Domain & Hosting

Cara Dapat Nama Domain Gratis Tanpa Syarat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa yang tidak mau punya nama domain sendiri. Mau tahu cara buat nama domain gratis? Tenang! di situs-situs ini kamu bisa daftar nama domain gratis (selain blogspot.com atau wordpress.com yah!)

Untuk membuat sebuah website / blog, kamu membutuhkan hosting dan nama domain. Keduanya bisa kamu dapat gratis bila kamu memakai platform blogging gratis seperti Weebly, Blogger, atau WordPress.com.

Semua website yang dibuat di platform gratis seperti ini umumnya mudah dikenali karena nama domainnya berupa subdomain seperti *.blogspot.com, *.wordpress.com, atau *.weebly.com.

Bila kamu ingin tampil beda dengan yang lainnya, maka kamu harus memiliki nama domain sendiri yang bisa kamu beli di penyedia hosting seperti Niagahoster, DewaWeb, atau Domainesia.

Biaya Nama Domain

Berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk sebuah nama domain? Jawabannya tergantung TLD yang kamu pilih dan di mana kamu membeli nama domain.

Setiap registrar menawarkan paket domain yang berbeda-beda karena itulah harganya bisa cukup bervariasi. Dari pengalaman saya, beberapa registrar yang terpercaya dan menawarkan harga domain murah adalah Domainesia, IDWebhost, dan Niagahoster.

Untuk ekstensinya sendiri, domain .COM biasanya dibanderol di kisaran harga 115.000 – 145.000 dengan kurs saat ini (per 20 Nov 2018). Untuk ekstensi .NET dan .ORG umumnya lebih mahal di harga 130.000 – 160.000 dan untuk ccTLD seperti .ID bisa lebih mahal lagi hingga 250.000 – 350.000 per tahunnya.

Karena alasan inilah banyak blogger yang lebih memilih TLD baru yang sedang promo seperti .XYZ, .SITE atau .ONLINE yang saat ini didiskon besar-besaran hingga hanya 14.000 untuk tahun pertama saja. Dengan harga normal yang berkisar antara 125.000 – 145.000, pembelian domain generic semacam ini masih lebih murah dibanding domain .COM bila kamu menggunakannya dalam rentang waktu 1-3 tahun.

Namun untuk kamu yang ingin daftar nama domain gratis, jangan khawatir! ada juga cara alternatif yang bisa kamu gunakan.

Cara Dapat Nama Domain Gratis

Baca Juga: Cara Dapat Domain .COM Gratis

1. Buat Nama Domain Gratis di Situs Penyedia Nama Domain

Percaya atau tidak, ada cukup banyak situs yang menyediakan nama domain gratis. Beberapa benar-benar menggratiskannya sementara beberapa situs lain hanya akan menagih biaya pendaftaran domain yang nominalnya tidak sampai 1 sen.

Meski begitu jangan harap kamu akan mendapat nama domain dengan ekstensi populer seperti .COM atau .NET. Domain yang kamu dapat umumnya akan menggunakan ccTLD seperti .TK, .ML, .GQ, .CF, atau .GA. Situs lainnya akan memberikan 2nd level TLD seperti .CO.NR atau .CO.CC.

Walau sekilas tampak asing, domain dengan TLD ini memiliki fungsi yang sama dengan nama domain pada umumnya. Domain gratis ini bisa kamu gunakan untuk website, blog, hingga digunakan untuk membuat email dengan nama domain sendiri.

Meski begitu domain gratis semacam ini memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Kredibilitas yang lebih rendah dibanding nama domain dengan TLD premium seperti .COM atau .NET.
  2. Sering dianggap spam dan diblokir karena domain gratis seperti ini sering digunakan untuk spamming.
  3. Karena reputasinya yang cukup buruk, domain gratis semacam ini tidak terlalu menarik minat pengiklan.
  4. Dari banyak pengalaman penggunanya, banyak yang cukup kesulitan untuk mendapatkan ranking teratas di Google. Selain itu domain gratis semacam ini juga cukup sulit didaftarkan Google Adsense.
  5. Support yang minim.

Dengan semua kekurangan tersebut, saya tidak menganjurkan nama domain gratis semacam ini untuk blog pribadi. Namun rasanya tidak ada salahnya bila kamu memakainya untuk sekedar belajar. Dengan nama domain ini kamu juga bisa memasangnya di hosting gratis untuk mencoba WordPress.

Untuk kamu yang penasaran, inilah beberapa situs penyedia nama domain gratis yang bisa kamu coba,

  • freenom.com
  • dot.cf
  • my.ga
  • freedomain.pro
  • nl.gl
  • dot.tk
  • freedomain.co.nr
  • biz.nf
  • point.ml
  • co.vu

Freenom adalah salah satu penyedia nama domain gratis dengan ccTLD seperti .TK, .ML, .GA, .CF, aau .GQ
Freenom adalah salah satu penyedia nama domain gratis dengan ccTLD seperti .TK, .ML, .GA, .CF, aau .GQ

2. Dapat Nama Domain Gratis Dari Penyedia Hosting

Bila kamu tidak puas dengan nama domain gratis dengan ccTLD seperti contoh di atas, ada juga lho cara untuk mendapatkan nama domain gratis yang lebih baik!

Beberapa penyedia hosting seringkali mengadakan promo berhadiah nama domain. Dengan promo ini, kamu tidak perlu membayar sepeser pun untuk nama domain idaman kamu. Dan yang paling enak, nama domain yang kamu dapat biasanya memiliki TLD yang populer seperti .COM, .CO.ID, .WEB.ID, atau .XYZ.

Meski begitu umumnya promo ini hanya berlaku untuk satu tahun pertama saja. Untuk tahun-tahun selanjutnya kamu akan dikenakan tarif normal. Cukup wajar mengingat promo ini biasanya digunakan untuk menggaet pengguna baru agar bisa merasakan layanan yang mereka berikan.

Untuk kamu yang ingin nama domain gratis melalui promo hosting ini harus sering memantau akun sosial media semua penyedia hosting. Dari pengalaman saya, banyak nama domain yang digratiskan pada momen-momen besar seperti saat menjelang Lebaran, Imlek, hingga momen Ulang Tahun si penyedia hosting.

Bila kamu tertarik untuk mendapatkan domain gratis dari penyedia hosting, ada juga lho nama domain yang bisa kamu dapat cuma-cuma tanpa harus nunggu promo dulu. (Note: Kebanyakan promo domain gratis ini berlaku untuk tahun pertama saja)

Domain Gratis .XYZ dan .ONLINE dari IDWebhost

IDWebhost sedang bagi-bagi nama domain gratis setiap minggunya. Cukup Like dan Share halaman Fans Page Facebook IDWebhost lalu isi biodata dan nama domain yang kamu inginkan. Setelah itu kamu sudah bisa ikut undiah berhadiah yang diundi setiap hari Rabu setiap minggunya.

Kunjungi IDWebhost

Domain Gratis .WEB.ID atau .CO.ID dari Niagahoster (+ Hosting)

Sama seperti sebelumnya, kamu hanya perlu mengisi biodata dan nama domain yang kamu inginkan serta Like dan Share Fnas Page Facebook Niagahoster. Untuk domain gratis disediakan untuk 5 orang pemenang setiap minggunya.

Tidak hanya menawarkan domain gratis, Niagahoster juga menyediakan undian berhadiah hosting gratis lho! Hosting gratis ini akan diberikan kepada 5 orang pemenang yang beruntung setiap bulannya.

Kunjungi Niagahoster

Domain Gratis (+ Hosting ) dari Dewaweb

Khusus untuk organisasi non-profit yang bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan, dan lingkungan hidup, Dewaweb menyediakan paket nama domain + hosting gratis selamanya. Setiap organisasi yang telah disetujui akan mendapatkan cloud hosting dengan paket storage minimal 2GB. Selain itu akan ada diskon tambahanan khusus untuk layanan tambahan, Add-on, dll.

Kunjungi Dewaweb

3. Dapat Domain Gratis .TECH dan .ME dengan Email .EDU

Email .EDU adalah email yang khusus diperuntukan bagi mahasiswa atau staff pengajar di sekolah/universitas di Amerika Serikat. Beberapa kelebihan memiliki email .EDU adalah potongan harga serta voucher yang bisa digunakan pada banyak produk digital seperti Google Drive, Digital Ocean, Azure, AutoCAD, dll. Dengan email .EDU ini, kamu juga bisa mendapatkan nama domain gratis dengan ekstensi .ME dari Namecheap dan .TECH dari get.tech.

Namecheap memberikan nama domain gratis kepada pemilik email .EDU
Domain gratis yang diberikan Namecheap kepada pemilik email .EDU

Sayangnya email .EDU hanya bisa dimiliki oleh warga yang tinggal di Amerika saja. Namun bila kamu ingin memilikinya, ada juga lho yang menjualnya di forum, Facebook, atau online store digital seperti P-Store.

Alternatif yang Lebih Baik

Kecuali kamu mau menunggu promo diskon nama domain, saya kira alternatif yang lebih baik adalah dengan membeli nama domain premium kamu sendiri. Untuk domain .COM dengan biaya rata-rata 130.000 per tahun, artinya perbulan kamu hanya perlu mengeluarkan uang 10.000-an saja. Bila kita hitung perhari, biayanya kurang dari 500 Rupiah sehari.

Dibandingkan nama domain gratis, nama domain premium jelas memiliki banyak kelebihan seperti kredibilitas yang baik, mudah didaftarkan Adsense, hingga adanya full support dari registrar. Untuk kamu yang ingin memiliki nama domain untuk web pribadi atau bisnis, saya lebih menyarankan untuk memiliki nama domain sendiri dibanding nama domain gratis yang saya kira lebih cocok untuk coba-coba.

9 Comments

  1. klo menurutku sih, mending beli yang jelas dengan ext .com .net .info lebih terlihat profesional, dari pada domain gratisan dari freenom yang notabenya banyak disalahgunakan

    • Syafiq Salman Reply

      Yes, masih lebih bagus pakai .COM atau .NET. Kalau yang gratisan memang lebih enak buat belajar aja.

    • Syafiq Salman Reply

      Rasanya iya, apalagi kalau dibanding tahun-tahun kemarin. Kalau melihat kode errornya, katanya domain gratis dari Freenom banyak dipakai buat hal-hal negatif kyk spamming, makanya agak susah kalau buat dari Indonesia.

    • Domain Gratis Reply

      Gampang kok, pakai Opera yang terbaru, udah built-in VPN, tinggal aktifin aja. Silakan kunjungi blog saya untuk info selengkapnya.

      • Syafiq Salman Reply

        Hmm, saya pernah coba pakai addon VPN di Mozilla tidak berhasil, mungkin kapan-kapan bisa coba pakai VPN-nya Opera, siapa tahu lebih manjur. Terima kasih sarannya.

  2. Mkasih infonya, sngat membantu sekali dan penjelasannya lengkap buat saya

Write A Comment