15 Plugin WordPress Terpopuler Sepanjang Masa

Berbeda situsnya berbeda pula kebutuhannya, maka itu jangan heran bila plugin yang digunakan berbeda juga. Namun dari sekian puluh ribu plugin, ada beberapa yang dipakai sebagian besar pengguna WordPress. Berikut adalah 15 plugin WordPress terpopuler yang paling banyak diunduh sepanjang masa.

Saat tulisan ini dibuat, ada 56.255 plugin WordPress yang bisa kamu unduh. Jauh lebih banyak dibanding 49.900 plugin yang terdaftar pada Mei 2017 saat bisablog menulis artikel tips memilih plugin gratis WordPress.

Meski begitu, tidak semua plugin WordPress tersebut mendapatkan porsi cinta yang sama. Sebagian kecil plugin mendapatkan tingkat popularitas yang jauh lebih tinggi dibanding banyak plugin lainnya.

Bicara mengenai popularitas, saya sendiri cukup penasaran, plugin apa sih yang paling populer?

Plugin WordPress Terpopuler

Tadinya saya ingin membuat daftar plugin WordPress terbaik, namun hal ini sulit karena kebutuhan setiap website WordPress pasti berbeda-beda. Plugin yang menurut saya penting belum tentu penting untuk website lain.

Karena itulah saya memilih untuk membuat daftar plugin WordPress terpopuler yang akan saya buat berdasarkan jumlah download plugin tersebut sepanjang masa.

Statistik unduhan ini bisa kamu lihat pada keterangan plugin pada sidebar sebelah kanan. Cukup klik opsi ADVANCED VIEW untuk melihat jumlah unduhan plugin tersebut per harinya atau jumlah totalnya.

Opsi Advanced View pada repositori plugin WordPress
Klik opsi ADVANCED VIEW untuk melihat statistik unduhan plugin
Contoh statistik download plugin WordPress
Contoh statistik download plugin WordPress

Tanpa panjang-lebar lagi, inilah 15 plugin WordPress terpopuler yang paling banyak diunduh sepanjang masa.

1. Yoast SEO

Total Download (Per September 2018): 123,036,493

Hmm, siapa sangka plugin yang paling banyak diunduh ternyata plugin SEO. Dengan semakin banyaknya blog dan situs saat ini, sudah pasti semua orang berlomba-lomba untuk bisa nangkring di halaman pertama. Dan salah satu senjata andalan untuk melakukannya adalah SEO, jadi wajar kalau kita memerlukan semua amunisi untuk meningkatkan skor SEO, termasuk menggunakan plugin Yoast SEO.

Plugin SEO sendiri sebenarnya ada cukup banyak, namun Yoast SEO dengan segala kemudahan dan kompabilitasnya dengan plugin lain, serta kecepatannya dalam mengikuti perkembangan WordPress membuatnya jadi sangat populer.

Beberapa fitur Yoast SEO yang cukup ngetop adalah penambahan meta description, mengecek skor SEO berdasarkan keyword yang kamu incar, hingga membuat sitemap dan mengatur sharing di sosial media.

Download Yoast SEO

2. Akismet Anti-Spam

Total Download (Per September 2018): 117,016,293

Akismet Anti-Spam adalah plugin buatan Automattic yang juga membuat WordPress. Plugin ini biasanya secara default akan terpasang pada setiap instalasi WordPress baru. Namun kamu harus mengaktifkan Akismet terlebih dahulu sebelum dipakai.

Spam sendiri menjadi salah satu musuh yang cukup menghawatirkan bagi pemilik blog dan website. Adanya spam bisa mengotori situs kamu dan bahkan bisa membuat Google salah sangka dan menyebut situs kamu sebagai sarang spam.

Dan spam itu bisa menyerang siapa saja tanpa melihat besar atau tidaknya sebuah situs, hanya saja mungkin frekuensi serangannya berbeda. Jadi jangan lupa untuk memasang plugin anti-spam setelah memasang WordPress agar kamu tidak repot menyortir satu-persatu komen spam yang masuk.

Download Akismet Anti-Spam

3. Jetpack

Total Download (Per September 2018): 

Satu lagi plugin buatan Automattic yang menjadi satu-satunya plugin yang bisa dipasang pada platform blogging gratis wordpress.com.

Plugin ini bisa dibilang sebagai swiss army-nya plugin. Bagaimana tidak? Semua fitur yang dibutuhkan oleh sebuah website WordPress bisa kamu temukan pada plugin ini mulai dari masalah sosial media sharing, keamanan, analytics, dan banyak lagi yang sulit disebutkan satu-persatu.

