Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Laptop Windows 10 di 2020

Khawatir akan ancaman virus dan malware di PC atau laptop kamu? Tenang, install saja aplikasi Antivirus terbaik untuk laptop Windows 10 yang bisa kamu pakai gratis berikut ini.

Keamanan menjadi salah satu masalah serius yang seringkali menimpa pengguna Windows. Sebagai OS terpopuler saat ini, wajar jika ada banyak virus dan malware yang mencoba untuk menginfeksi banyak PC dan laptop yang memakai software dari microsoft tersebut. Jika kita memakai laptop dan sering terhubung dengan jaringan internet publik, ancaman keamanan yang kamu dapat akan lebih tinggi lagi.

Untungnya masalah keamanan ini bisa kita atasi dengan mudah selama kita berhati-hati saat terhubung di internet atau saat menghubungkan PC/laptop dengan peripheral lainnya.

Dan jika butuh perlindungan ekstra, kamu bisa memasang salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk laptop Windows 10 berikut ini.

Daftar Antivirus Terbaik untuk Laptop Windows 10

1. Windows Defender

Windows 10 sebenarnya memiliki anti virus bawaan bernama Windows Defender. Jika kamu hanya butuh anti virus gratis yang tidak ribet, Windows Defender sebenarnya sudah cukup. Apalagi pada beberapa hasil pengujian, aplikasi ini bisa mendeteksi virus dan malware dengan cukup baik.

Sayangnya bagi sebagian orang aplikasi ini kurang lengkap dibanding aplikasi lain yang juga sama-sama gratis. Selain itu jika kita memakai Windows bajakan maka proses updatenya akan suilit.

2. Avast

Avast adalah salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk laptop

Avast Free Antivirus adalah salah satu antivirus terbaik yang bisa kamu install di PC. Tidak hanya melindungi PC dari virus, software gratis ini juga bisa melindungi kamu dari malware, ransomware, atau PUP (potentially unwanted program) lainnya.

Untuk ukuran software gratisan, Avast memiliki fitur yang lumayan lengkap dibanding beberapa antivirus berbayar. Tingkat akurasinya dalam mendeteksi virus juga tergolong baik. dan tidak hanya tersedia untuk PC saja, ada juga Avast Mobile Security untuk Android yang sama ampuhnya dan jadi salah satu aplikasi antivirus paling ampuh untuk Android.

Jika kamu adalah seorang gamers, mode spesial gaming dari avast pasti akan sangat membantu kamu. Satu fitur menarik lain dari Avast adalah password manager yang bisa membantu kamu mengelola password dengan mudah dan aman. Tidak hanya itu, Avast juga memiliki modul VPN yang bisa membantu melindungi data privasi saat kamu berselancar di dunia maya.

3. Avira

Selain Avast, Avira juga menjadi rekomendasi antivirus terbaik yang gratis dan bisa diandalkan untuk penggunaan pribadi. Tidak hanya bisa digunakan untuk melindungi Windows saja, aplikasi ini juga bisa kamu temui di Android, Mac, dan perangkat iOS.

Software ini memiliki tampilan antarmuka yang user friendly dan akan bekerja secara senyap. Dengan begitu, anti-virus ini tidak akan mengganggu kamu dengan notifikasi yang tidak perlu atau mempengaruhi kinerja PC kamu.

Sama seperti Avast, software anti-virus ini juga memiliki tingkat akurasi yang baik dalam mengidentifikasi dan mengatasi virus, malware, dan ancaman berbahaya lainnya. Selain itu terdapat pula fitur Protection Cloud untuk menganalisis file, serta Browser Tracking Blocker untuk mengawasi aktivitas browsing kamu.

4. Bitdefender

Bersama dengan Avast dan Avira, BitDefender juga menjadi rekomendasi jika kamu yang mencari antivirus gratis yang memiliki fitur lengkap.

Salah satu yang menjadi keunggulan BitDefender adalah kemudahannya. Kamu cukup menginstalnya saja, setelah itu anti-virus ini akan bekerja dengan sendirinya dan melindungi komputer kamu dari bahaya virus dan malware. Tidak hanya itu, antivirus ini pun cukup ringan dan tidak memakan banyak resources.

Fitur-fitur yang ada di BitDefender cukup banyak seperti On-Demand Virus Scanning, Anti-Phising, serta Behavorial Detection. Selain itu kemampuan deteksi software ini juga cukup bagus. Meski pada beberapa tes yang dilakukan, masih ada indikasi false positive.

5. AVG

AVG adalah salah satu antivirus terbaik laptop windows 10

AVG Free Antivirus adalah salah satu nama yang sudah dikenal lama sebagai salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik.

Meski gratis, software yang kini diakuisisi oleh Avast ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain tampilannya yang sederhana, software anti-virus ini juga bisa melindungi komputer secara real time. Selain itu, anti-virus ini bisa mencegah file mencurigakan yang berusaha diunduh melalui PC kamu serta melindungi kamu saat berselancar di dunia maya.

6. Kaspersky Free

Kaspersky adalah salah satu nama terdepan jika kita bicara tentang antivirus terbaik. Namun tidak seperti nama-nama sebelumnya, Kaspersky dikenal sebagai antivirus berbayar. Tapi siapa sangka, antivirus ini ternyata memiliki versi gratisannya juga.

Jika kamu hanya butuh proteksi dasar saja, maka kamu bisa mencoba Kaspersky Free. Sama seperti versi berbayarnya, tingkat akurasinya dalam mendeteksi virus dan malware sangatlah baik. Selain itu anti-virus ini juga menyediakan fitur-fitur lain seperti malware protection, anti-phising, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain Kaspersky Free, ada juga software Kaspersky Security Cloud gratis yang tidak hanya melindungi PC dari virus, tapi juga memiliki fitur VPN, password manager, dan lain-lain.

7. ZoneAlarm by Checkpoint

ZoneAlarm adalah free antivirus terbaik untuk PC

Antivirus terbaik selanjutnya adalah ZoneAlarm by Checkpoint. Selain mencegah virus, software ini juga dikenal memiliki fitur firewall yang sangat canggih. Tidak mengherankan karena Checkpoint memang dikenal sebagai salah satu vendor firewall terbaik.

Dengan semua fitur di dalamnya, Zone Alarm bisa digunakan untuk mencegah serangan berbahaya, melindungi file dan folder yang ada di komputer kamu, serta melindungi identitas kita di dunia maya.

Meski begitu, software ini rasanya lebih cocok digunakan sebagai firewall saja. Jadi kamu bisa menggunakannya sebagai software pendamping antivirus lainnya.

8. Panda Free Antivirus

Antivirus gratis berikutnya adalah Panda Free Antivirus. Dengan tampilan yang modern, anti-virus ini menawarkan proteksi terhadap virus dan juga phising. Tidak seperti antivirus pada umumnya, Panda Free Antivirus menggunakan teknologi awan yang membuat program ini menjadi salah satu aplikasi antivirus terbaik dan ringan serta hanya menggunakan resource yang sedikit saja.

Fitur lain yang bisa kamu temukan di anti-virus ini adalah Real Time update serta USB protection yang dapat memantau perangkat yang terhubung ke komputer kita.

9. Sophos Home Free Edition

Jika kamu belum menemukan anti-virus yang sesuai dengan kebutuhan kamu, Sophos Home Free Edition bisa kamu pertimbangkan selanjutnya. Selain bisa digunakan di Windows, Sophos Home juga bisa dipakai di laptop Mac.

Satu keunikan dari anti-virus ini adalah adanya fitur Web Parental Control yang bisa digunakan untuk memantau yang melindungi beberapa perangkat sekaligus.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur proteksi lainnya seperti Predictive AI Threat Detection untuk mengidentifikasi dan memblokir malware terbaru seta Parental Website Filtering yang bisa membantu mengontrol konten bagi anak/keluarga.

10. Ad-Aware

Ad Aware adalah aplikasi antivirus terbaik dan ringan

Ad-Aware adalah software yang awalnya lebih fokus sebagai ad-block, anti-malware dan anti-adware. Namun setelah melakukan rebranding, mereka kini juga memiliki fitur anti-virus yang cukup mumpuni.

Beberapa fitur yang bisa kamu temui di software ini adalah real-time protection dan app management. Selain itu aplikasi antivirus ini juga bisa melindungi kamu saat mengakses web, email, serta jaringan tertentu.

11. Smadav

Aplikasi antivirus terbaik untuk laptop selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Smadav yang merupakan karya anak Indonesia bernama Zainuddin Nafarin.

Dibuat sejak tahun 2006, antivirus ini terus berkembang dan di update secara berkala agar dapat mendeteksi virus dan Malware terbaru. Selain memiliki fitur real time protection, anti-virus ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus dan menampilkan file tersembunyi di flashdisk.

Meski begitu, software ini direkomendasikan sebagai lapisan pertahanan kedua yang berfungsi sebagai pendamping antivirus utama saja. Jadi kamu tetap harus menginstal antivirus lain yang menawarkan proteksi total.

12. eScan Antivirus Toolkit

Tidak seperti antivirus lain di daftar ini, kamu bisa menjalakan eScan Antivirus Toolkit tanpa perlu menginstalnya. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan aplikasi ini di flash drive dan membukanya dari perangkat tersebut.

Karena berjalan secara portable, anti virus ini tidak memiliki perlindungan secara real-time. Namun karena bisa digunakan bersamaan dengan anti virus lainnya, tidak ada salahnya jika kita menyimpannya dalam flash drive sebagai cadangan anti virus.

13. Malwarebytes

Kebanyakan program anti virus biasanya hanya bisa dipakai untuk menangkal virus saja. Kalaupun bisa mendeteksi bahaya lainnya, kemampuannya cukup terbatas. Nah, jika kamu ingin melindungi PC secara menyeluruh, kamu bisa mengkombinasikan anti virus di atas dengan aplikasi anti malware terbaik untuk PC seperti Malwarebytes.

Penutup

Untuk menjaga keamanan PC dari virus dan program berbahaya lainnya, kita sebenarnya tidak perlu memasang anti virus selama kita bisa berhati-hati. Pada beberapa kasus, memakai aplikasi anti virus bawaan Windows Defender biasanya sudah lebih dari cukup.

Namun mempertimbangkan faktor human error, memiliki anti virus, terutama yang memiliki fitur real-time protection adalah hal yang bisa kamu pertimbangkan. Hal ini menjadi lebih penting apalagi jika kamu sering terhubung ke internet.

Dengan 10+ aplikasi anti virus terbaik di atas, kamu bisa melindungi PC atau Laptop tanpa mengeluarkan biaya. Meski gratis, anti virus ini tetap memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mencegah script atau program berbahaya yang mengancam komputer kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like