Cara Menyimpan Video Instagram ke Galeri HP Android

Dibanding akun sosial media lainnya, Instagram memilki banyak konten visual yang menarik. Jika kamu ingin memilikinya, ada cara menyimpan video Instagram ke galeri hp agar kamu bisa menikmatinya setiap saat.

Sebagai sosial media yang menitikberatkan konten visual, Instagram lebih banyak dipenuhi banyak gambar, foto, serta video. Selain lebih enak dilihat, konten semacam ini juga mudah dicerna. Jadi jangan heran jika Instagram memiliki jumlah pengguna yang sangat besar.

Di antara semua konten visual tersebut, mungkin akan beberapa konten yang kamu suka. Dibanding melihatnya berulang-ulang dan menghabiskan kuota internet, akan lebih baik kalau kita menyimpannya di perangkat kita sendiri kan?

Sayangnya pada Instagram tidak ada fitur download untuk memudahkan kita menyimpan konten dari Instagram. Untungnya masih ada alternatif cara menyimpan video Instagram ke galeri hp Android yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri HP Android

Download video Instagram bisa dilakukan dengan dua cara. Kita bisa melakukannya tanpa aplikasi atau dengan aplikasi.

Saya sendiri lebih memilih cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi. Cukup buka browser, kita bisa langsung download video Instagram. Namun jika kamu sering mengunduh video dari Instagram, rasanya tidak salah juga jika kamu memakai salah satu aplikasi download video Instagram yang saya rekomendasikan.

1. Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Aplikasi

Cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi menurut saya menjadi cara termudah. Enaknya lagi, cara ini bisa digunakan baik di hp maupun komputer/laptop. Kalaupun ada kekurangan, cara ini tidak bisa digunakan untuk me-repost video secara langsung ke akun Instagram kamu.

Untuk menyimpan video Instagram tanpa aplikasi, kita akan mengunakan tools online dari salah satu web berikut ini.

  • Buka aplikasi Instagram lalu cari video yang akan kamu unduh
  • Copy link video Instagram dengan mengklik menu titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih COPY LINK.
  • Buka aplikasi browser lalu masuk ke salah satu situs di atas. Sebagai contoh, saya menggunakan id.savefrom.net
  • Tempel link pada kotak isian yang tersedia
  • Tanpa mengklik tombol ENTER, biasanya link akan segera diproses, dan kita bisa download video Instagram dalam format MP4
copy link video instagram
cara menyimpan video instagram ke galeri hp tanpa aplikasi

2. Cara Menyimpan Video Instagram dengan Aplikasi

Berikutnya kamu bisa menyimpan video Instagram dengan aplikasi. Salah satu kelebihan cara ini adalah adanya fitur repost/regram. Dengan begitu kamu bisa memposting video yang kamu unduh lengkap dengan captionnya.

Saat ini ada banyak aplikasi download video Instagram yang bisa kamu gunakan. Sebagai contoh, di sini saya akan memakai aplikasi buatan InShot.

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Cari “download video instagram” atau langsung saja ke link berikut ini ► Video Downloader for Instagram – Repost Instagram lalu install aplikasi tersebut
  • Cari video Instagram yang ingin kamu unduh
  • Salin link video Instagram dengan mengklik menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu COPY LINK
  • Jika kita menyalin link dari Instagram, aplikasi Video Downloader akan mengenali link tersebut dan secara otomatis bisa langsung menempelkannya pada aplikasi mereka
  • Buka aplikasi Video Downloader
  • Aplikasi ini akan secara otomatis mengunduh video Instagram. Lihat galeri hp Android untuk melihat video Instagram yang sudah diunduh.
cara download video instagram ke galeri hp dengan aplikasi

Selain menyimpannya di galeri hp, aplikasi Video Downloader dari InShot juga bisa digunakan untuk merepost video tersebut. Caranya?

  • Lanjut dari langkah di atas, klik video yang sudah kamu download
  • Setelah terbuka di aplikasi video player bawaan aplikasi Video Downloader, kamu bisa langsung merepost video dengan mengklik menu REPOST dengan ikon berbentuk dua tanda panah
  • Pada langkah selanjutnya, kamu hanya perlu emilih untuk repost di feed atau stories, mengedit video, dan menambahkan caption saja
  • Selesai
cara repost video instagram

Bagaimana, mudah kan cara menyimpan video Instagram ke galeri hp Android kamu? Jika kamu memiliki cara lain yang lebih ampuh, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like