Za.gl, URL Shortener dibayar Bitcoin dan Dollar

Za.gl adalah URL shortener yang membayar dengan dollar dan Bitcoin. Sebelum daftar, simak dulu yuk review Za.gl dan bukti pembayaran dari shortlink tersebut!

Jika kamu sering berbagi file lewat blog, menggunakan shortlink menurut saya adalah cara tercepat untuk menghasilkan uang lewat blog.

Tidak hanya cepat, prosesnya pun cukup mudah. Tinggal daftar, ubah link menjadi shortlink (link pendek), lalu bagikan atau tempel di salah satu postingan blog. Semakin banyak orang yang mengakses link tersebut, semakin banyak pula komisi yang kamu dapat.

Asyiknya lagi, tidak butuh waktu lama untuk bisa menikmati hasil kerja kamu. Umumnya batas penarikan dari shortlink cukup rendah, kadang kurang dari $1.00!

Pembayaran pun bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari Paypal hingga transfer bank lokal. Sebagai alternatif, ada juga lho URL shortener yang membayar dengan Bitcoin seperti Za.gl!

Apa Itu Za.gl?

Sekilas cukup aneh yah mendengar nama situs Za.gl karena ekstensinya yang tidak biasa. TLD .GL sendiri sebenarnya ccTLD (Country Code Top Level Domain) milik negara Greenland meski server yang dipakai Za.gl berasal dari Amerika Serikat.

Dibandingkan layanan URL shortener lain yang membayar, Za.gl memiliki beberapa kelebihan seperti adanya kontes mingguan berhadiah jutaan rupiah serta komisi referal yang tinggi. Selain itu, Za.gl juga support pembayaran dalam bentuk mata uang kripto, Bitcoin.

Buat yang belum tahu, Bitcoin adalah aset digital bernilai tinggi yang kini banyak digunakan sebagai mata uang virtual. Jika kamu ingin menghasilkan uang sembari berinvestasi di Bitcoin, Za.gl bisa jadi pilihan bagus.

Berapa payout rates Za.gl?

Sulit untuk menentukan secara pasti berapa nilai payout rates yang diberikan Za.gl kepada penggunanya.

Di laman Payout Rates, kita hanya akan menemukan keterangan bahwa shortlink ini menggabungkan beberapa jenis iklan untuk memastikan user mendapat nilai payout rates terbaik hingga $100 per 10.000 view unik.

Dari pengalaman saya, besarnya payout rates Za.gl mungkin cukup dipengaruhi nilai Bitcoin saat ini.

Saat nilai Bitcoin menyentuh 116 juta beberapa waktu lalu, CPM yang saya dapat berkisar antara $0.40-$0.60. Namun saat nilainya meninggi menjadi 130 juta, CPM juga ikut turun menjadi $0.05-$0.08.

Nilai ini jelas lebih kecil dibanding URL shortener lain yang pernah saya review. Namun dibandingkan shortlink yang membayar dengan Bitcoin lainnya, nilai ini ternyata tidak beda jauh.

Apa saja metode penarikan dana Za.gl?

Untuk penarikan dana, Za.gl hanya menyediakan 3 cara, melalui Paypal, Bitcoin, atau dimasukan ke dalam Wallet khusus jika kamu ingin menggunakan layanan iklan mereka.

Sayangnya untuk Paypal rasanya sedikit bermasalah karena dana saya selalu dikembalikan (refund) saat ditarik. Padahal akun Paypal saya tidak ada masalah saat dipakai untuk menarik dana dari URL shortener lainnya.

Dana saya bahkan sempat tertahan karena uang tidak kunjung saya terima meski status pengiriman di dasbor Za.gl sudah tertulis ‘complete’.

Meski begitu, penarikan dana lewat Bitcoin berbeda 180 derajat dengan Paypal. Di dua penarikan yang saya lakukan lewat dompet Bitcoin, prosesnya cukup cepat, sekitar 3-4 hari saja!

Bukti Pembayaran Za.gl

Sebelum melihat bukti pembayaran Za.gl, saya cuma ingin memberi tahu bahwa sebenarnya saya tidak menggunakan shortlink ini. Saya pernah beberapa kali membagikan link afiliasi, dan nampaknya ada beberapa orang yang memakai Za.gl dari link tersebut.

Saya mungkin cukup beruntung karena dari link afiliasi tersebut saya bisa WD dengan jumlah yang tidak saya sangka.

Anyway, ini adalah bukti penarikan yang saya lakukan dari Za.gl dalam bentuk Bitcoin.

Bukti pembayaran Za.gl ke dompet Bitcoin
Bukti pembayaran Za.gl ke dompet Bitcoin (klik untuk memperbesar)

Seperti kamu lihat di skrinsut di atas, penarikan via Paypal selalu direfund seperti cerita saya sebelumnya. Berbeda dengan pembayaran dalam bentuk Bitcoin yang diproses cukup cepat.

Cara Daftar Za.gl – Shortlink Terbaik Dibayar Bitcoin

1. Cara daftar dan buat link pendek dengan Za.gl

Cara daftar Za.gl tidak jauh berbeda dengan cara daftar URL shortener lainnya.

  • Masuk ke situs Za.gl
  • Klik SIGN UP
  • Isi data-data yang diperlukan seperti username, email, dan password.
  • Centang pernyataan bahwa kamu setuju dengan ketentuan dan kebijakan dari Za.gl
  • Klik tombol REGISTER

Jika sudah, kamu bisa membuat link pendek langsung dari dasbor Za.gl. Cukup salin link yang akan kamu buat pendek lalu tunggu sampai Za.gl selesai mengubahnya menjadi link pendek. Jika sudah, kamu bisa menyalin dan menempelnya di blog agar semakin banyak orang yang mengklik link tersebut.

Untuk memudahkan pembuatan link pendek secara massal, Za.gl juga memiliki tools unik seperti mass shrinker atau full-page script yang bisa langsung diaplikasikan ke blog.

2. Cara menarik dana dari Za.gl ke dompet Bitcoin

Sebelum menarik dana dari Zagl dalam bentuk Bitcoin, pastikan kamu sudah memiliki virtual wallet untuk menampung mata uang kripto tersebut.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membuat dompet Bitcoin di Indodax, market cryptocurrency terbesar di Indonesia. Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuatnya di LUNO, apalagi jika kamu tidak ingin repot dengan proses verifikasi dengan foto diri dan sebagainya.

Pssst, kalau kamu daftar di LUNO, silahkan klik link INI atau masukan kode 5V3WG saat kamu mendaftar. Lumayan, kita berdua bisa dapat bonus Rp25K untuk setiap transaksi senilai Rp500K.

Setelah dana minimum terkumpul ($2.00 saja!) kamu bisa masuk ke menu WITHDRAW dan klik tombol yang ada di menu tersebut. Seperti saya bilang sebelumnya, proses penarikan dalam bentuk Bitcoin lumayan cepat, 3-4 hari biasanya sudah ada notifikasi di email yang terhubung dengan dompet virtual yang kamu pakai.

3. Kumpulkan bonus komisi dari Za.gl

Dibandingkan URL shortener lainnya, Za.gl menawarkan komisi yang luar biasa tinggi, 50%! Jadi hanya dengan mengajak orang lain menggunakan shortlink dibayar Bitcoin ini, kamu bisa mendapatkan komisi setengah dari penghasilan orang yang berhasil kamu ajak.

Kesimpulan

Jika kamu mencari URL shortener yang membayar Bitcoin atau Dollar, Za.gl mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Meski begitu, ada beberapa catatan kecil yang harus kamu tahu!

Pertama, tidak ada keterangan jelas mengenai jumlah CPM yang kita dapat. Meski mengklaim bisa memberi payout rates hingga $10.00 per 1.000 view unik, nyatanya untuk trafik Indonesia nilainya sangatlah kecil, rata-rata di bawah $1.00! Jauh lebih kecil dibanding URL shortener Indonesia lain yang pernah saya coba.

Kedua, pembayaran dengan Paypal dalam bentuk dollar mungkin sedikir bermasalah mengingat saya selalu gagal melakukan penarikan dengan cara ini. Untung saja dana masih bisa direfund dan tidak hangus/hilang.

Ketiga, meski menyediakan menu support, Za.gl kurang responsif dan tidak pernah membalas chat/email saya. Meski begitu masalah dana saya yang tidak bisa ditransfer ke Paypal tetap teratasi.

Jadi apakah Za.gl scam/penipu?

Melihat pembayaran yang mereka lakukan sejauh ini dalam bentuk Bitcoin, saya kira Za.gl terbukti sudah membayar. Penarikan dalam bentuk Bitcoin pun sejauh ini menguntungkan karena kita bisa WD saat harga Bitcoin turun dan menjualnya saat harganya naik.

Namun saya tidak menyarankan untuk dipakai jika kamu mengincar trafik lokal melihat kecilnya payout rates yang kamu dapat. Dan dengan komisi referal 50%, tidak ada salahnya jika kamu mengajak orang lain untuk memakai shortlink yang satu ini!

This Post Has One Comment

  1. Informasi sangat membantu. Terimakasih. Silahkan kunjungi web kami:)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu