Cara Share Artikel ke Facebook dan Twitter Secara Otomatis

Enak gak sih kalau kita tidak perlu share artikel secara manual ke sosial media setelah dipublish? Tenang, ternyata ada lho cara share artikel ke Facebook dan Twitter secara otomatis tanpa pakai plugin atau koding!

Dengan jumlah pengguna aktif yang sangat besar, sosial media adalah sumber trafik yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan trafik blog kita sendiri. Karena itulah, selesai mempublish sebuah artikel, ada baiknya jika kita juga share ke akun sosial media kita. Semakin tinggi interaksi yang kita dapat di sosial media, semakin besar pula potensi trafik yang kita dapat.

Sayangnya ngeblog bukan cuma sekedar membuat konten dan membagikannya ke akun sosial media saja. Meski kita sudah sering melakukannya, mungkin akan ada saja momen di mana kita lupa untuk share artikel yang sudah kita buat.

Kalau saja share artikel bisa dilakukan secara otomatis tetntu akan lebih mudah bukan? kita pun bisa menghemat waktu untuk melakukan hal lainnya!

Share Otomatis Postingan Blog ke Facebook dan Twitter tanpa Plugin

Facebook dan Twitter adalah dua media sosial yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Jika kamu ingin share otomatis postingan blog ke Facebook atau Twitter, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan tanpa perlu plugin atau menanamkan kode terlebih dahulu!

Untuk melakukannya, kita bisa memakai tools gratis dari dlvr.it. Caranya?

  • Masuk ke situs dlvr.it
  • Daftar dengan email, Facebook, atau Twitter
  • Klik link verifikasi yang dikirim via lewat email (jika daftar dengan email)

Jika sudah, kamu bisa login dan masuk ke dasbor dlvr.it. Agar postingan bisa dishare otomatis ke Facebook dan Twitter, silahkan ikuti langkah berikut ini.

Langkah #1: Login ke dasbor dlvr.it

Langkah #2: Bagi pengguna baru, kamu bisa melihat semacam auto wizard yang akan memandu kita untuk mengatur layanan ini. untuk menghubungkan blog kita, klik tombol FEED SEARCH (bisa untuk Blogger atau WordPress).

Langkah #3: Setelah itu ketik nama blog kamu di kotak isian yang tersedia. Jika prosesnya sudah selesai, kamu bisa melihat daftar feed blog kamu.

Pilih salah satunya dengan mengklik tombol CONNECT. Pada halaman selanjutnya, klik tombol POST SETTINGS.

Langkah #4: Pada halaman ini, kamu bisa memakai settingan default dlvr.it. Satu hal yang mungkin harus diperhatikan adalah mengatur apa yang akan kita posting setelah selesai dalam tutorial ini. Pada halaman ini, kamu bisa memilih salah satu dari tiga opsi berikut ini:

  • Post the most recent item now untuk langsung share beberapa artikel terbaru kita.
  • Post when a new item is publisher untuk share hanya artikel yang baru dipublish saja.
  • Post all items (up to max) untuk share semua artikel kita sebelumnya.

Jika sudah, klik tombol CONNECT SOCIALS untuk menghubungkan akun sosial media kita.

Langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan akun sosial media kita dengan layanan dlvr.it. Caranya?

  • Klik tombol CONNECT NOW dengan ikon berbentuk tanda plus.
  • Pilih akun sosial media. Ingat! pada akun gratis kita hanya bisa share ke dua akun sosmed saja.
  • Setelah itu, kita hanya perlu mengikuti setiap langkahnya saja. Jika sudah, klik tombol SHARE POSTING agar setiap postingan baru kamu secara otomatis dishare via dlvr.it.

Jika sudah, maaka dlvr.it akan secara otomatis share artikel kamu sesuai dengan menu pengaturan yang kamu pilih sebelumnya.

Penutup

Bagaimana? mudah kan share otomatis postingan blog ke Facebook dan Twitter tanpa plugin!

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa limitasi jika kamu share otomatis artikel dengan layanan dlvr.it.

Pada layanan gratisnya, dlvr.it bisa dipakai untuk share artikel secara otomatis ke dua platform pilihan kita. Selain itu postingan yang bisa dishare terbatas hanya tiga buah saja dari tiga blog yang berbeda. Untuk memposting lebih banyak artikel ke banyak media sosial sekaligus, kamu harus mengupgrade akun dlvr.it ke versi Pro atau Plus.

Jika kamu memiliki ingin share postingan secara otomatis ke lebih dari dua akun sosmed, kamu bisa mencoba share postingan secara otomatis ke sosial media dengan IFTTT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like