Cara Membuat Website Murah dengan Nama Domain Sendiri

Membuat website dengan nama domain kamu sendiri tidak harus ribet dan mahal. Cukup memanfaatkan hosting gratis dari Blogger dan beli nama domain, kamu sudah bisa punya website keren dengan mudah.

Bila kamu membaca artikel ini, kamu mungkin sudah tahu manfaat memiliki website dan kini ingin memiliki website kamu sendiri. Namun kamu mungkin kini sedang bingung karena pada beberapa tutorial harga pembuatan website ternyata cukup mahal.

Eits, jangan berkecil hari dulu, ada kok’ caranya bikin website dengan budget minim namun hasilnya maksimal.

Untuk mulai membuat website keren ada beberapa hal penting yang harus kamu tebus dengan nilai tertentu, misalnya saja hosting, nama domain, tema/template, dan addon lain untuk menambahkan fungsi atau fitur ke dalam situs kamu. Lalu bagaimana kalau kita tidak memiliki budget yang besar?

Tentu harus ada yang dikorbankan!

Tapi apa yah kira-kira yang harus dikorbankan tanpa membuat situs lelet dan terlihat abal-abal?

Satu hal yang pasti, kamu bisa berhemat cukup banyak dengan membuat website kamu sendiri. Untuk caranya tidak perlu khawatir, tutorial ini saya buat sesimpel mungkin bahkan untuk kamu yang belum pernah membuat website sekalipun akan dapat dengan mudah membuatnya saat tutorial ini selesai.

Kembali ke masalah harga, dua komponen utama yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website adalah hosting dan nama domain. Hosting bisa diibaratkan sebagai rumah tempat kita menyimpan file-file yang dibutuhkan website kita sementara nama domain berfungsi layaknya alamat rumah agar pengunjung dapat mencari lokasi website kita dengan mudah.

Namun dibandingkan nama domain, hosting membutuhkan budget yang jauh lebih besar. Semakin besar situs kamu nantinya, kebutuhan hosting juga akan semakin meningkat dan akan semakin mahal pula harga yang harus kamu bayar. Tapi untuk permulaan hal ini bukanlah masalah besar.

Untuk menekan biaya hosting, kita bisa nebeng di platform blogging gratisan seperti wordpress.com atau blogger.com. Keduanya memiliki banyak kelebihan yang akan sangat cocok, bahkan sangat baik untuk pemula. Selain gratis, server wordpress.com dan Blogger juga menawarkan kestabilan dan tingkat keamanan yang sangat mumpuni untuk website kita nantinya.

Satu kekurangan dari platform blog gratis seperti ini adalah nama situs kamu yang akan terlihat generic dengan embel-embel .blogspot.com atau .wordpress.com. Sekilas nama domain blog atau website kamu akan terdengar mirip dengan jutaan situs lainnya.

Di sinilah peran nama domain akan sangat berguna untuk membuat situs kamu tampil beda dengan situs lain meski sama-sama memakai hosting gratis dari Blogger atau WordPress.com

Di Indonesia sendiri saya kira pemakaian hosting gratis + nama domain kamu sendiri adalah tren yang sangat digemari. Untuk hosting gratisnya sendiri saya lihat kebanyakan memakai Blogger dibanding WordPress.com. Wajar karena untuk bisa memakai nama domain sendiri di WordPress.com kita harus mengupgrade paket hosting kita terlebih dahulu, dan itu berbayar. Selain itu untuk bisa memonetasi blog WordPress kita harus mengupgrade lagi paket hosting tersebut dengan biaya yang lebih besar, dan itupun terbatas tanpa bisa didaftarkan ke Google Adsense.

Apakah hosting gratis Blogger + nama domain sudah cukup untuk membuat website yang keren dan profesional?

Tentu saja, karena situs kamu dibeking server yang baik dan diakses dengan nama domain unik. Beberapa blogger yang menggunakan cara buat website murah ini bahkan bisa membuat saya cukup pangling sampai saya melihat kolom komen khas Blogger di salah satu artikelnya.

kotak isian komentar khas blog Blogger (Blogspot)
Contoh kotak isian komentar khas blog Blogger (Blogspot)

Cara Membuat Website Murah dengan Nama Domain Sendiri

Oke, sekarang kamu sudah gambaran besar cara membuat website murah, sekarang saatnya membuat website keren. Pada tutorial kali ini, saya akan membuat website dengan Blogger (tidak perlu hosting khusus supaya lebih murah) dan nama domain kamu sendiri (agar website tampil bonafide).

Jadi ada dua hal yang kita butuhkan untuk membuat website murah,

  1. Blog Blogger
  2. Nama Domain

Untuk membuat blog Blogger, kamu bisa melihat tutorial cara buat blog gratis yang saya buat sebelumnya. Caranya sangat mudah kok’. Cuma butuh 1 akun Google kamu sudah bisa membuat sampai 100 blog Blogger.

Terus bagaimana masalah nama domainnya?

Kalau untuk yang satu ini, ada banyak registrar yang bisa kamu pilih. Beberapa penyedia hosting umumnya sudah menyediakan layanan pembelian nama domain, namun saya sendiri lebih memilih mereka yang sudah terakreditasi ICANN. Selain mendapatkan jaminan atas nama domain, harga yang umumnya ditawarkan umumnya juga lebih murah harganya dibanding registrar lain.

Di Mana Kamu Bisa Membeli Nama Domain?

Salah satu registrar yang bisa kamu percaya adalah IDWEBHOST. Selain memenuhi syarat di atas, harganya juga sangat kompetitif dan menyediakan banyak nama domain dengan beragam TLD mulai dari .COM, .NET, .ORG, .INFO, .XYZ, .ID, .SHOP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya murah, ada banyak fitur yang kamu dapat dari IDWEBHOST untuk setiap pembelian nama domain, antara lain:

  • Email Forwarding – Kamu bisa menerima email dengan alamat apapun@namadomain.com dan diarahkan ke alamat email yang kamu miliki.
  • DNS Security – Perlindungan ganda untuk DNS dan memastikan tidak ada serangan DNS pada nama domain kamu.
  • Theft Protection – Melindungi nama domain dari pencurian.
  • Domain Lock – Mengunci nama domain dan memastikan data domain tidak dapat diubah.
  • Managed DNS – Mengatur alamat IP dari domain kamu dan mengarahkannya ke server yang kamu inginkan. 
  • Domain Secrets – Kamu bisa mendapatkan kode kunci untuk masing-masing domain mu dan dapat memindahkan domain mu kapan saja. Jadi domain yang sudah kamu beli, adalah 100% milikmu!
  • Domain Forwarding – Mengarahkan nama domain ke situs kamu yang lain.

Cara Beli Nama Domain di IDWEBHOST

Waduh, kalau itu sih mudah banget! Pertama-tama, masuk dulu ke situs IDWEBHOST. Di homepagenya kamu bisa melihat kotak isian, isi nama domain yang kamu inginkan lalu klik tombol SEARCH.

Setelah itu kamu akan melihat beberapa opsi, apakah versi .COM-nya masih tersedia atau tidak? atau apakah nama domain dalam TLD lainnya masih tersedia atau tidak? Setelah kamu memilih ekstensi pilihan kamu, klik tombol ORDER SEKARANG

IDWebhost akan menampilkan opsi nama domain yang tersedia.

Pada laman selanjutnya, kamu akan mendapatkan opsi untuk mengambil nama domain dengan TLD yang kamu pilih lengkap beserta harganya.

Untuk penggunaan pribadi, usahakan pilih domain dengan ekstensi .COM. Bila kamu membuat website untuk brand tertentu, ada baiknya kamu mengambil juga .NET untuk mencegah nama domain ini digunakan orang lain. Setelah selesai, jangan lupa untuk memilih opsi DOMAIN SAJA karena kita akan menghubungkan nama domain ini dengan blog Blogger nantinya.

Aktifkan opsi DOMAIN SAJA dan pilh nama domain dengan TLD yang kamu inginkan.

Saat kamu memilih nama domain yang akan kamu beli, akan ada opsi untuk pembelian pengaman kontak domain. Fitur ini bisa kamu pakai untuk menyembunyikan data-data yang ada pada nama domain tersebut. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindarkan data-data serta kontak yang terkait dengan nama domain tersebut dari scam dan spam.

Setelah itu scroll ke bawah ke bagian INFORMASI ACCOUNT DAN BILLING, isi form tersebut dengan data-data kamu. Jangan lupa juga juga untuk memilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

Buat akun baru IDWebhost dengan mengisi form data diri kamu.

Setelah selesai, tiba saatnya untuk membayar tagihan nama domain. Pada bagian REVIEW KERANJANG BELANJAAN ANDA, kamu bisa melihat daftar pembelian yang kamu lakukan. Bila data tersebut sudah benar, centang kotak “Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada Ketentuan Layanan” lalu klik tombol CHECKOUT.

Pada laman selanjutnya kamu akan mendapatkan tagihan nama domain. Untuk metode pembayarannya tersedia opsi Bank Transfer, Virtual Account, dan Paypal.

Metode pembayaran yang tersedia di IDWebhost

Untuk opsi Bank Transfer sudah meliputi hampir semua bank besar di Indonesia, sementara untuk pembayaran dengan Virtual Account hanya terbatas untuk Bank Mandiri dan Bank Permata saja. Saya sendiri lebih menyukai opsi transfer melalui Virtual Account karena responnya jauh lebih cepat dan bisa dilakukan tanpa harus repot konfirmasi pembayaran lagi nantinya.

Untuk kamu yang membayar melalui transfer bank, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi dengan mengklik tombol KONFIRMASI PEMBAYARAN di atas. Kamu cukup mengisi form singkat dan melampirkan bukti pembayaran yang kamu lakukan. Prosesnya sendiri cukup cepat, tidak sampai 10 menit kamu sudah memiliki nama domain yang kamu inginkan.

Cara Pasang Custom Domain di Blogger (Blogspot)

Saya pernah menjelaskan secara lengkap cara pasang custom domain di blog Blogger. Sebagai pengingat, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan,

  1. Login ke Blogger.
  2. Pilih blog yang ingin diupdate.
  3. Di sebelah kiri, klik SETELAN DASAR.
  4. Pada menu PUBLIKASI, klik tautan “+Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda“.
  5. Ketik URL domain yang kamu beli (jangan lupa sertakan juga ‘www’ di depannya) lalu klik tombol SIMPAN.
  6. Setelah itu kamu akan melihat error dengan 2 CNAME.
    • Nama, Label, atau Host: Masukkan nama sebagai subdomain, seperti “blog.” atau “www.”. Untuk tujuan, masukkan “ghs.googlehosted.com.”
    • Tujuan, Target, atau Mengarah ke: Detail ini berbeda untuk setiap orang dan bersifat spesifik untuk blog dan Akun Google Anda.
Cara pasang custom domain di blog Blogger (Blogspot)

Setelah kamu mendapatkan data CNAME dari Blogger, saatnya menghubungkan blog Blogger tersebut dengan nama domain yang kita miliki. Pertama, login ke Member Area IDWEBHOST lalu cek domain yang kamu miliki. Setelah itu pilih nama domain dan pilih menu GANTI NAME SERVER.

Ubah Name Server terlebih dahulu sebelum mengubah DNS nama domain IDWebhost.

Setelah itu, ubah nameserver kamu sesuai dengan domain yang kamu miliki. Bila kamu baru mendaftarkan domain .COM, gunakan name server berikut ini,

  • ns1.dnsowl.com
  • ns2.dnsowl.com
  • ns3.dnsowl.com

Untuk ekstensi lainnya, kamu bisa melihat daftar name server untuk mengelola DNS IDWEBHOST. Bila kamu ragu, kamu bisa menanyakannya langsung via live chat IDWEBHOST. Setelah selesai, klik tombol GANTI NAME SERVER.

Ganti Name Server sesuai nama domain kamu di IDWebhost.

Setelah selesai menganti name server, masuk ke menu KELOLA DNS. Di situ kamu bisa menambahkan record baru sesuai dengan ketentuan berikut ini:

  1. Nama Host : Isi dengan simbol ‘@’. Setelah disimpan kotak isian ini akan secara otomatis terisi dengan nama domain kamu sendiri.
  2. Jenis Record : Pilih A (Address)
  3. Alamat : Untuk menghubungkan nama domain dengan Blogger, masukan alamat IP berikut satu-persatu:
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  4. Prioritas : Dikosongkan.
Cara membuat record baru di IDWebhost

Setelah selesai memasukan semua IP Google, masukan juga CNAME yang sudah kita dapat di awal tadi. Setelah selesai, maka tabel DNS kamu akan terlihat seperti ini:

Tabel DNS lengkap untuk menghubungkan nama domain dengan blog Blogger (Blogspot)

Selesai sudah, kini kamu sudah berhasil membuat website murah dengan nama domain kamu sendiri. Namun sabar dulu yah! proses propagasi bisa memakan waktu antara 6-8 jam. Baru setelah itu kamu bisa mengakses blog Blogger kamu dengan nama domain kamu sendiri.

Penutup

Selesai sudah tutorial kali ini. Cukup membuat blog Blogger dan menambahkan nama domain, kamu sudah bisa membuat website murah dengan nama domain kamu sendiri. Dengan cara ini, kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk nama domain saja. Lumayan kan punya website keren dengan nama domain kamu sendiri dengan harga sebungkus nasi warteg per bulannya.

Untuk nama domainnya sendiri kamu bisa membelinya di IDWebhost. Selain terakreditasi ICANN, harganya sangat murah, memiliki banyak pilihan TLD, dan dilengkapi beragam fitur menarik.

Tidak hanya nama domain, IDWebhost juga meyediakan hosting terbaik yang dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk bisa mencicipi WordPress, kamu bisa memesan hosting mulai dari Rp18.900 per bulannya. Selain hosting, kamu juga mendapat 1 nama domain gratis + SSL + Unlimited Bandwidth.

Jadi kalau mau buat website tunggu apa lagi? Pesan nama domain atau hosting kamu sekarang di IDWebhost! Jangan sampai keduluan orang lain.


Pos Terkait:

2 thoughts on “Cara Membuat Website Murah dengan Nama Domain Sendiri”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.