10 Shortener URL Terbaik Gratis Untuk Memperpendek Link

Memperpendek link tidak hanya membuat link menjadi lebih singkat, tapi juga menambahkan fungsi tracking hingga membuat link kustom. Untuk membuat link pendek, kita bisa memakai beberapa layanan shortener URL terbaik berikut ini.

Membuat link pendek sekilas memang bukan hal yang dirasa penting. Toh biasanya menyalin link biasa juga sudah lebih dari cukup. Namun pada beberapa kasus, menyingkat link memiliki banyak manfaat.

Sebagai contoh, ada sosial media yang membatasi banyaknya karakter yang bisa dimuat dalam satu postingan. Menyingkat link yang terlalu panjang jelas bisa membantu mengatasi limit tersebut.

Contoh lainnya adalah ketika kita ingin mengetahui berapa banyak orang yang mengklik sebuah link. Pada banyak tools shorten URL, kita bisa mengetahui hal ini dengan mudah karena link pendek sudah memiliki fungsi tracking untuk memantau banyak hal mulai dari jumlah klik hingga demografi pengunjungnya.

Manfaat lain dari membuat link pendek adalah masalah kustomisasi. Pada banyak tools shorten URL, kita bisa membuat link kustom dengan nama yang kita inginkan. Link dengan nama yang mudah dihafal tentu akan lebih mudah diingat dibanding link dengan nama dan angka random bukan?

Untungnya membuat link pendek semacam ini bukanlah hal yang sulit. Dengan menggunakan layanan pemendek link, kita bisa memperpendek link dengan mudah.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi, beberapa layanan shorten URL ini bisa jadi pilihan kamu!

9+ Situs Short URL Terbaik Gratis

1. Bit.ly

Bisa dibilang Bit.ly adalah situs short URL terbaik saat ini, apalagi setelah layanan shortener URL milik Google goo.gl tidak lagi beroperasi.

Untuk menggunakan Bit.ly sebenarnya kita tidak perlu daftar terlebih dahulu. Cukup masukan link ke dalam kotak isian yang disediakan, link pendek pun siap digunakan. Namun jika kamu membuat akun gratis Bit.ly, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat, seperti:

  • Buat link pendek gratis hingga 1.000 link per bulan.
  • Buat link custom dengan nama yang kamu inginkan seperti bit.ly/namalink hingga 50 link per bulan.
  • Memberi tag pada link.
  • Menyimpan data histori hingga 30 hari agar kita bisa menganalisa performa link pendek yang dibuat.
  • Terhubung dengan Twitter dan posting link langsung dari Bit.ly
  • Mengamankan akun dengan 2FA (2 Factor Authentication)

Selain memperpendek link melalui situsnya, Bit.ly juga menyediakan aplikasi mobile dan extensi browser. Dengan begitu kita bisa membuat link pendek dan memonitornya dari mana saja.

2. S.id

Jika kamu butuh layanan pemendek link yang sederhana, shortener URL lokal buatan PANDI S.id bisa jadi salah satu pertimbangan.

Sama seperti Bit.ly, kita tidak perlu daftar dulu untuk memendekkan link. Namun jika ingin mendapatkan fitur tambahan, S.id memiliki akun gratis yang sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi.

Melalui dasbor S.id, kita bisa membuat lShort URL dengan mudah hanya dengan menempel link di kotak isian yang telah disediakan. Link tersebut juga nantinya bisa diubah namanya agar lebih unik dan mudah dibaca.

Tidak hanya itu, link pendek yang dibuat dilengkapi dengan tracker sehingga kita bisa melihat statistik link seperti jumlah kunjungan dan jumlah pengunjung uniknya.

Untuk keamanan akun juga tidak perlu khawatir karena S.id sudah melengkapi semua link dengan SSL (HTTPS) agar link tidak mudah dimanipulasi orang lain.

shortener URL terbaik gratis asal Indonesia, S.id

3. TinyURL

TinyURL adalah situs URL shortener yang sudah ada sejak tahun 2002. Situs ini 100% gratis dan bisa kamu gunakan tanpa harus daftar terlebih dahulu. Jadi cocok buat kamu yang ingin membuat link pendek dengan cepat secara anonymous. Link yang kamu buat pun diklaim tidak akan hilang/expired.

Meski gratis, TinyURL juga support domain kustom sehingga kamu bisa membuat link dengan nama kamu sendiri. Satu hal yang menarik, kamu juga bisa menggunakan TinyURL untuk membuat link pengalihan yang bisa dipakai untuk mengarahkan setiap halaman yang ada di sebuah domain.

Sebagai contoh, misalnya kita membuat link menuju https://website.com/blog/ menjadi http://tinyurl.com/blogsaya. Maka kita bisa membuat link menuju salah satu halaman di blog tersebut tanpa membuat lagi link pendek di TinyURL. Misal untuk mengakses https://website.com/blog/artikel kita bisa langsung memakai link http://tinyurl.com/blogsaya/artikel.

4. Is.gd

Is.gd adalah situs shortener URL dengan tampilan yang sangat sederhana. Untuk menggunakannya kita tidak perlu daftar terlebih dahulu dan link yang kita buat pun dipastikan akan tetap ada dan tidak akan expired.

Meski tidak perlu buat akun dulu, kita tetap bisa melihat statistik link pendek yang kita buat. Cukup centang opsi “log statistics for this link” saat memendekan link. Statistik link tersebut nantinya bisa dilihat dengan menambahkan tanda sambung dash (-) di akhir link, seperti https://is.gd/bisablog-.

Satu hal yang menarik, link yang sudah disingkat nantinya bisa ditampilkan dalam bentuk QR Code juga. Opsi untuk membuat QR code ini bisa kamu lihat setelah link pendek selesai dibuat.

memperpendek link dan melihat statistik link dengan is.gd

5. Shorturl.at

Shorturl.at adalah tools yang bisa dipakai untuk memperpendek link secara gratis tanpa perlu buat akun terlebih dahulu. Dengan tampilan yang super simpel, kita hanya perlu menempel link pada kotak isian yang tersedia di situs sini. untuk melihat statistik link pendek, kita bisa menggunakan tools URL Click Counter yang telah disediakan oleh situs ini.

6. Cutt.ly

Shortener URL gratis terbaik lain yang bisa kamu coba adalah Cutt.ly. Meski bisa dipakai tanpa harus daftar terlebih dahulu, ada baiknya jika kita membuat akun untuk merasakan semua fiturnya.

Sebagai tools gratisan, Cutt.ly memiliki banyak fitur yang rasanya cukup untuk pemakaian pribadi. Selain menyediakan stattisik lengkap, Cutt/ly juga bisa digunakan untuk membuat link kustom dan QR code. Link yang dibuat pun dapat diberi tag agar lebih mudah dikelola.

Untuk mempermudah kamu memperpendek link, Cutt.ly juga menyediakan tombol bookmark. Denga begitu kamu bisa memakai shortener URL ini langsung dari browser kamu.

7. Dik.si

Selain S.id, shortener URL lain yang juga berasal dari Indonesia adalah Dik.si. Tanpa perlu membuat akun, kita bisa langsung membuat link pendek pada kotak isian yang tersedia di situs ini.

Satu hal yang menarik dari layanan ini adalah fitur link overlay yang bisa didapat dengan membuat akun gratis. Dengan fitur ini, kita bisa memunculkan kotak pesan saat ada yang mengklik link pendek yang kita bagikan.

8. Hyperlink

Hyperlink tidak jauh berbeda dari layanan URL shortener lain di daftar ini. Selain bisa dipakai untuk membuat link pendek dengan nama custom, Hyperlink juga menyediakan fitur tracking pada link pendek tersebut.

Bedanya, Hyperlink juga bisa mengubah link pendek menjadi QR Codes. Selain itu pada aplikasi mobilenya, kita bisa mendapatkan push notification setiap kali ada yang mengklik link yang kita buat.

9. YOURLS

YOURLS adalah kepanjangan dari Your Own URL Shortener. Beda dari URL shortener lainnya yang siap pakai, YOURLS adalah script PHP yang bisa dipakai untuk membuat pemendek URL kita sendiri. Beberapa fitur yang ada pada script ini antara lain:

  • Membuat URL shortener untuk pribadi atau pulbik
  • Membuat link pendek secara otomatis berdasarkan urutan atau menggunakan URL kustom
  • Bookmarklets untuk memudahkan kita membuat dan membagikan link pendek
  • Statistik lengkap mulai dari jumlah klik, demografi pengujung, dan sumber trafik

Meski repot harus membangung aplikasi kita sendiri, cara ini memiliki beberapa keuntungan, seperti menjamin keamanan data kita sendiri, tidak tergantung pada aplikasi pihak ketiga, tampil beda dengan memakai domain kita sendiri, serta tidak ada batasan pemakaian.

Btw, jika kamu tertarik untuk membuat layanan shortener URL kamu sendiri, kamu juga bisa mengecek script PHP lain bernama Polr.

10. Adtival

Situs Shorten URL terakhir yang bisa kamu coba adalah Adtival. Beda dengan semua pemendek URL di daftar ini, Adtival akan membayar kamu setiap kali ada yang mengklik link pendek yang kita buat.

Komisi yang didapat dihitung berdasarkan klik unik dari 1 alamat IP. Untuk trafik Indonesia, kita akan mendapatkan $3.30 per 1.000 views unik. Dana yang terkumpul nantinya bisa dicairkan melaui Bank, Paypal, atau OVO.

Fiturnya sendiri tidak berbeda dengan URL shortener pada umumnya. Selain bisa melihat statistik seperti jumlah view, Adtival juga menyediakan script khusus agar kita bisa mengubah semua link dari situs tertentu menjadi link pendek.

Jika kamu tertarik untuk menghasilkan uang dengan cara ini, simak juga beberapa Shortlink Terbaik lainnya seperti SafelinkU atau shorte.st.


Manfaat utama dari memperpendek link tentu untuk membuatnya lebih ringkas. Hal ini akan sangat berguna jika kita ingin membagikan link di platform yang tidak mendukung banyak karakter seperti Twitter.

Namun tidak hanya itu, fitur statistik yang ada pada kebanyakan situs shortener URL terbaik di atas bisa membantu kita untuk mengetahui berapa jumlah klik yang ada pada sebuah link. Dan pada beberapa short URL, kamu juga bisa menghasilkan uang lho. Jadi sayang kan kalau dilewatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like