Review LinkMagz vs VioMagz, Mana Template yang Lebih Baik?

Setelah dua tahun, mas Sugeng akhirnya merilis satu template Blogger baru bernama Linkmagz. Kalau dibandingkan dengan template sebelumnya, kira-kira mana yah yang lebih bagus, Viomagz atau Linkmagz? Biar tahu jawabannya, simak review linkmagz ini dulu yuk!

Memiliki tampilan blog yang keren sudah pasti jadi impian setiap pemilik blog Blogger. Untungnya, kini template Blogger yang berkualitas cukup mudah untuk dicari. Tidak hanya bikin tampilan blog makin kece, template-template ini juga memudahkan kita untuk membangun blog Blogger.

Nah, kalau bicara template Blogger terbaik, rasanya tidak salah menyebut nama Viomagz sebagai salah satu template tersebut. Template buatan mas Sugeng ini memang cukup fenomenal. Saking larisnya, link download untuk versi bajakan sampai versi redesignnya begitu mudah dicari di mana-mana.

Kesuksesan Viomagz sendiri memang bukan tanpa sebab. Selain dipenuhi banyak fitur keren, template ini juga bisa meningkatkan kecepatan loading blog Blogger.

Tidak percaya? Coba cek review Viomagz yang saya buat. Hanya dengan mengganti template Blogger lama saya ke Viomagz, loading blog saya langsung melesat jauh. Wah, gak nyesel beli langsung ke mas Sugeng.

Sukses dengan Viomagz, kini mas Sugeng kembali merilis template baru bernama Linkmagz. Penasaran gak sih apa saja bedanya dengan Viomagz? Lalu kalau dibandingkan, kira-kira lebih bagus mana yah, Viomagz atau Linkmagz? Makanya, kalau penasaran lihat dulu dong review Linkmagz berikut ini!

1. Perbedaan Tampilan Linkmagz dan Viomagz

Berhubung dibuat oleh developer yang sama, tampilan Linkmagz dan Viomagz memiliki ‘vibe’ yang hampir mirip. Keduanya sama-sama tampil minimalis modern mengikuti tren website pada umumnya. Kombinasi font, pemilihan warna, serta layout yang baik membuat konten pada Linkmagz dan Viomagz menjadi mudah untuk dibaca pengunjung.

Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang mencolok, seperti bisa kamu lihat pada screenshot berikut ini.

Jika dilihat sekilas, kamu bisa melihat bahwa Linkmagz menampilkan post dalam bentuk grid. Ini artinya ada dua pos dalam satu baris. Berbeda dengan Viomagz yang menampilkan postingan dalam bentuk list, hanya satu pos saja per barisnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat adanya top bar pada Linkmagz. Top bar ini bisa kamu isi dengan menu meski secara default dipakai untuk menampilkan akun sosial media kita.

Selain kedua elemen tersebut, perbedaan tampilan Linkmagz dan Viomagz bisa kamu lihat pada beberapa poin berikut ini:

1a. Dark Mode (Mode Gelap)

Dark Mode adalah fitur yang mengubah skema warna menjadi lebih gelap. Mode gelap ini belakangan menjadi tren ketika banyak aplikasi populer mulai menggunakannya, seperti dark mode pada Whatsapp dan Facebook.

Dengan mode gelap ini, pengunjung dapat dengan mudah mengganti skema warna blog kita menjadi gelap agar tetap nyaman saat dibaca di tempat dengan pencahayaan yang minim. Caranya pun cukup mudah , hanya dengan menekan satu tombol saja.

Mudahnya mengaktifkan fitur Dark Mode pada Linkmagz
Mudahnya mengaktifkan fitur Dark Mode pada Linkmagz

Menariknya lagi, opsi mode gelap ini akan tersimpan di browser pengunjung. Jadi ketika mereka berkunjung lagi, maka tampilan website akan secara otomatis muncul dalam mode gelap

1b. Postingan Khusus Produk dan Jasa

Jika kamu membuat blog dan menjual produk/jasa di blog kamu, maka Linkmagz bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pada Linkmagz terdapat fitur di mana kamu bisa menampilkan postingan layaknya ebuah produk pada situs e-commerce. Cukup gunakan label ‘produk/products’ atau ‘jasa/service’, maka tampilan postingan tersebut akan tampak seperti contoh di bawah ini.

Tampilan halaman produk/jasa pada template Linkmagz
Tampilan halaman produk/jasa pada template Linkmagz

Satu hal yang cukup menarik, kamu bisa menampilkan tombol order via Whatsapp untuk postingan produk dan jasa tersebut. Lumayan kan, pengunjung bisa langsung take action dan menghubungi kamu jika mereka tertarik dengan produk/jasa yang kamu tawarkan.

1c. Postingan Khusus Sponsored Posts

Jika kamu sering menerima tawaran content placement, Linkmagz menyediakan fitur khusus agar kamu bisa menampilkannya secara berbeda dibanding pos kamu yang biasa.

Cukup dengan memberi label ‘advertorial’, ‘iklan’, atau ‘sponsor’, postingan yang kamu beri label tersebut akan secara otomatis menyembunyikan nama pengarang dan kolom komentar di postingan tersebut.

2. Perbedaan Kemudahan Pemakaian Linkmagz dan Viomagz

Belajar dari template Blogger sebelumnya, kali ini mas Sugeng benar-benar ingin memanjakan pengguna templatenya, terutama bagi mereka yang masih awam dengan koding. Beberapa fitur baru yang ditambahkan agar pengguna Linkmagz dapat menggunakan template ini dengan mudah antara lain,

2a. Pengaturan Template 100% dari Menu Tata Letak Blogger

Salah satu kekurangan template Viomagz sejauh ini adalah pengaturan menu navigasi yang masih harus dilakukan secara manual dengan mengedit kode HTML template tersebut. Selain itu beberapa fitur juga harus diaktifkan atau dimatikan dengan cara yang sama.

Bagi sebagaian bloger hal ini rasanya bukan masalah besar. Namun bagi mereka yang awam dengan koding, hal ini merupakan pekerjaan yang sulit.

Karena itulah, kini mas Sugeng mempermudah hal ini agar kita bisa mengubah semua menu (header, ikon sosial media, menu navigasi) dan fitur Linkmagz langsung dari menu Tata Letak Blogger.

Fitur Linkmagz dapat diaktifkan dari menu TATA LETAK Blogger
Fitur Linkmagz dapat diaktifkan dari menu TATA LETAK Blogger

2b. Mengubah Lebar Header, Menu, dan Konten dengan Mudah

Beda bloger, beda pula selera desainnya. Pada Viomagz, terdapat banyak menu kustomisasi yang bisa kamu utak-atik agar tampilan blog bisa sesuai dengan keinginan kamu. Pada Linkmagz, menu kustomisasinya semakin bertambah di mana kamu bisa mengatur dimensi beberapa elemen website seperti tinggi header, tinggi menu navigasi, dan lebar template hanya dengan menggunakan slider saja.

3. Perbedaan Pagespeed Test Linkmagz dan Viomagz

Bikin review Linkmagz rasanya belum lengkap kalau kita belum test kecepatan loadingnya.

Sama seperti template Blogger lain buatan mas Sugeng, Linkmagz juga dibuat agar memiliki kecepatan loading yang baik. Mas Sugeng bahkan mengklaim kalau template ini berhasil mengalahkan template-template sebelumnya.

Lalu benar gak sih klaim ini?

Iseng-iseng saya mencobanya sendiri dengan salah satu blog Blogger yang saya punya. Dalam percobaan ini, saya hanya mengganti template tanpa mengubah hal lainnya. Widget yang digunakan pun hanya widget standar seperti About Me, Postingan Populer, dan Label saja. Lalu bagaimana performa keduanya?

Dengan menggunakan Google Page Speed Insight, inilah hasil test yang saya dapat

Hasil speed test desktop Viomagz
Hasil speed test desktop Viomagz
Hasil speed test desktop Linkmagz
Hasil speed test desktop Linkmagz

Sedangkan untuk versi mobile, inilah hasil yang saya dapat,

 Hasil speed test mobile Viomagz
Hasil speed test mobile Viomagz
Hasil speed test mobile Linkmagz
Hasil speed test mobile Linkmagz

Luar biasa, ternyata kecepatan loading Linkmagz memang lebih baik dibanding Viomagz yang sebenarnya juga sudah sangat baik. Tidak heran kalau melihat baris kode Linkmagz yang hanya setengahnya Viomagz, padahal Linkmagz sudah dipenuhi banyak fitur tambahan. Saya hanya bisa kasih jempol saja untuk usaha mas Sugeng dalam mengoptimasi template barunya ini.

Kesimpulan Review Linkmagz vs Viomagz, Lebih Bagus Mana?

Dengan harga yang sama, tentu kamu ingin memilih template terbaik untuk blog Blogger kamu bukan?

Dari review Linkmagz di atas, kita bisa lihat bahwa template baru mas Sugeng memiliki banyak keunggulan dibanding pendahulunya. Mulai dari banyaknya fitur baru, kemudahan untuk melakukan modifikasi tampilan, hingga speed yang unggul tipis. Dengan kelebihan ini, rasanya Linkmagz bakal jadi penantang serius Viomagz sebagai template Blogger terbaik.

Viomagz sendiri bukan template yang buruk. Dengan tampilan pos berbentuk list dan fitur sticky widget yang tidak ada di LinkMagz, bisa saja template ini lebih cocok untuk blog kamu.

Lalu di mana saya bisa membeli template Linkmagz?

Seperti biasa, kamu bisa mendapatkan template milik mas Sugeng di situs resminya, Sugeng.id, atau melalui tombol BELI di bawah ini.

Untuk setiap pembelian template di situs resminya, kamu akan mendapatkan update selamanya dan support langsung dari mas Sugeng. Tidak hanya itu, template ini juga bebas kamu pakai untuk banyak domain sekaligus. Dijamin, harga Rp245.000 bisa menjadi investasi terbaik untuk blog Blogger kamu.

2 comments
    1. I also prefer viomagz though both have an abundant customization. And if you could use CSS, you could even modified further to make a completely different looks from other Viomagz/Linkmagz user.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like