Cara Membuat Link Nofollow di WordPress (Gutenberg)

Ini adalah tutorial singkat bagaimana cara membuat link nofollow di Gutenberg (WordPress) secara manual atau dengan bantuan plugin.

Gutenberg adalah editor teks baru yang kini ada secara default sejak update WordPress versi 5.0 ke atas.

Meski memiliki banyak kelebihan, ada cukup banyak hal yang nampaknya masih belum bisa dilakukan di editor teks WordPress ini, salah satunya adalah membuat link nofollow.

Jika kamu sering membuat link nofollow, adanya fitur ini di Gutenberg jelas akan sangat membantu sekali. Untungnya, cara membuat link nofollow di Gutenberg bisa dilakukan dengan mudah, baik secara manual atau dengan bantuan plugin.

Apa Itu Link Nofollow?

Nofollow adalah atribut yang kita berikan kepada link untuk memberitahu bot mesin pencari agar tidak merayapi sebuah link. Jika kamu pernah melihat URL dalam format HTML, link nofollow dapat dikenali dengan adanya atribut rel="nofollow".

Lalu, apa fungsi link nofollow?

Secara default, link yang kita buat di WordPress adalah link dofollow. Ini artinya mesin pencari bisa merayapi link tersebut dan ikut mengindeks konten yang diarahkan link tersebut.

Tidak hanya itu, menggunakan link dofollow juga akan memberi konten yang ada di link tersebut LINK JUICE dari website kita. Jika dilakukan dengan benar, link dofollow akan menguntungkan kedua belah pihak.

Lalu bagaimana jika kita tidak ingin memberikan LINK JUICE kepada website lain? Di sinilah kita bisa memakai link nofollow.

Beberapa skenario di mana kamu bisa menggunakan link nofollow antara lain,

  • Link sponsor/postingan berbayar
  • Link Afiliasi
  • Link ke situs yang tidak kamu percaya

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress (Gutenberg)

Untuk membuat link nofollow di WordPress, sebenarnya kita bisa menggunakan cara manual. Namun jika kamu sering membuatnya, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan plugin yang saya rekomendasikan di bawah ini.

1. Cara membuat link nofollow secara manual

Cara membuat link nofollow secara manual tidak jauh berbeda dengan cara buat link biasa di WordPress. Bedanya kita akan menambahkan atribut nofollow pada link tersebut.

Jika kamu sudah membuat link, pilih block yang mengandung link tersebut lalu klik ikon titik tiga dan gunakan menu EDIT AS HTML. Jika sudah, kamu bisa melihat link dalam format sebagai berikut.

<a href="https://url-link.com">Anchor text</a>

Untuk membuat link nofollow, tambahkan atribut rel="nofollow" sehingga link di atas menjadi,

<a href="https://url-link.com" rel="nofollow">Anchor text</a>
Cara membuat link nofollow di WordPress secara manual
Cara membuat link nofollow di WordPress secara manual

Sebagai catatan, jika kamu membuat link agar terbuka di tab baru, maka link yang kamu buat akan memiliki atribut default noreferer dan noopener. Untuk membuat link nofollow, cukup ubah link tersebut menjadi seperti contoh link berikut ini.

<a href="https://url-link.com" rel="nofollow noreferer noopener" target="_blank">Anchor text</a>

2. Cara membuat link nofollow dengan plugin

Sebenarnya ada beberapa plugin yang bisa membantu kamu membuat link nofollow dengan mudah. Sayangnya kebanyakan hanya harus diatur dulu secara manual dan bekerja pada satu set perintah saja.

Sebagai rekomendasi, salah satu plugin yang cukup mudah digunakan adalah Gutenberg Page Building Toolkit – EditorsKit buatan Jeffrey Carandang.

Fungsi plugin ini tidak hanya untuk membantu membuat link nofollow saja, tetapi banyak juga tambahan fitur lain ke dalam Gutenberg seperti Markdown support, syntax highlighter, mengaktifkan block pada perangkat tertentu, dll.

Jika kamu sudah menginstal plugin ini, membuat link nofollow bisa dilakukan semudah membuat link biasa. Saat kamu menambahkan link, akan ada opsi No Follow yang bisa langsung kamu aktifkan untuk membuat link nofollow.

Cara membuat link no follow di WordPress dengan plugin
Cara membuat link no follow di WordPress dengan plugin

Selesai sudah tutorial kali ini, mudah-mudahan bisa membantu kamu membuat link no follow di WordPress dengan mudah. Jika ada saran atau pertanyaan, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu