Cara Mengubah Font WhatsApp tanpa Aplikasi

Siapa sih yang tidak kenal WhatsApp? Berdasarkan data dari We Are Social, Whatsapp adalah aplikasi sosial media terpopuler yang hanya kalah oleh Youtube saja.

Meski kini sudah dilengkapi dengan fitur voice call, video call, dan menambahkan attachment, pada dasarnya WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan singkat seperti SMS. Yang membuat WA populer sebagai pesan singkat adalah tarifnya yang lebih murah dan bisa digunakan hanya dengan mengetahui nomor telepon pengguna WA lain saja.

Nah, jika kamu sering berkirim pesan melalui WhatsApp, kamu pasti ingin dong sesuatu yang baru dan unik agar kamu tidak bosan dengan tampilan WhatsApp yang itu-itu saja.

Selain mengaktifkan fitur dark mode di WhatsApp, kamu juga bisa lho mengubah fonts WhatsApp dengan mudah tanpa aplikasi.

Selain membuat tulisan WhatsApp menjadi tebal atau miring, masih ada banyak lagi tips dan trik lainnya agar tulisan kamu di WhatsApp semakin keren!

Cara Mengubah Tulisan WA tanpa Aplikasi

Untuk mengubah tulisan WhatsApp, kita sebenarnya tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan. Di WA sendiri kini sudah ada beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah font atau mengganti bentuk tulisan WA.

Caranya sendiri cukup mudah, cukup tekan kata yang ingin diubah hingga muncul menu di atas kata tersebut. Setelah itu kamu bisa memiliki salah satu dari menu kustomisasi yang muncul. Namun jika kamu ingin melakukannya secara manual agar tidak merusak flow menulis kamu, ada juga lho caranya!

Cara mengubah teks di WhatsApp tanpa aplikasi
Cara mengubah teks di WhatsApp tanpa aplikasi

1. Mengubah Fonts WhatsApp Menjadi Teks Tebal (Bold)

Untuk mengubah font Whatsapp menjadi tebal (Bold), kita hanya perlu menambahkan asterisk (*) sebelum dan sesudah kata yang ingin dipertebal, seperti pada contoh *bisablog(dot)com*

Tidak hanya pada satu kata saja, kamu juga bisa menulis di antara dua tanda asterisk untuk mempertebal satu kalimat tertentu, seperti contoh *Ini adalah contoh kalimat yang dipertebal*

Cara mengubah teks di WA menjadi tebal
Cara mengubah teks di WA menjadi tebal

2. Mengubah Fonts WhatsApp Menjadi Teks Miring (Italic)

Sama seperti teks tebal/bold, teks miring/italic akan sangat baik digunakan jika kita ingin menekankan sebuah kata atau kalimat tertentu.

Untuk mengganti font Whatsapp menjadi miring (italic), kita hanya perlu menambahkan tanda underscore (_) sebelum dan sesudah kata yang ingin dibuat miring, seperti contoh _bisablog(dot)com_. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan pada satu kalimat tertentu.

3. Mengubah Fonts WhatsApp Menjadi Tercoret (Strikethrough)

Membuat tulisan tampak tercoret akan sangat berguna jika kita ingin menyampaikan koreksi. Misalnya jika saya ingin mengoreksi kata yang salah dan menggantinya dengan yang benar, maka memakai strikethrough akan lebih terlihat jelas.

Untuk menggunakannya di WA, kita bisa menambahkan simbol tilde (~) pada kedua sisi kata/kalimat yang akan kita buat tercoret, seperti contoh ~bisablog(dot)com~

4. Menggunakan Kombinasi Tebal, Miring, dan Dicoret

Sebagai informasi tambahan, kamu bisa memakai semua jenis font di atas secara bersamaan, sebagai contoh

  • _*Ini tulisan tebal miring*_Ini tulisan tebal miring
  • _~Ini tulisan miring dicoret~_Ini tulisan miring dicoret
  • ~_*Ini tulisan tebal, miring, dan dicoret*_~Ini tulisan tebal, miring, dan dicoret
Mengubah teks WhatsApp dengan kombinasi tebal, miring, dan tercoret
Mengubah teks WhatsApp dengan kombinasi tebal, miring, dan tercoret

5. Mengubah Font WhatsApp Menjadi Monospace

Selain memakai font standar, kita juga bisa mengubah font di WhatsApp dengan font Monospace. Pada tutorial lain font ini disebut sebagai FixedSys. Intinya, font Monospace adalah font yang semua hurufnya memiliki lebar yang sama. Font Monospace sendiri biasanya lebih sering dipakai oleh mereka yang sering melakukan koding atau senang melihat tulisan yang mirip dengan font mesin ketik.

Untuk mengganti font WhatsApp menjadi Monospace, kita hanya perlu menambahkan tiga tanda backtick (“`), seperti contoh ```bisablog(dot)com```

Cara mengubah font WhatsApp menjadi Monospace
Cara mengubah font WhatsApp menjadi Monospace

6. Mengubah Ukuran Font WhatsApp

Secara default, ukuran font WhatsApp yang kita gunakan diset pada MEDIUM. Namun jika kamu kurang sreg dengan ukuran standar tersebut, kamu bisa dengan mudah menggantinya melalui menu pengaturan WhatsApp.

Untuk melakukannya, masuk ke menu SETTING ► CHATS. Lalu pada bagian Font Size, kamu bisa memilih salah satu opsi, SMALL, MEDIUM, atau LARGE.

7. Menggunakan Huruf Keren dan Emoji di Chat WhatsApp

Selain memakai fitur bawaan Whatsapp, kamu juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk membuat teks terlihat lebih keren. Selain memakai font dan huruf keren, kamu juga bisa menambahkan beragam emoji dan text art lainnya ke dalam chat WhatsApp.

Untuk melakukannya, kamu bisa memasang aplikasi keyboard kustom seperti Fancy Keyboard. Dibandingkan keyboard bawaan hape kamu, keyboard kustom memiliki lebih banyak pilihan karakter yang bisa kamu pakai menggantikan keyboard default hape. Jadi cara pakainya semudah memakai keyboard biasa.

Jika kamu tertarik dengan cara lainnya, langsung lihat kumpulan huruf keren yang bisa kamu pakai di hape Android kamu saja yah!


Bagaimana, mudah kan cara mengubah font di WhatsApp? Sekarang chattingan kamu bisa jadi lebih seru dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like