VioMagz, Template Blogger Terbaik 2019?

Bicara template blogger terbaik rasanya tidak jauh dari Viomagz buatan mas Sugeng. Seberapa bagus sih template ini? Yuk simak review Viomagz dan semua kelebihan template blogger terbaik 2019 ini.

Mungkin hampir sama dengan kebanyakan blogger pemula pada umumnya, tampilan adalah salah satu faktor yang saya perhitungkan saat memilih apakah akan membuat blog di WordPress atau Blogger.

Sebagai platform blogging yang cukup populer, Blogger jelas memiliki banyak kelebihan, terutama dalam soal harga di mana saya tidak perlu pusing masalah biaya. Cukup punya akun Google, saya bisa buat sampai 100 blog Blogger secara gratis.

Namun untuk urusan teknis lainnya seperti kemudahan pemakaian, dukungan plugin, hingga opsi kustomisasi yang tidak terbatas, WordPress jelas lebih unggul dibanding Blogger (setidaknya menurut saya).

Setelah menimbang banyak hal, akhirnya pilihan saya jatuh pada WordPress self-hosted. Uniknya, salah satu faktor yang dulu membuat saya cukup yakin untuk menggunakan WordPress adalah beragamnya tema yang bisa saya pilih.

Memangnya ada apa dengan template Blogger?

Harus diakui, dulu saya melihat tema WordPress unggul jauh dibanding Blogger.

Kalau mellihat tampilan blogger rasanya seperti melihat website dari jaman baheula yang masih mencoba eksis di era modern.

Fast forward beberapa tahun belakangan ini, ada banyak blog Blogger yang kini memiliki tampilan menarik. Bahkan beberapa cukup membuat saya pangling.

Dan jika kamu bertanya, “apa sih rekomendasi template Blogger terbaik” di forum atau grup Facebook, kamu mungkin akan mendengar nama Viomagz disebut beberapa kali.

VioMagz, Template Blogger Terbaik Buatan Indonesia

Bicara Viomagz tidak lengkap rasanya tanpa menyebut nama pembuatnya, Sugeng Riyadi atau yang dikenal dengan sebutan mas Sugeng.

Melalui situsnya, Sugeng.id (sebelumnya bernama mas-sugeng.com), beliau banyak menulis tutorial keren seputar blogging serta tips dan trik seputar Blogger dan Adsense.

Tidak salah rasanya jika saya menyebut situs ini sebagai salah satu rujukan dalam belajar ngeblog. Bahkan jika kita mencari keyword “tutorial blogger,” maka situs Sugeng.id ini adalah salah satu nama yang muncul di peringkat teratas. Saya sendiri menjadikan situs ini sebagai salah satu referensi ketika dulu baru mulai belajar ngeblog.

Untuk tema Blogger sendiri, VioMagz bukanlah produk pertama dari mas Sugeng. Sebelumnya sudah ada EvoMagz yang juga masuk dalam kategori template Blogger terbaik. Jauh sebelum itu bahkan sudah ada template “Mas Sugeng Blogger” yang menjadi template blogger pertama yang dijual oleh mas Sugeng.

Template Blogger Mas Sugeng yang dirilis pada 2011 menjadi awal perjalanan Sugeng Riyadi dalam pembuatan template Blogger.
Template Blogger Mas Sugeng yang dirilis pada 2011 menjadi awal perjalanan Sugeng Riyadi dalam pembuatan template Blogger.

Dengan bekal pengalaman membuat template selama bertahun-tahun tersebut, tidak heran jika VioMagz yang terakhir dirilis memiliki banyak peminat. Tidak hanya karena popularitas mas Sugeng saja, tetapi karena memang kualitas template itu sendiri.

Fitur dan Kelebihan VioMagz

Boleh dibilang, VioMagz adalah penerus sukses template Blogger sebelumnya, EvoMagz. Karena itulah semua hal baik yang ada di template EvoMagz bisa ditemukan di VioMagz. Bahkan di template baru ini ada banyak penambahan fitur dan modifikasi yang membuatnya jauh lebih baik lagi.

Berikut adalah beberapa kelebihan VioMagz yang menurut saya membuat template ini menjadi salah satu template Blogger terbaik 2019.

