Cara Restart dan Mematikan Komputer Lewat CMD di Windows

Mematikan komputer umumnya dilakukan dengan mengklik tombol shutdown saja. Sebagai alternatif, kamu juga bisa lho mematikan komputer Windows lewat CMD (command prompt).

Dengan semakin baiknya tampilan muka Windows, mungkin kita akan jarang sekali menggunakan command prompt dalam pemakaian sehari-hari. Padahal perintah yang kita ketik melalui CMD tidak kalah powerful dan bisa digunakan untuk mengakses fitur-fitur Windows, seperti shutdown atau restart.

Oke, mungkin kalau shutdown atau restart lebih enak dilakukan dengan mengklik tombol saja. Namun pada beberapa kasus, restart dan mematikan komputer lewat CMD bisa menjadi opsi alternatif. Misalnya saja saat tombol restart dan shutdown ter-disable oleh virus, atau saat kamu ingin mematikan komputer dalam jangka waktu tertentu (menggunakan timer).

Cara Mengakses Command Prompt (CMD) Windows

Untuk masuk CMD kita bisa menggunakan dua cara:

  • Klik tombol START/WINDOWS lalu cari cmd.exe, atau
  • Gunakan shortcut WIN+R, ketik ‘cmd’ lalu klik tombol ENTER

Jika sudah, kamu akan melihat program berlatar belakang hitam dengan tulisan versi Windows yang kamu gunakan.

Cara mematikan komputer Windows lewat CMD (Command Prompt)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk restart atau shutdown melalui command prompt. Jika kita hanya ingin mematikan komputer saja, kita bisa masuk ke CMD lalu ketik perintah berikut ini,

shutdown -s

Sebagai catatan, perintah di atas juga dapat ditulis dengan kalimat shutdown.exe -s atau shutdown /s. Dan untuk informasi tambahan, kamu juga bisa memaksa untuk menutup program yang sedang berjalan dengan perintah -f sehingga perintah shutdown di atas menjadi,

shutdown -s -f

Jika kamu ingin restart/reboot, masukan perintah ini

shutdown -r

Selain restart dan shutdown, kamu juga bisa mematikan komputer lewat CMD dengan perintah shutdown -l untuk log off, dan shutdown -h untuk hibernasi.

Cara mematikan komputer lewat CMD dengan Timer

Ini mungkin jadi perintah paling berguna jika kita ingin mematikan komputer lewat CMD. Dengan memasang timer, kita bisa membuat komputer shutdown dalam waktu yang kita tentukan.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu menambahkan sedikit modifikasi pada perintah shutdown di atas,

shutdown -s -t 600

Waktu di atas ditulis dalam satuan detik/sekon. Jadi pada kode di atas, saya memerintahkan komputer untuk shutdown walam waktu 600 detik.

Sedikit info menarik, kamu juga bisa lho menambahkan pesan sebelum komputer mati lewat CMD juga dengan perintah ini.

shutdown -s -t 600 -c "Masukan pesan kamu di sini"

Ingat! jangan lupa tambahkan tanda kutipnya yah!

Cara mematikan komputer/laptop di Windows lewat CMD (command prompt)
Cara mematikan komputer/laptop di Windows lewat CMD (command prompt)

Cara membatalkan perintah shutdown lewat CMD

Cukup buka command prompt dan masukan perintah ini, lalu klik ENTER

shutdown -a

Selesai sudah tutorial kali ini, mudah-mudahan bisa membantu kamu restart atau shutdown komputer/PC/laptop Windows dengan mudah melalui CMD (command prompt). Jadi kalau lain kali kamu tidak bisa mengakses tombol Shutdown, jangan hard reboot dengan menekan tombol Power, pakai perintah ini saja!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu