Spesifikasi Laptop yang Membantu Kegiatan Mahasiswa Rumpun Sains

Last Updated on

Laptop adalah salah satu barang elektronik yang menjadi salah satu barang incaran mahasiswa. Tidak hanya dipakai untuk membuka program office saja, laptop juga bisa dipakai untuk kegiatan belajar, gaming, hingga membuat desain.

Hal yang sama juga berlaku bagi para mahasiswa yang memilih jurusan rumpun sains. Tapi sebelum para mahasiswa itu mengetahui daftar harga laptop terbaru di pasaran, ternyata ada beberapa spesifikasi tertentu yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan mereka.

Salah satunya adalah menggunakan laptop dengan spek yang nyaman. Supaya pelaksanaan selama melakukan kegiatan perkuliahan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Lalu apa saja spek yang harus dimiliki oleh laptop para mahasiswa rumpun sains? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan Minimal Prosesor Core i5 untuk Kegiatan Operasi Software

Mahasiswa yang belajar di rumpun sains sudah terbiasa membuat laporan, perhitungan yang rumit, atau bahkan melakukan kegiatan operasi berbasis software. Dengan demikian diperlukan prosesor yang bisa menyeimbangi kegiatan tersebut.

Sekurang-kurangnya, pilihlah laptop dengan processor Core i5 serta RAM sebanyak 8 GB. Jika kita melihat daftar harga laptop terbaru 2019, spek semacam ini sudah termasuk segmen middle-end yang juga memiliki harga yang cukup tinggi. Namun spek semacam itu dapat membantu menyelesaikan tugas berat di perkuliahan, terutama bagi mahasiswa rumpun sains.

Gunakan prosesor Core i5 untuk performa optimal. (sumber: Intel.com)

2. Gunakan Core i3 untuk Kebutuhan Menulis

Sebagai mahasiswa kita mungkin akan sering menggunakan software office dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saja Microsoft Word untuk membuat laporan tertulis, MS Excel untuk membuat grafik, dan MS Power Point untuk kebutuhan presentasi. Meski kelihatannya sepele, mahasiswa rumpun sains tetap butuh spek laptop yang mumpuni di kelasnya.

Agar kegiatan menulis laporan dapat berjalan dengan baik dan lancar, pilihlah laptop yang sudah memakai prosesor Core i3. Selain itu, pilihlah laptop yang sudah memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB yang kini lumrah dijual dan termasuk ke dalam daftar harga laptop terbaru yang beredar di tahun ini.

3. Pilih Laptop dengan Baterai yang Mumpuni

Sebagai mahasiswa, sangat disarankan untuk memiliki laptop dengan ketahanan baterai yang tangguh, tidak terkecuali bagi mahasiswa rumpun sains. Pastikan baterai laptop dapat bertahan 5 sampai 7 jam lamanya untuk penggunaan tanpa charge.

4. Pilih Ukuran Sekaligus Bobot Laptop

Mobilisasi mahasiswa yang tinggi selama di kampus, mengharuskan mereka untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam jadwal yang padat. Jadi penting untuk memastikan barang-barang yang dibawa ringkas dan portable, terutama laptop.

Selain ringkas, pastikan bobot laptop juga sesuai dengan kegiatan Anda. Kenapa? supaya Anda tidak dibuat repot saat membawa laptop ke berbagai tempat yang berbeda.

Laptop dengan ukuran 13 inci sampai dengan 14 inci sangat cocok dalam kegiatan komputasi yang mengandalkan software office. Laptop dengan ukuran layar kecil umumnya cukup ringan untuk dibawa menggunakan tas kecil. Sedangkan layar yang lebih luas (minimal 15 inchi) harus dimiliki oleh mahasiswa untuk kebutuhan pemrograman dan penghitungan yang lebih rumit.

Lalu adakah laptop yang mampu menunjang kegiatan para mahasiswa rumpun sains? Tentu ada. Salah satunya adalah laptop ASUS Zenbook 13 UX331UN yang termasuk ke dalam daftar harga laptop terbaru di pasar komputer 2019.

Laptop ini sendiri didesain dengan bobot cukup ringan, hanya 1.2 kg saja. Dapat digunakan dalam kegiatan pemrograman software sekaligus tahan lama hingga 14 jam penggunaan. Untuk harga harga, Asus Zenbook ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 14, 9 juta.

ASUS Zenbook UX331UN, laptop mini berkekuatan besar. (sumber: ASUS.com)

Bukalapak Tempat Beli Laptop Terbaik di Indonesia

Untuk membeli laptop baru tidak perlu bingung karena kini ada sudah ada Bukalapak. Bukalapak sebagai online shop terpercaya di Indonesia, siap melayani pembeli selama melakukan transaksi secara online. Tidak hanya menawarkan beragam kebutuhan, Bukalapak juga membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah.

Dapatkan koleksi laptop terbaru di Bukalapak. Sudah pasti harga yang ditawarkan lebih beragam dari berbagai brand ternama. Jadilah pembeli pintar sekarang juga!

This Post Has 2 Comments

  1. Spesifikasi mumpuni dan harga yang cocok adalah idaman. Masalahnya kadang keduanya tidak saling mendukung. Ada harga nya mahal namun speknya gak mendukung.

    1. Setuju, harga dan spek kalau bisa cocok, jadi spek sesuai kebutuhan, dana pun sesuai budget.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu