Ini adalah tutorial singkat bagaimana cara menambahkan konten default WordPress pada setiap pos yang akan kamu buat. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot untuk membuat konten yang sama berulang-ulang.

Ada beberapa blogger yang memiliki kebiasaan untuk membuka atau menutup semua postingan mereka dengan kata-kata, gambar, atau konten tertentu lainnya. Misalnya saja ada sebuah blog yang semua postingannya selalu ditutup dengan kalimat ajakan untuk berkomentar dan membagikan konten blog tersebut.

Kalau kamu termasuk blogger yang seperti ini, mungkin kamu sadar betapa repetitifnya pekerjaan tersebut.

Ini adalah tips singkat untuk kamu yang ingin mengubah template postingan kamu dengan meletakan konten tertentu ke dalamnya.

Konten ini akan menjadi konten default WordPress yang akan selalu muncul setiap kali kamu membuat pos baru. Tips dengan file functions.php ini pun sangat mudah dilakukan.

Pertama-tama, masuk ke dalam menu TAMPILAN » PENYUNTING melalui dasbor admin WordPress. Setelah itu, cari file functions.php yang ada pada template WordPress yang kamu pakai pada kolom paling kanan.

Buka file functions.php milik tema WordPress
Buka file functions.php milik tema WordPress yang kamu pakai.

Setelah itu, kamu tinggal memasukan kode berikut ke dalam file functions.php yang sudah kamu pilih. Kalau kamu sudah selesai, klik tombol PERBARUI BERKAS.

// Tambahkan konten default pada pos //
function bb_default_post_content( $content ) {
  $content = 'Masukan konten kamu di sini. Kamu bisa memasukan kode HTML juga lho!';				
	return $content;
}
add_filter( 'default_content', 'bb_default_post_content' );

Untuk mengubah isi konten default, kamu hanya perlu mengubah isi pada baris ke-3 setelah kata $content= di dalam tanda kutip. Dan pada baris ini kamu bebas mengisinya dengan apapun, teks, link gambar, hingga kode HTML lainnya.

Dengan memasukan kode HTML, kamu juga bisa mempercantik tampilan konten default tersebut, salah satunya adalah dengan memberikan class tertentu pada konten yang kita gunakan. Misalnya saja saya menggunakan class bernama penutup untuk konten default yang saya gunakan, maka kode di atas menjadi:

// Tambahkan konten default pada pos //
function bb_default_post_content( $content ) {
  $content = '<p class="penutup">Kalau pos ini membantu kamu, jangan lupa berbagi dengan yang lainnya ya!</p>
';'; return $content; } add_filter( 'default_content', 'bb_default_post_content' );

Dengan begitu, kita dapat mengubah tampilan konten tersebut dengan CSS, seperti:

.penutup {
  font-style: italic;
  color: #097b84;
  font-family: cursive;
}

Simpan semua kalau kamu sudah selesai. Sekarang setiap kali kamu membuat pos baru, maka konten yang kamu masukan di atas akan secara otomatis muncul pada text editor WordPress.

Tulis pertanyaan dan saran pada kolom komentar di bawah ini. Kalau pos ini membantu kamu, jangan segan untuk berbagi dengan yang lain ya.

Leave a Reply

Close Menu