10 Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger

Sering pakai hape Android buat ngeblog? simak yuk 10 aplikasi Android terbaik untuk blogger yang bisa bikin kegiatan ngeblog kamu lebih mudah!

Android adalah operating system yang berkembang sangat pesat berkat banyaknya perangkat yang menggunakan OS ini. Salah satu kelebihan lain dari Android yang membuatnya populer adalah tersedianya beragam aplikasi menarik yang bisa kita unduh secara resmi di Google Play Store.

Berdasarkan data dari Statista, per Juni 2019 ada sekitar 2.9 juta aplikasi yang bisa ditemukan di Google Play Store. Jenisnya pun sangat beragam mulai dari aplikasi yang sekedar memberi informasi, aplikasi jual-beli, aplikasi sosmed, dll.

Nah, jika kamu juga seorang blogger, ada juga lho aplikasi Android terbaik yang bisa membantu kamu untuk ngeblog lebih mudah lewat hape.

Aplikasi Android Sesuai Platform Blogging Pilihanmu

Mungkin belum banyak yang tahu kalau hampir setiap platform blogging populer memiliki aplikasi Androidnya. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengakses WordPress, Blogger, Medium, atau Tumblr langsung dari aplikasi tersebut tanpa perlu melalui browser HP.

Dengan aplikasi ini, kita bisa login dan membuat postingan, menambahkan gambar, membuat link, memeriksa statistik web, hingga melakukan moderasi komentar.

Meski membuat kita lebih mudah ngeblog melalui perangkat genggam, aplikasi resmi ini memiliki banyak kekurangan, misalnya saja

  • Fitur yang (umumnya) tidak sebanyak jika kita mengakses platform blogging tersebut melalui browser PC.
  • Rentan error. Jujur saja pengalaman saya dengan aplikasi semacam ini cukup buruk. Tidak hanya sekali aplikasi crash dan membuat saya harus mengulang semua tulisan saya karena proses backup yang cukup kacau (terutama Blogger).
  • Memiliki cukup banyak masalah dan rating yang rendah. Cukup lihat saja semua komentar berisi komplain yang ada di halaman review masing-masing aplikasi. Selain WordPress, rating aplikasi untuk kebanyakan platform blogging cukup rendah.

Menyalahkan aplikasi ini mungkin tidak 100% benar. Masalah kompabilitas aplikasi dengan versi Android dan perangkat yang digunakan mungkin membuat aplikasi resmi ini kurang efektif jika digunakan. meski begitu saya kira aplikasi ini masih bagus jika hanya digunakan untuk menyimpan draft atau ide tulisan saja.

Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger

Mulai dari aplikasi untuk mencatat hingga melihat jumlah penghasilan ngeblog, berikut adalah aplikasi terbaik pilihan Bisablog untuk membantu kamu ngeblog lewat hp.

1. Writer Plus

Writer Plus, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam menulis
Menulis draft untuk blog lebih mudah dengan aplikasi Android yang support Markdown

Dibandingkan menulis langsung di aplikasi Blogger atau WordPress, saya lebih senang menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menulis, dan di Android pilihannya lumayan beragam.

Salah satu aplikasi menulis terbaik yang bisa kamu temukan adalah Writer Plus. Dengan Writer Plus, kita bisa membuat konten tanpa terganggu dan lebih fokus dalam membuat konten yang baik.

Fitur yang ada di aplikasi ini antara lain membuat tulisan baru dan mengaturnya ke dalam folder, membagikan tulisan yang kamu buat, menghitung jumlah kata dan karakter dalam tulisan, serta menggunakan Mode Malam jika kamu menulis dalam keadaan gelap. Dan yang paling penting, Writer Plus juga support Markdown juga!

Download Writer Plus | Alternatif: Simplenote & iA Writer

2. Resplash

Resplash, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mencari gambar blog
Gunakan Resplash untuk mengambil gambar keren dari Unsplash.com

Tidak lengkap rasanya jika kita membuat artikel tanpa menyertakan gambar di dalamnya. Tenang! Jika kamu menulis di hape Android, ada banyak aplikasi di mana kamu bisa mendownload gambar dan memakainya secara gratis!

Salah satu aplikasi yang saya suka adalah Resplash yang menampilkan gambar-gambar berkualitas dari situs penyedia gambar terbaik, Unsplash.com. Dengan 1.2 juta lebih gambar HD, kamu tidak akan kekurangan stok foto yang bagus. Dan jika kamu login, kamu juga bisa me-like foto dan membuat album dari kumpulan gambar yang kamu suka.

Download Resplash | Alternatif: Pixabay & Pexel

3. Snapseed

Snapseed, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mengedit gambar
Edit gambar dengan aplikasi pengolah gambar terbaik dari Google

Jujur saja mungkin foto yang kita dapat dari internet tidak akan selalu cocok dengan kebutuhan kita dan tidak bisa langsung diposting ke dalam blog. Untuk itulah kita butuh tools untuk membantu kita melakukan editing sederhana pada gambar seperti meng-crop, mengubah ukurannya, menambahkan teks, atau memberi efek pada foto.

Salah satu aplikasi pengolah gambar terbaik di Android adalah Snapseed buatan Google. Tidak hanya dilengkapi dengan beragam fitur, tools ini juga gratis untuk digunakan.

Dengan Snapseed, kamu bisa mengolah file JPG dan RAW dengan 29 tools dan filter keren seperti healing, brush, structure, HDR, perspective, dll.

Download Snapseed | Alternatif: PicsArt Photo Editor & Pixlr

4. Canva

Canva, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam membuat gambar untuk sosial media
Buat postingn sosial media lebih menarik dengan Canva

Hmm, sebenarnya saya cukup bingung apakah harus memasukan Canva ke dalam kategori aplikasi pengolah gambar atau tidak? Yang jelas, Canva adalah salah satu aplikasi Android yang harus dicoba oleh semua Blogger.

Dengan Canva, kita bisa membuat banyak desain gambar menarik secara gratis. Dan tidak perlu pusing memikirkan desain karena Canva sudah menyediakan banyak template siap pakai yang pastinya keren-keren. Dan tidak hanya gambar untuk blog saja, Canva juga bisa dipakai membuat gambar untuk sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Download Canva | Alternatif: Adobe Spark Post

5. Pocket

Pocket, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam menyimpan artikel
Simpan artikel untuk dibaca nanti dengan Pocket

Tidak hanya harus banyak menulis, blogger juga harus banyak membaca. Jika tidak sedang menulis, kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk membaca, entah itu sebagai referensi tulisan atau sekedar menambah wawasan.

Pocket adalah aplikasi yang dapat menyimpan tulisan ke dalam perangkat yang kita gunakan. Jika kamu sering browsing dan menemukan banyak artikel menarik di internet, menyimpan artikel ke dalam Pocket jauh lebih baik dibanding mem-bookmark-nya.

Dengan pocket, kita bisa membaca artikel favorit kita kapanpun kita mau, bahkan saat kita sedang offline. Artikel yang kita simpan juga bisa disinkronkan dengan perangkat lain sehingga kita tidak akan kesulitan untuk melanjutkan baca dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Download Pocket | Alternatif: Instapaper

6. Google Keep

Google Keep, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mencatat ide tulisan
Mencatat ide dengan cepat lebih mudah dengan aplikasi Android Google Keep

Google Keep adalah aplikasi yang sangat berguna jika kita ingin mencatat sebuah ide karena aplikasi ini cukup ringan sehingga bisa dibuka dengan cepat. Tidak hanya untuk mencatat, Google Keep juga bisa dipakai untuk menyimpan gambar, menyimpan coretan, atau merekam sesuatu. Enaknya lagi aplikasi ini bisa terhubung dengan banyak perangkat sekaligus hanya dengan satu akun Google saja!!

Download Google Keep | Alternatif: Evernote

7. Feedly

Feedly, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mengikuti berita terbaru
Gunakan Feedly untuk mengikuti berita terbaru dari blog yang kamu ikuti!

Feedly adalah aplikasi RSS Reader yang bisa kita pakai untuk terus mengikuti update terbaru dari sebuah blog. Jika kamu ingin memilki blog yang terus up-to-date, Feedly bisa membantu kamu untuk mendapatkan banyak ide konten untuk blog.

Di antara semua RSS reader yang ada, menurut saya Feedly adalah RSS reader terbaik setelah Google Reader berhenti beroperasi. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengikuti ratusan blog sekaligus dan menyimpan feed yang menarik dengan metode bookmarking. Tidak hanya itu, layanan ini juga bisa terhubung dengan pocket sehingga kita bisa lebih bisa fokus untuk mengumpulkan dan membaca referensi yang kita butuhkan.

Download Feedly | Alternatif: InoReader & Flipboard

8. Quora

Quora, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mencari ide tulisan
Butuh ide tulisan? di Quora aja!

Quora adalah situs salah satu situs tanya jawab populer yang kini hadir dalam Bahasa Indonesia. Jika kamu ingin mencari ide tulisan, Quora bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencarinya. Topik yang disediakan Quora sendiri sangat beragam, mulai dari lifestyle, desain, politik, olahraga, gosip, teknologi, hingga hal-hal yang sangat ilmiah.

Tidak hanya sebagai tempat untuk mencari inspirasi, Quora juga bisa kamu jadikan sumber trafik. Caranya? jawab pertanyaan yang ada di Quora dengan jawaban terbaik agar semakin banyak yang melihat dan memberikan upvote. Setelah itu jangan lupa untuk memberi tautan balik ke artikel dengan pertanyaan yang sedang kamu jawab.

Dan jika kamu cukup beruntung, kamu mungkin bisa diundang sebagai Mitra Quora dan berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat pertanyaan di Quora.

Download Quora

9. Buffer

Buffer, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam mengatur jadwal postingan sosmed
Jadwalkan postingan di sosial media dengan Buffer

Memiliki akun sosial media adalah salah satu hal penting jika kita memiliki sebuah blog. Namun sayang mungkin tidak banyak dari kita yang memiliki banyak waktu, meski hanya untuk sekedar ‘say hi’ di sosial media.

Untuk membantu kita tetap eksis di sosmed, Buffer menawarkan layanan menarik di mana kita bisa mengatur postingan agar muncul di hari dan jam tertentu. Dengan begitu kita hanya perlu menyisihkan beberapa menit setiap hari untuk mengatur agar sosmed tetap aktif selama seminggu, atau bahkan sebulan.

Download Buffer Alternatif: Hootsuite

10. Disqus

Disqus, aplikasi Android terbaik untuk blogger dalam memoderasi komentar blog
Moderasi komen degan mudah dari hape dengan aplikasi Disqus

Disqus adalah layanan yang dapat dipakai untuk mengganti komentar default yang ada di blog kamu. Tidak peduli apakah kamu menggunakan Blogger atau WordPress, Disqus bekerja dengan sempurna di banyak platform blogging. Dan jika kamu memiliki banyak blog, Disqus bisa menjadi fitur wajib agar kamu dapat dengan lebih mudah memantau dan memoderasi komentar hanya dari satu akun saja.

Aplikasi Disqus di Android sendiri tidak kalah powerful dengan layanan web-nya. Dengan aplikasi ini, kamu busa memoderasi komen, membalas komen, dan selalu menerima notifikasi setiap kali ada komentar yang masuk. Dengan begitu kamu akan terus terlihat aktif di blog meski tidak berada di depan komputer.

Download Disqus (unofficial)


Selain aplikasi-aplikasi di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa dimasukan dalam kategori aplikasi Android terbaik untuk blogger. Misalnya saja Google Analytics, Google Adsense, sampai aplikasi untuk sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Jika kamu sering menggunakannya, tidak ada salahnya untuk memasang semua aplikasi tersebut.

Hey, tapi jika kamu punya rekomendasi aplikasi Android terbaik untuk blogger versi kamu sendiri, boleh dong minta pendapatnya di kolom komentar di bawah ini!

This Post Has 3 Comments

  1. Write plus memang mantap, ada fitur penghitung katanya, jadi enak bisa tau berapa jumlah artikel yang ditulis, sayangnya nggak ada fitur recycle bin

    1. Kalau maksudnya tidak ada folder recycle bin supaya kita bisa mengembalikan file terhapus memang iya, sayangnya di WriterPlus tidak ada.

  2. memang jempol selalu artikel nya . salut semoga sukses selalu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu