9 Plugin Keamanan Terbaik untuk Website WordPress

Tidak seperti Blogger atau WordPress.com, keamanan menjadi tanggung jawab pemilik website WordPress. Untungnya hal ini bisa dilakukan dengan mudah memakai plugin keamanan terbaik WordPress berikut ini!

Keamanan adalah salah satu masalah yang mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap pemilik blog. Tidak hanya website besar saja yang memiliki ancaman keamanan, blog kecil pun juga tidak luput dari masalah ini.

Jika kita menggunakan platform blogging gratis seperti Blogger atau Wix, maka masalah keamanan adalah tanggung jawab mereka. Namun bagi pemilik website WordPress atau self-hosted lainnya, maka masalah keamanan adalah tanggung jawab mereka sendiri.

Bagi pemilik WordPress, salah satu cara mudah yang bisa lakukan adalah dengan memasang plugin keamanan. Untungnya plugin semacam ini cukup banyak, dan kualitasnya pun sangat bisa diandalkan.

Lalu apa saja plugin kemanan terbaik WordPress yang bisa kamu pakai? yuk simak daftarnya berikut ini.

Plugin Security Terbaik untuk Blog WordPress

1. Sucuri Security – Auditing, Malware Scanner, and Security Hardening

Plugin keamanan WordPress terbaik pertama yang ada di daftar ini adalah Sucuri yang juga saya pakai untuk website ini. Plugin security ini memliki banyak fitur yang bisa dipakai untuk memeriksa dan mengamankan website WordPress dari serangan malware, brute force attacks, DDoS, dan banyak masalah keamanan lainnya.

Meski memiliki segudang fitur, Sucuri tidak akan berpengaruh banyak pada kecepatan loading time serta tidak menambah beban pada server secara berlebih. Jadi kamu bisa membuat website WordPress aman tanpa khawatir situs menjadi lambat saat diakses.

Download Sucuri Security

2. Wordfence Security – Firewall & Malware Scan

Wordfence adalah salah satu plugin security yang memiiki rating bagus dan diinstal cukup banyak pengguna WordPress. Saking banyaknya digunakan, plugin ini masuk dalam daftar plugin WordPress terpopuler

Hal ini rasanya wajar-wajar saja melihat banyak fitur yang ada di plugin ini seperti perlindungan terhadap brute force attack atau firewall. Hebatnya lagi, fitur-fitur keren ini disediakan gratis oleh Wordfence.

Download Wordfence

3. iThemes Security

iThemes Security yang sebelumnya bernama Better WP Security adalah plugin security gratis lain yang bisa kamu gunakan untuk melindungi blog WordPress. Dengan 900.000+ instalasi aktif, plugin yang sudah ada sejak tahun 2008 ini bisa kamu andalkan.

Pada versi gratisnya terdapat fitur IP blocker yang akan membantu mencegah brute force attack, memindai situs untuk melihat celah keamanan, Force SSL,, hingga IP Block. Sementara padaversi Pro-nya terdapat lebih banyak lagi fitur keamanan tambahan mulai dari two factor authentication hingga menambahkan Google reCaptha.

Download iThemes Security

4. All-in-One WP Security & Firewall

All-in-One WP Security & Firewall adalah salah satu plugin keamanan terbaik dengan 800.000+ lebih instalasi aktif. Tidak hanya sarat fitur keamanan, plugin ini juga dilengkapi firewall dan sangat mudah dipakai.

Beberapa fitur yang kamu dapat pada versi gratisnya antara lain perlindungan terhadap DDoS dan brute force, memantau dan memblok alamat IP yang berulang kali salah login, hingga membackup file htaccess untuk berjaga-jaga.

Tidak hanya itu, pada backend tersedia grafik serta ukuran tingkat keamanan yang disertai tips agar dapat lebih diperkuat melalui plugin ini.

Download All-in-One WP Security & Firewall

5. Cerber Security, Antispam & Malware Scan

Cerber Security, yang mengambil inspirasi dari hewan mitologi Yunani Cerberus, adalah ‘anjing penjaga’ yang akan bekerja 24 jam nonstop melindungi website WordPress kamu. Dengan plugin ini, kamu tidak hanya terlindung dari hacker saja, tapi juga dari spam, trojan, dan malware.

Beberapa fitur yang disediakan cerber security antara lain membatasi jumlah percobaan login, anti-spam, advanced malware scanner, integrity checker, hingga membatasi akses dengan Black IP Access List.

Download Cerber Security

6. Shield Security – Protection with Smarter Automation

Salah satu poin penjualan dari Shield Security adalah sederhana dan mudah dipakai. Jika kebanyakan plugin keamanan memiliki menu pengaturan yang rumit, maka Shield Security membuatnya lebih mudah. Cukup lakukan sekali pengaturan dan sisanya bisa dilakukan beriringan saat website kita menghadapi masalah keamanan. Tidak hanya itu, plugin ini juga tidak akan membombardir inbox kamu dengan notifikasi yang menurut mereka tidak akan terlalu berguna saat kamu harus menghadapi masalah keamanan yang butuh tindakan cepat.

Untuk plugin keamanan gratis,Shield Security punya banyak fitur keren. Selain Firewall, masuh ada 2FA, reCaptcha, Automatic IP Black List, User Activity Logging, hingga Security Admin Users. Jika kamu butuh fitur yang lebih banyak dan support 24 jam, Shiled Security juga menyediakan versi Pro dengan harga terjangkau, $1.00 per bulan!

Download Shield Security

7. Defender WordPress Security, Malware Detection, and Firewall

Defender adalah plugin keamanan terbaik buatan WPMUDEV yang banyak membuat plugin keren seperti Hummingbird, Smush, atau Hustle. Dan meski baru memiliki 20.000+ instalasi aktif, plugin ini punya rating yang sangat baik dan patut kamu pertimbangkan

Tidak sulit untuk memakai plugin ini karena semua fitur keamanan yang kamu butuh bisa diaktifkan dengan satu klik saja. Pada versi gratisnya, kamu bisa memakai fitur keren seperti mengubah URL login, login lockout, two-factor authentication, blok user berdasarkan negara, firewall, mengubah prefix database, hingga mencegah eksekusi file PHP tak dikenal.

Download Defender

8. Bulletproof Security

Bulletproof Security adalah plugin keamanan yang memiliki banyak fitur keamanan terbaik. Pada versi gratisnya kamu bisa menemukan menu pengaturan untuk MScan Malware Scanner, .htaccess Website Security Protection, Hidden Plugin Folders, Login ecurity & Monitoring, hingga Idle Session Logout. Pada versi Pro terdapat belasan fitur tambahan keren lainnya yang bisa membantu mengamankan website WordPress kamu.

Uniknya, Bulletproof Security banyak menyediakan script keamanan yang bisa kamu tambahkan melalui file .htaccess. Kegunaannya pun cukup beragam mulai dari Brute Force Login Protection, XML-PRC DDoS Protection, hingga untuk proteksi terhadap hotlink.

Download Bulletproof Security

9. WP hide & Security Enhancer

Kejahatan pada sebuah website dilakukan dengan memanfaatkan celah keamanan pada website tersebut. Pada WordPress, hal ini dilakukan di beberapa tempat seperti halaman login, file admin, atau bahkan folder tema. Lalu bagaimana jika penyusup tidak dapat menemukan file-file tersebut?

Dengan menyamarkan path pada beberapa file krusial WordPress, penyusup tentu tidak akan bisa leluasa menjalankan aksinya. Dan untuk melakukannya dengan mudah, kita bisa memasang plugin WP Hide & Security Enhancer.

Fitur-fitur yang ada pada plugin WP Hide & Security Enhancer antara lain Custom Admin URL, Custom wp-login.php, new XML-RPC path, mengubah URL tema, custom wp-include folder, hingga block default wp-content.

Download WP Hide & Security Enhancer

Siapa Saja yang Butuh Plugin Keamanan Terbaik WordPress?

Tidak seperti platform blogging gratis seperti Blogger, masalah maintenance dan keamanan website WordPress menjadi tanggung jawab si pemilik blog. Untungnya masalah security bisa diatasi dengan mudah menggunakan plugin keamanan terbaik WordPress.

Keamanan sendiri bukan hal yang bisa dianggap sepele karena setiap harinya ada ribuan website yang terkena serangan jahat mulai dari dihack, disusupi malware, atau dipenuhi komentar spam. Jadi jika kamu memiliki website WordPress, memasang plugin keamanan adalah salah satu langkah yang bahkan bisa kamu lakukan setelah install WordPress.

Sebagai rekomendasi, 9 plugin keamanan terbaik di atas bisa kamu pertimbangkan. Namun jika kamu memiliki plugin favoritmu sendiri, jangan segan untuk berkomentar di bawah ini yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like