instagram agar foto tersebut terlihat lebih hidup dan menarik. Melalui aplikasi dan tips yang di atas, kamu bisa belajar edit dan menangkap foto untuk feed dan Story di Instagram yang menarik dan mengundang like.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like