Daftar Situs Ping Terbaik Agar Blog Cepat Diindeks Google

Sebaik apapun konten yang ada pada sebuah website, pengunjung tidak akan dapat menemukannya selama situs tersebut belum diindeks oleh Google. Karena itulah, saat pertama kali membuat blog, penting untuk memberi tahu bot mesin pencari untuk segera mengindeks website tersebut.

Agar situs lebih cepat dirayapi dan diindeks oleh Google, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Langkah pertama, buat sitemap dan submit sitemap tersebut ke Google Search Console, Bing Webmaster, atau layanan milik mesin pencari lainnya. Jika sudah, share juga postingan ke sosial media, lakukan blogwalking, atau jadilah guest author di blog orang lain.

Nah, sebagai langkah tambahan, tidak ada salahnya menggunakan layanan ping gratis berikut ini.

Cara Menggunakan Ping di WordPress

Bagi pengguna WordPress, sudah tahu belum kalau platform blogging ini sudah memiliki opsi ping secara default?

Dengan menambahkan opsi ini, situs ping yang digunakan di website WordPress akan secara otomatis mengirim sinyal bahwa ada konten baru yang sudah dipublish.

Untuk melakukannnya, login ke dasbor Wordprses lalu masuk ke menu SETTINGS ► WRITING lalu lihat bagian UPDATE SERVICES.

Secara default, kolom ini akan diisi link http://rpc.pingomatic.com/. Untuk menggunakan lebih banyak situs ping di WordPress, tambahkan link berikut ini pada kotak isian yang tersedia.

http://rpc.pingomatic.com/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://1470.net/api/ping
http://api.feedster.com/ping
http://api.moreover.com/RPC2
http://api.moreover.com/ping
http://api.my.yahoo.com/RPC2
http://api.my.yahoo.com/rss/ping
http://bblog.com/ping.php
http://bitacoras.net/ping
http://blog.goo.ne.jp/XMLRPC
http://blogdb.jp/xmlrpc
http://blogmatcher.com/u.php
http://bulkfeeds.net/rpc
http://coreblog.org/ping/
Cara menambah daftar situs ping di WordPress
Cara menambah daftar situs ping di WordPress

Selain dengan cara tersebut, proses indexing juga bisa dipercepat dengan memakai plugin. Salah satu contohnya adalah plugin WordPress Ping Optimizer. Plugin ini memliiki fungsi yang sama dengan fitur default WordPress di atas. Bedanya, plugin ini bisa membatasi jumlah ping dalam rentang waktu tertentu untuk menghindari spam.

20+ Situs Ping Terbaik untuk Index Website lebih Cepat

WARNING: Jangan terlalu banyak memakai situs ping di bawah ini. 2-3 Situs saja sudah cukup.

Untuk pengguna blog Blogger atau platform blogging gratis lainnya, ada cara lain untuk melakukan ping agar proses indexing website berjalan lebih cepat.

Salah satu situs ping terbaik untuk melakukannya adalah Ping-O-Matic yang dibeking oleh WordPress Foundation dan kemungkinan besar ditangani oleh Matt Mullenweg sendiri.

Cara menggunakan Ping-o-Matic sangatlah mudah

  1. Masuk ke situs pingomatic.com
  2. Masukan nama blog (ex: Bisablog)
  3. Masukan URL blog (ex: https://bisablog.com)
  4. Masukan URL RSS jika perlu.
  5. Pilih keempat layanan ping (Blo.gs, Feed Burner, Spinee3r, dan Superfeedr)
  6. Klik tombol SEND PINGS
Cara ping di Pingomatic agar website lebih cepat terindeks
Cara ping di Pingomatic agar website lebih cepat terindeks

Selain memakai Ping-O-Matic, ada banyak situs ping lainnya yang juga tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pingler

Pingler adalah layanan ping gratis asal Inggris yang bisa dipakai untuk mempercepat proses perayapan dan indexing sebuah website. Dengan tools ini, kita hanya perlu memasukan keyword/nama blog, URL blog, kategori blog, lalu Pingler akan secara otomatis mem-ping mesin pencari agar segera mengindeks website tersebut.

Selain versi gratis, tersedia juga fitur premium di mana penggunanya bisa mendapatkan lebih banyak ping resouces yang 100% aman untuk SEO dan bekerja dengan jauh lebih cepat.

2. SmallSEOTools

SmallSEOTools adalah situs yang memiliki banyak fitur-fitur keren seperti plagiarism checker, cek alamat IP, backlink checker, hingga article rewriter.

Nah, fitur lain yang bisa ditemukan di situs ini adalah online ping website tools. Cukup akses Online Ping Website Tools, masukan URL Feed blog atau URL artikel hingga 10 link yang berbeda. Setelah itu pilih kategori, lalu klik tombol PING dan biarkan tools ini bekerja agar konten blog cepat terindeks Google.

3. Pingfarm

Situs ping lain yang tidak kalah populer adalah Pingfarm. Layanan ini mirip dengan Ping-O-Matic di mana kita hanya perlu memasukan URL blog dan URL blog feed saja. Setelah itu Pingfarm akan mengirim ping pada belasan layanan agar blog/website cepat diindeks oleh Google

4. Situs Ping lainnya

Selain empat situs di atas, masih ada banyak lagi situs ping lain yang bisa digunakan untuk website dan blog. Berikut adalah daftar situs ping terbaik yang diurutkan berdasarkan nilai DA (domain authority).

addurl.nu
pingbomb.com
useme.org
blogbuzzer.com
ping.in
totalping,com
ping.twingly.com
pingsitemap.com
mypagerank.net
bulkping.com
autopinger.com
site24x7.com
indexking.com
indexification.com

Penutup

Seperti bisa kamu lihat, ada banyak cara untuk mempercepat proses indexing sebuah website, salah satunya menggunakan situs ping terbaik di atas.

Meski begitu, saya sendiri lebih memilih untuk mempercepat proses indexing dengan cara yang lebih natural. Misalnya saja dengan konsisten posting artikel baru, blogwalking, atau share via sosmed.

Tapi tentu tidak ada salahnya memakai layanan gratis dari situs ping di atas. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu banyak memakai ping agar website tidak dianggap spammy oleh mesin pencari.

4 comments
    1. Biasanya kalau sudah diping sih gak berapa lama bakalan muncul mas. Jdi cukup pakai sekali saja. Buat ngebantu biar cepat diindeks bisa share ke sosmed atau komentar di blog yang ramai pakai link ke artikel yang mau dimunculkan mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like