Cara Dapat Domain .COM Gratis

Domain .com adalah domain terpopuler dan paling banyak diminati dibanding domain dengan ekstensi lain seperti .net atau .id. Meski harganya cukup terjangkau, masih banyak blogger yang mencari domain .com dengan harga murah, kalau bisa gratis! Hmm, memang bener gak sih ada cara dapat domain .com gratis?

Saat memilih nama domain ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama jika kita ingin membeli domain untuk keperluan bisnis.

Namun jika kita ingin membeli nama domain untuk keperluan pribadi, rasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, yang penting nama domain tersebut tersedia.

Dari semua pertimbangan yang ada, saya kira ekstensi domain menjadi salah satu poin yang sering kali dilewatkan. Dengan tingkat kepopulerannya yang jauh meninggalkan ekstensi lainnya, domain .com jelas menjadi pilihan utama saat membeli nama domain.

Tidak hanya populer, domain .com juga termasuk murah dibanding domain dengan ekstensi lainnya. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa harga nama domain dibanding domain .com per 10 Februari 2019.

Daftar Harga Domain Berdasarkan TLD
.comRp 125.000.siteRp 125.000
.netRp 155.000.storeRp 585.000
.orgRp 175.000.onlineRp 125.000
.infoRp 175.000.xyzRp 140.000
.bizRp 175.000.meRp 315.000
.idRp 250.000.topRp 165.000

*) Harga di atas merupakan rata-rata harga domain normal di Niagahoster & Dewaweb tempat saya biasa membeli nama domain.

Sebagai informasi, harga domain di atas tidak fix. Seringkali ada banyak promo dari penyedia hosting yang menawarkan nama domain dengan harga miring. Meski tanpa promo, domain .com tetap menjadi opsi murah terbaik jika kamu ingin membuat website yang lebih kredibel meski menggunakan hosting gratis.

Meski begitu, pembayaran yang harus dilakukan secara tahunan di awal tentu membuat sebagian orang merasa berat untuk mengeluarkan uang yang terlalu banyak, apalagi jika kita masih pemula yang masih baru meraba dunia blogging. Karena itulah cara tutorial cara mendapatkan domain .com gratis masih menjadi topik yang menarik minat banyak blogger.

Tapi bener gak sih kita bisa dapat domain .com gratis?

Jika kamu mencari keyword “cara dapat domain .com gratis,” kamu bisa menemukan cukup banyak artikel. Sayangnya semua artikel yang muncul di halaman pertama saya kira judulnya sedikit mengecoh. Meski kamu benar bisa mendapatkan domain.com secara gratis, kamu harus mengikuti program tertentu dulu. Keyword ini sendiri rasanya pernah dilombakan karena ada banyak artikel dengan tema yang mirip.

Program yang saya maksud adalah Program Grow dari Exabytes di mana kamu bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan domain .com dan email gratis jika kamu memiliki Facebook fans page atau blog Bisnis. Selain itu ada Program Blogger di mana kamu bisa tebus murah domain .COM hanya dengan membuat artikel tentang Exabytes. Sayangnya saat saya mengkonfirmasi hal ini, baik program Grow maupun program Blogger sudah tidak berlaku lagi meski kita masih bisa mengakses linknya di homepage Exabytes.

Artikel berbahasa Inggris juga tidak kalah misleading. Rata-rata artikel yang nangkring di halaman teratas Google isinya ajakan untuk membeli hosting berhadiah domain gratis. Meski harga hosting yang ditawarkan cukup murah, kita tetap harus keluar uang dulu untuk mendapatkan domain .com gratis. Wah, kalau begitu bukan gratis dong namanya!

Promo beli hosting dapat nama domain gratis ini memang tidak asing. Di Indonesia pun ada banyak hosting yang menyediakan nama domain gratis dengan skema semacam ini. Sebagai contoh, Niagahoster yang saya pakai untuk blog ini memiliki paket hosting dapat domain .com gratis. Domain ini bahkan gratis seumur hidup selama kamu berlangganan (terus memperpanjang) hosting di Niagahoster.