1. Responsive 100%

Viomagz adalah template Blogger responsive yang tampil bagus di perangkat apapun.
Template Blogger responsive VioMaz yang tampak bagus di semua perangkat.

Template Blogger responsive artinya template dengan tampilan yang bisa menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan untuk mengunjungi situs tersebut. Jadi mau diakses lewat desktop, laptop, atau smartphone, blog akan tetap tampil optimal dan tampak bagus.

Hal ini menjadi sangat penting, apalagi di era di mana banyak pengunjung yang menggunakan perangkat genggam untuk mengakses sebuah situs. Cukup dengan satu tema, kita bisa memberikan user experience yang baik kepada pemakai PC, tablet, dan smartphone sekaligus.

Untuk melihat langsung tampilan template Blogger Viomagz, kamu bisa melihat gambar di atas atau klik tombol demo di bawah ini.

Klik tombol berikut untuk melihat demo template blogger VioMagz!

2. Fast Loading

Sekeren apapun tampilan sebuah website, atau sebagus apapun konten yang kamu buat, tidak akan ada artinya jika website kamu terlalu lambat saat diakses.

Faktanya, berdasarkan hasil penelitian oleh Google, semakin lama waktu loading yang dibutuhkan sebuah website, semakin besar pula persentase bounce rate yang akan dihasilkan. Jadi tidak heran kalau Google memasukan page speed sebagai salah satu faktor untuk menentukan ranking sebuah website.

Secara singkat, kalau mau punya blog keren, loadingnya harus cepet dulu!

Lalu apa hubungannya page speed dengan template Blogger yang kita gunakan?

Template Blogger yang baik akan memiliki struktur kode yang baik pula. Kode semacam ini akan ‘diekseskusi’ dengan lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini juga dimungkinkan dengan dihilangkannya kode-kode tidak perlu yang membuat ukuran file instalasi menjadi lebih besar.

Sebagai contoh, blog Blogger yang saya miliki ternyata memiliki hasil test yang berbeda hanya dengan mengganti template-nya saja.

Sebelumnya, saya memasang template Blogger responsive Typography buatan Themexpose. Meski tampilannya sangat minimalis, ternyata hasil Pagespeed Scrore yang dihasilkan sangat rendah, hanya mampu memperoleh Grade C saja!

Namun hanya dengan mengganti template Blogger tersebut dengan Viomagz, saya langsung mendapatkan hasil yang jauh berbeda. Setelah dicek dengan GTMetrix, ternyata hasilnya mengalami perbaikan sebagai berikut.

  • PageSpeed Score: 78% ► 94%
  • YSlow Score: 72% ► 82%
  • Fully Loaded Time: 1.4s ► 0.9s
  • Total Page Size: 772KB ► 469KB
  • Request: 46 ► 25
Hasil speed test GTMetrix dengan template Blogger Typography
Hasil speed test GTMetrix dengan template Blogger Typography
Hasil speed test GTMetrix dengan template Blogger Viomagz
Hasil speed test GTMetrix dengan template Blogger Viomagz

3. Ads Optimized

Buat kamu yang bermain Adsense atau jenis monetasi blog lainnya pasti akan cocok menggunakan template Blogger terbaik dari mas Sugeng ini.

Bagaimana tidak, secara default, template Blogger ini sudah tergolong Adsense ready dengan menyediakan empat slot iklan yang bisa ditempatkan di berbagai posisi dalam konten.

Mudahnya meletakan kode iklan dalam postingan dengan Viomagz.
Mudahnya meletakan kode iklan dalam postingan dengan Viomagz.

4. Menu Kustomisasi yang Melimpah

Tanpa perlu diubah pun, Viomagz merupakan salah satu template blogger responsive dengan tampilan yang menawan. Namun jika kamu ingin mengubahnya, Viomagz hadir dengan menu kustomisasi yang cukup lengkap.

Pertama, kamu bisa mengubah skema warnanya. Saat tulisan ini dibuat, pada versi 3.1 terdapat 10 skema warna menarik yang bisa kamu pilih. Selain itu ada banyak menu untuk mengganti font serta mengubah warna pada masing-masing elemen blog.

Salah satu fitur kustomisasi yang saya sukai adalah pengaturan gadget pada sidebar yang bisa kita atur ingin dibuat sticky atau tidak?

Buat kamu yang belum tahu, contoh gadget sticky bisa dilihat di blog ini. Jika kamu melihat sidebar, ada beberapa elemen yang bergerak ke atas saat kita scroll ke bawah, sementara elemen lainnya tetap diam di tempatnya. Gadget yang tetap melekat di sidebar dan selalu terlihat itulah yang disebut sticky gadget.

Fungsi utama dari sticky gadget adalah untuk ‘menonjolkan’ elemen yang kita inginkan. Seperti pada blog ini, saya menggunakan sticky widget untuk mempromosikan salah satu artikel unggulan blog ini serta info promo hosting yang saya harap berguna untuk pembaca blog ini.

Pada Blogger, untuk membuat sticky widget biasanya kita harus mengoprek template terlebih dahulu. Namun dengan Viomagz, kita hanya perlu menambahkan gadget baru saja!

Sticky widget/gadget di Viomagz
Fitus sticky gadget yang secara default ada di Viomagz

5. SEO Ready

Viomagz adalah template Blogger SEO friendly yang dibuat dengan mengikuti kaidah-kaidah SEO yang tepat.

Selain responsive (mobile-friendly) dan cepat, template ini juga memiliki struktur website yang baik dengan schema markup dan integrasi sosial media.

Dengan menggunakan template Blogger SEO-Ready, blog akan lebih mudah dirayapi bot Google dan memiliki kemungkinan untuk memiliki ranking yang lebih tinggi.

Fitur Viomagz Lain yang Tidak Kalah Seru

  • Font Awesome Icon
  • Breadcrumb Navigation
  • Pop-up Search Form
  • Responsive Share Button
  • Numbered Page Navigation
  • Back to Top Button
  • Custom Error Page
  • Auto Readmore

Di Mana Saya Bisa Download VioMagz?

Sebagai salah satu template Blogger terbaik, rasanya tidak sulit untuk mencari dan download VioMagz.

Bila kita mencari keyword “download Viomagz,” kita bisa menemukan banyak sekali situs yang menawarkan template ini mulai dari yang berupa nulled theme, template redesign, sampai yang mengaku original 100%.

Meski jika kita membeli template ini kita bisa memakainya di banyak blog, bukan berarti template ini bebas untuk dibagikan.

Dengan membeli Viomagz di tempat resminya, secara tidak langsung kita sudah menghargai karya orang lain dan mensupport developer lokal seperti mas Sugeng. Selain itu membeli dari sumber resmi akan menghindarkan kita dari bahaya nulled theme yang mengintai tema-tema yang dibagikan gratis di internet.

Lalu di mana saya bisa membeli template Viomagz yang asli?

Untuk membeli Viomagz yang asli, silahkan kunjungi sugeng.id, atau klik saja tombol berikut ini.

Untuk setiap pembelian template Viomagz, kamu akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  • Full Support selama 6 bulan sejak tanggal pembelian.
  • Bebas digunakan di banyak blog sekaligus.
  • Dapat upgrade gratis selamanya.
  • Gratis versi AMP dari tema Viomagz yang lebih ‘ngebut’.

Berapa harga template Blogger Viomagz?

Dulu template ini sempat dibanderol RP100.000, lalu naik ke Rp150.000, dan saat tulisan ini dibuat, Viomagz dihargai Rp198.000 oleh mas Sugeng.

Sebagai informasi, meski sudah dirilis sejak Maret 2018, Viomagz selalu mendapatkan update keren mulai dari perbaikan bug, modifikasi tampilan, hingga penambahan fitur. Jadi peningkatan harga tersebut masih hal yang wajar mengingat versi yang terbaru jauh lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Ini juga berarti, harga yang kamu bayarkan tidak hanya untuk Viomagz versi saat ini saja, tetapi juga untuk versi-versi terbaru yang akan datang.

Lagipula dibandingkan tema premium lainnya harga ini masih terbilang cukup murah lho!

Sebagai contoh, template Typography yang saya pakai sebelumnya memiliki harga $30.00 bila saya ingin menggunakannya di banyak blog sekaligus (unlimited domains). Dengan performa Viomagz yang jauh lebih bagus, saya jelas lebih memilih Viomagz.

Makanya, tunggu apa lagi? Sebelum harganya naik lagi, langsung saja beli template Blogger keren ini!


Pos Terkait:

17 thoughts on “VioMagz, Template Blogger Terbaik 2019?”

  1. setelah saya lihat Demo nya bagus ya gan..
    mau coba pasang di blogspot saya..

    misal download yang gratisan di google itu bahaya gak gan?? misal WordPress kan ada namanya tema nuled,. nah kalau di blogspot apakah sama?

    1. Yes, tampilannya mungkin bukan yang paling wah, tapi enaknya Viomagz punya banyak menu kustomisasi supaya bisa terlihat beda, cek bisablogdemo.blogspot.com untuk lihat salah satu contohnya 🙂

      Kalau template Blogger gratisan kadang ada saja bahayanya. Di forum Blogger saya sering lihat ada member yang situsnya mendadak muncul iklan atau tiba-tiba banyak tulisan anehnya sejak ganti template nulled Blogger. Kalau buat sekedar coba-coba sih oke, tapi untuk pemakaian jangka panjang saya sarankan beli yang aslinya saja.

  2. Tempale hasil karya dari mas sugeng memang sangat menarik tampilannya. Hampir semua blog saya di blogspot pake template karya mas sugeng. Padahal dulu pertama kali nongol sebagai blogger baru, mas sugeng ini belum menawarkan produk. Tapi hari ini saya berani berkata dia adalah blogger yang sukses. Semoga mas Syafiq bisa menyusul, karena saya lihat sudah banyak artikelnya yang menguasai kata kunci persaingan tinggi di Google. Amiin.

    1. Syafiq Salman

      Iya, saya padahal dari dulu dah kepincut sama templatenya, cuma berhubung pakai WP jadi g pernah kesampean beli templatenya. Ini aja saya sedang ada project untuk bikin blog Blogger, jadi ngerasain juga template kerennya mas Sugeng.

      Kalau bicara level, mas Sugeng memang kyknya dah di atas rata-rata blogger lainnya, saya setuju kalau beliau ini adalah salah satu contoh blogger sukses yang pantas jadi panutan.

      Untuk doanya terima kasih y, sukses terus juga blognya mas Cakra 🙂

  3. Mas kena surat dari DMCA ya? saya juga dapat. Ini ada orang yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan mas sugeng melaporkan tujuan nya supaya dia tidak ada saingan dlm afiliasi template. Saya tadi tanya langsung ke mas sugeng via email bahwa bukan dia yang melaporkan.

    1. Iyes, konten ini juga dilaporkan sama orang iseng, padahal isinya review ajah. Mas Sugeng sudah bikin klarifikasi di FB-nya, memang bukan beliau yang lapor. Tapi dari sini jadi tau kalau DMCA Takedown ini brutal banget ternyata cara kerjanya, gak ada verifikasi si pelapor dulu. Kasian yang pakai Blogger, katanya sih banyak yang tumbang.

      1. ya DMCA brutal, main terima laporan oknum sepihak. Saya bolak balik banding ke Google, jawaban google terakhir minta alamat lengkap saya.. tapi belum saya kasih

    1. Syafiq Salman

      Sama kayak menguji kecepatan website biasa. Di artikel ini saya pakai satu blog yang sama, konten yang sama, script yang sama, hanya beda templatenya saja. Jadi kurang lebihnya mirip sama menguji kecepatan template Blogger.

    1. Syafiq Salman

      Setuju. sudah banyak yang pakai dan rata-rata testimoninya positif. Saya sih kagum sama speed-nya, bisa liat ss di atas bedanya sama template lain yang pernah saya pakai.

  4. Template ini sliweran di internet, sudah banyak blog page one yang menggunakan template ini. Keren memang dan ada nama “Mas Sugeng” yang membuat template ini dipercaya oleh para blogger..

    1. Syafiq Salman

      Iya, soalnya desainnya khas, jadi gampang ngenalin templatenya mas Sugeng 🙂

      Saya sendiri kepincut pas ada yang ngeshare naik pagespeednya gara-gara pakai template ini, setelah dicoba ternyata beneran jadi bagus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.