12+ Situs Download Gambar Gratis untuk Blog

Foto dan gambar adalah elemen penting dalam membuat sebuah artikel. Tidak hanya untuk estetika saja, kita bisa melakukan optimasi SEO gambar untuk membantu meningkatkan trafik blog kita.

Lagipula dengan kecepatan internet yang kini cukup baik, rasanya tidak ada alasan untuk tidak memakai 1-2 gambar di setiap artikel.

Gambar sendiri sebenarnya cukup mudah didapat di internet. Cukup cari kata kunci yang kita mau, maka Google akan menampilkan gambar yang relevan.

Sayangnya cara semacam ini bukanlah cara yang tepat untuk mencari gambar untuk blog atau website kita. Gambar yang muncul umumnya adalah gambar yang memiliki hak cipta yang tentu tidak bisa kita pakai sembarangan.

Cara terbaik adalah membuat gambar atau mengambil foto sendiri. Tapi hal ini jelas akan merepotkan dan memakan waktu bukan?

Untungnya kini ada banyak situs yang menyediakan gambar gratis, kita bahkan tidak perlu buat akun terlebih dahulu. Dan meski gratis, kualitas gambar yang disajikan sangat bagus. Malah tidak jarang situs penyedia gambar ini memiliki stok foto HD dengan resolusi tinggi.

Lalu apa saja situs terbaik untuk download gambar gratis yang bisa kita pakai? Simak daftar berikut ini yuk!

Situs Terbaik untuk Download Gambar Gratis Berkualitas Tinggi

Kebanyakan, foto dan gambar yang ada di situs-situs ini merupakan gambar bebas royalti dan disertai dengan lisensi Creative Commons. Dengan begitu, kita bisa bebas memakai menyebarkan, dan memodifikasi gambar tanpa perlu izin terlebih dahulu.

Meski begitu ada juga beberapa penyedia gambar gratis yang hanya meminta kita untuk menyematkan atribut berupa link atau memberi kredit pada si pemilik gambar.

1. Unsplash – 1 Juta foto berkualitas yang bisa dipilih

Berawal dari sebuah blog Tumblr, Unsplash berkembang pesat menjadi salah satu situs terbaik untuk download gambar gratis. Dengan 150.000+ kontributor dari berbagai kalangan, Unsplash memiliki lebih dari 1 juta koleksi foto pilihan berkualitas tinggi yang bisa dipakai secara gratis tanpa perlu izin, bahkan untuk kepentingan komersil sekalipun.

Jika kamu sering membuat postingan melalui perangkat genggam, Unsplash juga bisa diakses melalui aplikasi Android Resplash. Tidak hanya untuk browsing saja, Resplash juga bisa memakai foto-foto dari Unplash sebagai wallpaper hape kamu.

Dan satu hal yang menarik, gambar dan foto yang ada di Unsplash bisa kamu pakai sebagai image placeholder yang akan sangat berguna saat kita sedang mengembangkan web baru. Cukup dengan kode https://source.unsplash.com/random, kita bisa memakai gambar random Unsplash sebagai image placeholder. Jika kita ingin gambar dengan dimensi khusus, kita bisa memakai kode https://source.unsplash.com/widthxheight.

2. Pexels – Integrasi mudah dengan beragam layanan

Berdiri sejak 2014, Pexels menawarkan banyak gambar gratis yang berasal dari website dan kontributor mereka. Semua foto yang ada di situs ini bisa kamu pakai, modifikasi, atau didistribusikan secara gratis tanpa perlu izin terlebih dahulu. Tidak hanya untuk pemakaian pribadi saja, foto-foto ini juga gratis untuk keperluan komersial.

Satu hal yang menarik, Pexels menyediakan beragam cara agar kita bisa mengintegrasikan Pexels ke software favorit kita. Selain bisa diakses melalui aplikasi Android dan iOS, Pexels juga memiliki ekstensi untuk Chrome, plugin Photoshop, add-on untuk MS Office, dan plugin WordPress.

Download gambar gratis Pexels langsung dari blog WordPress
Download gambar gratis Pexels langsung dari blog WordPress

3. Pixabay – Download gambar gratis sesuai reolusi yang kamu inginkan

Sama seperti dua nama sebelumnya, Pixabay adalah situs komunitas yang menyediakan foto dan gambar gratis bagi siapa saja. Tidak hanya foto, di sini kamu juga bisa mendownload ilustrasi, gambar vektor, dan video gratis. Semua file media ini bisa kamu pakai tanpa kredit/atribusi atau meminta izin terlebih dahulu.

Satu hal yang menarik, setiap gambar, foto, dan video yang ada di Pixabay bisa kamu download dalam beragam resolusi mulai dari resolusi asli foto yang berada di atas 3000px hingga resolusi terendah dengan lebar 640px.

4. StockSnap – Mudahnya mencari gambar yang kita butuhkan

StockSnap adalah situs download gambar gratis untuk blog yang memiliki lisensi Creative Commons – CC0. Ini artinya kamu bisa memakai, mengubah, dan mendistribusikan gambar tanpa perlu izin dan kredit kepada Stocksnap.

Mencari gambar di Stocksnap sangatlah mudah. Pada fitur Search mereka, terdapat filter untuk menyaring foto berdasarkan relevansi, tanggal, jumlah views, atau jumlah download. Jika kamu ingin browsing sendiri, Stocksnap sudah menyortir semua foto mereka ke dalam ksategori tertentu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat foto apa saja yang sedang trending di Stocksnap.

5. Burst – Powered by Shopify

Burst adalah situs download foto gratis milik salah satu platfom e-commerce terbesar di dunia, Shopify. Di sini kamu bisa mencari ribuan foto royalty-free image berkualitas tinggi yang bisa kamu pakai di website, blog, online store, Facebook post, atau bahkan Instagram Ads.

Sama seperti StockSnap, setiap foto sudah dikategorikan dengan rapih agar kita dapat dengan mudah mencari foto yang kita butuhkan. Saat mengunduh, kita bisa memilih kualitas foto, entah itu High-Res atau Low-Res.

7. Gratisography – Menyediakan gambar unik dan sedikit ‘nyeleneh’

Sekilas tidak ada yang spesial dengan Gratisography. Koleksi fotonya pun tidak sebanyak situs penyedia gambar lain di pasaran. Namun jika kamu perhatikan baik-baik, semua foto yang ada di situs ini boleh dibilang unik, nyeleneh, dan dijamin berbeda dengan stock photo lainnya.

Gratisography, situs penyedia gambar unik yang berbeda dari situs lain yang sejenis
Gratisography, situs penyedia gambar unik yang berbeda dari situs lain yang sejenis

Semua foto yang ada di situs ini bebas kamu pakai dan modifikasi sesuka hati. Namun ada larangan untuk mendistribusikannya di tempat lain meski kita memberi kredit kepada Gratisography.

8. FoodiesFeed – Situs penyedia gambar khusus makanan

Sesuai namanya, FoodiesFeed adalah situs download gambar khusus untuk makanan dan minuman. Dimulai sebagai proyek pribadi Jakub Kapusnak, FoodiesFeed ternyata berkembang pesat dan mengisi niche yang belum ada sebelumnya.

9. Reshot – Foto unik dengan kualitas pilihan

Reshot adalah situs penyedia gambar yang memberi platform bagi para pecinta fotografi untuk memajang karya mereka agar bisa digunakan secara gratis oleh orang lain. Dengan begitu kita bisa mengunduh, menyalin, mengubah, menyebarkan, atau memakai foto secara gratis, bahkan untuk tujuan komersil sekalipun.

Kualitas foto dan gambar yang ada di situs ini pun bisa dibilang sangat bagus dan bisa kamu unduh dalam resolusi tinggi. Hal ini sesuai dengan misi mereka yang ingin memilihkan kamu foto unik, berkualitas dan beda dari stock photo pada umumnya.

10. ISORepublic – Download gambar gratis berkualitas

Sama seperti Reshot, ISO Republic adalah situs yang menyediakan foto berkualitas dari fotografer profesional. Dan tidak hanya gambar saja, kamu juga bisa download video gratis berdurasi singkat di ISO Republic.

11. LifeofPix – Gambar keren jepretan fotografer profesional

Lifeofpix adalah situs penyedia gambar yang dikelola oleh LEEROY Web Design Agency dan semua fotografer yang bernaung di agensi tersebut. Karena itulah kamu bisa menemukan banyak foto berkualitas yang bisa dipakai gratis. Pencarian gambar pun cukup mudah dilakukan dan bisa difilter berdasarkan kategori, warna, atau orientasi gambar.

Dan tidak hanya foto saja, kamu juga bisa download video gratis yang mereka sediakan di Lifeofvideo.com

12. KaboomPics – Situs penyedia gambar dengan photoshoots unik

KaboomPics adalah situs berisi banyak kumpulan foto milik Karolina Grabowska, fotografer profesional asal Polandia. Meski begitu, koleksi foto di situs ini termasuk cukup banyak hingga belasan ribu foto dan terus bertambah.

Satu hal menarik dari situs ini adalah menu Photoshoots yang berisi satu set foto yang sama namun diambil dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Contoh menu Photoshoots di Kaboom Pics
Contoh menu Photoshoots di Kaboom Pics

Situs Penyedia Gambar Lainnya yang Perlu Kamu Coba!

Selain nama-nama di atas, sebenarnya masih banyak lagi situs penyedia gambar gratis. Kualitas fotonya pun tidak kalah berkualitas.

  • DeathToTheStockPhoto
  • PicJumbo
  • NegativeSpaces
  • FreeImages
  • Picography
  • Freestocks
  • StartupStockPhotos
  • BarnImages

Sebagai tambahan, saya juga merekomendasikan Freepik yang sering saya pakai untuk gambar-gambar di bisablog.com. Selain banyak foto gratis, Freepik juga menyediakan file vektor dan gambar dalam format PSD.

Sayangnya situs ini Freemium yang artinya akan ada banyak batasan pada akun free seperti akses terbatas ke beberapa file premium hingga jumlah download per hari. Namun dengan kualitas foto dan gambar di dalamnya, Freepik tetap bisa diandalkan untuk mencari gambar gratis berkualitas.

But hey, kalau kamu punya rekomendasi tempat download gambar gratis yang lainnya, jangan segan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini yah!

Leave a Reply