Situs Freelance Terbaik untuk Dapat Penghasilan Tambahan

Freelance adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan skill yang kamu miliki. Untuk mulai menjual jasamu, berikut adalah beberapa situs freelance terbaik di Indonesia yang bisa kamu percaya.

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan?

Di saat kebutuhan rumah tangga semakin meningkat, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan. Selain memantau pengeluaran, kita juga bisa membuat neraca keuangan rumah menjadi positif dengan mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan bekerja secara freelance.

Tidak seperti pekerjaan umum lain di mana kita menghabiskan waktu di tempat kerja, freelancer dapat dengan bebas memilih waktu kerja, tempat kerjanya, hingga jenis pekerjaan yang ingin diambil. Flexibilitas freelancer inilah yang membuat pekerjaan jenis ini sering dijadikan pekerjaan sampingan.

Namun sama seperti pekerjaan biasa, freelancer juga harus memiliki klien agar dapat mulai bekerja. Hal ini dapat kamu lakukan dengan networking, menawarkan jasa kamu di grup/komunitas tertentu, hingga membuat blog portfolio. Satu cara lain yang cukup mudah adalah dengan mendaftarkan diri kamu di situs khusus freelancer.

Apa Kelebihan Situs Penyedia Jasa Freelance?

Apalagi tempat terbaik untuk mencari pekerjaan semacam ini selain situs penyedia jasa freelance?

Pada situs ini tedapat banyak klien dengan beragam pekerjaan yang bisa kamu incar sesuai dengan keahlian dan nominal yang kamu inginkan. Meski rata-rata menerapkan sistem bidding (yang artinya kamu harus menawarkan proposal terbaik agar diterima), cara ini masih lebih baik dibanding mencari klien kamu sendiri.

Selain itu, kelebihan lain situs semacam ini adalah layanan escrow yang memastikan freelancer dan penyewa jasa sama-sama terlindungi. Jadi tidak ada cerita uang kamu tidak dibayar oleh klien.

Peluang Kerja Freelance

Tidak hanya untuk kamu saja, freelance juga memberi keuntungan tersendiri bagi penyewa jasa mereka.

Sebagai contoh, menyewa freelancer mungkin akan jauh lebih murah dibanding mengangkat karyawan tetap. Hal ini bisa mengurangi pengeluaran perusahaan untuk membayar asuransi, pajak, lemburan, hingga bonus untuk karyawan tersebut.

Selain itu menyewa jasa freelance adalah salah satu solusi untuk menyewa orang yang lebih mengerti pekerjaan di bidang tertentu tanpa harus terikat dalam jangka waktu panjang. Freelance juga menjadi solusi bila sebuah perusahaan memiliki tingkat pekerjaan yang tiba-tiba meninggi.

Dengan fakta-fakta berikut, jangan khawatir kamu akan kekurangan pekerjaan sebagai freelance karena demand untuk itu saya kira masih cukup tinggi.

Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Meski situs seperti ini cukup banyak berasal dari luar negeri, ada juga kok’ situs penyedia jasa freelance yang berasal dari Indonesia atau membuat versi lokalnya di Indonesia.

Kelebihannya tentu pada saingan yang jumlahnya relatif lebih kecil dan sistem pembayaran yang melibatkan bank lokal.

Untuk kamu yang berminat mendapatkan penghasilan tambahan dengan freelance, cboa cek situs-situs berikut ini.

1. Sribulancer

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu situs freelance terbaik dan terpopuler di Indonesia. Dengan 8 kategori utama dan 138 kategori khusus, kamu bisa mengerjakan banyak hal mulai dari membuat webite, aplikasi, desain video, animasi, administrasi, marketing, konsultasi bisnis, hingga menulis artikel.

Yang menarik, Sribulancer mencantumkan nama-nama besar seperti Gojek, Traveloka, LINE, hingga Trakindo sebagai klien yang pernah memakai jasa Sribulancer. Selain itu SribuLancer 100% asli buatan lokal, jadi semua layanan bantuan hingga sistem pembayaran dapat digunakan dengan mudah.

Website : sribulancer.com

2. Sribu

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia Sribu

Sebelum membuat Sribulancer, Sribu adalah startup pertama milik Ryan Gondokusumo. Namun berbeda dengan Sribulancer, Sribu dibuat khusus untuk desain grafis. Total saat ini ada 21 kategori desain yang bisa kamu kerjakan mulai dari desain logo, kartu nama, label, flyer, interior, banner website, hingga desain aplikasi mobile.

Sistemnya sendiri cukup unik karena semua proyek di Sribu memakai sistem kontes. Hal ini didasari pengalaman pendirinya yang mampu mengumpulkan ratusan desain dalam sekejap dengan sistem kontes tersebut.

Jadi bila ada project yang kamu minati, kirim desain terbaikmu sesuai dengan kriteria klien agar karya kamu bisa dipilih. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang sesuai dengan jumlah yang disediakan masing-masing kontes.

Website: sribu.com

3. Projects.co.id

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia projects.co.id

Satu hal yang menarik dari projects.co.id adalah foundernya yang merupakan mantan freelancer dengan pengalaman lebih dari satu dekade. Dengan konsep AJEEB (Aman, Jelas, Efektif, Efisien, dan Berkualitas), projects.co.id berusaha untuk memberikan layanan berkualitas dengan bayaran yang wajar untuk para anggotanya.

Di projects.co.id, kamu tidak hanya bisa menawarkan jasa, tetapi juga menjual produk lho! Produk-produk yang bisa kamu jual adalah produk non-fisik seperti produk digital ataupun layanan/service.

Selain itu, Projects.co.id juga menyediakan program afiliasi di mana kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan mempromosikan situs ini melalui URL yang telah disediakan. Untuk setiap project yang dilakukan melalui link afiliasi tersebut, kamu akan mendapatkan komisi antara 10-20 persen dari komisi yang didapat oleh projects.co.id.

Website: projects.co.id

4. Freelancer Indonesia

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia Freelancer

Frelancer adalah salah satu penyedia jasa freelance terbesar di dunia yang terhubung dengan lebih dari 30 juta owner dan freelancer dari 247 negara. Wajar karena startup asal Australia ini telah mengakuisisi beberapa situs outsourcing dari Eropa dan Kanada. Dan untuk Indonesia sudah ada versi lokalnya di freelancer.co.id.

Pada situs ini, kamu bisa mengikuti beragam proyek dari berbagai sektor seperti data entry, desain grafis, menulis artikel, membuat ilustrasi, terjemahan, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Uniknya, kamu bisa mengajukan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari budget owner untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selain proyek reguler, ada juga sistem kontes di mana kita bisa bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang hasilnya akan dinilai dan dipilih oleh klien. Dan sama seperti projects.co.id, setiap user yang terdaftar berhak untuk mengikuti program afiliasi dengan komisi menarik.

Namun sayang, meski sudah memiliki interface dengan Bahasa Indonesia, situs ini masih mengandalkan Bahasa Inggris dalam layanan supportnya.

Website: freelancer.co.id

5. Gobann

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia Gobann

Sesuai dengan namanya, situs ini ditujukan untuk frelancer yang bisa menyediakan layanan jasa apapun senilai Rp50.000. Situs ini mempunyai dua menu utama yakni Kangtao dan Demand. Kangtao merupakan jasa yang ditawarkan oleh freelancer, sedangkan Demand adalah permintaan jasa dari para klien.

Gobann sendiri menyediakan berbagai macam kategori pekerjaan mulai dari jasa penulisan, terjemahan, desain logo, pembuatan CV, nasihat feng-shui, dan banyak lagi yang lainnya. Menariknya, dengan upah Rp50.000, banyak jasa-jasa unik yang ditawarkan mulai dari dengerin curhat, membaca kepribadian, bantuin tugas sekolah, hingga mencari jodoh.

Selain Gobann, situs lain yang juga menawarkan beragam jasa dengan upah 50 ribu Rupiah adalah serba50ribu.com.

Website: gobann.com

6. RuangGuru.com

Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia Ruangguru

Situs freelance terbaik terakhir di daftar ini adalah RuangGuru yang ditujukan khusus sebagai situs freelance untuk tenaga pengajar atau yang berniat mengajar. Di sini kita bisa mengajar secara online atau datang bertemu dengan murid langsung. Jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih pun beragam mulai dari SD, SMP, hingga SMU.

Untuk kamu yang berminat menjadi guru di RuangGuru, tidak ada batasan lokasi tempat tinggal, latar belakang, ataupun usia. Pendaftaran terbuka selama kamu memiliki keahlian yang dapat diajarkan. Meski begitu, kamu harus melewati tes dan proses verifikasi terlebih dahulu sebelum bisa mengajar di RuangGuru.

Website: ruangguru.com

Penutup

Selain nama-nama situs di atas, sebenarnya masih ada banyak situs lain yang menyediakan job bagi freelancer. Jika kamu cukup mahir berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba situs freelance internasional seperti Fiverr, Upwork atau 99designs. Namun ingat, meski job-nya cukup banyak dan bayarannya bisa lebih tinggi, persaingannya juga lebih ketat.

Apakah kamu memiliki rekomendasi situs freelance terbaik lainnya? Jangan segan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini yah!


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.