5+ Plugin Contact Form WordPress Terbaik (Gratis)

Halaman kontak adalah salah satu laman yang punya peranan penting bagi blog. Untungnya, kita bisa membuat halaman kontak dengan mudah menggunakan plugin contact form terbaik WordPress berikut ini.

Sesuai dengan namanya, halaman kontak adalah laman khusus di mana pengunjung bisa meninggalkan pesan kepada admin atau pengurus blog tersebut.

Meski kini ada medsos, form kontak memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki media komunikasi lainnya.

Pertama, pengunjung dapat mengirim pesan tanpa harus meninggalkan blog kita. Prosesnya pun cukup mudah karena mereka hanya perlu mengisi form yang sudah ada, tanpa perlu copy paste alamat email yang dituju.

Dan karena alamat email blog tidak terpampang secara gamblang, kamu memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena spam.

Lalu bagaimana cara membuat halaman kontak di website atau blog? Ternyata caranya cukup mudah menggunakan plugin contact form terbaik WordPress berikut ini!

Plugin Contact Form Gratis Terbaik di WordPress

Meski namanya contact form, plugin tersebut umumnya bisa dipakai untuk membuat beragam form, tidak hanya form kontak saja. Sayang pada versi gratisnya, form yang bisa kamu buat cukup terbatas, baik jenis maupun fiturnya.

Namun jika kamu hanya butuh untuk membuat form sederhana, maka plugin-plugin ini akan cocok buat kamu.

1. Jetpack

Plugin serbaguna dengan tambahan fitur contact form

Jetpack adalah plugin serbaguna yang memiliki banyak fitur yang diperlukan oleh sebuah blog. Fitur-fitur Jetpack antara lain statistik blog, related post, lazy load, image CDN, backup, security, hingga membuat form kontak.

Jadi jika kamu sudah memakai Jetpack, rasanya kamu tidak perlu lagi memasang plugin khusus untuk membuat form. Apalagi jika yang kamu butuhkan hanyalah sebuah form kontak sederhana.

Form dari Jetpack bisa kamu lihat di bagian atas editor teks pada Pos atau Laman. Dengan begitu kita bisa memasukan form kontak di mana saja di blog kita.

Download Jetpack

2. Contact Form 7

Plugin contact form gratis terbaik untuk WordPress

Dengan 5 juta lebih instalasi aktif, Contact Form 7 adalah salah satu plugin terpopuler. Di antara semua plugin contact Form terbaik WordPress, Contact Form 7 adalah plugin paling banyak diunduh sepanjang masa. Dengan plugin ini, kita bisa membuat berbagai macam form dengan mudah dan meletakannya di mana pun di bagian blog kita.

Beberapa hal yang membuat plugin ini banyak disukai adalah tampilannya yang simpel dan fiturnya yang melimpah. Selain itu plugin ini benar-benar gratis dan tidak memiliki versi Pro. Dan jika kamu ingin fitur tambahan yang tidak ada di plugin ini, kamu bisa juga menginstal beragam ekstensi untuk Contact Form 7.

Untuk masalah keamanan juga tidak perlu khawatir. plugin ini memiliki opsi Captcha dan bahkan bisa disandingkan dengan plugin anti-spam seperti Akismet.

Kalaupun ada satu kekurangan, plugin ini tidak semudah plugin lainnya. Untuk membuat form yang kita inginkan, kita harus ‘merangkainya’ sendiri seperti kita membuat form dengan HTML, meski pada plugin ini prosesnya jauh lebih mudah.

Download Contact Form 7

3. WPForms

Plugin contact form WordPress terbaik dengan drag and drop builder

Jika kamu hanya ingin membuat form kontak sederhana tanpa perlu ribet ‘ngoding’, maka WPForms adalah salah satu opsi terbaik.

Dengan sistem drag and drop, kita bisa membuat form dengan cepat dan mudah seperti bermain dengan LEGO. Cukup tarik field yang kita butuhkan seperti NAMA atau EMAIL, lalu tempatkan field tersebut di tempat yang kita inginkan.

Asyiknya lagi, WPForms sudah menyediakan 4 template siap pakai. Jadi selesai diinstal, kamu sudah bisa membuat halaman kontak kamu sendiri.

Pada versi gratisnya, WPForms rasanya sudah lebih dari cukup untuk pemakaian pribadi. Form pun sudah dilengkapi dengan metode honeypot dan ReCaptcha untuk melindunginya dari spam. Namun jika kamu ingin membuat form yang lebih kompleks, WPForms tersedia dalam versi Premium mulai dari $39.50 per tahun.

Download WPForms

4. Ninja Forms

Buat form kontak lebih mudah di WordPress dengan plugin ninja form

Sama seperti WPForms, Ninja Forms adalah plugin contact form terbaik WordPress yang memiliki sistem drag and drop. Dengan begitu, kamu bisa membuat form dengan mudah dan cepat tanpa ribet!

Ninja Forms sendiri adalah plugin freemium yang artinya kamu bisa memakainya secara gratis meski ada opsi untuk mengupgradenya. Pada versi gratis, kamu bisa menggunakan 27 field type berbeda serta template form yang bisa dimodifikasi. Setiap field dapat dikustomisasi dengan mudah agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Form yang dibuat pun dijamin responsive, SEO friendly, serta memiliki tampilan yang sepadan dengan tema yang kamu pakai. Form ini pun nantinya bisa dipasang di mana pun melalui widget atau shortcode.

Download Ninja Forms

5. Formidable Forms

Buat form kontak dengan cepat dan mudah tanpa perlu koding dengan Formidable Forms

Formidable Forms adalah plugin dengan drag and drop builder yang bisa membantu membuat form dengan mudah, bahkan untuk yang tidak berpengalaman sekalipun.

Dengan 7 macam field pada versi gratis, plugin ini sudah lebih dari cukup untuk membuat form sederhana seperti form kontak. Jika kita tidak ingin membuatnya dari awal, kita juga bisa memakai form bawaan yang sudah disediakan.

Form yang sudah kamu buat nantinya bisa kamu import/export dalam bentuk XML. Selain itu kamu juga bisa mengubah kode HTML dan CSS form untuk mendapatkan tampilan yang kamu mau. Tidak hanya itu, beragam pesan pun bisa kamu buat dan modifikasi dengan mudah.

Download Formidable Forms

Plugin Contact Form WordPress Lainnya yang Bisa Kamu Gunakan!

Sebagai rekomendasi, saya memiilih Contact Form7 dan WPForms sebagai plugin contact form terbaik WordPress.

Contact Form 7 memiliki banyak fitur yang bisa dipakai untuk membuat segala jenis form yang pada kebanyakan plugin ada di versi Pro. Tidak hanya itu, plugin ini juga memilki support dari banyak plugin pihak ketida yang membuatnya lebih powerful lagi.

Sayangnya pembuatan form cukup rumit dibandingkan plugin lainnya, karena itulah saya menyarankan WPForms yang bisa dipakai untuk membuat form hanya dengan drag and drop. Dan jika hanya butuh form kontak sederhana, kamu bisa langsung memakai template form yang sudah jadi tanpa perlu melakukan apa-apa lagi.

Namun jika kamu ingin mencoba plugin lainnya, sebenarnya masih ada banyak lagi plugin contact form terbaik WordPress yang bisa kita pakai. Sebagai contoh,

  • Caldera Forms
  • Everest Forms
  • Form Maker by 10Web
  • Contact Form by Supystic
  • Contact Fomrs by OriginCode

Kelimanya menggunakan metode drag and drop agar kita bisa membuat form dengan mudah. Form pun sudah dilengkapi ReCaptcha agar bebas dari spam. Jadi jika kelima plugin sebelumnya belum memuaskan kamu, lima plugin ini bisa kamu coba juga!

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like