4 Plugin Tabel WordPress Terbaik (Gratis)

Membuat tabel adalah salah satu cara untuk membuat artikel lebih mudah dipahami oleh pembaca. Untungnya kita dapat dengan mudah membuatnya dengan 4 plugin tabel WordPress terbaik berikut ini.

Entah itu dipakai untuk menampilkan data yang berbeda, membandingkan beberapa produk sekaligus, atau sekedar menampilkan beberapa produk beserta harganya, data dalam bentuk tabel akan lebih menarik dan lebih mudah dicerna pengunjung.

Jadi jika kamu sering menampilkan hal-hal tersebut, buatlah data dalam bentuk tabel, jangan menjabarkannya dalam tulisan yang panjang lebar!

Untuk membuat tabel biasanya kita harus melakukannya secara manual dengan HTML (dan CSS untuk mempercantik tampilannya). Untungnya pada WordPress, kita bisa menggunakan bantuan plugin untuk membuat tabel dengan mudah tanpa harus melakukan koding.

Jika kamu butuh referensi, beberapa plugin tabel terbaik ini bisa kamu pakai secara gratis lho!

Plugin Terbaik Untuk Membuat Tabel di WordPress

Jika kamu ingin membuat tabel sederhana, mungkin kamu tidak perlu mencari plugin lain karena kamu bisa membuatnya melalui editor teks default WordPress, Gutenberg.

Salah satu Block yang disediakan Gutenberg adalah ‘Tabel’ yang bisa digunakan di pos/laman WordPress. Cukup masukan jumlah kolom dan baris yang kita inginkan, tabel pun selesai dibuat.

Cara buat tabel di WordPress dengan Gutenberg
Cara buat tabel di WordPress dengan Gutenberg

Sayangnya tidak banyak yang bisa dilakukan jika kita ingin melakukan kustomisasi desain pada tabel tersebut. Tidak hanya itu, input yang bisa kita masukan terbatas pada teks saja, tanpa bisa menggunakan gambar atau input lain yang lebih kompleks.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, kamu bisa menambahkan plugin block gutenberg seperti Advanced Gutenberg. Ini adalah plugin gratis di mana kita bisa menambahkan block baru berupa tabel yang lebih canggih di Gutenberg. Jika kamu butuh rekomendasi plugin lain, 4 plugin tabel WordPress terbaik ini bisa kamu pertimbangkan.

1. Table Press

TablePress adalah plugin pertama yang saya rekomendasikan jika kamu ingin cara membuat tabel di WordPress dengan mudah.

Dengan plugin ini, kita bisa membuat tabel dengan tampilan muka yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi spreadsheet pada umumnya tanpa perlu mengerti koding terlebih dahulu. Uniknya kita bisa memasukan berbagai elemen ke dalam setiap sel seperti teks, gambar, list, hingga kode HTML dan PHP.

Selain itu, plugin ini juga memiliki opsi untuk mengaktifkan kode JavaScript untuk menambahkan fungsi lain seperti menambahkan filter pada tabel, mengurutkan tabel berdasarkan sel tertentu, hingga membagi tampilan data setiap beberapa baris tertentu.

Cara buat tabel di WordPress dengan TablePress

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah adanya opsi untuk mengimpor atau mengekspor tabel ke file Excel, CSV, HTML & JSON.

Tidak hanya itu, plugin TablePress juga memiliki ekstensi jika kamu butuh fitur tambahan. Beberapa bisa diunduh secara gratis meski cukup banyak juga yang berbayar. Beberapa ekstensi gratis yang bisa kamu tambahkan antara lain.

  • Automatic URL Conversion agar kita tidak perlu repot dengan kode HTML lengkap untuk membuat link
  • PHP code in table cells untuk menambahkan kode PHP yang dapat dieksekusi langsung dari sel yang ada di tabel
  • Data Tables Fixed Columns yang berfungsi sepert fitur freeze pada Excel di mana kita bisa mengatur agar satu/beberapa kolom tetap dapat terlihat meski data digeser ke samping
  • Change Data Tables String untuk mengubah bahasa yang digunakan pada tabel
  • Single Cell Content Shortcode untuk menampilkan data dari salah satu sel saja, dll.

Download Table Press

2. WP Table Builder

WP Table Builder adalah plugin drag-and-drop yang dapat membantu kita membuat tabel responsif dengan mudah tanpa harus repot dengan koding. Plugin ini dapat dipakai untuk membuat semua jenis tabel seperti tabel perbandingan, tabel harga, tabel daftar, dan sebagainya.

Setiap cell dapat diisi dengan lima jenis konten yang berbeda seperti teks, gambar, daftar (list), tombol, dan bintang rating. Jika masih kurang, setiap elemen tersebut dapat dikustomisasi agar tampak seperti yang kita inginkan.

Cara menambahkan tabel di postingan WordPress dengan Wp Table Builder

Mengelola setiap sel pada tabel dengan plugin ini juga sangat mudah dilakukan. Kamu bisa meambahkan baris/kolom baru, menghapus baris/kolom yang ada, menggabungkan sel dan memisahkannya, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Plugin ini juga support shortcode sehingga kamu dapat menempelkan tabel di mana pun kamu suka.

Download WP Table Builder

3. Data Tables Generator

Data Tables Generator adalah plugin buatan SupSystic yang bisa digunakan untuk membuat tabel responsif gratis di WordPress. Desain tabel yang dibuat nantinya bisa diubah agar sesuai dengan kebutuhan dan tampilan website kita. Cara pembuatan tabel dengan plugin ini cukup mudah sehingga kamu tidak repot dan bisa fokus pada bagian konten yang lain.

Data Tables Generator, Plugin tabel wordpress terbaik untuk menambahkan tabel dengan mudah

Untuk ukuran plugin gratis, Data Tables Generator memiliki banyak fitur keren, sebut saja.

  • Responsive Mode agar tampilan tabel dapat mengikuti ukuran layar apapun yang digunakan pembacanya
  • Large Table Support yang akan sangat berguna jika kamu membuat tabel yang memiliki banyak data agar tidak berat saat ditampilkan di postingan WordPress
  • Formula Support agar kita bisa memasukan formula pada sel layaknya pada Excel

Dan jika kamu mengupgrade plugin ini ($39 untuk 1 situs), akan ada banyak tambahan fitur lain seperti support terhadap diagram, charts, dan grafik. Lalu ada juga fitur agar kita bisa membuat tabel produk WooCommerce. Tidak ketinggalan, expor/impor data dari CSV, Excel, dan Google Sheets.

Download Data Tables Generator

4. JTRT Responsive Tables

JTRT Responsive Tables buatan John Tendik adalah plugin yang bisa dipakai untuk membuat tabel responsif di WordPress tanpa perlu mengetahui HTML atau CSS.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, kamu bisa membuatnya dari nol atau dengan import data CSV.

Plugin tabel wordpress terbaik dari JTRT Responsive Tables

Mengedit tabel menggunakan JTRT Responsive Table juga sangat mudah dengan beragam fitur yang telah disediakan plugin ini. Selain support beragam jenis input, plugin ini juga bisa menggunakan formula seperti Excel, memilki fitur sorting & filtering, support shortcode, serta tampilan yang dapat dimodifikasi dengan hanya dengan satu klik saja!

Download JTRT Responsive Tables

Penutup

Jika kamu sering berkutat dengan data, membuat tabel mungkin harus kamu perhitungkan agar data dapat lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Dengan banyaknya pilihan plugin tabel WordPress terbaik, rasanya kamu tidak perlu lagi repot membuat tabel dengan cara lama memakai HTML dan CSS.

Sebagai rekomendasi, jika kamu hanya butuh tabel sederhana, maka block Gutenberg bisa jadi solusi. Untuk tabel yang lebih kompleks, kamu bisa memakai TablePress atau JTRT Responsive Table untuk tabel dengan tampilan responsif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu