Apa Itu Blogger (Blogspot) dan Kenapa Kamu Harus Menggunakannya

You are currently viewing Apa Itu Blogger (Blogspot) dan Kenapa Kamu Harus Menggunakannya

Blogger atau Blogspot adalah salah satu platform blogging yang banyak digunakan selain WordPress. Selain karena mudah dibuat, tampilan dan fitur Blogger juga sangat user-friendly. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh apa itu Blogger dan kenapa kamu harus menggunakannya?

Ada banyak alasan kenapa Blogger masih menjadi salah satu pilihan utama dalam membuat blog dengan mudah dan cepat.

Fakta bahwa Blogger dimiliki oleh raksasa Google pun menjadi daya tarik tersendiri bagi blogger pemula yang ingin mencoba-coba membuat blog secara gratis.

Tapi tahukan kamu bahwa Blogger bukanlah produk asli dari Google?

Blogger adalah produk milik Pyra Labs yang diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Google kemudian mengakuisisi Pyra Labs pada Februari 2003 dan membuat Blogger menjadi salah satu produk andalan mereka.

Sejak dibeli, banyak perubahan yang dilakukan oleh Google, misalnya saja:

  • Mengakuisisi dan mengintegrasikan Picasa di tahun 2004 sehingga Blogger memiliki fitur untuk menyimpan dan berbagi foto.
  • Memindahkan data ke server Google.
  • Standarisasi gadget/widget dan template Blogger.

Selain itu masih banyak perubahan lain yang membuat Blogger menjadi platform blogging tangguh seperti yang kita kenal sekarang.

Untuk kamu yang baru mencoba blogging, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan platform yang satu ini, apalagi kalau kamu ingin memonetasi blog yang kamu buat tanpa harus keluar modal terlebih dahulu.

Kalau kamu yang masih ragu memilih Blogger untuk blog pertama kamu, mungkin kamu bisa melihat 7 poin berikut untuk melihat apa saja yang Blogger bisa tawarkan.

Kelebihan Blogger

1. Gratis

Ini mungkin salah satu alasan utama masih banyak orang memilih Blogger.

Dengan Blogger, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun kecuali untuk membeli kuota internet.

Semua fitur yang ada pada Blogger diberikan secara cuma-cuma oleh Google. Kamu bahkan bisa membuat 100 blog untuk setiap akun Google yang kamu punya.

2. Mudah dan praktis

Membuat blog di Blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Blogger.com dan login dengan akun Google yang kamu punya.

Cukup masukan judul dan alamat blog yang kamu inginkan, voila, kamu sudah bisa memiliki blog sendiri dengan ekstensi .blogspot.com.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan fungsi lain pada Blogger dengan menggunakan gadget yang dapat dengan mudah kamu pasang.

Untuk kamu yang tidak ingin repot melakukan perawatan blog dan ingin sebuah platform di mana kamu hanya perlu menulis konten, Blogger bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu.

3. Terintegrasi dengan Google

Seperti yang saya sebutkan di atas, syarat membuat blog di Blogger adalah memiliki akun Google yang saya yakin kamu sudah punya.

Kalau kamu belum punya mungkin kamu perlu membuatnya sekarang. Dengan memiliki akun Google, kamu akan dapat dengan mudah mengintegrasikan semua layanan Google dalam satu akun.

Integrasi Blogger (Blogspot) dengan layanan Google lainnya seperti Adsense, Anallytics, dan Adwords
Integrasi mudah Blogger (Blogspot) dengan layanan Google lainnya seperti Adsense, Anallytics, dan Adwords

Layanan Google dalam bidang blogging tidak hanya sebatas platform Blogger saja. Ada layanan lain seperti Adwords, AdSense, hingga Google Analytic yang akan membantu kamu dalam mengembangkan blog yang kamu buat di Blogger. Dengan memiliki blog Blogger, kita akan mudah mengintegrasikan layanan Google seperti memasang Google Analytics di Blogger.

4. Dibackup oleh server handal Google

Sejak mengakuisisi Blogger, baru pada tahun 2007 Google berhasil memindahkan Blogger secara menyeluruh ke server mereka sendiri. Jadi kalau kamu membuat blog di Blogger sekarang boleh dibilang kamu menggunakan jasa layanan hosting dari Google itu sendiri.

Dan dengan menggunakan server Google artinya kamu memiliki bekingan server handal yang dapat menampung trafik yang tinggi dan memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk crash.

5. Jaminan keamanan

Tentu tidak ada garansi pasti untuk masalah keamanan, karena ancaman terhadap blog/website bisa datang dari mana saja.

Tapi dengan memiliki blog yang berada di bawah server Google, kamu bisa lebih yakin akan tingkat keamanan yang bisa diberikan kepada blog kamu. Mungkin bisa saya bilang akan sangat mustahil untuk membobol akun Blogger yang kamu buat.

6. Bisa menggunakan domain kustom

Mungkin nanti ada saatnya blog yang kamu buat sudah memiliki pengunjung yang banyak dan trafik yang baik. Tentunya kamu ingin memiliki nama domain sendiri dan menghilangkan embel-embel .blogspot.com. agar blog kamu terlihat lebih bonafide.

Untuk mendapatkan nama domain kamu sendiri, kamu bisa mendaftarkannya pada situs yang khusus melayani pembelian nama domain seperti NameCheap atau pada penyedia layanan hosting seperti Hosting Murah Niagahoster atau IDWebhost.

Dengan menggunakan Bloggerkamu dapat dengan mudah menggunakan custom domain kamu sendiri tanpa harus mengupgrade akun kamu terlebih dahulu.

Enggak kayak platform blogging yang satu lagi tuh!

7. Monetasi blog

Untuk kamu yang ingin membuat blog untuk dapat untung, alias bisa dimonetisasi, Blogger bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki keterbatasan modal.

Dengan Blogger, kamu bebas mengikuti program afiliasi atau menggunakan iklan PPC tanpa harus menunggu trafik blog kamu tinggi, dsb.

Kalau perlu, kamu bisa memaksimalkan blog yang kamu buat di Blogger untuk mendapatkan passive income yang kamu inginkan sejak hari pertama. Sesuatu yang tidak bisa kamu lakukan dengan layanan blogging gratis dari wordpress.com.

Kesimpulan

Dengan segala kelebihannya, tentu saja Blogger juga memiliki banyak kelemahan. Tapi sebagai sebuah platform blogging, Blogger memberikan kamu banyak manfaat secara gratis.

Jadi siapa saja yang perlu menggunakannya?

Saya merekomendasikannya untuk siapapun yang ingin mencoba blogging untuk pertama kalinya namun ingin memiliki opsi untuk mendapatkan keuntungan dari blog tanpa perlu mengeluarkan modal. Jika kamu ingin setingkat lebih baik, kamu bisa memakai custom domain untuk blog Blogger yang kamu buat. Dengan begitu situs Blogger kamu akan tampil beda dengan blog gratis lain yang sama-sama memakai Blogger.

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencoba platform blogging dari Google ini? Tulis kesan yang kamu miliki dengan Blogger di kolom komentar di bawah ini yah.

This Post Has 9 Comments

  1. Endah

    Alhamdulillah, Syukron Katsir ilmunya.Jadi lebih mengenal ttg apa itu blog. Media yang bisa menampung ide -ide kreatif dalam bentuk tulisan.

  2. Rafa

    Makasih ilmunya

  3. NandaNadab

    Blog itu udahlah mudah, gratis, dapat dihubngkn ke adsense lagi.

  4. Luki

    Menurut saya ada 3 hal yang jadi alasan utama, yaitu gratis, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan AdSense.

  5. Suryadi

    Mantap infonya , sangat bermanfaat

Leave a Reply