11 Situs Freelance Online Terbaik dan Terpercaya

Menjadi freelancer adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya pun kini lebih mudah dengan X situs freelance online terbaik dan terpercaya berikut ini.

Mendapatkan penghasilan tambahan kini bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan internet. Jika kamu memiliki skill dan kemampuan tertentu, kamu bisa menawarkannya kepada orang lain yang membutuhkan dengan menjadi freelancer.

Sayangnya banyak yang ragu untuk menjadi freelancer mendengar sulitnya mendapatkan klien potensial yang bisa dipercaya. Padahal ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan klien pertama kita, salah satunya adalah dengan mencarinya di situs freelance online terbaik.

Sesuai dengan namanya, situs freelance adalah platform yang mempertemukan freelancer dengan klien potensial. Pada umumnya, situs freelance online seperti ini berkerja dengan sistem lelang. Jadi pencari jasa akan memposting perkerjaan dan para pencari kerja akan memberi penawaran terbaik untuk mendapatkan job tersebut.

Selain memudahkan freelancer untuk mendapatkan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keahlian mereka, situs freelancer terbaik seperti Sribulancer atau Fiverr bisa menjadi tempat untuk membangun portfolio kamu. Semakin banyak portfolio yang kamu miliki, semakin besar juga peluang kamu untuk mendapatkan proyek lain yang nilainya lebih besar.

Lalu apa saja situs freelance terbaik dan terpercaya yang bisa kamu coba? Simak daftarnya di sini yuk!

Situs Freelance Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

1. Sribulancer

situs freelance online

Situs freelancer terbaik pertama yang menjadi rekomendasi saya adalah Sribulancer yang merupakan salah satu web freelance terbaik di Indonesia.

Dengan 8 kategori utama dan ratusan sub kategorinya, Sribulancer menawarkan berbgai macam pekerjaan mulai dari membangun website, membuat konten, SEO, terjemahan, membuat aplikasi, hingga mengedit video. Selain itu tersedia juga pekerjaan yang mudah untuk freelancer pemula seperti data entry.

Sribulancer sendiri adalah buatan Indonesia. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena support dilakukan dalam bahasa Indonesia. Selain itu sistem pembayarannya juga cukup menggunakan transfer bank lokal saja. Dengan semua kelebihan ini, jangan heran jika Sribulancer banyak menjadi rujukan saat kamu mencari situs freelance untuk pemula.

Anyway, kini Sribulancer juga menyediakan layanan dalam bahasa Inggris. Dengan ini diharapkan ada lebih banyak klien lberbahasa Inggris yang menggunakan jasa situs ini.

2. Projects.co.id

Web freelance untuk pemula lainnya yang bisa kamu coba adalah projects.co.id. Satu hal yang menarik, situs ini dibuat oleh mantan freelancer berpengalaman. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi karena mereka menjamin keamanan pembayaran serta tarif yang wajar untuk para anggotanya.

Pada website ini kamu bisa menemukan lebih banyak pekerjaan termasuk 3d modeling, membuat animasi, konsultasi, hingga robotics.

Satu hal yang unik, di situs ini kita juga bisa menjual produk kita sendiri. Pada umumnya, barang yang dijual merupakan produk digital seperti template, software, logo, scripts, hingga aplikasi mobile.

Tidak hanya itu, projects.co.id juga menyediakan program afiliasi. Melalui sistem referal, kita bisa membantu mempromosikan job yang ada di situs ini dengan imbalan berupa komisi. Lumayan kan dapat komisi tambahan tanpa perlu kerja sendiri!

3. Sribu

Sribu, atau SribuDesign, adalah web freelance yang juga dibuat oleh pendiri Sribulancer. Beda dengan ‘saudaranya’ tersebut, Sribu lebih fokus pada pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis.

Melalui Sribu, kamu bisa menemukan job seperti desain logo, banner, poster, kemasan produk, website, seragam, merchandise, hingga desain interior rumah.

Uniknya, Sribu menggunakan sistem kontes di mana para anggoranya akan mensubmit karya mereka pada proyek yang mereka inginkan. Pemenang nantinya akan dipilih oleh pemilik proyek dan berhak atas hadiah yang sudah ditentukan. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan bonus dari Sribu, seru kan!

4. 99Designs

situs freelance untuk desain grafis

Selain Sribu.com, 99Designs adalah situs freelance terbaik untuk graphic designer. Di sini kamu bisa mendaptkan pekerjaan mulai dari membuat landing page, mendesain website, ilustrasi, cover buku, hingga membuat desain gambar untuk sosial media.

99Designs juga menggunakan sistem kontes di mana para freelancer harus memasukan karya mereka. Pemenang nantinya akan dipilih oleh pemilik kontes. Meski begitu kamu juga berkesempatan untuk disewa langsung oleh klien jika kamu memiliki reputasi yang baik.

Pada 99Designs, para freelancer akan dibagi menjadi 3 kategori mulai dari Low Level, Mid Level, dan Top Level. Jika kamu berhasil mencapai Top Level, akan ada lebih banyak kontes berhadiah besar yang bisa kamu ikuti. Selain itu kesempatan kamu untuk disewa langsung menjadi lebih besar.

5. Freelancer Indonesia

Freelancer adalah salah satu website freelancer terbesar di dunia. Berawal dari sebuah startup di Australia, Freelancer kini sudah membuka cabang di 200+ negara, termasuk Indonesia.

Pada situs ini kita bisa menemukan banyak perkerjaan di berbagai bidang dan akan sangat cocok untuk developer, programmer, illustrator, content creator, hingga konsultan.

Sayangnya meski sudah ada versi Indonesianya, situs ini masih menggunakan support berbahasa Inggris. Selain itu mereka juga hanya menyediakan sistem pembayaran via kartu kredit atau Paypal saja. Satu hal yang tidak kalah penting, Freelance hanya menyediakan fitur-fitur mereka secara gratis untuk delapan proposal pertama saja. Untuk bisa ikutan bid pekerjaan selanjutnya, kamu harus upgrade akun dulu dengan biaya tertentu.

6. UpWork

Sama seperti Freelancer.co.id, Upwork juga merupakan situs internasional yang menyediakan banyak job freelance untuk para pekerja lepas dari Indonesia. Dengan pengalaman selama dua dekade, upwork menjadi salah satu situs freelance terbaik dan terpercaya yang menjamin klien mendapatkan hasil pekerjaan yang berkualitas namun tetap memperhatikan hak-hak para freelancer.

Beberapa fitur Upwork yang ramah freelancer pemula adalah sistem escrow yang menjamin dana untuk sebuah proyek tersedia sehingga kamu bisa bekerja dengan leluasa. Selain itu ada fitur fixed price protection yang akan membantu klien dan freelancer dalam memonitor pekerjaan yang dihitung per jam.

Jika bergabung dengan upwork, ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa dipilih sesuai skill kamu mulai dari software development, web design, database administration, data mining, academic writing, audio production, public relations, hingga konsultasi hukum.

Sayangnya pada pengguna gratis, ada batas bidding yang bisa kamu lakukan per bulannya. Untuk meningkatkan batas bidding, kamu harus membayar paket membership Upwork terlebih dahulu.

7. Serba50Ribu

Serba50Ribu adalah salah satu situs freelance unik yang berasal dari Indonesia. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa menawarkan jasa dengan tarif flat, Rp50.000 saja!

Berhubung tarifnya hanya 50.000 Rupiah, job yang bisa kamu temukan di sini mungkin hanya job-job ringan saja seperti membuat ilustrasi vektor, web scraping, menanam backlink, hingga membuatkan dokumen dalam format PDF.

Meski begitu ada juga beberapa job nyeleneh seperti menjadi teman jalan-jalan, jadi tempat curhat, hingga pura-pura jadi pacar settingan 🙂

8. Fiverr

web freelance untuk pemula

Dibandingkan situs freelance online terbaik di daftar ini, Fiverr memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. Jika pada situs lain freelancer harus mencari pekerjaan mereka sendiri, di Fiver justru klien lah yang harus mencari freelancer untuk dipekerjakan.

Dengan sistem seperti ini, freelancer tidak perlu repot untuk melakukan bidding pada setiap proyek yang mereka minati. Cukup buat deskripsi menarik dan lengkapi dengn portfolio agar semakin banyak klien yang menggunakan jasa kamu.

Pekerjaan yang bisa kamu tawarkan di Fiverr pun sangat beragam mulai dari hal biasa seperti programming, terjemah, atau edit foto, hingga hal-hal yang tidak biasa seperti membantu mengerjakan PR matematika, menjadi pelatih game online, hingga meniru suara orang terkenal.

Untuk mendaftar kamu tidak akan dikenakan biaya. Namun fee yang kamu dapat sebagian akan dipotong untuk Fiverr.

9. Fastwork

Fastwork adalah startup asal Thailand yang kini mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia. Salah satu kelebihan platform ini adalah adanya jaminan pembayaran pada freelancer karena klien yang ingin memesan pekerjaan harus deposit terlebih dahulu.

Beragam kategori pekerjaan yang bisa kamu ambil di Fastwork antara lain desain grafis, marketing, penulisan & penerjemahan, multimedia, web & pemograman, serta jasa konsultasi.

Untuk meningkatkan layanan kepadan klien mereka, Fastwork akan menyeleksi freelancer dengan ketat. Setelah mengisi data dengan lengkap, kamu harus menunggu proses verifikasi dulu sebelum bisa mulai bekerja melalui Fastwork.

10. Toptal

Beda dengan beberapa web feelance yang ramah pemula, Toptal lebih fokus pada freelancer berpengalaman dengan portfolio yang baik. Dengan proses seleksi yang jauh lebih ketat, Toptal mengklaim freelancer-freelancer terbaik dari seleuruh dunia. Makanya jangan heran jika kamu bisa menemukan pekerja lepas dengan background yang ‘wah’.

Proses seleksi yang ketat ini sebanding dengan apa yang akan didapat freelancer di situs ini. Selain mendapat akses ke pekerjaan besar dengan nilai kontrak yang tinggi, freelancer di Toptal juga berkesempatan untuk bekerja sama dengan brand-brand terbesar di dunia. Tidak hanya itu, freelancer yang terdaftar di Toptal juga berhak mengikuti pelatihan dan event yang mereka adakan.

11. Sampingan

situs freelance untuk pemula

Sampingan adalah situs freelance berbasis aplikasi yang menghubungkan kamu dengan berbagai pekerjaan yang perlu dilakukan oleh bisnis. Pekerjaan yang terdapat di aplikasi Sampingan cukup sederhana seperti mengambil foto menu restoran, hingga mencari mitra pengadaan.

Selain mencari pekerjaan sampingan, pengguna aplikasi Sampingan juga akan mendapatkan akses ke komunitas, pelatihan, serta support yang disediakan setiap hari.

Satu hal yang cukup unik, Sampingan juga menyediakan program reseller bagi kamu yang ingin memiliki bisnis sampingan tanpa harus membuat produk kamu sendiri. Produk-produk yang bisa dipilih umumnya berupa makanan ringan seperti Nakpia Kukus Tugu Jogja, Makaroni Ngocor, My Daily Banana, atau Pisang Mesir


Bagaimana, ada banyak kan situs freelance terbaik dan terpercaya yang bisa kamu coba. Tidak hanya yang berasal dari luar negeri, kini ada banyak startup lokal yang tidak kalah bagusnya.

Sebagai rekomendasi web freelance untuk pemula, saya menyarankan Sribulancer atau Projects.co.id yang merupakan situs freelance terbaik di Indonesia. Selain banyak memiliki klien dari dalam negeri, proses pembayarannya juga bisa menggunakan rekening bank lokal. Dan jika kamu mahir berbahasa Inggris, tidak ada salahnya juga untuk mendaftar di Fiverr atau Upwork.

Satu hal yang perlu diingat, meski bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan, ada baiknya jika kamu juga serius dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Selain menjaga reputasi, freelancer dengan statistik yang baik akan lebih mudah mendapatkan klien, bahkan hingga ke luar platform yang kamu pakai.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like