Contoh paket hosting murah gratis domain .com
Contoh paket hosting murah gratis domain .com

Tapi berhubung kamu mencari yang benar-benar gratis, pasti bukan opsi ini kan yang kalian cari?

Cara Dapat Domain .COM Gratis

Tidak harus beli hosting dulu, ternyata ada beberapa cara untuk dapat domain .com gratis. Meski begitu jangan harap kamu bisa dapat domain .com dengan mudah yah! Selain memiliki syarat tertentu, domain .com gratis ini umumnya hanya bisa dinikmati di tahun pertama saja, untuk pemakaian di tahun-tahun berikutnya kamu harus membayar dengan harga normal.

1. Dapat domain .com gratis dari freedomainfactory.com

Untuk saat ini, hanya freedomainfactory.com saja situs yang saya tahu memberikan domain .com gratis untuk setiap penggunanya. Sistem yang digunakan situs ini berbasis poin, artinya kamu harus mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu dulu sebelum bisa mendapatkan reward seperti nama domain .com gratis.

Untuk mulai berburu domain gratis dari situs ini, cukup daftar dengan alamat email dan klik link verifikasi yang dikirim lewat email tersebut. Setelah itu kumpulkan poin terlebih dahulu agar kita bisa mulai mengakses dabor situs ini. Poinnya sendiri bisa didapat dengan beragam cara mulai dari menyelesaikan survey, menonton video, bermain game, dll. Jika dasbor sudah bisa diakses, barulah kamu bisa menambah poin dari referal.

Dapatkan domain .com gratis dengan mengumpulkan dan menukarkan poin di freedomainfactory.com
Cara dapat domain .com gratis dengan mengumpulkan poin di FreeDomainFactory

2. Ikut program afiliasi hosting

Sebagai informasi pembuka, cara ini tidak bisa memberikan kamu domain .com secara gratis. Sebagai gantinya, kamu bisa memperoleh uang yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membeli domain .com kamu sendiri.

Saat ini ada cukup banyak hosting yang menyediakan program afiliasi untuk menarik minat pelanggan baru. Kamu sebagai affiliate marketer nantinya hanya perlu mempromosikan hosting kepada orang yang membutuhkan. Jika ada pelanggan yang membeli hosting melalui link afiliasi yang kamu miliki, kamu akan mendapatkan komisi.

Program afiliasi hosting sendiri termasuk program afiliasi yang menawarkan reward dalam jumlah yang besar. Komisi berkisar antara 20%-70% dari nilai pembelian paket hosting. Komisi ini nantinya bisa kamu gunakan untuk keperluan website kamu sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti program afiliasi hosting, mendapatkan satu pelanggan saja sudah cukup untuk dapat komisi yang bisa dipakai untuk membeli nama doman. Jika kamu lebih serius, rewardnya mungkin tidak hanya cukup untuk membeli nama domain, tapi juga sekaligus hostingnya.

Cara kerja affiliate marketing untuk mendapat komisi yang dibutuhkan untuk membeli domain .com kamu sendiri.
Cara kerja affiliate marketing untuk mendapat komisi yang dibutuhkan untuk membeli domain .com kamu sendiri.

3. Ikutan lomba blog berhadiah nama domain .com gratis

Ini adalah pengalaman saya pribadi di mana kamu bisa mendapatkan domain .com gratis dengan memenangi lomba blog yang diadakan hosting tertentu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa punya kesempatan dapat hadiah hosting gratis atau uang saku yang cukup lumayan jumlahnya.

Salah satu lomba yang pernah saya ikuti adalah lomba blog yang diadakan Dewaweb tahun 2018 lalu. Dari lomba tersebut saya mendapatkan hadiah berupa saldo Dewaweb yang bisa saya pakai untuk membeli produk Dewaweb tanpa ada masa berlaku. Namun sayang lomba semacam ini tidak selalu ada dan persaingannya pun bisa cukup ketat.

Jka kamu tertarik mengikuti lomba, saat ini ada lomba blog review bulanan dari Jagoan Hosting yang salah satu hadiahnya berupa domain .com gratis. Saya sendiri sudah punya dua nama domain (.com & .blog) serta satu hosting gratis dari lomba blog ini. Dan enaknya lomba ini diadakan bulanan, jadi jika kamu masih belum beruntung di bulan ini kamu bisa mencoba di bulan-bulan berikutnya.

Cara dapat domain .com dan hosting gratis dari lomba blog
Ikut lomba berhadiah domain dan hosting gratis

4. Kepo-in akun sosial media milik hosting

Jika kamu tidak buru-buru ingin dapat domain .com gratis, coba pantau terus akun sosial media penyedia hosting. Dalam beberapa event tertentu, mereka sering bagi-bagi hadiah, termasuk domain .com gratis. Info lain seperti info lomba blog yang saya sebut di atas juga akan selalu dipromosikan di semua akun sosmed mereka. Jadi kamu tidak perlu khawatir ketinggalan berita.

5. (BONUS) Dapatkan domain .com + hosting gratis dari Niagahoster

Yup, kamu tidak salah baca, untuk saat ini ada kesempatan untuk mendapatkan domain .com gratis berikut hostingnya. Promo ini sendiri diadakan setiap bulannya dan lima orang yang beruntung bisa mendapatkan domain + hosting secara cuma-cuma. Paket hosting gratis yang kamu dapat adalah paket Pelajar Niaahoster selama satu tahun pertama.

Dengan paket pelajar, kamu akan mendapatkan spek hosting keren seperti cPanel terbaru, unlimited bandwidth dan disk space, website builder, free SSL, mySQL, PHP 5 & 7, unlimited email, dan jaminan uptime 99.98%. Niagahoster sendiri merupakan salah satu hosting terbaik di Indonesia dengan server yang bisa diandalkan. Jadi hosting gratis yang kamu dapat bukan hosting gratis sembarangan.

FITUR PAKET PELAJAR NIAGAHOSTER
Fitur UtamaFitur TeknisFitur EmailFitur cPanel
Unlimited BandwidthDatabase MySQLUnlimited EmailSoftaculus
Unlimited Disk SpacephpMyAdminLimit Kirim 2400 Email / HariCloudflare
Aktivasi InstantSupport PHP 5 & 7POP3/IMAP10 Addon Domain
Let's Enscrypt SSLCGI SupportSMTPUnlimited Park Domain
Uptime 99.98%CurlAuto ResponderUnlimited Subdomain
Livechat SupportPerlEmail ForwarderCustom 404 Error Pages
BitNinja Smart SecurityGD 2SpamAssassin ProtectionBackup Instan

Untuk mendapatkan hosting gratis, yang perlu kamu lakukan adalah like dan share Facebook Fans Page Niagahoster lalu masuk ke link niagahoster.co.id/hosting-gratis dan isi data lengkap pada form yang tersedia. Pemenang hosting gratis nantinya akan dipilih secara acak oleh tim dari Niagahoster.

Jika kamu berminat, langsung saja ikutan promo hosting gratis selama promo ini masih ada.

Penutup

Tidak ada cara yang mudah untuk mendapatkan domain .com gratis. Dengan tingkat kepopulerannya yang tinggi, domain .com tidak akan sepi pembeli meski tidak ada promo khusus. Jadi rasanya akan sulit berharap ada yang mau membagikan domain .com secara cuma-cuma.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara dapat domain .com gratis. Beberapa cara di atas bisa kamu coba meski kamu harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Jika kamu ingin mencoba domain dengan ekstensi lainnya, simak juga cara dapat nama domain gratis yang saya posting sebelumnya.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like