10 Rekomendasi Hosting Bayar Bulanan Terbaik di Indonesia

Membeli hosting ibarat mengontrak rumah untuk website kita. Sama seperti sistem kontrak pada umumnya, ada batasan waktu berapa lama kita bisa berada di tempat tersebut.

Hosting sendiri biasanya dibayar untuk jangka waktu satu tahun. Setelah masa kontrak habis, kita harus membayar lagi untuk memperpanjangnya.

Sayangnya membayar langsung harga sewa hosting selama 12 bulan jelas akan cukup memberatkan konsumen. Lumayan kan harus keluar uang antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah! Dan jika kamu hanya butuh hosting untuk project tertentu yang berlangsung beberapa waktu saja, membayar hosting untuk 1 tahun jelas akan terlalu mubazir.

Untungnya masih ada cukup banyak penyedia hosting bayar bulanan yang bisa kita pakai. Dengan begitu biaya sewa hosting kita tentu tidak akan terasa berat bukan?

Lalu apa saja sih hosting bayar bulanan yang bisa kamu coba? Berikut adalah rekomendasi saya:

Tapi jika kamu penasaran dengan penyedia hosting lainnya, simak daftar berikut ini saja yah!

10 Hosting Bayar Bulanan Terbaik di Indonesia

Sebelum kamu memilih hosting bayar bulanan, kamu harus tahu bahwa membayar bulanan akan lebih besar biayanya dibanding bayar tahunan. Hal ini juga berlaku di mana kita bisa membayar lebih murah untuk jangka waktu yang lebih panjang, misalnya 2-3 tahun.

Meski begitu semua paket yang ditawarkan tetaplah sama, entah itu shared hosting, cloud hosting, dedicated server, VPS, dll. Speknya pun sama, yang benar-benar berbeda hanya harga sewa per bulannya saja.

1. JagoanHosting

JagoanHosting adalah perusahaan yang bernaung di bawah bendera BEON Intermedia Group. Beda dengan ‘seniornya’. JagoanHosting khusus menyediakan layanan cloud hosting bagi pelanggannya.

Cloud hosting sendiri punya banyak kelebihan dibanding shared hosting biasa mulai dari nilai uptimenya yang stabil, kecepatan aksesnya yang baik, hingga tingkat keamanan yang tinggi. Di JagoanHosting, teknologi awan ini dikombinasikan dengan Litespeed Server, Ultrafast SSD, hingga server berkualitas tinggi yang membuat hosting Jagoan Hosting semakin bisa diandalkan.

Saya sendiri kebetulan punya satu website yang memakai paket Superstar dari Jagoan Hosting. Sejauh ini performanya sangat memuaskan dan minim downtime. Paket ini juga sudah menggunakan NVME yang lebih cepat dari SSD dan membuat loading website lebih cepat lagi.

Paket termurah: Cloud Hosting Fame dengan 50MB Storage, Unlimited bandwidth, Unlimited subdomain, Free SSL, Free Web Builder (Rp 15K per 1 bulan)

Kunjungi JagoanHosting

2. IDCloudhost

Berdiri sejak tahun 2013, IDCloudhost juga khusus menyediakan layanan cloud hosting saja. Di sini kamu bisa membeli beragam paket mulai dari cloud hosting untuk personal, VPS, hingga Dedicated server yang semuanya bisa kamu bayar bulanan.

Untuk kuallitas, kamu tidak perlu ragu. IDCLoudhost memiliki server dengan prosesor tercanggih di pasar cloud hosting serta SSD yang membuat performanya lebih cepat. Selain itu ada layanan 24 jam non stop yang siap membantu semua masalah kamu.

Satu hal yang menarik, IDCloudhost juga menyediakan layanan cloud storage di mana kamu bisa menyimpan data di cloud yang bisa diakses secara online. Cukup dengan Rp20.000 per bulan, kamu bisa menyimpan data hingga 20GB yang bisa diakses dari perangkat apa saja.

Paket termurah: Cloud Hosting cPanel Starter Pro dengan 1 CPU Cores, 1GB Storage, 512MB Virtual Memory, Unlimited Bandwidth (Rp15K per 1 bulan)

Kunjungi IDCloudhost

3. RumahWeb

Hosting bayar bulanan terbaik ketiga di daftar ini adalah RumahWeb. Hosting yang didirikan tahun 2002 di Yogyakarta ini merupakan salah satu hosting terbesar di Indonesia. Data dari HostAdvice bahkan menempatkan RumahWeb sebagai hosting dengan jumlah klien terbanyak dengan porsi klien sebesar 12.68%.

Saya sendiri punya pengalaman baik dengan penyedia hosting lokal ini. Rumahweb bahkan saya masukan ke daftar rekomendasi tempat beli nama domain terbaik melihat harganya yang murah, supportnya yang baik, serta sudah teregistrasi ICANN dan PANDI.

Saat ini Rumahweb menyediakan paket Cloud Hosting, Unlimited Hosting, WordPress Hosting, dan VPS/Cloud Server. Dari keempatnya, hanya Unlimited Hosting saja yang tidak menyediakan opsi pembayaran bulanan. Untuk opsi bulanannya sendiri tesedia mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Paket termurah: WordPress Hosting 1 Cloudlet dengan 0.5 CPU Cores, 512MB RAM, 1GB SSD, Unlimited bandwith, Unlimited subdomain (Rp25K per 1 bulan)

Kunjungi Rumahweb

4. Dewaweb

Lagi-lagi cloud hosting masuk dalam daftar hosting bayar bulanan terbaik kali ini. Di sini kamu bisa membeli hosting dengan teknologi awan unuk keperluan pribadi atau bisnis yang bisa kamu bayar per bulan mulai dari 1, 3, 6, atau 12 bulan.

Setiap paket hosting Dewaweb sudah dilengkapi dengan teknologi Litespeed server dan Super Fast SSD yang membuat hosting lebih cepat diakses. Selain itu ada SSL Grade A, Imunify 360 AI Security, dan KernelCare Protection yang membuat website kamu lebih aman dari serangan malware atau DDoS. Masalah layanan support juga menjadi perhatian Dewaweb dengan adanya live chat 24 jam yang siap membantu kamu.

Satu hal yang menarik, tersedia layanan hosting gratis untuk organisasi atau yayasan non-profit lho!

Paket termurah: Cloud Hosting Scout dengan 0.5 Core CPU, 128MB RAM, Unlimited database (Rp20K per 1 bulan)

Kunjungi Dewaweb

5. Jetorbit

Jetorbit adalah hosting asal Yogyakarta yang sudah ada sejak tahun 2012. Jetorbit menyediakan paket web hosting murah dan terbaik yang bisa diandalkan siapa saja mulai dari bloger, UMKM, hingga perusahaan besar.

Setiap paket hosting Jetorbit sudah dilengkapi dengan teknologi, resource serta server terbaik untuk menjaga kualitas layanan mereka. Dan tidak hanya menyediakan hosting dengan server lokal, mereka juga memiliki server yang berada di Los Angelse (USA) buat kamu yang ingin membuat website internasional.

Satu hal yang menarik, paket WordPress Hosting mereka menawarkan gratis tema premium DIVI, salah satu tema WordPress terbaik, untuk setiap pembelian minimal 6 bulan.

Paket termurah: Web Hosting Pluto dengan 300MB SSD, Unlimited bandwidth, 2 Addon domain (Rp15K per 1 bulan)

Kunjungi Jetorbit

6. Domainesia

Jika kamu mencari hosting murah berkualitas, maka Domainesia bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Tidak hanya sangat terjangkau, bayarnya pun bisa bulanan lho!

Setiap paket hosting murah Domainesia sudah dilengkapi Enterprise-grade SSD serta teknologi Cloudflare Railgun yang bikin website semakin cepat diakses. Tidak hanya itu, ada lima pilihan lokasi server yang bisa kamu pilih mulai dari Indonesia, Singapura, Jepang, Inggris, dan Amerika.

Paket termurah: Hosting Extra dengan 750MB SSD storage, 0.75 CPU Core, 512MB RAM, Unlimited bandwidth (Rp20K per 1 bulan)

Kunjungi Domainesia

7. Dracoola

Dracoola adalah salah satu web hosting tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2003. Sekilas namanya memang menyeramkan, tapi Dracoola justru terkenal karena layanan supportnya yang luar biasa. Cek saja testimonial yang ada. Selain tersedia 24 jam, bahkan untuk urusan teknis tidak perlu sampai buat tiket, cukup lewat live chat atau SMS saja.

Jika kamu tertarik dengan layanan Dracoola, jangan kaget jika melihat situsnya. Meski terlihat jadul, Dracoola sudah punya server yang support teknologi Litespeed lho!

Paket termurah: Web Hosting Dawn dengan 300MB Storage, 30GB Bandwidth, 1 Addon Domain, Unlimited Subdomain (Rp10K per 1 bulan)

Kunjungi Dracoola

8. Qwords

Sama seperti Dracoola, QWords juga merupakan salah satu hosting yang sudah lama berdiri, tepatnya pada tahun 2005. Dengan pengalaman segudang, Qwords kini tidak hanya melayani klien dalam negeri saja, tetapi juga klien asing yang berasal dari berbagai negara Asia melalui Qwords Asia Pacific Pte. LTD.

Sama seperti kebanyakan hosting di daftar ini, Qwords juga menggunakan teknologi cloud computing yang membuat hosting mereka cepat, aman, dan bisa diandalkan.

Paket termurah: Cloud Web Hosting E dengan 0.5 CPU Core, 1GB Storage, 600MB RAM, 3 Subdomain (Rp27.5K per 1 bulan)

Kunjungi Qwords

9. DewaBiz

Dewabiz adalah penyedia cloud hosting asal Aceh yang sudah beridiri sejak 2016. Pada Mei 2018 hosting ini diakuisisi oleh IDCloudhost dan kini difokuskan pada layanan Unlimited Hosting dan domain murah yang diharap bisa membantu UMKM mengembangkan bisnis online mereka.

Untuk saat ini mereka menawarkan paket Unlimited Hosting, Semi Dedicated Hosting, Cloud VPS, dan Dedicated Server yang semuanya bisa dibayar bulanan. Menariknya, mereka juga menawarkan jasa backlink PBN dengan harga yang sangat terjangkau.

Paket Termurah: Unlimited Hosting Starter Pro dengan 1GB Storage, 512MB Ram, 3 Addon Domain, Unlimited Bandwidth (Rp25K per 1 bulan)

Kunjungi Dewabiz

10. Ardhosting

Hosting bayar bulanan terbaik terakhir yang saya rekomendasikan adalah Ardhosting. Berdiri sejak tahun 2000. Ardhosting mewujudkan visi mereka “Fast & Reliable Web Hosting” dengan menggunakan teknologi terbaik untuk layanan mereka seperti CloudLinux OS, Litespeed Server, Pure SSD Storage, hingga WordPress Accelerator.

Paket hosting yang ditawarkan pun sangat beragam dan cocok untuk siapa saja mulai dari bloger, UKM, Situs E-commerce, atau korporat dan institusi penting lainnya. Yangmenarik, saat ini ada promo di mana kamu akan mendapat harga yang sama baik memesan bulanan atau tahunan.

Paket termurah: WordPress Hosting 1 CloudMax dengan 0.5 CPU Core, 512MB Ram, 1GB Storage (Rp25K per 1 bulan)

Kunjungi Ardhosting

Rekomendasi Hosting Bayar Bulanan yang Murah dan Berkualitas?

Bagaimana? ada banyak kan opsi hosting bayar bulanan yang bisa kamu coba. Memang dengan banyaknya pilihan di atas rasanya cukup sulit juga yah memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu butuh hosting yang bisa diandalkan, maka JagoanHosting jadi rekomendasi saya. Kebetulan saya pakai sendiri dan sejauh ini sangat puas dengan performanya yang bagus. Meski begitu, satu hal yang menurut saya kurang adalah supportnya yang terbatas.

Nah, kalau pilihan kamu adalah layanan suppport yang memuaskan, Dracoola rasanya jadi rekomendasi yang paling pas. Level supportnya rasanya sudah tidak perlu diragukan. 24 Jam nontosp para arwah gentayangan ini siap membantu semua masalah hosting sampai tuntas.

Terakhir, jika kamu menimbang mana yang menawarkan best value, maka pilihan saya adalah IDCloudhost di mana dengan Rp15K per 1 bulan, kamu mendapat resource yang cukup lumayan.

Namun apa pun pilihan kamu, senang bukan bisa melihat cukup banyak opsi di mana kamu bisa membayar hosting secara bulanan. Meski kalau dihitung-hitung harga per tahunnya lebih mahal, bayarnya jadi terasa lebih ringan bukan?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu