11 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Butuh rekomendasi editor foto terbaik di Android? 11 aplikasi edit foto ini punya fitur-fitur keren dan bisa kamu coba gratis lho!

Dulu jika kita ingin mengedit gambar, rasanya tidak terlalu banyak pilihan selain melakukannya di komputer. Namun dengan semakin canggihnya teknologi smartphone, kini mengedit gambar bisa dilakukan di mana saja melalui perangkat genggam tersebut.

Tidak hanya terbatas pada proses editing sederhana seperti memotong atau merubah ukuran gambar saja, mau yang lebih kompleks pun bisa!

Jadi jika kamu sering dalam keadaan mobile dan butuh editor foto yang bisa diandalkan, beberapa aplikasi edit foto untuk Android ini bisa kamu pertimbangkan.

Aplikasi Edit Foto Android Terbaik 2019

1. Adobe Photoshop

Bicara editor foto terbaik rasanya tidak bakal jauh dari nama Photoshop. Software dari Adobe ini memang sudah lama dikenal memiliki segudang fitur yang bisa digunakan, tidak hanya untuk mengedit foto, tapi juga memanipulasinya.

Aplikasi edit foto terbaik 2019 di Android, Adobe Photoshop Express - Photo Editor & Collage Maker
Adobe Photoshop Express – Photo Editor & Collage Maker

Banyaknya fitur yang dimiliki Photoshop di versi PC membuat Adobe membuat empat aplikasi yang masing-masing memiliki fungsi khusus agar tidak berat saat digunakan.

Pertama, ada Photoshop Mix yang memiliki fungsi khusus untuk memotong gambar dan menggabungkannya dalam satu foto dengan objek lainnya. Agar lebih menarik, Photoshop Mix juga dilengkapi beragam filter yang bisa diaplikasikan pada seluruh gambar atau sebagian gambar saja. Dan jangan khawatir foto asli akan hilang/rusak karena proses editing dilakukan di tempat yang berbeda.

Download Photoshop Mix – Cut-Out, Combine, Create

Kedua, ada Photoshop Fix yang memilki fungsi khusus untuk proses restorasi foto dan image retouching. Tools pada software Photoshop seperti Heal, Smooth, Lighten/Darken, dan Liquify dapat kamu temukan di aplikasi ini.

Download Adobe Photshop Fix

Ketiga, ada Photshop Sketch di mana kita bisa menggambar menggunakan pensil, pulpen, acrylic, kuas tinta, atau kuas cat. Oke, kalau yang satu ini mungkin tidak termasuk aplikasi edit foto Android, tapi artwork yang kamu buat di sini bisa digunakan sebagai layer background di Photoshop atau Illustrator.

Download Adobe Photoshop Sketch

Keempat ada Photoshop Express di mana kita bisa mengolah foto dengan tools seperti crop, resize, rotate, dan flip. Selain itu Photoshop Express dilengkapi dengan 80+ Filter/Presets siap pakai serta beberapa fitur keren seperti:

  • Blemish removal untuk menghilangkan tampilan debu, noda, dan kotoran dari foto hanya dengan satu klik saja.
  • Watermark, baik dalam bentuk tulisan kustom atau gambar.
  • Lebih dari Photo frames yang bisa dipilih untuk mempercantik tampilan foto.

Tidak hanya untuk mengedit foto, Photoshop Express juga bisa dipakai untuk membuat foto kolase yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan layout yang sudah disediakan. Gambar yang sudah diedit pun bisa langsung dibagikan ke akun sosmed seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Kalau masih kurang juga, coba login dengan akun Adobe ID dan dapatkan fitur-fitur keren seperti filter tambahan, Noise reduction, defog, dan perspective correction.

Download Adobe Photoshop Express: Photo Editor & Collage Maker

2. Adobe Lightroom

Dibandingkan Photoshop Express, Lightroom hanya dilengkapi tools sederhana seperti crop dan rotate agar kita bisa menemukan ukuran dan rasio gambar yang kita inginkan. Tapi jangan anggap remeh dulu, karena memang bukan itu kelebihan Lightroom!

Hal yang membuat Lightroom populer adalah kemampuannya untuk lebih ‘menghidupkan’ warna pada gambar. Hal ini bisa kita lakukan memakai Presets yang sudah disediakan. Setiap Presets bahkan bisa kita kustomisasi dengan mudah hanya dengan menggeser slider saja. Perubahan pun dapat dilihat secara langsung sehingga kita bisa mengubah warna foto sesuai dengan apa yang kita mau.

Jika kamu menggunakan akun Creative Cloud, ada fitur tambahan menarik lain yang bisa kamu gunakan seperti Healing untuk menghilangkan objek dari gambar, Selective untuk melakukan perubahan hanya pada area tertentu, dan Geometry untuk membetulkan posisi gambar agar tidak terlihat miring.

Download Adobe Lightroom – Photo Editor & Pro Camera

3. Snapseed

Di antara semua aplikasi edit foto Android yang ada di daftar ini, Snapseed menjadi satu-satunya aplikasi yang tidak menampilkan iklan dan 100% gratis. Meski begitu kualitas Snapseed tidak perlu diragukan, aplikasi milik Google ini memiliki rating yang baik (4.6) dan telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Snapseed, aplikasi edit foto Google yang 100% gratis dan tanpa iklan
Snapseed, aplikasi edit foto dari Google yang 100% gratis dan tanpa iklan

Dibalik tampilannya yang minimalis dan user-friendly, Snapseed mampu mengolah data JPEG dan RAW, serta dilengkapi dengan 29 Tools dan Filters berbeda yang bisa bikin foto makin keren, misalnya saja:

  • Perspective – memperbaiki garis miring dan ‘meluruskan’ gambar agar tampak selaras dengan garis horizon
  • Healing – menghapus objek yang tidak kita inginkan dari gambar
  • HDR Scape – menghadirkan tampilan yang memukau ke gambar dengan menciptakan efek multi eksposur
  • Double Exposure – memadukan dua foto dengan metode yang terinspirasi oleh pengambilan gambar pada film, atau yang diambil oleh pemrosesan gambar digital
  • Face Enhance – menambahkan fokus ke mata, memberi pencahayaan khusus wajah, dan membuat kulit tampak halus

Tidak hanya itu, kita bisa mengatur masing-masing Filters agar lebih sesuai dengan hasil yang kita inginkan. Nantinya perubahan yang kita lakukan bisa disimpan untuk digunakan lagi di foto lainnya.

Download Snapseed

4. PicsArt Photo Editor

Sulit untuk mencari aplikasi edit foto lain yang memiliki jumlah instalasi aktif sebanyak PicsArt. Dengan 600 juta lebih pengguna, rasanya pantas bagi mereka untuk mengklaim diri sebagai editor foto nomor satu di Android.

PicsArt, Salah satu editor foto terbaik di Android dengan 600 juta lebih pengguna aktif.
PicsArt, Salah satu editor foto terbaik di Android dengan 600 juta lebih pengguna aktif.

Alasan kenapa PicsArt begitu populer adalah jumlah kustomisasinya yang begitu banyak, mulai dari editing sederhana, membuat kolase foto, sampai menambahkan efek serta clipart ke dalam foto. Selain itu ada aplikasi built-in camera yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto sambil menggunakan efek keren dari PicsArt.

Tidak hanya berhubungan dengan foto saja, PicsArt juga bisa dipakai untuk mengolah video juga! Dan buat seru-seruan, kamu juga bisa lho membuat gambar bergerak (GIF) di PicsArt.

Download PicsArt Photo Editor – Pic, Video & Collage Maker

5. Pixlr

Aplikasi edit foto terbaik selanjutnya adalah Pixlr buatan 123RF. Hampir mirip dengan Adobe Lightroom, kamu bisa mengedit foto dengan beragam kombinasi efek, overlay, dan filter yang disediakan Pixlr dengan kustomisasi yang bisa kamu atur sendiri. Beberapa efek yang bisa kamu tambahkan antara lain:

  • Double Exposure untuk menggabungkan dua foto berbeda dengan layer yang bisa diatur tingkat transparansinya.
  • Stylize untuk membuat efek keren pada foto agar tampak seperti dibuat dengan guratan pensil, poster, cat air, dll.
  • Menghilangkan efek mata merah dan cacat pada foto, serta menghaluskan kulit dan memutihkan gigi dengan satu tools sederhana.

Tidak hanya itu, Pixlr juga bisa digunakan untuk membuat foto kolase dengan mudah menggunakan beragam template, grid, rasio, serta background yang kamu inginkan. Jika sudah, kamu juga bisa dengan mudah membagikannya ke email atau berbagai akun sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Sebagai informasi tambahan, Pixlr juga menyediakan layanan editor foto yang bisa kamu gunakan secara online. Dengan tampilan muka yang tidak jauh berbeda dengan Adobe Photoshop, Pixlr juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk kamu yang ingin mengedit foto tanpa harus mengistall software dulu.

Download Pixlr

6. YouCam Perfect

YouCam Perfect adalah aplikasi edit foto terbaik buat kamu yang doyan selfie dan ingin mendapatkan foto yang bagus untuk dipajang di sosial media. Untuk mendapatkan hasil yang bagus di setiap foto, kamu bisa menggunakan fitur-fitur YouCam Perfect seperti:

  • Face Reshaper untuk mengubah bentuk wajah agar terlihat lebih menarik
  • Skin Smoother untuk menghilangkan keriput, jerawat, dan garis-garis halus pada kulit
  • Eye Bag Remover untuk menghilangkan lingkaran hitam atau bengkak di bawah mata
  • Menambahkan efek blush dan bintik-bintik wajah (freckles)
YouCam Perfect, aplikasi pengolah gambar terbaik untuk kamu yang doyan selfie
YouCam Perfect, aplikasi pengolah gambar terbaik untuk kamu yang doyan selfie

Selain itu, efek Beautify yang mempercantik tampilan wajah dapat langsung diaplikasikan melalui kamera bawaan aplikasi ini. Tidak hanya swafoto saja, kamu juga bisa menggunakan efek ini untuk membuat video selfie.

Jika hal ini belum cukup, kamu bisa juga lho menggunakan foto-foto selfie untuk membuat tampilan foto menarik dalam bentuk grid atau kolase. Teknologi “smart collage” pada YouCam akan memastikan kumpulan foto tersebut tampil sempurna dan memperlihatkan wajah kamu. Jika sudah, kamu bisa membagikannya langsung melalui akun sosial media favoritmu.

Download YouCam Perfect

7. PhotoDirector

PhotoDirector adalah aplikasi buatan Cyberlink yang mungkin lebih dulu kita kenal melalui software PowerDVD dan PowerDirector. Menariknya, aplikasi edit foto di Android-nya ternyata tidak kalah powerful dibanding software keluaran Cyberlinks lainnya.

Aplikasi untuk membuat gambar keren, PhotoDirector.
Aplikasi untuk membuat gambar keren, PhotoDirector.

Selain bisa digunakan untuk melakukan proses editing foto, aplikasi ini juga memiliki beragam Filter dan Effect untuk memuat foto yang kamu menjadi lebih keren. Bagusnya lagi, efek ini bisa kamu gunakan saat kamu mengambil gambar dengan aplikasi kamera built-in yang telah disediakan. Foto yang sudah kamu edit nantinya bisa di-share melalui akun sosial media, atau kamu jadikan wallpaper langsung dari aplikasi PhotoDirector.

Sebagai pelengkap, PhotoDirector bisa digunakan untuk membuat foto kolase serta dilengkapi dengan fitur Object Removal untuk menghilangkan objek yang tidak kita inginkan dari foto, dan Dehaze untuk menghilangkan kabut dan membuat foto lebih jernih. Sayangnya kedua fitur ini cukup terbatas dan kamu harus melakukan upgrade untuk memakainya secara full.

Download PhotoDirector

8. Photo Lab Picture Editor

Dengan 100 juta lebih instalasi aktif dan rating rata-rata 4.6, Photo Lab adalah salah satu aplikasi edit foto yang patut kamu coba. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat koleksi foto yang keren dan lucu menggunakan 900 efek berbeda, photo frame, efek animasi, dan filter. Kamu juga bisa membuat foto kolase dari koleksi foto-fotomu.

Namun sebelum kamu mencobanya, pastikan kamu selalu terhubung dengan internet karena Photo Lab tidak menyimpan semua data mereka di hape kamu. Dengan begitu storage kamu akan tetap lega dan kamu pun bisa mengolah gambar dengan lebih leluasa.

Download Photo Lab Picture Editor

9. AirBrush

AirBrush adalah editor foto Android buatan Meitu yang banyak menghasilkan aplikasi fotografi berkualitas seperti BeautyPlus dan BeautyCam. Aplikasi asal Hongkong ini memiliki beragam retouch tools yang mudah digunakan dan opsi filter yang melimpah untuk memberikan hasil foto yang keren.

Buat foto selfie keren dan menarik dengan Airbrush Easy Photo Editor
Buat foto selfie keren dan menarik dengan Airbrush Easy Photo Editor

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di aplikasi edit foto ini antara lain:

  • Blemish and Pimple Remover untuk menghapus bercak/cacat seperti jerawat atau titik lain yang tidak kamu inginkan
  • Retouch untuk mempercantik tampilan kulit agar tampak ‘berkilau’ serta memutihkan gigi dan mencerahkan mata tanpa merusak keseluruhan gambar
  • Slim, Reshape, and Lengthen untuk merampingkan bagian tubuh dengan mudah
  • Artistic Retouch Features di mana kita bisa menggunakan tools seperti blur, crop, atau strecth untuk memberikan sentuhan artistik secara otomatis atau manual.

Menariknya, AirBrush dilengkapi dengan Real-Time Editing Technology yang memungkinkan kita untuk mengedit selfie sebelum mengambil gambarnya. Jika sudah selesai dengan proses editing, foto bisa langsung dibagikan ke akun sosial media manapun.

Download AirBrush: Easy Photo Editor

10. Prisma Photo Editor

Prisma adalah editor foto terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah foto menjadi sebuah karya seni. Dengan lebih dari 300 gaya artistik yang berbeda, Prisma bisa membuat foto kamu nampak seperti karya seniman besar seperti Picasso, Munch, atau Salvador Dali.

Ubah fotomu menjadi karya seni dengan aplikasi edit foto Prisma Photo Editor
Ubah fotomu menjadi karya seni dengan Prisma Photo Editor

Setelah menerapkan filter, tingkatkan hasilnya dengan image enhancment tools yang dimiliki aplikasi ini. Dalam mode ini, kamu bisa dapat melakukan berbagai hal seperti mengubah eksposur, tingkat ketajaman gambar dan warna, kontras, tingkat kecerahan, dll.

Jika kamu menggunakan Prisma, pastikan kamu juga bergabung dengan komunitasnya untuk mendapatkan inspirasi dan berbagi kreasi yang kamu buat.

Download Prisma Photo Editor

11. Fotor Photo Editor

Editor foto Android terakhir yang akan saya bahas adalah Fotor Photo Editor. Aplikasi ini menawarkan berbagai efek foto dan filter untuk mengedit gambar. Beberapa tools di antaranya bisa digunakan untuk crop, rotate, serta mengatur kecerahan, kontras, saturasi, pencahayaan, sketsa, bayangan, ketajaman gambar, suhu, warna, dan RGB. Jika itu masih kurang, masih ada ratusan filter lain yang bisa kamu coba sendiri.

Fotor membuka kesempatan untuk menjual hasil karya kamu melalui PxBee
Fotor membuka kesempatan untuk menjual hasil karya kamu melalui PxBee

Tidak hanya untuk mengedit foto, Fotor Photo Editor juga bisa dipakai untuk membuat kolase dengan mudah menggunakan template yang telah disediakan.

Satu hal yang membedakan aplikasi edit foto ini dengan aplikasi lainnya adalah adanya kesempatan untuk mendapatkan uang dari foto yang kamu ambil melalui PxBee, layanan penyedia stock photos. Selain itu ada juga Fotor Events, kontes foto mingguan dari Fotor yang bekerja sama dengan brand terkemuka di mana kamu bisa memajang hasil karya kamu dan mendapatkan kesempatan dilirik oleh calon klien.

Download Fotor Photo Editor

Apakah Ada Editor Foto Terbaik Lainnya yang Belum Saya Sebut?

Dengan salah satu aplikasi di atas, kamu bisa mengedit foto menjadi lebih keren dengan mudah. Jika kamu sering menulis di blog, aplikasi pengolah foto seperti ini menjadi aplikasi terbaik untuk blogger yang harus kamu punya. Meski begitu, dengan banyaknya pilihan editor foto di Android, cukup sulit menentukan siapa yang berhak mendapat gelar aplikasi edit foto terbaik.

Bagi saya sendiri pilihannya tergantung tujuan kamu menggunakan editor foto tersebut. Untuk mengubah ‘tone’ gambar, saya memilih aplikasi seperti Adobe Lightrooom atau Snapseed. Untuk mengedit foto selfie dan mempercantiknya sebelum diposting di sosial media, saya memilih PicsArt atau AirBrush. Dan jika kamu ingin membuat kolase foto, mungkin Pixlr bisa menjadi pilihan.

But hey, kalau kamu punya aplikasi andalan kamu sendiri yang belum saya sebut di sini, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

This Post Has One Comment

  1. Rekomendasi yang cool nih, saya nyari rekomendasi seperti ini. Alhamdulillah nemu disini. Thanks mas bro, salam kenal ya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu