Cara Menampilkan Daftar Pos Terjadwal Pada WordPress

Meski secara default pos terjadwal (scheduled posts) tidak akan nampak oleh pembaca sebelum waktu publikasinya, kamu bisa membuat daftar berisi judul pos-pos tersebut sebagai teaser bagi pengunjung.

Menjadwalkan pos adalah salah satu fitur bawaan WordPress yang bisa kamu gunakan untuk mempublikasikan pos pada satu waktu tertentu.

Dengan penjadwalan ini, kamu bisa mendapatkan manfaat seperti konsistensi dalam publikasi konten, mengatur agar pos muncul saat peak traffic, hingga memberi kamu waktu kosong untuk bersantai sejenak dari kegiatan blogging.

Penggunaannya sendiri cukup mudah karena kamu hanya perlu mengubah tanggal publikasi langsung saat membuat pos/laman, tanpa perlu koding, tanpa perlu plugin.

Karena statusnya yang ‘terjadwal’, maka secara otomatis scheduled posts tidak akan nampak oleh para pembaca. Namun kamu bisa memberi sedikit gambaran mengenai pos yang sudah kamu jadwalkan dengan menampilkan daftar judul pos tersebut pada sidebar WordPress.

Apa Manfaat Menampilkan Daftar Pos Terjadwal pada WordPress?

Tergantung jenis blog/website yang kamu miliki, rasanya ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dengan membuat daftar pos terjadwal.

Contohnya bila kamu memiliki situs yang sering menampilkan artikel berbentuk cerita atau artikel dalam bentuk tulisan yang sangat panjang, menampilkan jadwal pos selanjutnya bisa memberi pembaca sedikit gambaran mengenai kelanjutan artikel yang sedang mereka baca.

Selain itu, bila kamu bisa mengkombinasikannya dengan layanan email, cerita menarikmu bisa meraih banyak pelanggan yang menanti kelanjutan artikel dan berharap dapat langsung membacanya ketika terbit.

Cara Menampilkan daftar pos terjadwal pada WordPress

Menampilkan daftar publikasi pos selanjutnya pada Wordpres tentu hal yang mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan menginput daftar secara manual dengan widget teks. Sayangnya kamu harus selalu mengupdate daftar tersebut setiap kali ada pos yang terbit atau dijadwalkan.

Bila kamu ingin semuanya berjalan otomatis, kamu bisa menggunakan plugin atau menambahkan kode sendiri ke dalam file functions.php.

1. Menampilkan daftar pos terjadwal dengan plugin

Salah satu plugin yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan daftar pos yang akan dipublikasikan selanjutnya adalah Show Off Upcoming Posts (SOUP) buatan Dave Clements.

Sebagai catatan, plugin ini sudah tidak diupdate lebih dari dua tahun dan secara resmi hanya pernah dicoba hingga WordPress versi 4.5.13 oleh pembuatnya. Namun jangan khawatir, saya sendiri sudah mencoba plugin ini pada WordPress terbaru yang saat ini (versi 4.9.4) dan plugin ini masih berjalan sempurna.

Setelah memasang dan mengaktifkan plugin Show Off Upcoming Posts (SOUP), kamu bisa membuat daftar pos terjadwal dalam bentuk widget yang bisa kamu tampilkan pada sidebar, header atau footer WordPress. Cara pemasangannya pun sama seperti widget biasa, kamu hanya perlu masuk ke menu Appearance » Widgets atau Appearance » Customize » Widgets bila kamu ingin melihat perubahannya langsung.

Pada widget ini, ada beberapa menu pengaturan yang bisa kamu ubah, seperti:

  • Judul Widget
  • Jumlah judul pos yang akan kamu tampilkan
  • Opsi untuk menampilkan tanggal publikasi, link RSS, dan link Newsletter.
  • Urutan judul pos yang ditampilkan, baik sesuai tanggal atau acak.
  • Pesan bila tidak ada pos terjadwal selanjutnya.

Setelah selesai, simpan dan lihat widget yang sudah kamu pasang.

2. Menampilkan daftar pos terjadwal dengan kode

Untuk menampilkan daftar pos terjadwal secara manual, kita akan menambahkan kode berikut pada file functions.php. Untuk kamu yang belum tahu caranya, seilahkan lihat artikel tips dan trik functions.php.

function bb_upcoming_posts() { 
    $the_query = new WP_Query(array( 
        'post_status' => 'future',
        'posts_per_page' => 3,
        'orderby' => 'date',
        'order' => 'ASC'
    ));
 
if ( $the_query->have_posts() ) {
    echo '<ul>';
    while ( $the_query->have_posts() ) {
        $the_query->the_post();
        $output .= '<li>' . get_the_title() .' ('.  get_the_time('d-M-Y') . ')</li>';
    }
    echo '</ul>';
 
} else {
    $output .= '<p>No posts planned yet.</p>';
}
 
wp_reset_postdata(); 
return $output; 
} 

add_shortcode('upcoming_posts', 'bb_upcoming_posts');

Pada kode di atas, kita akan membuat shortcode untuk membuat daftar berisi tiga pos yang akan kita publikasikan selanjutnya. Untuk menggunakannya, cukup tambahkan widget teks dan gunakan shortcode [upcoming_posts]. Sebagai catatan, bila kamu ingin menampilkan link menuju RSS dan Newsletter seperti pada plugin SOUP, kamu harus melakukannya secara manual dengan kode HTML biasa.

Setelah selesai, cek website kamu dan lihat hasilnya. Bila widget tidak muncul, coba tambahkan kode berikut pada file functions.php untuk mengaktifkan eksekusi shortcode pada widget teks

add_filter('widget_text', 'do_shortcode');


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.