Tips Membangun Blog Blogger untuk Pemula

Secara teknis, tidak ada langkah yang sulit dalam membuat sebuah blog. Cara termudah dan cukup populer di Indonesia adalah membuat blog dengan platform blogging gratis seperti Blogger.com.

Cukup punya satu akun gmail, kamu bisa membuat hingga 100 blog sekaligus. Proses pembuatannya pun cukup mudah, tidak sampai 5 menit blog sudah siap digunakan.

Nah, bagi kamu yang ingin atau sedang membuat blog Blogger, saya punya beberapa tips singkat nih untuk kamu!

1. Beli Nama Domain

Saat membuat blog Blogger sebenarnya kita tidak perlu lagi membeli nama domain karena Google sudah menyediakannya untuk kita.

Sayangnya nama domain yang kamu dapat berupa subdomain dari blogspot.com. Jadi nama domain kamu nantinya akan cukup panjang dan mirip dengan jutaan blog gratis lainnya.

Salah satu cara untuk membuat blog kamu tampil beda adalah dengan menggunakan custom domain. Jadi tidak masalah jika kamu memakai hosting gratis Blogger, selama alamatnya menggunakan nama domain kamu sendiri.

Sebenarnya bukan untuk alasan prestige saja, memasang custom domain di blog Blogger juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saja lebih mudah diingat, lebih pendek dan tidak membuat link kamu menjadi panjang, meningkatkan ranking blog kamu, hingga tampil lebih bonafide.

Tidak hanya itu, memiliki nama domain sejak awal akan lebih baik jika suatu saat kamu memutuskan untuk punya domain sendiri. Dengan begitu kamu tidak perlu repot mengurus banyak hal saat harus ganti nama domain.

Lagipula harga nama domain cukup murah lho! Untuk ekstensi .com kira-kira 130 ribu-an saja. Sedangkan untuk opsi lebih murah ada domain dengan TLD .web.id yang bisa kamu tebus di harga 50 ribuan saja. Untuk ekstensi lainnya, silahkan cek masing-masing di tempat beli nama domain langsung yah!

2. Gunakan tema yang menarik

Salah satu kelebihan yang membuat saya lebih memilih WordPress dibanding Blogger adalah karena tampilannya yang menarik. Namun itu dulu! Kini tampilan template Blogger juga tidak kalah keren dibanding tema WordPress.

Selain membuat blog Blogger tampak lebih menarik, template yang baik juga akan jauh lebih mudah dimodifikasi. Tidak hanya itu, koding yang rapih juga bisa membuat situs kamu lebih cepat diakses. Dan jika kamu sudah terdaftar di Adsense, pemasangan iklan akan jauh lebih mudah karena biasanya sudah tersedia slot khusus iklan.

Meski ada yang gratis, template Blogger yang berkualitas biasanya harus ditebus dengan nominal tertentu. Tapi jangan khawatir, harganya masih jauh lebih murah dibanding tema WordPress.

Dengan harga antara $7.00-15.00, kita sudah bisa dapat satu template Blogger premium. Enaknya, pembelian ini sifatnya one-time purchase, jadi tidak perlu bayar tahunan lagi. Satu hal lagi, satu template ini umumnya juga bisa dipakai untuk banyak domain sekaligus. Wah, pokoknya masih terlihat murah banget deh!

Jika kamu ingin berburu template Blogger premium, kamu bisa mengecek situs-situs ini terlebih dahulu:

3. Gunakan custom permalink

Buat yang belum tahu, permalink atau permanent link adalah URL yang merujuk pada suatu halaman atau elemen tertentu di web kita. Sebagai contoh, https://bisablogdemo.blogspot.com/2020/02/judul-artikel.html

Secara default, Blogger akan membuat link dengan format namablog/tahun/bulan/slug. Sayangnya kita tidak bisa mengedit struktur permalink Blogger, namun untungnya kita masih bisa mengubah slug-nya.

Slug sendiri biasanya akan mengambil dari judul artikel. Namun jika terlalu panjang, Blogger akan memotongnya menjadi lebih pendek. Meski slug ini nantinya bisa dibuat secara otomatis oleh Blogger, saya lebih menyarankan kamu untuk mengeditnya dan membuat custom permalink sendiri.

Dengan membuat custom permalink, kamu bisa dapat banyak manfaat, seperti:

  • Lebih SEO-Friendly karena kamu bisa memasukan keyword secara manual
  • Tidak membuat link terlihat aneh jika Blogger memotong nama link yang terlalu panjang.
  • Dari pengalaman saya, custom permalink tidak akan terlalu bermasalah saat kita migrasi dari Blogger ke WordPress.

Cara menggunakan custom permalink di Blogger.com

Custom permalink di Blogger bisa diubah dengan mudah di setiap postingan yang kita buat. Saat membuka editor Blogger, lihat pada sidebar dan cari opsi PERMALINK. Pilih opsi CUSTOM PERMALINK lalu masukan nama link yang kamu inginkan.

Sebagai catatan, ada baiknya kamu tidak menggunakan nama link yang terlalu panjang. Selain itu jangan lupa masukan keyword yang kamu incar dan tulis dengan memakai tanda sambung (-).

Custom permalink di blog Blogger
Custom permalink di blog Blogger

4. Aktifkan meta description

Meta description adalah tag HTML yang berfungsi untuk menyediakan penjelasan singkat mengenai sebuah website, pos, atau halaman tertentu. Jika kamu melakukan pencarian di Google, kamu mungkin bisa melihat deskripsi singkat di bawah judul-judul yang muncul di hasil pencarian, itulah fungsi dari meta description!

Meski menurut Google meta description ini tidak akan berpengaruh pada SEO, saya tetap menyarankan kamu untuk mengaktifkan dan mengisinya setelah membuat sebuah artikel.

Dengan membuat meta description yang menarik dan informatif, kamu bisa meningkatkan nilai click-to-ratio (CTR) dari sebuah artikel. Semakin besar nilainya, semakin besar pula kemungkinan artikel kamu naik ke peringkat atas. Hal ini bisa terjadi karena tingginya nilai CTR dianggap sebagai indikator artikel berkualitas menurut Google.

Cara mengaktifkan meta description

Untuk membuat meta description di blog Blogger, masuk ke menu SETTINGS » SEARCH PREFERENCE. Lalu pada bagian META TAGS, pilih opsi YES. Setelah itu isi kotak isian yang tersedia untuk mengisi meta description blog Blogger kamu.

Cara mengaktifkan meta description Blogger
Cara mengaktifkan meta description Blogger

Jika kamu sudah mengaktifkan meta description ini, sekarang di setiap postingan juga akan muncul opsi SEARCH DESCRIPTION. Isi kotak isian tersebut untuk menambahkan meta description untuk setiap artikel yang kamu buat.

Meta description pos Blogger
Meta description pos Blogger

5. Mengaktifkan HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang dipakai untuk mengirimkan data dari browser ke sebuah website dengan aman. Beda dari HTTP biasa, HTTPS memiliki fitur keamanan seperti metode enkripsi untuk memastikan data tidak dapat dibaca orang lain selain pihak yang sudah diberi izin saja. Karena itulah HTTPS seringkali menjadi solusi agar iklan yang ditanamkan provider telekomunikasi kita tidak bisa sembarang muncul di website kita.

Tidak hanya memberi rasa aman, HTTPS juga menjadi salah satu faktor penting dalam SEO. Google sendiri sudah mengumumkan penggunaan HTTPS sebagai salah satu faktor dalam menentukan ranking sebuah website. Jadi jika kamu membuat blog baru, jangan lupa untuk langsung mengganti HTTP menjadi HTTPS.

Untungnya mengaktifkan HTTPS bisa dilakukan dengan mudah di Blogger. Tidak hanya untuk subdomain blogspot saja, HTTPS tersebut juga bisa diaktifkan untuk custom domain kamu sendiri.

Cara mengaktifkan HTTPS di blog Blogger

Untuk mengubah HTTP ke HTTPS di Blogger, kita hanya perlu masuk ke menu SETTINGS » BASIC lalu ubah HTTPS REDIRECT menjadi YES.

Cara mengubah HTTP ke HTTPS di blog Blogger
Cara mengubah HTTP ke HTTPS di blog Blogger

6. Buat halaman kontak kamu sendiri

Halaman kontak adalah halaman khusus di mana pengunjung dapat mengirimkan pesan kepada si pemilik blog. Pada halaman ini biasanya terdapat form yang tinggal diisi pengunjung dengan data-data seperti nama, email, serta pesan yang ingin disampaikan. Halaman kontak sendiri menurut saya cukup penting, apalagi kamu tidak pernah tahu kapan tawaran kerjasama dengan blog kamu akan datang untuk pertama kalinya.

Sayangnya Blogger tidak menyediakan fitur untuk membuat halaman kontak, meski ada widget contact form yang bisa kita pasang di sidebar atau footer. Untungnya masih ada cara lain untuk membuat halaman kontak di Blogger, baik itu dengan layanan pihak ketiga seperti Google Form atau JotForm, atau dengan memasang kode sendiri.

7. Saring komentar yang masuk

Saya sering sekali melihat blog Blogger yang mengabaikan komentar yang masuk. Tanpa dimoderasi terlebih dahulu, orang lain bisa memasukan sembarang komentar, bahkan dengan menyisipkan link atau menulis komentar spam sekalipun.

Padahal hal semacam ini bisa berdampak negatif dalam jangka panjang. Terlalu banyak komentar spammy akan membuat Google mengaggap kita sebagai situs spam juga. Jika spam score blog kita naik, maka reputasi blog kita akan menurun di mata pengiklan. Karena itulah, selalu moderasi komentar yang masuk ke blog kita.

Untuk melakukannya, masuk ke dasbor Blogger dan pilih menu SETTINGS » POSTS, COMMENTS AND SHARING. Di sini kamu bisa memilih siapa saja yang bisa berkomentar dan seberapa sering kamu harus melakukan moderasi komen yang masuk.

Saya sendiri biasanya memperbolehkan siapa saja untuk berkomentar selama saya terus memoderasi semua komen. Karena itulah saya hanya memilih opsi ALWAYS pada bagian COMMENT MODERATION.

Cara mengaktifkan moderasi komentar Blogger
Cara mengaktifkan moderasi komentar Blogger

Penutup

Membuat sebuah blog bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Blogger. Tidak hanya gratis, blog Blogger juga punya fitur yang cukup melimpah namun tetap mudah dipakai.

Saat membangun blog Blogger, ada beberapa hal penting yang baiknya kamu lakukan. Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan sejak awal agar nanti di kemudian hari kamu tidak perlu repot saat akan naik ke level blogging yang lebih tinggi.

Saya sendiri sempat repot melakukan banyak hal di atas saat mulai serius ngeblog. Meski jadi lebih tahu banyak hal, saya kira kalau bisa melakukan semua hal di atas sebelumnya akan lebih baik. Jadi jika kamu tidak mau repot seperti saya nanti, jangan ketingalan tips-tips di atas yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like