4 Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di HP dan PC

Internet positif adalah istilah pemblokiran situs web yang dianggap memiliki konten yang tidak layak tayang, atau konten yang memang melanggar kebijakan pemerintah.

Cara kerjanya sendiri sangat sederhana. Misalnya jika kita memakai intenet dari Telkomsel, ketika kita mengakses situs yang diblokir internet positif, maka akan muncul halaman peringatan bahwa situs tersebut tidak dapat diakses. Dan kita pun tidak memiliki opsi lain selain mengakses situs lainnya.

Meski bertujuan untuk melindungi warga Indonesia dari konten yang mengganggu dan berpotensi merusak mental, masih banyak celah dalam hal eksekusinya.

Sebagai contoh, Kaskus dan Netflix adalah beberapa situs yang pernah terkena dampak internet positif. Meski memang ada konten yang tidak layak tayang, porsinya sedikit sekali jika dibandingkan dengan seluruh konten yang ada di situs-situs tersebut.

Hal yang sama juga terjadi pada Reddit dan Tumblr di mana sebagian konten mereka yang ‘nyeleneh’ malah membuat kedua situs tersebut tidak dapat diakses dari Indonesia. Padahal dibanding konten tersebut, jumlah konten yang bermanfaat jauh lebih banyak.

Lalu adakan cara membuka situs yang diblokir internet positif di Chrome atau Mozilla Firefox ? ternyata ada lho!

Cara Mengatasi Internet Positif di Chrome, Mozilla Firefox, dan Android

Ada banyak cara membuka situs yang diblikir intenet positif baik di Chrome atau Firefox. Silahkan gunakan saja salah satunya yang paling cocok denganmu.

1. Memasang ekstensi atau add-on browser

Salah satu kelebihan Chrome dan Mozilla Firefox adalah adanya ekstensi (Chrome) atau Add-on (Mozilla) yang bisa dipakai untuk menambahkan fungsi tertentu pada kedua browser tersebut.

Pilihan ekstensi yang bisa kita gunakan pun cukup beragam, salah satunya adalah aplikasi VPN yang bisa membantu kita membuka situs yang diblokir internet positif.

Aplikasi semacam ini dapat dijumpai dengan mudah di Chrome dan Firefox. Salah satunya adalah Browsec yang sejauh cukup memuaskan selama saya pakai. Caranya?

  • Cari ekstensi ‘Browsec’ di laman ekstensi Chrome atau laman add-on Firefox. Agar lebih cepat, kamu bisa klik link Browsec untuk Chrome dan Browsec untuk Firefox.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu mengklik tombol ADD TO CHROME/FIREFOX dan biarkan proses instalasi berjalan.
  • Jika sudah, kamu bisa melihat ekstensi tersebut pada pojok kanan atas browser.
  • Untuk mengaktifkan ekstensi ini, cukup slide tombol OFF ► ON
  • Pada versi gratisnya, Browsec menyediakan VPN dari beberapa negara. Silahkan pilih yang paling baik sinyalnya.
Cara mengatasi internet posiitif dengan ekstensi Browsec untuk Chrome & Firefox
Cara mengatasi internet posiitif dengan ekstensi Browsec untuk Chrome & Firefox

Dari pengalaman saya, ekstensi browser ini bekerja dengan cukup baik dan punya kecepatan akses yang lumayan. Kamu pun bisa membuka beragam situs yang terblokir internet sehat seperti Reddit, streaming, hingga situs penyedia torrent.

2. Memakai Web Proxy

Cara yang satu ini berlaku bagi pengguna broiwser apapun mulai dari Chrome, Safari, Edge, atau Firefox. Kamu juga bisa membuka situs yang diblokir internet positif melalui hp tanpa aplikasi dengan cara ini.

Untuk melakukannya, cukup buka browser dan carilah kata kunci “Web Proxy”. Pada hasil pencarian kamu bisa menemukan beragam web proxy yang bisa dipakai secara gratis.

Sebagai contoh, saya akan memakai situs proxySite.com yang muncul di peringkat pertama saat saya mencari kata kunci web proxy. Setelah itu yang perlu saya lakukan hanya mengetik nama domain website yang ingin saya tuju lalu klik tombol GO. Website pun terbuka tanpa terblokir internet positif.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif dengan web proxy gratis
Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif dengan web proxy gratis

Dari pengalaman saya, cara ini sedikit lebih rumit dibanding cara pertama karena kita harus bolak-balik memasukan nama situs di kotak pencarian web proxy.

Tidak hanya itu, kecepatan aksesnya pun kurang bisa diandalkan. Bahkan ada beberapa situs web proxy yang tetap tidak bisa membuka beberapa situs yang diblokir internet positif.

3. Memakai Aplikasi VPN di HP Android

Jika kamu pengguna hape Android, ada banyak lho aplikasi yang bisa kita pakai untuk membuka situs yang diblokir internet positif. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di Android antara lain Tunner Bear VPN, Turbo VPN, atau Thunder VPN. pada contoh kali ini, saya akan memakai Turbo VPN yang selama ini saya pakai untuk mengakses situs streaming.

Caranya?

  • Buka Google Play Store lalu cari aplikasi Turbo VPN
  • Unduh dan pasang aplikasi tersebut. Jika sudah, buka aplikasi Turbo VPN
  • Saat pertama kali dibuka, kamu harus menyetujui ToS Turbo VPN terlebih dahulu. Untuk melanjutkan, klik tombol I AGREE
  • Aplikasi Turbo VPN sangat sederhana. Untuk mulai terhubung secara tersembunyi, kita hanya perlu klik tombol CONNECT saja.
  • Turbo VPN akan meminta izin untuk membuat sambungan VPN. Klik ALWAYS ALLOW.
  • Selesai. Kamu kini bisa mengakses situs yang diblokir internet positif
Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di hp Android dengan aplikasi Turbo VPN
Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di hp Android dengan aplikasi Turbo VPN

Pada akun gratisnya, kamu bisa mengubah lokasi server yang digunakan dengan mengklik ikon berupa globe/dunia di pojok kanan atas. Meski begitu opsinya terbatas hanya pada beberapa opsi saja.

Dari pengalaman saya, cara ini sama baiknya dengan cara pertama menggunakan ekstensi Browsec. Selain mudah digunakan, kecepatan aksesnya lumayan baik dan cukup cepat untuk dipakai menonton live streaming.

4. Menggunakan DNS Cloudflare

Cara membuka situs yang diblokir internet positif selanjutnya adalah dengan mengganti server DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk mengubah alamat IP menjadi domain address. Salah satunya adalah 1.1.1.1 yang dibuat oleh Cloudflare dan diklaim memiliki kecepatan akses yang cepat.

Cara Menggunakan DNS Cloudflare 1.1.1.1 di HP Android

Untuk mengganti DNS di hape Android dengan DNS 1.1.1.1, kita bisa memasang aplikasi resmi dari Cloudflare.

Cukup install aplikasi Cloudflare 1.1.1.1, lalu aktifkan. Untuk memakainya, kita hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan klik tombol koneksinya saja.

Cara Memakai DNS Cloudflare 1.1.1.1 di PC/Laptop

Untuk memakai DNS Cloudflare 1.1.1.1 di PC/laptop, kita bisa mengubahnya secara manual. Caranya?

  • Cari menu Network and Sharing Center di melalui Start Menu Windows atau ikuti path berikut ini: Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center. Setelah itu pilih menu CHANGE ADAPTER SETTINGS
  • Jika sudah, cari koneksi internet yang kita pakai, klik kanan, lalu pilih opsi PROPERTIES
  • Cari opsi INTERNET PROTOCOL VERSION 4 (TCP/IPv4) lalu klik tombol PROPERTIES
  • Pada halaman selanjutnya, aktifkan opsi USE THE FOLLOWING DNS SERVER ADDRESS dan masukan 1.1.1.1 pada PREFERED DNS SERVER dan 1.0.0.1 pada ALTERNATE DNS SERVER

Jika sudah, maka kamu kini sudah terhubung dengan DNS Server milik Cloudflare yang bisa dipakai untuk membuka situs yang diblokir oleh internet sehat. Jika belum berhasil, coba restart modem dan PC kamu dulu saja yah!


Sekian tutorial cara membuka website yang diblokir intener positif di hape Android, PC, serta browser Chrome dan Mozilla. Dari keempat cara di atas, sejauh ini Turbo VPN dan ekstnsi Browsec menjadi andalan saya saat berselancar di dunia maya. But hey, kalau kamu punya rekomendasi cara lainnya, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply