7 Plugin Anti Spam Terbaik Selain Akismet

Pusing menyaring komen spam satu-persatu tapi tidak mau repot dengan aktivasi Akismet? 7 Plugin anti spam terbaik ini bisa jadi pertimbangan kamu!

Bagi pemilik blog, mendapatkan komentar di salah satu artikel kita adalah hal yang menyenangkan. Adanya komentar menunukan kalau ada yang peduli dengan artikel yang kita buat, meski ada banyak juga yang tujuannya hanya blogwalking saja.

Sayangnya tidak semua komentar itu sama!

Pada banyak kasus, komentar juga seringkali dimanfaatkan untuk keuntungan si pemberi komentar saja. Salah satunya adalah dengan menyisipkan link aktif pada komentar mereka.

Jika kamu menemukan komentar semacam ini, mungkin kamu sudah terkena komen spam. Dan meski asyik mendapatkan komentar dari orang lain, ada baiknya kamu tidak menerima komentar spam di blog kamu.

Cara Mencegah Komentar Spam dengan Akismet

Spam sebenarnya bisa dicegah secara manual dengan menerapkan moderasi untuk setiap komen yang masuk. Dengan begitu kita bisa memilah mana komen yang benar-benar relevan dengan artikel kita.

Sayangnya komen spam seringkali datang bertubi-tubi. Sebagai contoh, bisablog mendapat ribuan komen spam dibanding ratusan komen saja yang relevan dengan artikel di blog ini.

Menyaring semuanya satu-persatu jelas akan merepotkan bukan? Untungnya di WordPress ada plugin yang bisa membantu kita!

Salah satu plugin anti spam terbaik di WordPress adalah Akismet. Plugin ini sendiri dibuat oleh Automattic, yang juga membuat WordPress. Jadi jangan heran jika kamu menemukan plugin ini sebagai salah satu plugin default saat kamu menginstal WordPress.

Tingkat popularitas Akismet sebagai plugin anti-spam terbaik memang bukan tanpa sebab. Dengan database spam yang sangat masif, tingkat akurasi Akismet dalam mengenali komentar spam bisa diacungi jempol. Tidak hanya komen dalam bahasa Inggris saja, tetapi juga bahasa lokal seperti bahasa Indonesia.

Problem dengan Akismet

Sebelum kita bisa memakai plugin ini, kita harus membuat akun WordPress dan mengaktifkan Akismet dengan meminta API key terlebih dahulu.

Sayangnya tidak semua orang mau repot untuk melakukan aktivasi semacam ini. Lagipula jika ada cara yang lebih mudah, kenapa harus pakai yang ribet. Toh ternyata ada banyak alternatif Akismet yang tidak kalah bagusnya!

Plugin Anti Spam Gratis Terbaik Selain Akismet

Jika kamu menggunakan plugin keamanan WordPress, kamu bisa melihat fitur plugin tersebut sebelum memasang plugin anti spam. Beberapa plugin kemanan terbaik seperti Cerber Security memiliki fitur anti spam yang bisa kamu pakai untuk menyaring komen yang masuk.

Namun jika plugin keamanan yang kamu pakai ternyata tidak memiliki fitur anti-spam, kamu bisa memilih salah satu plugin anti spam terbaik berikut ini.

1. Antispam Bee

Antispam Bee, plugin anti spam terbaik alternatif Akismet yang paling populer

Dengan 500.000+ instalasi aktif, Antispam Bee adalah alternatif Akismet yang paling populer. Saya sendiri merekomendasikan plugin ini karena tingkat akurasinya sangat baik. Pemakaiannya pun mudah karena kita tidak perlu meminta API key terlebih dahulu. Cukup pasang seperti plugin biasa, Antispam Bee pun siap bekerja.

Sama seperti Akismet, Antispam Bee dapat dipakai untuk menangkal komen spam pada komentar. Tidak hanya itu, plugin ini juga dapat mencegah pingback dan trackback secara efektif.

Yang menarik, kita bisa memblok komentar dari bahasa atau negara tertentu. Selain itu kita juga bisa secara otomatis menghapus komen spam dalam jangka waktu tertentu. Asyiknya lagi, plugin ini benar-benar gratis tanpa iklan.

Download Antispam Bee

2. Anti-Spam by CreativeMotion

Cegah komen spam dengan teknologi AI dari Anti-spam

Plugin anti spam terbaik lainnya yang tidak kalah populer adalah Anti-Spam yang dibuat oleh tim Creative Motion. Sama seperti Antispam Bee, tidak sulit untuk memakai plugin ini. Tidak sampai satu menit, plugin siap digunakan.

Anti Spam bekerja dengan membandingkan komen dengan database mereka. Ketika ada komen yang dianggap spam, maka teknologi neural network mereka akan memeriksa ulang semua komen yang belum tersaring untuk menjaring spam.

Pada versi Pro, plugin Anti-spam bahkan bisa memeriksa semua komen yang sudah disetujui untuk mencari spam yang terlewat.

Download Anti-spam

3. Stop Spammers

Cegah spam di komentar, halaman registrasi, dan halaman login dengan Stop Spammers

Stop Spammers adalah plugin yang bisa dipakai untuk mencegah spam, baik yang melalui komentar, halaman registrasi, atau halaman login. Fitur yang ditawarkan pun sangat melimpah dengan lebih dari 30 menu konfigurasi yang berbeda.

Masalah kompabilitas plugin ini pun tidak perlu diragukan. Stop Spammer cocok digunakan dengan Contact Form 7, WooCommerce, BuddyPress, atau plugin anti spam lainnya seperti Akismet.

Download Stop Spammers

4. WordPress Zero Spam

Wordpress Zero Spam, plugin anti-spam terbaik dengan metode JS Key Validation

WordPress Zero Spam adalah plugin yang dibuat berdasarkan konsep David Walsh dari Mozilla di mana mereka memakai JavaScript key validation pada server dan client untuk mencegah bot spam. Dengan begitu plugin ini tidak butuh Captcha untuk membedakan bot dan manusia.

Untuk memakainya pun cukup mudah, cukup instal dan aktifkan saja, tidak perlu meminta API key terlebih dahulu.

Plugin ini bekerja dengan baik di Contact Form 7, Gravity Form, Ninja Forms, BuddyPress, dan WPForms. Sayangnya plugin anti spam ini tidak kompatibel dengan komen bawaan JetPack.

Download WordPress Zero Spam

5. WPBruiser

WPBruiser, plugin anti-spam gratis dengan segudang fitur keren

WPBruiser adalah plugin anti spam terbaik yang bisa dipakai untuk menghilangkan spam dari komentar dan halaman login. Tidak hanya itu, plugin ini juga bisa dipakai untuk menangkal serangan brute force.

Selain mendeteksinya, plugin ini juga bisa menghapus komen spam secara otomatis. WPBruiser juga tidak tergantung pada layanan eksternal. Hal ini membuat loading blog tetap cepat dan menjaga kerahasiaan data-data login blog kamu.

Untuk membedakan manusia dan bot, plugin ini tidak memakai Captcha atau metode verifikasi lainnya. Jadi kamu bisa memiliki situs bebas spam tanpa menggangu pengunjung sebenarnya.

Download WPBruiser

6. Spam Destroyer

Spam Destroyer, plugin simpel untuk menyaring komen spam

Spam Destroyer adalah plugin sederhana yang bisa memblok bot spam tanpa menampilkan Captcha atau metode verifikasi yang menggangu.

Plugin ini bahkan tidak memiliki menu pengaturan yang artinya kamu bisa langsung memasangnya dan biarkan plugin ini bekerja. Jika kamu tidak mau repot dan hanya ingin menyaring spam dari kolom komentar saja, maka plugin ini akan cocok untukmu.

Download Spam Destroyer

7. Stop WP Comment Spam

Plugin anti spam gratis terakhir yang bisa kamu coba adalah Stop WP Comment Spam dari Fullworks. Plugin sederhana ini bisa dipakai untuk menyaring komen spam tanpa mengganggu pengunjung dengan menampilkan Captcha atau sejenisnya.

Plugin ini gratis untuk dipakai, baik untuk perorangan maupun bisnis. Untuk memakainya pun kita tidak perlu meminta API key terlebih dahulu. Plugin ini bisa dipakai bersamaan dengan plugin keamanan atau bahkan plugin anti-spam lainnya.

Jika kamu ingin mengintegrasikan plugin ini ke halaman kontak atau akun WooCommerce, Fullworks menyediakan versi Pro mulai dari $8.99 per tahun.

Download Stop WP Comment Spam

Penutup

Seperti kamu lihat, ada cukup banyak plugin anti spam yang bisa kita pakai selain Akismet. Dengan fungsi yang mirip dan tingkat akurasi yang tidak jauh berbeda, plugin anti spam terbaik di atas bisa jadi pertimbangan jika kamu tidak mau repot dengan aktivasi Akismet.

Dari pengalaman saya pribadi, Antispam Bee dan WPBruiser sangat mudah dipakai dan bisa menjaring komen spam dengan baik. Namun jika kamu punya rekomendasi lainnya, jangan segan untuk berkomentar di bawah ini yah!

Leave a Reply