9 Anti Malware Terbaik untuk Windows di 2020

Selain virus, ancaman keamanan lain yang harus diwaspadai pengguna Windows adalah malware.

Malware sendiri adalah aplikasi atau script yang dirancang untuk mencari celah keamanan pada OS dan mengeksploitasinya untuk kepentingan pemiliknya. Tuuan malware sendiri bermacam-macam mulai dari mengambil data-data pribadi kita, merekam data login saat kita mengakses website, mencatat nomor kartu kredit yang dipakai saat belanja online, dan lain sebagainya.

Meski Windows secara default sudah memiliki sistem keamanan seperti Firewall dan Windows Defender, malware seringkali memiliki cara baru dan bisa saja tidak terdeteksi.

Untungnya kita bisa meminimalisir bahaya malware dengan anti malware terbaik untuk Windows berikut ini.

Anti Malware Terbaik untuk Windows di 2020

Kebanyakan malware dapat dideteksi dengan baik oleh software anti virus ternama. Namun jika kamu ingin memakai software khusus untuk mencegah malware, ada juga software anti virus malware terbaik yang bisa kamu coba. Selain mengatasi malware, software ini juga bisa mencegah ransomware, spyware, adware, cryptojacking, atau phising.

1. Malwarebytes

anti malware terbaik malwarebytes

Malwarebytes mungkin bisa disebut sebagai anti malware terbaik untuk Windows saat ini. Dibanding aplikasi lainnya, Malwarebytes mampu menangkap malware-malware baru dengan lebih cepat dan lebih akurat. Selain itu aplikasi ini cukup ringan dan bisa dipakai bersamaan dengan anti virus pada umumnya.

Setelah melakukan scanning, Malwarebytes akan memberi kita dua opsi. Kita bisa mengkarantina file yang dianggap mencurigakan, atau mengabaikannya dan memasukannya ada daftar whitelist pada proses scanning berikutnya. Hal ini akan sangat berguna jika kamu anggap Malwarebytes melakukan false detection pada sebuah aplikasi yang sebenarnya aman.

Satu fitur menarik lain dari Malwarebytes adalah Chameleon. Dengan fitur ini, Malwarebytes akan mencegah malware yang mencoba menonaktifkan anti malware pada komputer yang mereka infeksi. Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah Anti Exploit yang bisa membantu memantau serangan melalui celah keamanan yang ada pada sebuah software.

2. Avast Anti Virus

anti virus malware terbaik Avast

Sesuai dengan namanya, program ini sejatinya adalah salah satu anti virus terbaik untuk Windows 10. Namun kini Avast juga menawarkan fitur keamanan lengkap termasuk real-time protection untuk mencegah malware.

Pada versi gratisnya, Avast sudah lebih dari cukup untuk melindungi komputer atau laptop pribadi. Dengan fitur ransomeware shield serta fitur deteksi dini berbasis AI, Avast diklaim memiliki skor tinggi dalam mengenali dan mencegah malware.

Tidak hanya itu, Avast juga cukup ringan dan bisa digunakan bersamaan dengan software anti malware lainnya. Selain itu Avast Anti Virus juga kompatibel dengan OS lainnya termasuk Android untuk smartphone.

3. SUPER Anti Spyware

SUPER Anti Spyware adalah software aplikasi yang bisa dipakai untuk mendeteksi dan mengatasi malware, spyware, adware, trojan, worms, rootkit, dan potentially unwanted programs (PUP) di laptop dan PC berbasis Windows.

Tidak hanya itu, SUPER Anti Spyware juga bisa dipakai untuk scan dan hapus cookies serta aplikasi tracking lain yang ditanam oleh sebuah website.

Aplikasi anti malware terbaik ini cukup ringan. Proses scanning bisa dilakukan dengan cepat. Update pun selalu rutin dilakukan agar bisa mengikuti perkembangan malware.

4. IObit Malware Fighter

anti malware gratis terbaik IObit malware fighter

Malware Fighter adalah salah satu software buatan IObit yang juga banyak membuat program keamanan dan optimasi Windows seperti Driver Booster, Smart Defrag, Password Manager, atau Advanced System Care.

Pada aplikasi ini terdapat berbagai fitur untuk melindungi kita dari malware, ransomware, atau adware saat kita berselancar di dunia maya. Fitur scanningnya pun memiliki beragam mode (critical, full, direct) yang akan berguna pada berbagai situasi.

Jika kamu memakai IObit Malware Fighter Free, jangan lupa untuk mengaktifkan Safe Box yang berfungsi untuk melindungi file sensitif secara terpisah, safe boot times, menghapus iklan yang tidak diinginkan, dan melindungi browser dari cryptojacking.

5. Emsisoft Anti-Malware

download anti malware terbaik emsisoft

Meski berukuran ringan, Emsisoft Anti-Malware adalah tools yang berguna untuk scanning, mendeteksi, dan membersihkan file-file berbahaya seperti virus, spyware, keylogger, adware, dan malware lain di PC/Laptop. Aplikasi ini juga sangat rutin diupdate sehingga bisa membasmi mendeteksi ancaman baru dengan akurat.

Salah satu fitur menarik dari aplikasiini adalah Emergency Kit Maker. Dengan fitur ini, kita bisa membuat software Emsisoft Anti-Malware menjadi portable dan bisa disimpan di mana saja, termasuk flash drive. Jadi kita bisa menggunakan software ini dengan mudah di komputer lain yang sudah terinfeksi malware.

6. Comodo Anti Virus

Comodo Anti Virus adalah software yang tidak hanya mampu membasmi virus, tapi juga ancaman keamanan lain seperti malware. Dengan tingkat keamanan yang berlapis, Comodo Anti Virus adalah salah satu software terbaik untuk melindungi Windows di PC/laptop.

Salah satu fitur menarik di software ini adalah sandboxing di mana kita bisa menjalankan aplikasi dalam sebuah sandbox, sebuah enviroment terpisah yang berjalan sendiri di Windows. Dengan fitur ini kita bisa memeriksa aplikasi yang kita anggap mencurigakan.

Selain itu ada juga fitur Host Instrusion Protection System yang bisa dipakai untuk mengontrol apa saja yang bisa dilakukan sebuah aplikasi terhadap sistem.

7. AVG Anti Virus

anti virus untuk malware AVG

AVG adalah aplikasi yang sudah lama eksis dan cukup populer sebagai salah satu anti virus gratis terbaik. Pada 2016, AVG diakuisisi oleh Avast namun tetap beroperasi secara mandiri meski memakai engine yang sama.

Salah satu fitur yang ada dalam AVG adalah malware removal yang memakai teknologi awan untuk memindai file berbahaya di attachment dan data di komputer. Tidak hanya itu, AVG juga akan membantu melindungi kita saat sedang browsing di internet dan mendeteksi malware serta ransomware secara real time.

8. Windows Malicious Software Removal Tool

Malicious Software Removal Tool (MSRT) adalah software anti malware yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 2005. Meski begitu aplikasi ini masih rutin diupdate agar bisa dipakai untuk mendeteksi malware-malware baru yang bermunculan.

Meski ringan, MSRT mampu mendeteksi malware, ransomware, dan ancaman berbahaya lainnya. Selain itu software ini juga bisa dipakai secara portable agar kamu bisa menyimpannya di flash drive.

Sayangnya software MSRT tidak dilengkapi dengan fitur real-time protection, jadi kamu harus memasangnya bersamaan dengan anti-malware/anti-virus lainnya jika ingin terjaga 24 jam nonstop.

9. Spybot Search & Destroy

aplikasi anti malware terbaik spybot search & destroy

Software Anti Malware terbaik selanjutnya adalah Spybot Search & Destroy yang bisa mendeteksi dan menghapus malware dari Windows secara gratis. Pada versi berbayarnya, Spybot Search & Destroy bahkan bisa dipakai sebagai anti virus Windows juga.

Beragam fitur yang didapat pada versi gratisnya antara lain anti spyware, anti adware, ad removal, program cleaner, hingga cookie cleaner. Meski bisa mendeteksi malware dengan baik, versi gratisnya tidak memiliki real time protection. Jadi jika kamu ingin memasangnya, tandemkan dengan anti virus seperti Avast yang memiliki perlindungan real time terhadap malware juga.

Cegah Malware Dengan Tips Berikut Ini

Melihat bahaya dari PUP seperti malware, memasang salah satu anti malware terbaik di atas bisa menjadi solusi. Meski begitu, ada baiknya jika mencegah malware dengan berhati-hati saat memakai PC/laptop.

Karena malware berasal dari luar komputer, kita harus waspada saat terhubung ke internet, memasang aplikasi baru, atau mencolokkan flash drive. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah malware, adware, atau ransomware antara lain

  • Tidak browsing situs-situs yang tidak kredibel seperti situs judi, situs dewasa, situs scamming, atau semacamnya.
  • Berhati-hati saat memasang aplikasi baru, terutama aplikasi yang diunduh bukan dari situs resminya.
  • Scan flash disk dan media penyimpanan lain yang ingin kamu pasangkan di laptop.komputer.

Ingat, kebanyakan tindak kejahatan berhasil karena adanya faktor human error. Jadi jika kamu melakukan tindakan pencegahan di atas, resiko terkena malware akan cukup kecil. Namun untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya juga download anti malware terbaik di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like