9 Aplikasi Kontak Android Terbaik di 2020

Buat kamu yang ingin mengganti aplikasi kontak default, simak dulu yuk beberapa aplikasi kontak Android terbaik berikut ini. Tidak cuma lebih banyak fiturnya, aplikasi ini juga punya tampilan yang lebih keren.

Aplikasi Kontak adalah salah satu aplikasi penting pada sebuah telepon genggam. Dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu lagi mengingat semua nomor telepon teman dan kerabat kita. Cukup gunakan fitur pencarian, kita pun bisa mengirim pesan, email, atau menelpon seseorang dengan mudah.

Aplikasi Kontak sendiri merupakan salah satu aplikasi yang secara default sudah terpasang di hp Android. Dengan begitu kita tidak perlu lagi mencari dan memasang aplikasi ini saat akan menggunakannya.

Namun pada beberapa kasus, kamu mungkin ingin mengganti aplikasi Kontak bawaan Android dengan aplikasi lainnya. Sebagai contoh saat aplikasi kontak tidak bisa dibuka dan terus-menerus memunculkan pesar error.

Di Google Play Store sendiri kini ada cukup banyak aplikasi kontak yang memiliki fitur-fitur tambahan yang menarik. Jika kamu ingin mencobanya, berikut adalah beberapa aplikasi kontak Android Terbaik yang bisa kamu coba.

Aplikasi Kontak Terbaik Android, Bisa Tahu Nama Kontak Orang Lain Juga!

Kredit rasanya perlu diberikan kepada Google Contacts yang sudah menjadi aplikasi Kontak default bagi hp Android. Dengan aplikasi ini kita tidak hanya bisa menyimpan nama dan nomor telepon saja, tapi juga alamat email, foto profil, hingga info kustom lainnya. Selain itu semua info kontak tersebut bisa dengan mudah diupload ke layanan cloud milik Google sehingga kita bisa sewaktu-waktu mengambilnya saat kita mengganti perangkat.

Namun tentu tidak ada salahnya mencari alternatif aplikasi Kontak tersebut, apalagi jika ada fitur baru yang bisa kamu dapat.

1. Contacts+

Dengan lebih dari 10 juta instalasi aktif, Contacts+ adalah salah satu aplikasi Kontak terpopuler untuk hp Android. Salah satu fitur unggulannya adalah Caller ID yang bisa mengenali nomor kontak spam yang tidak dikenal. Pada beberapa kasus kita bisa tahu nama kontak orang lain meski kita tidak menyimpan nomor kontak tersebut di hp kita.

Fitur Contact+ lain yang juga bisa kamu pertimbangkan adalah merge dupliocate content yang bisa menggabungkan dua kontak yang mirip. Selain itu ada juga birthday reminders agar kamu tidak ketinggalan momen penting.

2. Simple Contacts

Sama seperti namanya, Simple Contacts adalah aplikasi sederhana yang bisa menjadi alternatif aplikasi Kontak bawaan Android. Fitur-fitur dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi Kontak milik Google. Kamu juga bisa mensinkronkan kontak ke layanan cloud Google.

Sebagai tambahan, kamu bisa juga menampilkan nama kontak dalam sebuah grup. Kamu bahkan bisa mengirim SMS dan email kepada semua kontak pada grup tersebut.

Satu hal menarik lainnya, kamu juga bisa mengatur apa yang akan terjadi jika kamu mengklik nama kontak. Kita bisa memilih untuk menelpon orang tersebut, melihat info detail kontak, atau mengedit kontak tersebut.

3. Smart Contacts

Aplikasi Kontak Android terbaik berikutnya adalah Smart Contacts. Fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dari aplikasi Kontak Google. Selain mengelompokan kontak, aplikasi ini juga memiliki fitur pencarian agar kita bisa memfilter kontak berdasarkan nama, nomor telepon, alamat email, dan masih banyak lagi.

Selain itu ukuran aplikasi ini juga sangat kecil sehingga cocok untuk kamu yang ingin aplikasi ringan sebagai pengganti jika aplikasi kontak tidak bisa dibuka.

4. Simpler Caller ID

Dengan 5 juta instalasi aktif dan rating rata-rata 4.6, Simpler Caller ID adalah alternatif populer jika kamu mencari aplikasi Kontak Android terbaik di Play Store. Satu fitur yang membuatnya banyak dipakai orang adalah reverse phone lookup dan spam call blocker. Dengan begitu kita bisa mengetahui nama pemilik nomor hp serta mengenali nomor spam dan membloknya.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengelompokan kontak dalam grup tertentu. Dengan begitu kita bisa mengirimkan pesan SMS atau email ke banyak orang di grup tersebut. Selain itu kita juga bisa mencari dan menggabungkan kontak duplikat. Dan jika kamu bosan dengan tampilan Kontak yang begitu-begitu saja, ada 40 tema berbeda yang bisa kamu pilih di aplikasi ini.

5. Drupe

Drupe adalah aplikasi Kontak yang juga berfungsi sebagai phone dialer. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur ID tracker yang bisa digunakan untuk mengetahui nomor telepon orang lain. Kita juga bisa membloknya dan memasukannya ke dalam blacklist jika nomor telepon tersebut terindikasi spam.

Selain fitur tersebut, masih ada banyak fitur keren lain yang ada pada Drupe. Satu hal yang cukup unik adalah adanya fitur untuk menambahkan gif pada saat kita menelpon orang lain. Selain itu kita juga bisa mencari dan menghapus kontak duplikat di hp kita.

Yang tidak kalah menarik, Drupe mengintegrasikan WhatsApp, SMS, Facebook Messenger, Google Duo, Allo, serta SMS dan telepon dari satu aplikasi. Jadi semua keperluan komunikasi kamu bisa diakses dari satu tempat saja.

6. Contacts Optimizer

Meski banyak fiturnya yang berbayar, Contacts Optimizer salah satu aplikasi Kontak terbaik dengan fitur yang melimpah. Salah satu fitur yang bisa digunakan secara cuma-cuma adalah Advanced Duplicate Removals yang mampu mencari dan menghapus entry ganda pada kontak kita. Selain itu kita juga bisa mengimport atau mengeksport kontak ke layanan cloud Google.

7. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi Kontak Android terbaik dengan 500 juta lebih pengguna. Salah satu kelebihannya adalah kemampuannya untuk mengenali SMS dan telepon yang terindikasi penipuan, scam, tele marketer, dan robo caller.

Aplikasi ini pun cukup aman dan diklaim tidak akan mengupload nama-nama kontak kamu. Kemampuannya untuk mengenali scam didapat dari spam list berbasis komunitas yang diupdate oleh jutaan pengguna aplikasi ini di seluruh dunia.

Sayang meski dilengkapi cukup banyak fitur lainnya, aplikasi ini mendapat kritik karena menampilkan terlalu banyak iklan pada versi gratisnya. Untuk menghapus iklan tersebut, kamu harus mengupgrade ke Truecaller Premium terlebih dahulu.

8. Phone+

Phone+ adalah aplikasi dengan fungsi ganda sebagai dialer dan contact management. Selain fitur-fitur dasar, aplikasi ini juga bisa memiliki fitur backup kontak Android yang bisa menyimpan info kontak dan riwayat panggilan.

Satu hal yang mejadi nilai plus aplikasi ini adalah menu kustomisasi. Saat mendapatkan panggilan, kita bisa mengatur agar foto penelpon muncul di layar. Selain itu kita juga bisa menambahkan video sambutan.

9. Sync.me

Terakhir ada sync.me yang juga mengkombinasikan fitur caller ID, Contacts, dan spam call blocker dalam satu aplikasi. Dengan aplikasi ini kamu bisa memblok nomor yang mencurigakan serta mengetahui nomor orang lain tanpa perlu menyimpan kontak mereka.

Fitur-fitur lain yang ada di aplikasi ini antara lain merge contacts untuk menggabungkan kontak duplikasi, backup kontak ke Google Drive, serta caller ID themes untuk memodifikasi tampilan pemanggil di hp kamu.


Meski sudah cukup baik, ada beberapa orang yang masih tidak puas dengan aplikasi kontak bawaan Android. Hal ini bisa terjadi karena ada error pada aplikasi kontak default atau memang ada fitur yang tidak ada pada aplikasi kontak Google tersebut.

Jika kamu adalah tipe orang kedua, maka beruntunglah karena di Play Store kita bisa menemukan banyak aplikasi kontak Android terbaik yang dilengkapi dengan lebih banyak fitur dibanding aplikasi kontak default Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like