5 Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop dan Komputer

Bingung bagaimana cara mengubah Word ke PDF di laptop atau komputer kamu? Tenang! ada cara mudah untuk melakukannya, bahkan tanpa aplikasi tambahan atau online terlebih dahulu.

PDF (Portable Document Format) adalah salah satu format yang populer dalam keperluan surat-menyurat elektronik.

Salah satu kelebihan format ini adalah kemampuannya untuk tampil dengan tampilan yang sama meski diakses dari perangkat yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, PDF juga tidak bisa diedit sembarangan sehingga data yang kita lampirkan pada file PDF tidak akan mudah dimodifikasi orang lain.

Cara membuat file PDF sendiri cukup mudah karena kita bisa memakai aplikasi Microsoft Word yang umum digunakan untuk membuat dokumen. File yang sudah kita buat nantinya bisa kita ubah ke PDF dengan mudah melalui banyak cara. Selain melalui fitur bawaan MS Word, kita juga bisa mengubahnya secara online atau dengan menggunakan converter Word ke PDF.

Jika kamu penasaran penjelasan lengkapnya, simak beberapa cara mengubah Word ke PDF di laptop atau komputer kamu berikut ini!

Cara Mengubah Word ke PDF

1. Cara Mengubah Word ke PDF Langsung dari MS Word

Tahukan kamu jika kita bisa mengubah Word ke PDF dengan mudah tanpa aplikasi pihak ketiga?

Jika kamu menggunakan aplikasi MS Word 2010 ke atas, ada opsi yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen langsung dalam format PDF. Dengan begitu kamu tidak butuh aplikasi tambahan untuk convert file Word ke PDF lagi.

Untuk melakukannya, ada 3 cara yang bisa kita gunakan.

a. Melalui Menu “Save As”

  • Buka dokumen DOC atau DOCX yang ingin dibuat dalam bentuk PDF
  • Setelah itu simpan ulang file dengan menekan tombol menu FILE ► SAVE AS
  • Pada menu SAVE AS TYPE, pilih opsi PDF (*.pdf) lalu simpan

b. Melalui Menu “Export To”

  • Buka file Word yang akan diubah ke PDF
  • Pilih menu FILE ► EXPORT
  • Klik tombol CREATE PDF/XPS
  • Pada menu SAVE AS TYPE, pastikan kamu sudah memilih opsi PDF (*.pdf) lalu simpan
cara mengubah word ke PDF tanpa aplikasi

c. Melalui Menu “Print”

  • Buka file Word yang akan kita convert ke PDF
  • Pilih menu FILE ► PRINT
  • Pada bagian PRINTER, pilih opsi MICROSOFT PRINT TO PDF
  • Setelah mengatur tampilan dokuman, cetak dokumen dengan menekan tombol PRINT
  • Masukan nama file PDF, lalu klik tombol SAVE

2. Cara Mengubah DOC ke PDF di Linux

Untuk mengubah Word ke PDF dengan cara di atas rasanya akan sulit untuk pengguna Linux. Meski aplikasi Office bisa diinstall dengan bantuan Wine (atau semacamnya), tentu akan sangat merepotkan jika harus menginstall aplikasi berukuran besar tersebut hanya untuk mengubah Word ke PDF.

Untungnya, pada Linux ada beberapa aplikasi office yang memiliki fitur yang sama dengan MS Words. Salah satunya adalah Libre Office yang juga punya fitur bawaan untuk mengubah file Word ke PDF. Caranya?

  • Buka file Word melalui LibreOffice
  • Pilih menu EXPORT DIRECTLY TO PDF pada menu bar untuk mengubah format file tersebut ke PDF
  • Beri nama pada file PDF, lalu simpan
Cara mengubah word ke pdf di linux dengan aplikasi Libre Office

3. Cara Convert File Word ke PDF Secara Online

Mengubah file Word ke PDF secara online akan sangat berguna jika kamu mengakses file Word tersebut dari laptop yang tidak memiliki aplikasi Word. Selain itu cara ini juga bisa kamu lakukan jika kamu ingin mengubah Word ke PDF di hape tanpa aplikasi tambahan.

Cara mengubah Word ke PDF secara online pun cukup mudah. Cukup buka situs converter Word to PDF, upload file Word, lalu konversi dan download file PDF yang sudah jadi.

Beberapa aplikasi word to pdf terbaik yang bisa kamu pakai secara online antara lain:

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuka file Word di Google Docs dan mengubahnya menjadi file PDF sama seperti kamu mengubah Word ke PDF di aplikasi MS Words. File PDF hasil konversi pun bisa langsung disimpan di cloud storage Google Drive.

4. Cara Mengubah File Word ke PDF di Laptop dengan Aplikasi

Cara mengubah Word ke PDF selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Cute PDF Writer atau doPDF. Dengan aplikasi ini, kita tidak hanya bisa mengubah file DOC/DOCX saja, tetapi banyak file dengan format lainnya selama pada aplikasi untuk membukanya kita bisa menemukan fitur PRINT.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Install Cute PDF Writer atau doPDF, pilih salah satunya saja yah!
  • Setelah terpasang, buka aplikasi MS Word lalu buka dokumen yang akan diubah
  • Masuk ke menu FILE ► PRINT
  • Pada opsi PRINTER, cari aplikasi Cute PDF Writer atau doPDF yang sudah terpasang
  • Atur menu pengaturan print
  • Klik tombol PRINT
cara mengubah file Word ke PDF dengan aplikasi

5. Cara Mengubah File DOC/DOCX ke PDF dengan PDF Editor

Dibanding aplikasi PDF reader biasa, PDF editor dilengkapi dengan beragam fitur yang memungkinkan kita untuk memodifikasi file tersebut. Salah satunya adalah fitur untuk mengubah dokumen seperti DOC/DOCX menjadi PDF. Tidak hanya itu, PDF Editor juga memiiki fungsi untuk mengembalikan file PDF ke Word atau dokumen lainnya.

Sayangnya kebanyakan PDF Editor yang menyediakan fitur ini hanya tersedia dalam versi berbayar saja. Jadi cara ini akan lebih cocok untuk pengguna PDF kelas berat yang memang sering menggunakan format ini secara intens.

Jika kamu mencari opsi yang lebih murah, PDF Reader gratis terbaik untuk Windows seperti Foxit PDF Reader juga menyediakan fitur ini. Hanya saja untuk mengubah Word ke PDF kita malah akan diarahkan ke online converter milik Foxit. Jadi lebih baik menggunakan online converter sekalian bukan?


Seperti kamu lihat, ada banyak kan cara mengubah Word ke PDF di laptop atau komputer kamu?

Jika kamu memiliki aplikasi MS Word, maka proses ini bisa langsung dilakukan di aplikasi tersebut. Tapi kalau kamu menggunakan perangkat tanpa MS Word, rasanya melakukan konversi Word ke PDF secara online jadi langkah terbaik yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like