7 Mesin Pencari Selain Google yang Lebih Aman

Bicara soal search engine (mesin pencari) rasanya tidak bakal jauh dari Google. Saking populernya, istilah googling sampai masuk ke dalam kamus resmi Oxford di tahun 2006.

Meski begitu, Google bukanlah satu-satunya search engine yang bisa kamu pakai. Selain Bing, masih ada Yahoo Search, Yandex, atau Baidu sebagai alternatif Google terpopuler yang bisa kamu coba.

Sayangnya search engine populer tersebut memiliki banyak masalah, terutama masalah privasi. Dengan menggunakan search engine tersebut, kamu secara sukarela sudah mengizinkan mereka untuk bisa mengumpulkan data dari browser dan memakainya untuk kepentingan mereka.

Nah, jika kamu ingin menggunakan alternatif mesin pencari selain Google dkk yang jauh lebih aman, beberapa rekomendasi ini bisa kamu coba!

Mesin Pencarian Web Selain Google yang Lebih Menghargai Privasi Kamu

1. DuckDuckGo

Di antara search engine lainnya, DuckDuckGo mungkin menjadi alternatif Google paling populer, terutama jika kamu ingin data privasi kamu aman. Hasil pencariannya juga cukup bagus di mana mereka menggabungkan hasil dari 400 lebih sumber yang berbeda mulai dari Yahoo, Bing, hingga Wikipedia.

Dan meski masih memunculkan iklan, tampilannya hanya disesuaikan dengan keyword yang sedang kita cari, bukan disesuaikan dengan data pribadi/histori pencarian kita sebelumnya.

2. SwissCows

Swisscows adalah search engine asal Swiss yang sebelumnya bernama Hulbee. Seperti pendahulunya, Swisscows tidak akan menyimpan data-data pribadi seperti alamat IP, cookies, atau info mengenai browser dan perangkat yang kita gunakan. Beda dari kebanyakan search engine lain di daftar ini, Swisscown mengugunakan server pribadi mereka sendiri dan tidak tergantung dari infrastruktur pihak ketiga.

Sama seperti DuckDuckGo, Swisscows juga menampilkan iklan yang disesuaikan dengan keyword yang sedang dicari, bukan berdasarkan lokasi atau search history penggunanya.

Satu hal lain yang cukup unik, Swisscows sangat ramah terhadap anak di mana mereka akan menyaring konten yang mengandung unsur kekerasan dan pornografi.

3. StartPage

StartPage adalah search engine terbaik jika kamu menginginkan hasil pencarian seakurat Google namun tetap aman saat berselancar di dunia maya.

Startpage sendiri mengklaim kalau mereka membayar Google untuk menggunakan data-data mereka. Namun saat kamu mencari sesuatu, StartPage akan menghapus metadata yang tidak perlu seperti alamat IP, asal negara, atau info browser yang digunakan. Dengan begitu permintaan akan dilakukan secara anonim dan hasil yang kamu dapat bersih dari jejak pribadi kamu.

4. Qwant

Qwant adalah mesin pencari web asal Perancis yang menggunakan Bing sebagai sumber utama untuk hasil pencarian mereka. Berada di bawah hukum Uni Eropa yang lebih ketat dalam melindungi data pribadi warganya, Qwant mengklaim tidak akan menyimpan data-data pribadi kamu saat berselancar di dunia maya.

Jika kebanyakan mesin pencari memiliki tampilan yang biasa-biasa saja, Qwant tampil sedikit lebih modern dengan menampilkan berita-berita trending dan populer yang mereka kurasi sendiri.

Satu hal yang menarik, mereka memiliki mesin pencari ramah anak bernama Qwant Junior yang secara otomatis memfilter konten negatif di internet. Selain itu berita yang disajikan juga sudah disesuaikan dan dilengkapi dengan beragam bacaan hingga rekomendasi aktifitas untuk si anak.

5. Ecosia

Ecosia adalah mesin pencari asal Jerman yang mengandalkan Bing sebagai sumber utama untuk hasil pencarian mereka. Bedanya mereka tidak akan melacak data-data penggunanya, menggunakan tracker dari pihak ketiga, dan akan melakukan pencarian secara anonim.

Tidak hanya aman bagi penggunanya, Ecosia juga ramah lingkungan lho! Selain menggunakan server yang menggunakan renewable energy, sebagian keuntungan yang mereka dapat akan didonasikan dalam bentuk penanaman pohon. Jika kamu sering memakai Ecosia, kamu bisa melihat seberapa banyak pohon yang berhasil kamu tanam.

6. MetaGer

MetaGer adalah metasearch engine berasal dari Jerman yang kini dimiliki oleh organinsasi non-profit SUMA-EV. Dengan mengandalkan donasi, MetaGer mengklaim kalau hasil pencarian mereka netral dan tidak akan terpengaruh oleh sponsor ataupun iklan.

Hasil pencarian yang mereka lakukan disempurnakan dengan menggabungkan beberapa mesin pencari seperti Bing, Yandex, atau Yahoo. Meski begitu mereka juga memiliki web crawler mereka sendiri yang sudah dikembangkan sejak tahun 1996.

Untuk masalah keamanan kamu tidak perlu khawatir. Seperti banyak secure search engine lainnya, MetaGer akan mengubah proses pencarian melalui proxy server agar bisa diakses secara anonim. Selain itu mereka juga tidak memakai cookies atau sistem pelacakan lainnya untuk menyimpan data-data pribadi kamu.

7. Mojeek

Mojeek adalah mesin pencari asal Ingris yang berawal dari proyek pribadi Marc Smith di tahun 2004. Beda dengan mesin pencari lain di daftar ini, Mojeek adalah satu-satunya yang memakai hasil pencarian yang berasal dari crawler dan database mereka sendiri. Ini membuat mereka menjadi pesaing langsung Google atau Bing yang lebih dulu populer.

Sayangnya halaman yang sudah mereka rayapi masih belum sebanyak Google. Jika dibandingkan Google yang sudah mengindek lebih dari 30 triliun halaman, jumlah yang bisa diindeks Mojeek masih jauh lebih kecil di kisaran milyaran halaman saja. Meski begitu Mojeek lebih unggul dari Google untuk masalah keamanan data pribadi.

Dari laman resminya, Mojeek mengklaim tidak akan akan menggunakan pelacak dalam bentuk apapun. Data yang mereka simpan hanya log sederhana berisi data-data seperti waktu kunjungan, referal, halaman yang diakses, hingga informasi browser yang nantinya bisa dijadikan data untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka.


Bagaimana, cukup banyak kan alternatif mesin pencarian web selain Google?

Tidak hanya aman dan tidak melacak data-data pribadi kamu, mesin pencari ini juga bagus agar kamu tidak terjebak dalam filter bubble di mana hasil pencarian sudah disesuaikan dengan search history kamu. Jadi jika kamu memutuskan untuk memakai alternatif selain Google atau Bing, beberapa search engine di atas bisa menjadi pilihan kamu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu