9 Situs Penyedia Jasa Content Placement Terbaik

Mau dapat tawaran content placement tapi tidak tahu harus cari di mana? Kalau begitu kamu harus coba situs penyedia jasa content placement terbaik ini dulu!

Saat ini ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog yang kita punya. Selain melalui Adsense atau afiliate marketing, kita bisa membuat blog menjadi ladang uang dengan menerima tawaran kerjasama content placement, alias pos berbayar.

Dibandingkan dua cara sebelumnya, content placement memiliki beberapa kelebihan, misalnya saja.

  • Blog yang bisa digunakan tidak memiliki syarat yang rumit
  • Uang hasil content placement dapat langsung dinikmati
  • Hasil yang didapat bisa cukup besar dibanding Adsense (apalagi bagi blog dengan trafik kecil)

Apa Itu Content Placement?

Buat yang belum tahu, content placement adalah bentuk kerjasama di mana kita hanya perlu memposting artikel yang sudah disediakan pengiklan dengan imbalan tertentu.

Sedikit mirip dengan content placement, ada juga kerjasama blog review (paid review) dan beli backlink. Bedanya, pada job blog review kita harus membuat artikelnya sendiri. Tarifnya pun bisa dobel di mana kamu bisa mendapat komisi dari content placement dan pembuatan konten.

Sementar untuk beli backlink biasanya tidak jauh berbeda dengan content placement pada umumnya. Namun pada beberapa kasus ada juga mereka yang membeli backlink dari salah satu artikel yang sudah kamu posting.

Lalu Bagaimana Cara Mencari Lowongan Content Placement?

Pada banyak kasus, seperti yang saya alami pada semua blog saya, tawaran kerjasama content placement biasanya akan datang sendiri. Namun untuk bisa seperti itu, rasanya ada beberapa hal yang harus dimiliki sebuah blog, seperti:

  • Blog dengan domain TLD entah itu .com, .net, atau .id.
  • Authority di niche tertentu. Misalnya kamu sering membuat review gadget tertentu dan punya artikel yang punya peringkat tinggi di topik tersebut.
  • Nilai DA/PA (Moz) yang tinggi. Beberapa pengiklan juga ada yang melihat nilai lain seperti Domain rating (Ahrefs) atau ranking Alexa.
  • Blog dengan nilai spam score yang rendah.
  • Punya pengunjung harian yang sangat banyak.
  • Aktif di sosial media.
  • Aktif di grup/komunitas blogger.

Intinya, blog yang diurus dengn baik kemungkinan besar bisa mendapatkan tawaran content placement.

Selain mencarinya endiri, kita juga bisa mencari kerjasama CP melalui situs penyedia jasa content placement.

Melalui situs ini, kita hanya perlu mendaftarkan blog kita. Setelah diterima, kita bisa ikutan bidding campaign/project content placement yang tersedia. Jika berhasil, maka kamu tinggal mengikuti arahan yang ada lalu tunggu pembayarannya.

Lalu apa saja situs yang menyediakan lowongan content placement? Simak daftarnya berikut ini yah!

Situs Penyedia Jasa Content Placement Terbaik di Indonesia

1. Sosiago.id

coba sosiago influencer marketing untuk mencari tawaran content placement dan job review

Situs penyedia jasa content placement pertama yang bisa kamu coba adalah Sosiago.id.

Sosiago sendiri sebelumnya bernama iBlogMarket dan memang dikenal sering bekerja sama dengan para influencer. Pada tahun 2018, brand tersebut berubah nama menjadi Sosiago yang kita kenal kini.

Untuk coba Sosiago influencer marketing, kamu tidak memerlukan syarat khusus. Selain blog, kamu juga bisa mendaftarkan akun sosial media seperti Instagram, Twitter, dan Youtube. Setelah mendaftar, kamu hanya perlu melakukan verifikasi untuk menunjukan bahwa kamu lah pemilik akun yang didaftarkan.

Untuk postingan jobnya sendiri termasuk rutin. Pada setiap campaign terdapat brief masing-masing yang bisa kamu baca terlebih dahulu. Jika memenuhi syarat, kamu bisa mengikuti campaign tersebut. Jika blog kamu terpilih, kamu hanya perlu mengikuti instruksi selanjutnya saja.

Untuk pembayarannya sendiri dilakukan secara otomatis setiap bulannya. Selain itu tidak ada batas penarikan minimum sehingga jika kamu mendapat 1 job pun akan langsung menerima hasilnya.

2. Vira.id

penyedia lowongan content placement terbaik di indonesia

Vira.id memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan Sosiago. Di sini kamu bisa mendaftarkan satu atau bebeapa blog sekaligus agar bisa ikutan campaign yang ada di situs ini.

Namun beda dengan Sosiago, di sini kamu harus melalui proses peninjauan dulu. Beberapa syarat yang harus dipenuhi blog kamu antara lain:

  • Berusia minimal 3 bulan dan sudah terindeks Google.
  • Blog bebas dari konten plagiarisme, AGC, konten duplikat, atau spinned article.
  • Tampilan blog yang rapi, dll.

Jika blog kamu sudah diterima di vira.id, ada dua cara untuk mendapatkan tawaran kerja sama content placement di vira.id. Pertama kamu bisa ikutan campaign yang ada di vira.id. Kedua, kamu bisa saja ditunjuk langsung oleh pengiklan.

3. BPNetwork.co.id

Situs selanjutnya adalah bpnetwork.co.id yang dibentuk oleh komunitas Blogger Perempuan di tahun 2015. Pada situs ini kita bisa menemukan banyak campaign seperti sponsored review, social media campaign, backlink placement, hingga blog competition.

Sesuai dengan namanya, job yang ada di sini lebih fokus pada perempuan. Meski begitu, kaum laki-laki tetap bisa mendaftar dan mendapatkan job di situs ini.

4. BlogPartner.id

blogpartner menyediakan jasa content placement terbaik yang bekerja sama dengan blibli.com

Blogpartner.id adalah platform untuk menghubungkan bloger di seluruh Indonesia dengan situs jual beli blibli.com. Beda dengan situs penyedia lowongan content placement pada umumnya, di sini kita tidak bisa melihat campaign yang tersedia dan hanya bisa menunggu sampai kita mendapatkan job dari blogpartner.id.

Untuk mulai bergabung, kita hanya perlu daftar melalui situs blogpartner.id. Setelah mengisi nama blog, kategori, serta jumlah trafik bulanan, kita hanya perlu menunggu proses peninjauan saja.

Setelah selesai melakukan pekerjaan dari situs ini, kamu tidak akan dapat reward berupa uang, melainkan voucher belanja dari blibli.com. Meski begitu, nilai voucher ini lebih besar dibanding uang yang bisa kamu dapat di banyak situs jasa content placement lainnya.

5. Eleve.id

Eleve.id adalah startup yang berasal dari India dan sudah ada sejak tahun 2012 dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Pada platform ini, kita bisa menjadi influencer dengan menghubungkan akun sosial media (Twitter, Facebook, Youtube, dan Instagram) serta blog.

Sama seperti blogpartner.id, pekerjaan yang ada di situs ini bersifat tertutup. Dengan begitu kamu tidak bisa melihat kampanye yang sedang berjalan dan hanya perlu menunggu sampai pihak Eleve menghubungi kamu.

Satu hal yang menarik, di sini kamu hanya bisa menambahkan satu blog saja untuk setiap akun. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan hadiah dengan mengajak influencer lain untuk bergabung dengan Eleve.id.

6. RajaBacklink.com

beli backlink berkualitas dan terpercaya di rajabacklink.com

RajaBacklink adalah marketplace backlink yang mengklaim diri sebagai yang pertama di Indonesia. Tidak sembarang blog bisa ikutan di website ini karena kamu harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Secara umum, RajaBacklink hanya menerima blog dengan kriteria berikut ini:

  • Memiliki reputasi yang baik dilihat dari isi konten berkualitas
  • Memiliki tampilan website yang rapi dan user friendly
  • Memiliki nilai Domain Authority, Page Authority, Alexa dan Google Site
  • Memiliki beragam niche/kategori yang relevan untuk mereview/mempromosikan berbagai produk
  • Blog tidak pernah mendapatkan penalti dari Google dan tidak pernah menggunakan optimasi Blackhat

Jika kamu diterima, tarif backlink akan ditentukan oleh RajaBacklink. Meski begitu, kita hanya akan menerima 70% penghasilan saja, 30% akan menjadi milik RajaBacklink sebagai pemilik platform.

7. JawaLink.com

Jawalink menjadi situs penyedia jasa content placement Indonesia dan marketplace backlink terpercaya

Jawalink adalah marketplace backlink yang bertujuan untuk membantu advertiser menemukan backlink berkualitas untuk mengoptimasi website agar bisa bersaing dan meningkatkan jumlah pengunjung.

Satu hal yang menarik, saat mendaftar kamu harus mengisi nilai domain authority (DA), page authority (PA), dan ranking global Alexa. Parameter ini nantinya akan dipakai untuk menentukan besarnya tarif blog kamu.

Selain itu ada sistem poin yang bisa dikumpulkan dengan menerima tantangan menulis untuk Jawalink. Poi ini nantinya bisa digunakan untuk memporomsikan blog, menambahkan badge, hingga mengganti harga taksiran agar bisa bersaing dengan blog lain.

8. Backlink.id

Sama seperti dua website sebelumnya, backlink.id juga mengusung konsep yang sama sebagai marketplace backlink. Tarif pun sama-sama ditentukan dengan melihat nilai DA, PA, serta ranking Alexa.

9. Projects.co.id

Projects.co.id adalah salah satu situs freelancer terbaik di Indonesia yang menawarkan berbagai macam pekerjaan mulai dari 3d modelling, buat website, programming, edit video, desain grafis, hingga menyediakan content placement.

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, situs ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mencari sendiri jasa content placement. Selagi mengunggu job datang, kamu mungkin bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi penulis atau penerjemah di situs ini.


Bagaimana, ada banyak kan situs penyedia jasa content placement terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba?

Jika kamu kesulitan untuk menghasilkan uang melalui Adsense dan affiliate marketing, maka menjadi influencer melalui situs-situs tersebut bisa menjadi salah satu alternatif penghasilan. Jika ditekuni dengan serius, uang yang kamu dapat bisa mencapat jutaan rupiah per bulannya.

Agar pendapatan kamu lebih maksimal, kamu bisa mendaftarkan beberapa blog sekaligus. Dan ada baiknya jika semua blog tersebut memiliki niche yang berbeda-beda agar kamu bisa mengambil semua job yang disediakan.

Satu hal penting lainnya, jangan lupa untuk rutin mengisi blog kamu dengan postingan biasa. Jangan sampai isinya hanya postingan berbayar saja. Jika nilai spam score blog kau naik, nantinya kamu sendiri yang akan kesulitan untuk memasarkan blog kamu untuk dapat tawaran kerjasama content placement lho!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like