Cara Menyimpan Video Dari Youtube ke Galeri Handphone

Ada banyak cara untuk menyimpan video dari Youtube ke galeri handphone dengan mudah. Mau pakai aplikasi atau tanpa aplikasi, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu coba di hape Android!

Untuk memudahkan penggemarnya, Youtube menyediakan fitur ‘Download’ agar kita dapat menikmati video tanpa harus selalu online. Jika ada video yang kita ingin simpan, cukup klik menu pengaturan berupa titik tiga di bagian kanan bawah video lalu klik tautan DOWNLOAD. Setelah selesai, file pun bisa ditonton tanpa harus terhubung ke internet lebih dulu.

Selain bisa menikmati video favorit secara offline, fitur ini juga bisa menghemat kuota internet, apalagi jika kita sering menonton video yang sama berulang-ulang. Sayangnya tidak bisa semua video bisa dinikmati secara offline, ada juga kreator konten Youtube yang mengatur agar video mereka hanya bisa diakses secara live.

Satu kekurangan lainnya, video yang sudah didownload biasanya hanya bisa dilihat melalui aplikasi Youtube saja tanpa bisa dilihat langsung di galeri hape. Dan jika tidak diakses dalam waktu 30 hari, kamu harus mendowload ulang video tersebut agar tetap bisa ditonton secara offline.

Dan buat kamu yang ingin menggunakan video dari Youtube untuk keperluan lainnya, rasanya bakal sulit untuk mengakses video secara langsung agar bisa kamu edit karena file akan tersimpan dengan ekstensi EXO. Jadi jika kamu ingin mendownload dan menyimpan video dari youtube ke galeri hape, kamu harus menggunakan cara lain.

Tenang, caranya mudah kok! Bisa pakai aplikasi atau tanpa aplikasi lho!

Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri Handphone

Ada banyak cara untuk mendownload dan menyimpan video dari Youtube ke galeri smartphone. Saya sendiri lebih senang melakukannya tanpa aplikasi, tapi jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi khusus juga tidak ada salahnya.

1. Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri Handphone tanpa Aplikasi

Untuk menyimpan video dari Youtube ke galeri handphone tanpa aplikasi, kita hanya memerlukan browser saja. Saat ini ada cukup banyak layanan yang memungkinkan kita untuk mendownload video Youtube dengan mudah.

Salah satu layanan yang banyak direkomendasikan adalah Savefrom.net. Sayangnya saat saya coba resolusi maks yang bisa diunduh adalah 720p dalam format WEBM dan 360p MP4. Untuk resolusi dan format selain itu hanya bisa diunduh tanpa suara.

Untungnya ada alternatif lain yang saya kira lebih baik, Y2Mate. Caranya?

  • Buka aplikasi browser kamu lalu masuk ke situs youtube.com, setelah itu cari video yang akan diunduh.
  • Jika sudah, salin URL video yang ada di address bar browser.
  • Masuk ke situs y2mate.com
  • Tempel URL yang sudah kamu salin pada kotak isian yang tersedia, lalu biarkan situs ini bekerja.
  • Jika sudah, akan muncul thumbnail video yang akan kamu download lengkap dengan link download video beserta ukuran file tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh file audionya saja.
  • Pilih salah satu file lalu klik tombol DOWNLOAD untuk mulai menyimpan file video Youtube.
Salink URL video youtube yang akan diunduh
Salin link video Youtube
Cara menyimpan video dari Youtube ke galeri handphone melalui situs y2mate
Download video Youtube melalui situs Y2mate

Sebagai catatan, resolusi video yang disediakan tergantung dari resolusi asli video tersebut. Jika resolusi videonya memang rendah, kamu tidak bisa mengunduh video dengan resolusi yang lebih tinggi.

Selain menggunakan cara di atas, ada cara unik lain untuk menyimpan video Youtube melalui situs Y2Mate. Kita hanya perlu menambahkan pp di link yang kita salin untuk mendownload video yang kita inginkan melalui situs ini.

  • Buka aplikasi browser dan masuk ke situs Youtube.com.
  • Cari video yang akan kamu download lalu salin URL yang ada di address bar browser.
  • Pada URL video tersebut, tambahkan pp setelah link lalu klik ENTER. Misalnya https://www.youtubepp.com/watch?v=TG-9BKCzSB8
  • Jika sudah, link akan secara otomatis terbuka melalui Y2Mate.
  • Pilih file yang akan diunduh lalu klik tombol DOWNLOAD.

Cara alternatif untuk download video Youtube tanpa aplikasi

Sedikit informasi tambahan, untuk menyimpan video dari Youtube tanpa aplikasi, ada banyak tools lain yang bisa kita gunakan seperti BitDownloader, Keepvid.pro, atau QDowloader.

Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Y2Mate. Kamu hanya perlu menyalin link video Youtube yang akan diunduh lalu tempel ke kotak isian yang sudah disediakan. Setelah itu kamu hanya perlu memilih resolusi, lalu selesai. Video akan diunduh secara otomatis.

Sayangnya sama seperti SaveFrom.net, situs-situs ini memiliki banyak keterbatasan, terutama jika kamu ingin mengunduh file yang mengandung hak cipta. Selain itu pilihan video yang bisa kamu unduh juga terbatas meski kita hanya mengunduh video biasa. Satu-satunya alternatif terbaik yang bisa saya temukan adalah sconverter

Tapi jika suatu saat kedua situs tersebut tidak bisa digunakan lagi, mungkin kamu perlu mencoba menyimpan video dari Youtube ke galeri handphone dengan aplikasi.

2. Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri Handphone dengan Aplikasi

Jika kamu sering mendownload video Youtube dari hp, kamu bisa memasang aplikasi khusus untuk melakukannya. Caranya pun simpel, mudah, dan tidak ribet.

Btw, aplikasi pengunduh video Youtube tidak bisa kamu dapatkan di Google Play Store karena melanggar kebijakan yang mereka terapkan (dan terbentur layanan Youtube Premium). Jadi kamu bisa menemukan aplikasi semacam ini langsung dari penyedianya atau situs kumpulan APK seperti APKPure atau APKMirror.

Youtube sendiri sebenarnya memiliki aplikasi Youtube Go yang bisa dipakai untuk mengunduh video. Sayangnya tidak semua video bisa kamu unduh dengan aplikasi ini.

Beberapa aplikasi terbaik untuk menyimpan video dari Youtube ke galeri adalah TubeMate, VidMate, atau SnapTube. Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan aplikasi Android VidMate. Caranya?

  • Download aplikasi VidMate dari APKPure atau APKMirror.
  • Jika kamu belum pernah memasang aplikasi dengan file APK, aktifkan dulu opsi ‘Unknown Source Installation’ di hape kamu. Letak menu pengaturan ini berbeda-beda tergantung hape dan versi Android yang kamu pakai, namun umumnya ada di bagian PRIVACY atau SECURITY.
  • Jika sudah, install aplikasi VidMate.
  • Buka aplikasi VidMate lalu cari video yang akan kamu unduh.
  • Klik ikon download beberntuk tanda panah ke bawah lalu pilih resolusi video yang ingin kamu simpan ke galeri hape.
  • Tunggu sampai proses download selesai lalu cek galeri hape kamu.
Cari video lewat aplikasi Vidmate dan klik ikon download untuk menyimpan video dari Youtube ke galeri
Cari video lewat aplikasi Vidmate dan klik ikon download untuk menyimpan video dari Youtube
Pilih resolusi yang akan diunduh lalu klik tombol DOWNLOAD untuk menyimpan video Youtube
Pilih resolusi yang akan diunduh lalu klik tombol DOWNLOAD untuk menyimpan video Youtube

Selesai sudah tutorial kali ini. Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu kamu menyimpan video dari Youtube ke galeri hape Android dengan mudah. Jika masih ada kesulitan atau sekedar saran untuk tutorial ini, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu