7 Plugin Google Maps WordPress Terbaik di 2020

Mau menambahkan peta Google Maps dan memodifikasinya dengan mudah di WordPress? 7 Plugin Google Maps WordPress Terbaik ini bisa kamu coba!

Bicara peta online rasanya tidak bakal jauh dari Google Maps. Dibandingkan layanan penyedia peta lainnya, Google Maps memang memiliki database yang jauh lebih besar dengan tingkat akurasi yang tinggi serta fitur-fitur yang luar biasa.

Dan jika kita memiliki blog atau website, kita bisa memasang peta Google Maps di website dengan mudah menggunakan kode embed.

Nah, khusus pengguna WordPress, kita juga bisa memakai plugin. Dengan plugin, kita tidak hanya bisa memasang Google Maps di blog saja tetapi juga menambahkan pin, memakai ikon marker kustom, petnujuk arah, dan lain sebagainya.

Dan tidak hanya itu, kita bisa memakai block Gutengerg atau shortcode untuk memunculkan peta di bagian manapun di website kita.

Plugin Google Maps Terbaik untuk WordPress (Gratis!)

1. Gutenberg Blocks – Ultimate Addons for Gutenberg

Jika yang kamu butuhkan hanya peta sederhana agar tidak perlu bolak-balik ke Google Maps untuk mendapatkan kode embed, kamu mungkin perlu mencoba plugin block Gutenberg.

Saat ini ada cukup banyak plugin blok Gutenberg yang menyediakan blok Google Maps, salah satunya adalah Gutenberg Blocks dari Brainstorm Force yang juga berada di balik salah satu tema terbaik WordPress, WP Astra.

Namun tidak hanya menyediakan blok untuk peta saja, pluigin ini juga punya blok lain yang tidak kalah keren seperti Blockquote kustom, CTA (Call-to-action), content timeline, info box, post carousel, dan belasan blok lainnya.

Download Gutenberg Blocks – Ultimate Addons

2. WP Google Maps

Dengan 400.000+ lebih instalasi aktif, WP Google Maps adalah plugin Google Maps terbaik dan terpopuler di repo WordPress. Dan dengan rating rata-rata 4.73, ada banyak alasan kenapa kamu harus mencoba plugin yang satu ini.

WP Google Maps adalah plugin yang mudah untuk digunakan. Kita bisa menambahkan berbagai macam peta seperti peta lokasi, rute, atau peta yang menunjukan area pengiriman dengan mudah hanya dengan menambahkan shortcode saja.

Pada versi gratisnya terdapat banyak fitur keren yang bisa kamu gunakan untuk membuat peta dan memodifikasinya dengan mudah. Enaknya lagi, semua fitur ini bisa kamu pakai gratis dan tanpa iklan maupun credit link. Dan jika fitur yang ada di versi gratis masih kurang, masih ada belasan fitur lainnya pada versi Pro yang mereka sediakan.

Download WP Google Maps

3. Google Maps Easy

Plugin Google Maps Easy buatan Supystic adalah plugin Google Maps WordPress Terbaik yang bisa kita pakai untuk menampilkan peta Google Maps di WordPress dengan mudah. Peta dapat ditampilkan dengan menggunakan shortcode, kode PHP, popup, atau melalui widget.

Peta yang kamu buat akan tampil responsive dan bagus pada perangkat apapun. Selain itu kita bisa melakukan modifikasi dengan mudah, bahkan menampilkan tombol sharing ke sosmed pada setiap peta.

Download Google Maps Easy

4. Google Maps Plugin by Intergeo

Intergeo dari Themeisle adalah salah satu plugin Google Maps terbaik di mana kita bisa menambahkan peta kustom menggunakan UI map builder. Peta yang sudah kita buat dengan settingan tertentu nantinya bisa kita simpan pada sebuah library dan kita gunakan lagi untuk digunakan di postingan atau halaman lainnya.

Dengan plugin ini, kamu bisa melakukan banyak hal selain memasang peta Google Maps. Misalnya saja,

  • Menentukan level zoom pada sebuah peta
  • Menambahkan banyak lokasi sekaligus
  • Menambahkan marker untuk menandai sebuah area
  • Melihat peta dalam berbagai mode (street view,, stellite view, atau terrain)
  • Menampilkan peta dengan shortcode

Download Google Maps Plugin by Intergeo

5. 10Web Map Builder for Google Maps

Plugin 10Web Map Builder for Google Maps adalah plugin yang menggabungkan kualitas dan kemudahan. Dengan plugin ini, kita bisa membuat dan menambahkan peta dengan mudah di WordPress. Modifikasi pun dapat dilakukan dengan beragam fitur yang dilengkapi dengan live preview agar kita bisa melihat langsung hasilnya.

Dengan plugin ini, kita bisa membuat peta dalam jumlah berapapun. Setiap peta yang dibuat dijamin responsif dan support semua fitur bawaan Google Maps seperti marker atau direction,. Selain itu kita bisa memakai plugin ini untuk menampilkan semua jenis peta mulai dari mode road, traffic, satellite, terrain, atau hybrid.

Download 10Web Map Builder for Google Maps

6. WP Google Map

WP Google Map dari FlipperCode juga menjadi salah satu plugin Google Maps terbaik yang bisa kamu coba. Dengan plugin ini, kita bisa membuat shortcode yang nantinya bisa kita pakai untuk menampilkan peta di mana saja seperti pos, halaman, atau widget. Tidak hanya itu, kita juga bisa menambahkan link serta marker kustom pada setiap peta.

Pada versi gratisnya, WP Google Map punya fitur yang melimpah. Selain bisa dipakai untuk membuat peta yang responsif, plugin ini juga punya banyak fitur lain seperti:

  • Menambahkan beberapa lokasi sekaligis pada satu peta
  • Menambahkan kotak pesan pada setiap loksi
  • Mengatur dimensi peta
  • Menampiolkan trafik secara real-time
  • Memfilter marker berdasarkan kategori, dll.

Download WP Google Map by Flippercode

7. Shortcode Ultimate

Sama seperti Plugin Blok Gutenberg di atas, Shortcode Ultimate bukanlah plugin khusus Google Maps. Plugin ini merupakan kumpulan shortcode yang bisa dipakai untuk beragam hal mulai dari membuat menu tabs, spoiler, accordion, dropcap, columns, image carousel, slider, dan banyak lagi yang lainnya. Jadi jika kamu ingin plugin serbaguna, maka Shortcode Ultimate bisa kamu pertimbangkan.

Sayangnya untuk shortcode Google Maps sendiri fiturnya cukup terbatas dibanding plugin Google Maps Terbaik lainnya. Di plugin ini kamu hanya bisa menentukan dimensi peta, memuatnya responsif, menambahkan alamat, dan mengatur initial zoom. Jika kamu ingin modifikasi lainnya, kamu bisa menambahkan class CSS khusus pada peta tersebut.

Download Shortcode Ultimate


Jika kamu sering menampilkan peta di WordPress, maka kamu bisa mencoba salah satu dari 7 plugin Google Maps terbaik di atas. Tidak hanya bisa untuk menampilkan peta yang responsif, plugin ini juga punya banyak fitur yang bisa membuat tampilan peta jauh lebih keren.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like