Web Hosting Gratis Indonesia Terbaik 2018

Bila kamu ingin mencari hosting gratis, tidak perlu repot-repot mencari layanan luar negeri. Ternyata ada juga hosting lokal yang bisa memberi kamu hosting secara cuma-cuma. Berikut adalah 5 web hosting gratis Indonesia terbaik yang bisa kamu coba.

Web hosting dan nama domain adalah dua hal penting yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah website.

Untuk kamu yang masih bingung dengan perbedaan keduanya, nama domain bisa diibaratkan sebagai nama alamat rumah kamu. Sedangkan hosting lebih mirip dengan rumah di mana kamu bisa menampung semua file yang dibutuhkan untuk membuat website kamu berjalan.

Sebagai contoh, situs ini memiliki nama domain bisablog dengan ekstensi .COM. Jadi bila kamu mengakses bisablog.com melalui browser, kamu akan diarahkan ke situs ini. Hostingnya sendiri saya percayakan pada Niagahoster untuk menampung semua file WordPress yang dipakai oleh situs ini.

Satu hal yang cukup mengganjal pada penggunaan nama domain dan hosting adalah adanya harga yang harus dibayar untuk mendapatkan keduanya. Karena itulah, opsi pemakaian platform blogging gratisan seperti wordpress.com dan Blogger masih cukup populer.

Dua platform blog gratis terpopuler di wordpress.com dan Blogger
Dua platform blogging gratis (Blogger dan wordpress.com) yang masih cukup populer.

Di Indonesia sendiri saya lihat banyak yang lebih memilih untuk memakai custom domain pada Blogger. Selain menjadi opsi yang lebih murah, memiliki nama domain sendiri juga membuat situs lebih kredibel tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk hosting.

Namun bila kamu ingin memakai WordPress, tentu kamu tidak bisa memakai hosting dari Blogger.

Melihat harga hosting yang relatif mahal, banyak yang berpikir dua kali untuk memakai WordPress meski sebenarnya ada juga opsi hosting murah berkualitas.

Untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk sebuah hosting, ada juga lho web hosting gratis yang bisa kamu coba!

Bisablog sendiri sebelumnya pernah membuat daftar web hosting gratis terbaik. Selain menawarkan spesifikasi yang cukup lumayan, hosting gratis tersebut juga menjanjikan layanan tanpa iklan yang mengganggu.

Meski begitu, semua layanan hosting yang saya sebutkan semuanya berasal dari luar negeri. Iseng-iseng mencari, ternyata ada juga jasa hosting lokal yang menawarkan paket gratis.

Daftar Web Hosting Gratis Indonesia

1. IndoWebsite

Info: indowebsite.id

Hosting gratis Indonesia Indowebsite
Hosting gratis Indonesia | Indowebsite

Di antara semua hosting gratis Indonesia yang saya review di artikel ini, Indowebsite rasanya dikelola secara lebih profesional dibanding hoting gratis lainnya. Selain tampilan situs yang baik, layanan yang mereka tawarkan juga dijelaskan secara terperinci serta memilki syarat dan ketentuan yang jelas dibanding layanan hosting gratis lainnya.

Layanan hosting premium yang mereka tawarkan juga nampaknya memiliki testimoni yang bagus dari para pelanggannya.

Berdiri sejak tahun 2005, Indowebsite awalnya adalah penyedia layanan web desain yang dikelola secara personal. Seiring dengan waktu, bertambahnya jumlah klien mereka berimbas pada semakin banyak pula kebutuhan resource web hosting. Karena itulah muncul inisiatif untuk mengelola web hosting mereka sendiri.

Demi mewujudkan misi, “Mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendukung gerakan konten lokal“, Indowebsite memberi layanan hosting gratis atau free hosting agar para pengembang web pemula bisa menjalankan bisnis kecil (UKM) dengan membangun web di jaringan lokal.

Dengan lokasi datacenter di Gedung Tifa Kuningan dan IDC 3D Duren Tiga, perusahaan yang berlokasi di Bekasi ini akan memberi kamu fitur sebagai berikut secara cuma-cuma,

Kontrol Panel: cPanel
Disk Space: 100 MB
Sistem Operasi: Cloudlinux OS
Bandwidth: 100 GB / Bulan
Auto Installer: Softaculous
Park/Addon/Sub Domain: No
Scripting: PHP 5.4 – 7.0
Email Account: 1
Database Server: MySQL 5.6
MySQL Database: 1

Hebatnya, setiap user bisa mendaftarkan hingga 10 akun hosting lho! Selain itu, cara pendaftarannya cukup mudah karena kamu hanya perlu membagikan informasi layanan ini melalui akun Facebook atau Twitter kamu.

Kekurangan IndoWebsite

Salah satu kekurangan dari hosting gratis Indonesia ini adalah tidak adanya support sama sekali. Sebagai gantinya, Indowebsite menganjurkan pengguna hosting gratis untuk bergabung di forum BicaraWeb, Komunitas WebMaster Indonesia. Namun sayangnya situs ini masih belum aktif saat saya membuat artikel ini. Meski begitu hal ini rasanya bukan masalah besar mengingat kamu bisa bertanya banyak hal seputar WordPress di mana saja, termasuk di situs ini 😉

Selain itu tidak ada fitur backup otomatis sehingga pelanggan harus melakukan backup secara manual melalui cPanel dan mendownloadnya ke komputer lokal. Lagi-lagi saya kira bukan masalah besar karena kita bisa memakai plugin backup dengan fitur auto-backup.

Dan untuk kamu yang ingin memasangkan domain gratis pada hosting ini juga harus siap-siap gigit jari. Indowebsite sendiri tidak menerima domain gratis seperti .CO.CC, .CO.NR, atau .TK. Meski begitu, kamu tidak perlu membeli domain di Indowebsite dan dapat memakai domain yang kamu beli dari tempat lain.

2. HostStres

Info: hoststres.com

Hosting gratis Indonesia Hoststres
Hosting gratis Indonesia | Hoststres

Sesuai dengan namanya, Hoststres dikleola oleh orang-orang stres dan hanya diperuntukan untuk kamu yang sudah depresi, frustasi, dan stress dalam mencari hosting (kata situsnya yah!)

Selain menyediakan layanan hosting premium dan nama domain, Hoststres juga menyediakan tiga paket hosting gratis yang bisa kamu coba.

Melihat spek yang kamu dapat, rasanya sayang juga untuk melewatkan hosting gratis yang satu ini:

Kontrol Panel: cPanel
Disk Space: 10 – 20 GB
Sistem Operasi: Cloudlinux OS
Bandwidth: 1000 GB / Bulan
Auto Installer: Softaculous
Park/Addon/Sub Domain: Unlimited
Email Account: Unlimited

Selain itu masih ada fitur lain seperti Cron Jobs, Free SSL, Email Forwarder, Spam Protection, Auto Responder, dan banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan HostStres

Dengan spek yang cukup baik, sayangnya hosting gratis yang disediakan layanan hosting asal Jogja ini memiliki kekurangan yang juga bisa bikin kamu stres!

Untuk paket Frustasi, hosting gratis hanya diberikan selama dua bulan saja. Hal ini rasanya memang diperuntukan bagi kamu yang ingin mencoba layanan ini sebelum membeli paket premium yang mereka tawarkan. Meski begitu, trial 2 bulan ini jelas lebih lama dibanding masa percobaan hosting lain yang umumnya hanya satu bulan.

Namun beda dengan hosting lainnya, kamu bisa mencoba paket ini secara cuma-cuma tanpa harus membayar terlebih dahulu. Ini menghemat waktu dan tenaga bila kamu ingin mengklaim uang kembali apabila kamu tidak puas dengan tingkat pelayanan sebuah hosting.

Untuk kamu yang ingin jangka waktu yang lebih lama, kamu bisa memilih layanan Depresi atau Stres. Namun sayang saat saya ingin mencobanya, ada syarat yang cukup memberatkan.

Pada bagian SYARAT AKTIF HOSTING, ternyata ada keterangan bahwa layanan hosting gratis ini hanya bisa dinikmati bila kamu mengikuti program afiliasi dan bisa menghasilkan penjualan minimal 1 kali setiap bulannya. Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka layanan hosting gratis ini akan secara otomatis dinonaktifkan.

Syarat yang diberikan Hoststres untuk layanan hosting gratis yang mereka berikan
Syarat yang diberikan Hoststres untuk layanan hosting gratis yang mereka berikan.

3. DobelHost

Info: dobelhost.com

Hosting gratis Indonesia Dobelhost
Hosting gratis Indonesia | Dobelhost

Satu lagi layanan hosting asal Jogja yang menyediakan hosting gratis untuk para penggunanya. Well, mungkin tidak sepenuhnya gratis karena kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10,000 sebagai biaya registrasi. Tenang! biaya ini hanya perlu dibayar satu kali saja.

Untuk mulai menggunakan hosting gratis dari DobelHost, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Pertama, kamu harus mencantumkan nama asli sesuai KTP atau identitas lainnya. Selain itu, kamu juga harus mencantumkan alamat asli serta email dan nomor telepon aktif. Setelah melakukan verifikasi, kamu bisa langsung memakai hosting gratis dari DobelHost.

Dengan menggunakan server Indonesia, DobelHost menawarkan spek yang cukup ‘wah’ untuk hosting gratisan.

Kontrol Panel: cPanel
Disk Space: 2GB
Bandwidth: Unlimited
Auto Installer: Softaculous
Jaminan Uptime: 99.98%
Park/Addon/Sub Domain: No
Scripting: PHP 5.2 – 5.6
Email Account: No
MySQL Database: 1

Selain itu, masih ada beberapa fitur tambahan seperti Email Forwarder, Auto responder, Anti Spam, FTP, Cron Jobs, SEO Tools by Attracta, dll.

Kekurangan DobelHost

Selain memiliki biaya registrasi, layanan hosting gratis yang mereka tawarkan juga tidak mencakup layanan support. Customer service sendiri mungkin bukan nilai plus hosting ini karena hanya terlihat opsi ticketing tanpa ada opsi live chat yang umumnya bisa dipakai meski bukan oleh pelanggan layanan tersebut.

Lalu mereka juga tidak menerima pendaftaran hosting dengan nama domain gratis seperti .TK, .CO.NR atau sejenisnya. Jadi sebelum memakai hosting gratis dari DobelHost, pastikan kamu sudah memiliki domain berbayar (.COM .NET .ORG .INFO .BIZ .CO.ID .WEB.ID .OR.ID, dll) atau membeli nama domain pada situs tersebut.

4. Host.co.id

Info: host.co.id

Hosting gratis Indonesia host.co.id
Hosting gratis Indonesia | host.co.id

Tidak seperti penyedia hosting gratis lain yang rata-rata memakai server Indonesia, host.co.id akan memberi kamu hosting dengan data center yang berlokasi di USA, UK, atau Singapura.

Sayangnya kita tidak bisa memilih sendiri letak server yang kita inginkan karena host.co.id akan mengacak server yang kamu dapat. Padahal kalau kita bisa memilih letak server sendiri akan cukup menguntungkan melihat pengaruh letak server terhadap kecepatan website.

Berpengalaman sejak tahun 2007, host.co.id akan memberi kamu spek sebagai berikut pada layanan hosting gratis mereka,

Kontrol Panel: cPanel
Disk Space: 500MB
Bandwidth: 10,000MB
Auto Installer: Softaculous
Park/Addon/Sub Domain: No
Scripting: PHP 5.2 – 5.6
Email Account: 5
FTP Account: 5
MySQL Database: 1

Kekurangan Host.co.id

Saya kira kekurangan yang dimiliki host.co.id hampir mirip dengan layanan hosting gratis Indonesia lainnya.

Selain tidak adanya support yang memadai, host.co.id juga tidak menerima domain dan sub-domain gratis. Host.co.id juga berhak untuk menghapus layanan hosting gratis yang kamu gunakan tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu.

Satu kekurangan lain adalah adanya kuota pada hosting gratis yang mereka sediakan. Bila kuota tersebut sudah terpenuhi, maka kamu harus menunggu untuk bisa mendapat layanan hosting gratis dari host.co.id.

5. IndoStreamServer

Info: indostreamserver.com

Hosting gratis Indonesia indostreamserver
Hosting gratis Indonesia | indostreamserver

Sesuai dengan namanya, indostreamserver adalah penyedia hosting khusus audio & video streaming yang berlokasi di Bogor. Namun bagi kamu yang ingin memiliki blog atau website pribadi ada juga pilihan layanan hosting, termasuk hosting gratis.

Secara default, hosting gratis ini akan berlaku selama satu tahun. Namun bila domain kamu masih aktif, kamu bisa memperpanjang layanan ini tanpa ada biaya apapun. Fitur-fitur yang kamu dapat pada hosting gratis ini antara lain:

Kontrol Panel: cPanel
Disk Space: 1GB
Sistem Operasi: Cloudlinux OS
Bandwidth: 10TB / Bulan
Auto Installer: Softaculous
Addon Domain: 5
Email Account: 5
FTP Account: 5
MySQL Database: 5

Btw, untuk menemukan lokasi order hosting gratis di web ini cukup sulit. Bila kamu tertarik dengan layanan ini, masuk ke homepage indostreamserver dan cari link REGISTER/LOGIN. Agar lebih mudah, kamu bisa mengakses link berikut,

my.indostreamserver.com

Setelah itu klik menu ORDER HOSTING dan ganti kategori layanan mereka menjadi FREE SERVICE. Di situ kamu bisa melihat FREE HOSTING yang bisa kamu pesan untuk mendapat layanan hosting gratis dari indostreamserver.

Kekurangan Indostreamserver

Jujur saya tidak menemukan kekurangan berarti dari layanan ini. Satu-satunya kekurangan adalah terbatasnya jumlah hosting gratis yang bisa mereka berikan.

Jadi bila kamu berminat, kamu mungkin harus sering menjalin komunikasi dengan tim customer service Indostreamserver dan menunggu hingga ada satu slot tersedia.

6. JaringanHosting

Info: jaringanhosting.com

Hosting gratis Indonesia jaringanhosting
Hosting gratis Indonesia | jaringanhosting

Tidak seperti hosting-hosting lain yang umumnya memakai cloud linux server, JaringanHosting hadir dengan server berbasis Windows yang sudah dilengkapi dengan PHP, ASP.NET, dan Database mySQL.

Namun untuk mendapatkan hosting gratis, caranya cukup berbeda dibanding layanan hosting lainnya. Kamu harus membuat sebuah artikel terlebih dahulu dengan tema:

“Memilih JaringanHosting.com sebagai penyedia ASP.NET dan Windows Hosting No #1 di Indonesia.”

Setelah itu jangan lupa untuk membagikannya di akun sosial media kamu seperti Path, Twitter, Facebook, atau Instagram dan kirim buktinya ke bagian sales JaringanHosting.

Bila syarat tersebut sudah diverifikasi, barulah kamu akan mendapat link berisi URL registrasi di JaringanHosting.

Untuk hosting gratis, kamu akan mendapatkan spek sebagai berikut:

Kontrol Panel: Plesk
Disk Space: 100MB
Sistem Operasi: Windows OS
Bandwidth: 1000MB / Bulan
Scripting: PHP 4 & 5
Email Account: No
MySQL Database: 1

Selain itu, JaringanHosting juga bisa dipakai untuk semua versi ASP.NET dan ASP.NET MVC.

Kekurangan JaringanHosting

Satu kekurangan dari layanan gratis yang disediakan oleh hosting yang berlokasi di Penjaringan-Jakarta Utara ini mungkin ada pada syarat untuk mendapatkannya.

Tidak seperti hosting gratis lain yang bisa kita dapat dengan hanya membagikan layanan ini di sosmed atau melakukan verifikasi dengan KTP, butuh langkah ekstra untuk membuat sebuah artikel. Nmaun hal ini rasanya bukan masalah besar bila kamu memang berniat untuk mencicipi layanan hosting berbasis Windows yang jarang ditemui versi gratisnya.

Satu kekurangan lain dari layanan hosting ini adalah supportnya yang terbatas hanya pada saat jam kerja saja, yaitu dari hari Senin- Jumat mulai dari pukul 08:30 hingga 17:00.

Selain itu, bila kamu terkendala masalah teknis, hal ini tidak bisa dikonsultasikan lewat live chat atau telepon dan hanya bisa ditanyakan lewat email saja.

Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memakai Hosting Gratis

Meski gratis bukan berarti kamu bisa memakai hosting ini seenaknya. Hampir semua layanan hosting gratis memberlakukan syarat yang sama untuk layanan gratis yang mereka tawarkan.

Secara umum, layanan hosting ini melarang kamu untuk memakai hosting dari mereka untuk hal-hal berikut ini:

  • Membuat blog atau website dengan konten pornografi, asusila, SARA, materi yang melanggar hak cipta, penipuan, judi, dll.
  • Melakukan phishing, spam, dan mengirimkan email secara masal.
  • Memasang bot IRC, PsyBNC, dan proses-proses yang berkaitan dengan IRC.
  • Memasang script web proxy, mail proxy, dan jenis-jenis proxy lainnya.
  • Melakukan DDOS (Distributed Denial of Service), port scanning, sniffing, exploit system, dan tindakan hacking lainnya.
  • Memakai hosting untuk membuat website torrent, rapidlech atau aplikasi peer-to-peer lainnya.
  • Memakai resource hosting untuk file sharing atau untuk penyimpanan data.
  • Memakai resource hosting untuk menyimpan file backup dari layanan lain atau membuat backup secara berlebihan.

Selain hal-hal di atas, satu hal penting lain sebelum kamu memakai hosting gratis adalah masalah etika (manner). Untuk masalah tata krama, rasanya tidak hanya hosting dalam negeri saja yang menerapkannya namun juga semua penyedia hosting gratis pada umumnya.

Sudah dapat hosting gratis tapi masih banyak mengeluh dan selalu komplain secara berlebihan tentu membuat penyedia hosting ‘gerah’. Beberapa penyedia hosting di atas bahkan mencantumkan hal ini sebagai langkah antisipasi pada pengguna yang cukup ‘bandel’. Bila perlu, mereka bahkan tidak segan memutus dan membatalkan layanan hosting gratis yang mereka berikan.

Penutup

Memberikan layanan hosting gratis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bila harus melawan hosting gratis luar negeri yang memiliki resource lebih besar.

Meski mampu menarik minat pelanggan untuk mencoba sebuah hosting, resiko yang ada juga cukup besar. Misalnya saja bila ada pelanggan yang ternyata hanya menyukai layanan gratis sebuah hosting namun justru melakukan upgrade di hosting lain.

Karena itulah saya sangat mengapresiasi hosting yang masih bisa memberi paket gratis di tengah sengitnya persaingan antar hosting.

Apakah kamu pernah mencoba hosting gratis Indonesia? Ada hosting favorit yang belum saya sebutkan di atas? Jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!
Pos Terkait:

4 thoughts on “Web Hosting Gratis Indonesia Terbaik 2018”

  1. Saya dulu pernah nyobain hosting gratis, eh yang namanya gratis ya gratis. Gak bisa berharap lebih. Saya setuju, hosting gratis emang cocoknya buat coba2 aja.

    1. Syafiq Salman

      Hi Mas Nadiar

      Yup, setuju banget, hosting gratis memang cocoknya untuk coba-coba. Kalau dipake buat blog beneran biasanya nyesek endingnya 🙁

  2. Mantap mas syafiq. artikelnya sangat jelas dan padat sehingga mudah untuk dipahami.semoga saya bisa ikut membuat artikel yang berbobot seperti ini. salam sukses selalu buat mas syafiq dan teman blogger lainnya.

    1. Syafiq Salman

      Hi mas Bima, terima kasih atas komentarnya. Mudah2an bisa berguna juga untuk blogger lain yang sedang mencari hosting Indonesia gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.