Download Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) Versi Lama

Google Analytics for WP (GADWP) adalah salah satu plugin terbaik yang bisa kita pakai untuk menghubungkan website WordPress dengan akun Google Analytics.

Dengan menampilkan laporan trafik di dasbor WordPress, kita jadi tidak perlu lagi repot mengakses situs Google Analytics jika hanya ingin melihat trafik harian website kita.

Plugin GADWP memudahkan kita untuk melihat statistik blog langsung dari dasbor WordPress
Plugin GADWP memudahkan kita untuk melihat statistik blog langsung dari dasbor WordPress

Sayangnya sejak diakuisisi Monster Insights dan merilis update terbaru, plugin ini tidak lagi sama.

Hal pertama yang jelas terlihat adalah tampilan data statistik yang kurang lengkap dibanding pendahulunya. Namun yang paling mengkhawatirkan, plugin ini akan meminta kita untuk memberi akses agar dapat melihat dan mengedit data Google Analytics serta Google Adsense kita. Sayangnya statistik lengkap yang mereka ambil hanya bisa muncul di versi PRO saja.

Tidak ayal, hal ini membuat banyak pengguna setia plugin ini merasa kecewa, termasuk saya.

Lihat saja review terbaru plugin ini, ada banyak sekali komentar buruk dengan satu bintang. Kebanyakan menyayangkan tindakan Exact Metrics selaku pemilik plugin yang mengupdate besar-besaran plugin yang sebenarnya sudah bekerja dengan sempurna tanpa ada pemberitahuan lebih dulu.

Bagaimana Cara Mengembalikan Plugin Google Analytics Dashboard for WP ke Versi Lama?

Untuk mengembalikan plugin ke versi sebelumnya, kita sebenarnya bisa memakai plugin WP Rollback. Cukup install plugin tersebut, nantinya kita bisa memilih opsi downgrade dan memasang versi lama dari plugin tersebut.

Sayangnya pada plugin GADWP, hal ini tidak bisa dilakukan karena Exact Metrics sudah menghapus versi lama plugin mereka dari repositori WordPress. Namun jangan khawatir, kamu bisa download plugin GADWP versi lama (5.3.10) di link berikut ini!

Download GADWP 5.3.10 via Mediafire
Download GADWP 5.3.10 via Sfile.mobi
(Link rusak atau hilang? Laporkan!)

Apakah Ada Alternatif GADWP yang Lebih Bagus?

Jika kamu tidak ingin mendownload plugin GADWP versi lama, kamu bisa memakai plugin lain yang sejenis.

Plugin yang saya rekomendasikan sebagai alternatif GADWP adalah GAinWP – Google Analytics Integration for WordPress buatan IntelligenceWP. Tidak hanya memiliki tampilan yang sama dengan plugin GADWP, GAinWP juga memiliki opsi yang lebih banyak pada widget mereka. Selain menampilkan trafik harian, plugin ini juga bisa menyajikan data real time hingga konten lain dari Google Analytics.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like