Cloud hosting adalah salah satu istilah yang sering kita dengar ketika memilih sebuah hosting. Tapi apa itu cloud hosting? lalu apa bedanya dengan shared hosting biasa? Simak penjelasannya di artikel ini yuk!

Saat ini ada beragam jenis hosting yang tersedia di pasaran. Untuk pengguna pemula yang belum memiliki banyak trafik, shared hosting adalah pilihan terpopuler dengan fitur yang cukup baik, cara pemakaian yang mudah, dan harganya yang relatif murah. Namun sebagai opsi, kini ada banyak juga tawaran paket cloud hosting yang menawarkan fitur lebih dengan harga yang sama-sama terjangkau. Tapi apa itu cloud hosting? lalu apa bedanya dengan shared hosting biasa?

Sebelum saya jelaskan, lihat dulu yuk penjelasan apa itu shared hosting?

Penjelasan Singkat Cara Kerja Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu paket web hosting tradisional yang secara umum ada pada hampir semua penyedia jasa hosting. Pada hosting jenis ini, satu server akan menjadi rumah bagi banyak website sekaligus. Dan sesuai dengan namanya, semua website yang ada dalam satu server tersebut akan saling berbagi resources seperti CPU dan RAM.

Pada shared hosting, satu server bisa membawahi banyak website sekaligus.

Salah satu keuntungan dari shared hosting adalah harganya yang murah. Beberapa hosting bahkan menyediakan paket hosting murah yang harganya tidak sampai Rp10.000 per bulannya. Selain itu penggunaannya cukup mudah sehingga hosting jenis ini sangat cocok untuk pemula dan website dengan trafik rendah.

Meski begitu ada satu kelemahan besar pada paket shared hosting. Karena sama-sama berada pada satu server, performa salah satu website dapat mempengaruhi performa website lain di server tersebut. Jadi bila ada website yang mengalami lonjakan trafik drastis atau terkena malware, maka situs lain yang berada di server tersebut juga bisa mengalami dampak negatifnya.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah hosting yang menggunakan teknologi komputasi awan (cloud computing). Dengan metode ini, hosting akan disimpan di server virtual yang berada di cloud yang dijalankan oleh beberapa server yang bekerja dalam satu kesatuan.

Beban kerja pada hosting jenis ini akan didistribusikan secara merata ke semua server. Jika ada satu server yang bermasalah, maka beban akan dilimpahkan ke server lain. Hal ini membuat cloud hosting tidak hanya tergantung pada satu server saja sehingga kerusakan pada satu server tidak akan banyak mempengaruhi kinerja hosting secara keseluruhan.

Pada cloud hosting, website akan dipasang pada virtual server yang berada di cloud.

Dengan teknologi ‘awan’ ini, cloud hosting memiliki beberapa kelebihan dibanding shared hosting biasa, di antaranya:

1. Bisa Diandalkan (Reliable)

Seperti disebutkan sebelumnya, dengan konsep shared hosting, akan ada banyak website yang bisa ditampung dalam satu server. Jumlahnya pun bermacam-macam, mulai dari puluhan hingga ratusan website sekaligus. Masalah akan timbul jika ada salah satu website yang tiba-tiba saja memakan banyak resource. Dengan jumlah resource server yang terbatas, hal ini akan berpengaruh pada website lain yang ada pada server tersebut dan bisa membuatnya lambat saat akan diakses.

Dengan sistem cloud, server yang bermasalah dapat dialihkan diganti dengan server lainnya sehingga masalah dapat teratasi dalam waktu yang sangat singkat. Karena itulah banyak cloud hosting yang memberi jaminan uptime hingga 99.9% bahkan hingga 99.99%.

2. Performa yang Lebih Baik

Setiap website yang menggunakan cloud hosting akan mendapatkan resource sendiri seperti processor atau memory yang tidak tercampur dengan website lainya. Hal ini memastikan kinerja website tidak akan terganggu oleh website lainnya seperti yang biasa terjadi pada website yang berada di shared hosting.

3. Biaya

Secara umum biaya cloud hosting tampak lebih tinggi dibanding shared hosting. Namun dalam cloud hosting, apa yang kamu bayar, itulah yang kamu dapat. Sama seperti kamu membayar tagihan listrik, kamu hanya membayar resource yang akan kamu gunakan saja.

Pada shared hosting, meski kita mendapatkan spek tertentu saat membeli hosting, resource yang ada umumnya digunakan bersama-sama. Ibaratnya seperti patungan menyewa rumah, ada saja 1-2 orang yang menggunakan resource lebih banyak di rumah tersebut. Padahal biaya untuk pengadaan resource tersebut kamu juga ikut membayarnya.

Rekomendasi Cloud Hosting yang Bisa Diandalkan

Saat ini ada banyak penyedia hosting yang menawarkan paket shared hosting berikut paket cloud hosting secara bersamaan. Sebagai contoh, Niagahoster yang saya pakai untuk website ini menyediakan kedua paket hosting tersebut. Paket cloud hostingnya pun sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.

Sebagai alternatif, ada juga lho penyedia hosting khusus yang hanya menjual paket cloud hosting saja! Dan salah satu penyedia cloud hosting yang saya rekomendasikan adalah Dewaweb. Dengan harga termurah Rp20.000 per bulan, kamu sudah bisa mencicipi performa cloud hosting keren untuk website pribadi kamu.

Saya kira ada banyak alasan kenapa saya merekomendasikan cloud hosting yang satu ini. Selain memang saya pakai sendiri dan sudah saya rasakan kualitasnya, ada banyak fitur yang membuat Dewaweb pantas menjadi cloud hosting pilihanmu.

  1. Cepat – Dengan beragam fitur seperti LiteSpeed Enterprise, LSCacche, Cloudflare + Railgun, HTTP/2 + QUIC + Brotli, Redis DB Caching, serta Super Fast SSD membuat website dapat tampil dengan performa terbaik.
  2. Bisa diandalkan – Selain dilengkapi dengan server berkualitas, Dewaweb juga dilengkapi dengan backup otomatis harian serta fitur Quick Healing Network yang didesain untuk menyembuhkan diri dengan cepat ketika ada masalah pada salah satu komponen hardware atau network.
  3. Aman – Untuk masalah keamanan, semua server Dewaweb sudah dilindungi Imunify360 AI Security dan fitur Proactive Defense untuk mencegah serangan cyber dan malware. Tidak hanya itu, website kamu juga akan dilengkapi SSL Grade A secara gratis.
  4. Layanan support yang mengagumkan – Sejauh ini saya sangat puas dengan tingkat pelayanan Dewaweb yang dapt dihubungi kapan saja. Selain itu untuk kamu yang ingin pindah hosting, Dewaweb bisa lho membantu kamu migrasi secara instan dan gratis.

Untuk kamu yang tertarik, langsung saja kunjungi link situs Dewaweb atau klik banner di bawah ini.

Siapa Saja yang Butuh Cloud Hosting?

Cloud hosting seringkali dianggap sebagai opsi yang lebih baik dibanding shared hosting biasa. Selain lebih bisa diandalkan untuk menangani trafik tinggi, cloud hosting juga memiliki waktu downtime yang relatif nihil serta memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Karena itulah cloud hosting cocok digunakan untuk situs dengan trafik yang besar dan website yang memang ingin selalu ‘ON’.

Namun sayangnya harga yang ditawarkan untuk cloud hosting masih relatif lebih tinggi dibanding shared hosting. Meski begitu ada juga opsi paket murah dengan spek yang lebih rendah untuk kamu yang ingin mencoba cloud hosting.

Namun untuk pemula, rasanya shared hosting masih menjadi pilihan terbaik. Selain menawarkan harga yang lebih murah, fitur dan tingkat keandalannya masih cukup mumpuni untuk website yang masih dalam tahap awal pengembangan.

2 Comments

  1. Cloud hosting sangat direkomendasikan untuk website berskala medium. Bagus di speed dan juga uptime.

    Terima kasih sudah berkenan berbagi pengetahuan seputar cloud hosting.

    • Syafiq Salman Reply

      Yup, cloud hosting memang terkenal lebih bagus untuk masalah speed dan uptime. Saya sendiri punya satu web yang pake cloud hosting Dewaweb, dan untuk masalah performa memang lumayan oke.

Write A Comment