Download Jetpack

4. Contact Form 7

Total Download (Per September 2018): 88,881,791

Satu hal yang menarik melihat Contact Form 7 menduduki peringkat ke-4 sebagai plugin yang paling banyak diunduh sepanjang masa. Dengan plugin ini, kita bisa membuat laman kontak di WordPress dengan mudah.

Meski sudah ada akun jejaring sosial sebagai media penghubung pemilik blog dan para pengunjung, media komunikasi melalui email masih menjadi pilihan utama pengunjung yang ingin menghubungi si pemilik website.

Namun sayang WordPress tidak memiliki fitur untuk membuat form kontak secara default sehingga kita membutuhkan bantuan untuk membuatnya. Dan sebagai plugin gratis, Contact Form 7 menjadi yang terpopuler dibanding plugin sejenis lain, bahkan yang berbayar sekalipun.

Download Contact Form 7

5. Wordfence Security – Firewall & Malware Scan

Total Download (Per September 2018): 86,583,061

Keamanan adalah hal penting yang harus mendapat perhatian setiap pemilik website. Selain spam, ada saja orang jahat yang berniat untuk menguasai situs kamu untuk kepentingan mereka sendiri. Jadi jangan heran kalau plugin keamanan menjadi salah satu plugin yang paling banyak diunduh.

Dari sekian banyak plugin keamanan, Wordfence menjadi plugin yang paling banyak diunduh. Tidak heran karena pada versi gratisnya saja kita bisa mendapatkan fitur-fitur keren seperti perlindungan dari brute force attack, firewall, malware scanner, hingga memperbaiki file yang rusak akibat malware. 

Download Wordfence Security

6. WooCommerce

Total Download (Per September 2018): 50,336,877

Untuk mereka yang masih awam dengan WordPress, seringkali ada mispersepsi mengenai peran WordPress. Kebanyakan dari mereka hanya tahu WordPress sebagai platform blogging padahal CMS ini bisa juga dipakai untuk membuat website hingga membuat toko online.

Berbicara mengenai toko online, WooCommerce adalah plugin nomor satu untuk menambahkan fitur-fitur keren yang akan membuat situs WordPress mirip dengan situs belanja online pada umumnya.

Beberapa fitur yang disediakan plugin ini antara lain opsi pembayaran, opsi pengiriman, menambah variasi produk, booking, sistem keanggotaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Download WooCommerce

7. All in One SEO Pack

Total Download (Per September 2018): 49,383,754

Menarik melihat ada lagi satu plugin SEO yang bisa nangkring di daftar plugin WordPress yang paling banyak diunduh. Memang melihat kepopuleran keduanya, pilihan plugin SEO biasanya kalau tidak Yoast SEO ya All in One SEO, meski ada juga yang memilih plugin lainnya.

Sama seperti Yoast SEO, plugin ini juga dilengkapi beragam fitur untuk meningkatkan skor SEO website kamu seperti membuat sitemap, Google AMP support, membuat meta tag secara otomatis, hingga memberi notifikasi secara otomatis pada Google atau Bing setiap ada perubahan baru pada situs kamu.

Download All in One SEO Pack

8. Google Analytics for WordPress by MonsterInsights

Total Download (Per September 2018): 33,061,562

Google Analytics adalah tools gratis luar biasa yang bisa kita pakai untuk melihat statistik website atau blog. Sejatinya kita tidak memerlukan plugin untuk bisa memasang Google Analytics di WordPress karena kita hanya butuh akun Google dan verifikasi situs saja.

Meski begitu, dengan plugin Google Analytics, kita bisa melihat statistik website setiap kali kita login ke dasbot WordPress. Jadi tidak perlu lagi bolak-balik ke dasbor GA hanya untuk melihat trafik harian situs kamu.

Dan dari sekian banyak plugin Google Analytics, plugin ini ternyata menjadi plugin yang paling banyak didownload. Selain dapat dipasang dengan mudah, plugin ini juga menyediakan widget GA untuk dasbor WordPress dan memiliki fitur yang sangat lengkap (terutama untuk versi premiumnya).

Download Google Analytics by MonsterInsights

9. WP Super Cache

Total Download (Per September 2018): 24,690,011

Sudah tau apa itu caching? Dengan caching, server akan terhindar dari overload karena semua proses yang harus dilakukan untuk menampilkan website tidak perlu harus selalu dilakukan.

Dua plugin caching paling populer adalah W3 Total Cache dan WP Super Cache. Namun ternyata plugin WP Super Cache buatan Automattic ini justru menjadi plugin yang lebih banyak diunduh dan menjadi plugin ketiga dari Automattic yang ada di daftar ini.

Download WP Super Cache

10. WordPress Importer

Total Download (Per September 2018): 23,902,747

Meski fungsinya sederhana, plugin ini ternyata masuk 10 besar plugin yang paling banyak diunduh. Sesuai dengan namanya, plugin ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak website atau sering berpindah-pindah hosting.

Dengan plugin ini, kamu bisa memindahkan/mengimport konten seperti pos, laman, komen, custom field, kategori  & tag, serta user dari satu website WordPress ke situs WordPress lainnya dengan mudah.

Download WordPress Importer

11. Google XML Sitemaps

Total Download (Per September 2018): 22,660,993

Plugin ini hanya memiliki satu fungsi yaitu untuk membuat Sitemap. Sitemap sendiri berisi kumpuan semua link yang mengarah ke pos dan laman yang ada pada website/blog kita. Salah satu fungsi dari sitemap adalah  agar mesin pencari dapat merayapi situs kita dan mengindeksnya dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat dilakukan dengan mengirimkan sitemap yang kita buat ke Google Search Console.

Download Google XML Sitemaps

12. Page Builder by SiteOrigin

Total Download (Per September 2018): 19,034,425

Page Builder by SiteOrigin adalah plugin yang bisa membantu kita membuat halaman WordPress keren tanpa perlu tahu koding terlebih dahulu. Pemakaiannya sendiri cukup mudah karena kita hanya perlu membuat layout dengan baris dan kolom lalu mengisi setiap bagiannya dengan widget, baik dari SiteOrigin maupun widget bawaan WordPress.

Widget yang disediakan oleh Page Builder dari SiteOrigin ini juga memiliki beragam fungsi sehingga kita bisa membuat laman Wordpres sesuai dengan kebutuhan kita.

Download Page Builder by Site Origin

13. Google Analytics Dashboard for WP

Total Download (Per September 2018): 19,021,672

Sama seperti plugin Google Analytics dari MonsterInsight, plugin ini juga mampu menampilkan statistik pengunjung website langsung dari dasbor admin WordPress.

Data-data yang ditampilkan pada widget statistik GA ini antara lain Session, Page Views, Bounce Rate, Time on Page, hingga Session Duration.

Download Google Analytics Dashboard for WP

14. UpdraftPlus WordPress Backup Plugin

Total Download (Per September 2018): 18,308,340

Backup adalah hal penting yang harus dilakukan secara rutin. Meski sangat jarang digunakan, kamu akan sangat bersyukur bisa memiliki backup di saat kamu membutuhkannya.

Meski bisa dilakukan secara manual, backup dengan plugin jauh lebih mudah karena kamu bisa melakukannya dari dasbor admin. Dan salah satu plugin terbaik untuk membuat backup WordPress adalah UpdraftPlus. Salah satu kelebihan plugin ini adalah kemampuannya untuk membuat backup secara otomatis dan menyimpan backup di remote storage seperti DropBox atau Google Drive.

Download UpdraftPlus

15. TinyMCE Advanced

Total Download (Per September 2018): 15,929,519

Secara default tidak ada yang salah dengan editor teks WordPress. Semua yang kita butuhkan untuk menulis umumnya bisa kita jumpai pada editor visual tersebut. Bila ada fitur yang tidak ada pada editor tersebut, kita bisa memakai kode HTML untuk melakukannya secara manual.

Tapi jujur saja tidak semua orang bisa memakai HTML, karena itulah ada plugin TinyMCE Advanced. Dengan plugin ini, kita bisa menambahkan banyak fitur baru pada editor WordPress seperti mengubah ukuran teks, mengganti warnanya, mengubah backgroundnya, hingga mengganti jenis font sebuah teks.

Download TinyMCE Advanced

Penutup

Seperti saya utarakan sebelumnya, beda website beda pula kebutuhannya. Karena itulah plugin yang digunakan setiap website bisa saja berbeda-beda.

Memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan sudah seharusnya menjadi syarat utama. Namun memilih satu di antara puluhan ribu plugin tentu bukan pekerjaan mudah. Bila kamu butuh inspirasi, daftar plugin terpopuler berdasarkan jumlah downloadnya ini mungkin bisa sedikit membantu. Rasanya tidak salah mempercayakan situs kita pada plugin yang dipercaya oleh begitu banyak pengguna bukan?

Apakah kamu memakai plugin-plugin pada daftar di atas? Bila kamu lebih memilih alternatif lain, jangan segan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini yah!


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.