Cara Jitu Untuk Memeriksa Apakah Nama Domain Tersedia Atau Tidak

Sudah punya nama domain tapi penasaran masih tersedia atau tidak? Periksa ketersediaan nama domain di domain registrar aja. Selain bisa periksa nama domain apakah bisa dipakai atau tidak, dengan cara ini kamu bisa langsung mendaftarkan nama domain yang kamu incar.

Nama domain dan Hosting adalah dua komponen penting bila kamu ingin membuat website kamu sendiri. Bila kamu memakai platform blogging gratis seperti Blogger atau WordPress, keduanya bisa kamu dapat secara cuma-cuma sehingga kamu tidak perlu membelinya lagi.

Untuk blogger Indonesia sendiri, saya masih melihat banyak tren yang lebih memilih untuk memakai custom domain pada web hosting gratis. Pilihan yang murah-meriah karena nama domain akan membuat blog terlihat kredibel tanpa harus keluar uang lebih banyak untuk hosting.

Namun dengan banyaknya web/blog saat ini, mencari nama domain yang baik adalah hal yang gampang-gampang susah. Ada kalanya nama domain yang kamu ingin ternyata sudah dimiliki oleh orang lain.

Untuk memeriksa apakah nama domain yang kamu inginkan tersedia atau tidak, ada banyak tools online yang siap kamu gunakan. Di antara semua tools tersebut, saya lebih condong untuk memeriksa nama domain pada tools yang sudah disediakan oleh domain registrar atau penyedia jasa hosting.

Tidak hanya memeriksa nama domain dengan TLD yang kita inginkan, tools ini juga akan memberi kita alternatif ekstensi lain yang tersedia. Dan enaknya lagi, kita bisa langsung membelinya bila domain tersebut tersedia.

Cara Untuk Memeriksa Ketersediaan Nama Domain

1. Cek Nama Domain di Niagahoster

Banyak yang masih mengira kalau untuk membeli hosting atau nama domain harus melalui jasa perusahaan luar negeri seperti GoDaddy atau NameCheap. Padahal kini banyak juga penyedia hosting lokal yang menawarkan jasa beli nama domain dengan harga yang sangat bersaing.

Salah satu tempat di mana kamu bisa memeriksa ketersediaan nama domain adalah melalui Niagahoster.

Dengan pilihan ekstensi yang banyak dan harga yang cukup murah, kamu sudah bisa memiliki satu nama domain yang kamu inginkan. Domain tersebut bahkan bisa kamu miliki secara cuma-cuma bila kamu juga membeli paket hosting yang mereka tawarkan.

Untuk memeriksa apakah nama domain yang kamu incar tersedia atau tidak, kamu hanya perlu mengakses laman domain murah Niagahoster lalu masukan nama domain pada kotak isian yang tersedia.

Secara default, Niagahoster akan memeriksa nama domain dengan ekstensi .COM. Bila kamu ingin mencari nama domain dengan ekstensi lainnya, cukup ubah pada menu drop down yang ada di sebelahnya.

Bila nama domain yang kamu inginkan tersedia, kamu bisa langsung membelinya. Niagahoster bahkan akan memberi kamu beberapa rekomendasi nama domain bila kamu berminat.

Cek ketersediaan nama domain di Niagahoster
Cek ketersediaan nama domain di Niagahoster.

2. Cek Nama Domain di Hostinger

Hostinger adalah salah satu nama yang patut kamu simak bila ingin mencari web hosting murah berkualitas. Namun selain hosting, Hostinger juga menyediakan domain murah dan tools untuk memeriksa ketersediaan nama domain.

Untuk melakukannya, masuk ke laman resmi Hostinger dan pilih menu DOMAIN MURAH.

Setelah itu kamu hanya perlu memasukan nama domain yang kamu inginkan dan Hostinger akan mencari ketersediaan nama domain tersebut pada semua ekstensi yang mereka sediakan. Bila nama domain yang kamu ingin tersedia, kamu bisa langsung membelinya di Hostinger.

Cek ketersediaan nama domain di Hostinger
Cek ketersediaan nama domain di Hostinger.

3. Cek Nama Domain di PANDI.ID

Khusus untuk kamu yang ingin melihat apakah nama domain yang kamu inginkan tersedia pada ccTLD Indonesia (.ID dan semua variannya), kamu bisa memakai tools dari PANDI.ID.

Cukup masukan nama domain yang kamu inginkan lalu klik tombol CHECK. Setelah itu akan terlihat apakah nama domain tersedia pada ektensi-ekstensi berikut:

  • .ID, .MY.ID, .WEB.ID (Untuk siapa saja)
  • .AC.ID (Untuk institusi pendidikan)
  • .CO.ID (Untuk Pelaku bisnis berbadan usaha)
  • .BIZ.ID (Untuk pelaku bisnis tanpa badan usaha)
  • .OR.ID (Untuk organisasi/yayasan/komunitas)
  • .SCH.ID (Untuk sekolah SMA dan tingkat di bawahnya)
Cek ketersediaan nama domain melalui PANDI.ID
Cek ketersediaan nama domain ccTLD Indonesia melalui PANDI.ID

Bila kamu berminat dengan salah satunya, PANDI.ID akan mengarahkan kamu ke domain registrar resmi yang sudah terdaftar sebagai partner PANDI.ID.

4. Cek Nama Domain di GoDaddy dan NameCheap

Meski kini juga menyediakan layanan hosting, GoDaddy dan NameCheap awalnya lebih dulu terkenal sebagai salah satu tempat daftar domain terbaik di dunia. GoDaddy sendiri mengelola lebih dari 75 juta nama domain[1] dan NameCheap mengelola lebih dari 8 juta nama domain[2].

Sebagai domain registrar terpopuler, tools untuk memeriksa nama domain jelas wajib ada. Karena itulah tools ini dapat dengan mudah kamu temukan pada homepage masing-masing.

Untuk memeriksa apakan nama domain kamu tersedia, cukup masukan nama domain pada kotak isian yang tersedia dan klik tombol ENTER.

Bila nama domain kamu tersedia, kamu bisa membelinya langsung di GoDaddy atau NameCheap.

Meski harganya sedikit lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan oleh domain registrar lokal, ada beberapa kelebihan seperti proteksi WhoIs Guard gratis di tahun pertama untuk pembelian nama domain di NameCheap atau potongan harga bila kamu membeli tiga atau lebih nama domain sekaligus di GoDaddy.

5. Cek Nama Domain di Domain Name Generator

Satu kesulitan sebelum membeli nama domain adalah mencari nama yang sesuai dengan niche atau tujuan blog kamu nantinya. Salah satu cara untuk mencari nama domain yang unik adalah dengan memakai domain name generator.

Selain untuk hal tersebut, domain name generator juga bisa dipakai untuk memeriksa apakah nama domain tersedia atau tidak.

Namun tidak seperti tools milik domain registrar pada umumnya, domain name generator akan memberikan kamu nama alternatif bila nama domain yang kamu inginkan tidak tersedia.

Bagaimana Bila Nama Domain yang Kamu Inginkan Tidak Tersedia?

Bila kamu ingin membeli nama domain saat ini, ada saja kemungkinan kalau nama domain tesebut tidak tersedia dan sudah dimiliki orang lain. Lalu apa yang bisa kamu lakukan bila hal ini terjadi?

  1. Membelinya – Bukan membeli melalui domain registrar tapi membeli nama domain yang kamu inginkan langsung kepada pemiliknya. Namun ingat! harganya bisa jauh lebih mahal dibanding nama domain biasa, apalagi bila nama domain tersebut ternyata sudah memiliki usia yang cukup lama serta PA/DA yang bagus.
  2. Memakai ekstensi lain – Ada kalanya kamu tidak perlu terpaku pada domain .COM saja. TLD lain seperti .NET, .ORG, atau .ID patut kamu coba terutama bila domain dengan ekstensi .COM hanya dipakai sebagai parked domain saja.
  3. Menambahkan kata lain – Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan nama domain yang tidak jauh dari nama domain yang kamu incar. Sebagai contoh, bila kamu memiliki brand bernama Alyssa dan mengincar nama domain alyssa.com, mungkin hal ini akan sangat sulit. Sebagai gantinya, kamu bisa mendaftarkan nama domain lain yang mengandung kata ALYSSA juga seperti babyalyssa.com atau alyssashop.com sesuai dengan niche brand kamu.
  4. Memakai nama domain lain – Sebagai langkah terakhir, ada baiknya mungkin bila kamu mengganti nama domain yang kamu incar. Siapa tahu nama domain berikutnya akan terdengar jauh lebih bagus.

Penutup

Mencari nama domain adalah bukan pekerjaan mudah. Karena itu segera cek ketersediaan nama domain dan daftarkan langsung bila perlu sebelum orang lain mengambilnya.

Dengan banyaknya tools online yang bisa kamu gunakan, memeriksa nama domain incaranmu melalui domain registrar bisa menjadi opsi jitu. Selain tahu apakah nama domain tersebut tersedia atau tidak, kamu juga bisa membelinya langsung.

Apa tools favoritmu dalam mengecek ketersediaan nama domain? Jangan segan untuk meninggalkan komentar di bawah ini yah!

SUMBER:
[1]: https://id.godaddy.com/company/about
[2]: https://www.namecheap.com/about/press-releases/press-releases-info/17-09-27/Namecheap_Announces_8_Million_Domains_Under_Management.aspx


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.