5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Domain .COM

Nama domain adalah salah satu elemen penting dalam membuat sebuah websie. Dengan nama domain , kita tidak perlu lagi mengingat deretan angka rumit hanya untuk mengakses webite tertentu. Misalnya saja, untuk masuk ke situs ini, kamu hanya perlu mengetik nama domain bisablog,com saja di address bar browser kamu.

Nama domain sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar pada sukses atau tidaknya sebuah brand atau bisnis online. Jadi sebelum mendaftarkannya, pastikan kamu sudah memilih nama domain yang benar. Jangan sampai kamu menggantinya di kemudian hari karena prosesnya bisa cukup rumit.

Selain memilih nama domain sesuai nama brand atau niche blog, satu hal lain yang harus kamu pertimbangkan adalah TLD (Top-Level Domain) yang digunakan.

Saat ini ada cukup banyak ekstensi domain yang bisa dipilih, jumlahnya mencapai 1000+. Meski begitu, di antara semua TLD tersebut, ekstensi .COM harus jadi prioritas utama.

Kelebihan Domain .COM

1. Mudah diingat dan identik dengan website

Alasan utama kenapa kamu harus memprioritaskan domain dengan ekstensi .COM adalah karena TLD ini identik dengan sebuah website. Sebagai contoh, jika saya menyebut nama website, umumnya orang akan berpikiran bahwa website tersebut pasti berakhiran .COM.

Dari pengalaman saya, ada cukup banyak orang tidak mengenal ekstensi selain .COM, bahkan .NET atau .ID yang sebenarnya tidak kalah populer. Jadi ketika mereka ingin mengunjungi sebuah website, mereka pasti akan selalu menambahkan .COM di nama domain yang mereka cari.

Karena itulah, jika nama domain yang kamu incar masih tersedia dalam ekstensi .COM, maka kamu harus mengambilnya sebelum mengincar ekstensi lainnya.

2. TLD Terpopuler di dunia

Menyambung poin di atas, salah satu yang membuat .COM identik dengan sebuah website adalah karena tingkat popularitasnya yang tinggi.

Berdasarkan data dari Statista, 48% domain yang terdaftar pada 10 juta website terpopuler saat ini memiliki ekstensi .COM. Unggul jauh dari pesaing terdekatnya, .RU dan .ORG yang hanya berkisar di angka 5%.

Kelebihan domain .com ada pada tingkat popularitasnya yang sangat tinggi
Tingkat popularitas TLD per November 2019 (Image: Statista)

Hal ini tidak heran mengingat dulu hanya ada beberapa ekstensi saja. Berhubung .COM lebih flexibel, banyak orang yang mendaftarkan nama domain dengan ekstensi ini. Dan melihat tingkat popularitasnya, rasanya akan sulit bagi TLD lainnya untuk bisa menyusul, atau bahkan sejajar dengan ekstensi .COM.

3. Proses pendaftaran yang tidak ribet!

Sebagai ekstensi domain terpopuler, tidak sulit untuk menemukan ekstensi ini di setiap registrar. Hal ini berbeda dengan generic TLD lain yang kadang terbatas hanya di beberapa registrar saja, terutama TLD baru seperti .SHOP atau .ONLINE. Dan jika kita mengincar ccTLD .ID, maka kamu hanya bisa menemukannya di registrar dalam negeri saja.

Selain itu tidak butuh syarat khusus untuk memiliki domain .COM. Kita hanya perlu bayar dan mengisi data-data yang diperlukan untuk pendaftaran nama domain saja tanpa perlu menyerahkan dokumen tertentu.

4. Harga yang murah

Dibandingkan domain lain pada umumnya, domain .COM dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Sebagai contoh, di IDWebhost, domain .COM bisa kamu tebus dengan harga 114K. Bandingkan dengan ekstensi lain yang juga populer seperti .NET (129K), .ID (179K), .BIZ (150K), .ORG (170K), atau .INFO (170K).

Meski ada ekstensi lain yang lebih murah dibanding .COM, kelebihan ekstensi ini membuat harga domain tersebut terlihat sangat sepadan.

5. SEO-Friendly

Domain merupakan salah satu faktor penting dalam menilai ranking sebuah website. Meski bobotnya kecil, TLD domain punya pengaruh dalam menentukan posisi website kita di hasil pencarian.

Sebagai contoh, domain .COM atau .ID mungkin bisa jadi pertimbangan tergantung target pembaca blog kamu. Berdasarkan faktor ranking dari Backinko, ccTLD seperti .ID akan mendapat bobot lebih di hasil pencarian di negara tersebut. Sementara .COM mencakup wilayah yang lebih luas dan bisa saja membuat konten kamu muncul di hasil pencarian negara lainnya.

Apa Kekurangan Domain .COM?

Meski punya banyak kelebihan, domain .COM juga punya kekurangan.

Masalah utama dalam mendaftarkan nama domain dengan ekstensi .COM adalah ketersediaannya. Dengan jumlah peminat yang sangat banyak, domain yang kamu incar bukan tidak mungkin sudah diambil orang lain. Dan jika kamu ingin mendapatkannya dari pihak ketiga, kamu mungkin harus membayar lebih mahal.

Kekurangan domain .COM lainnya masih berhubungan dengan masalah ketersediaan (availability). Dengan banyaknya domain .COM yang sudah didaftarkan, sulit bagi kita untuk mencari domain .COM dengan nama yang pendek. Jadi jangan heran kalau banyak nama domain .COM yang memiliki lebih dari 10 huruf/angka dengan 2-3 kata. Padahal nama domain yang pendek akan lebih baik dan mudah diingat.

Meski begitu, hal ini rasanya bukanlah masalah besar dibanding segala kelebihan domain .COM. Apalagi jika kita membuat nama domain dengan kata-kata berbahasa Indonesia yang lebih banyak tersedia. Dan dengan harga yang relatif murah, domain .COM harus jadi pilihan pertamamu.

Nah, jika kamu ingin mencari registrar nama domain berkualitas dengan harga murah, kamu bisa melihat rekomendasi tempat beli nama domain terbaik dari bisablog.com.

4 comments
  1. Hal yang paling menarik saya di tulisan ini adalah kekurangan domain .com.
    emang karena domain pilihan (dan selalu direkomendasikan agar digunakan) nama domain yang kita incar malah udah kepake (atau didaftarin) orang lain.
    Jadi ingat waktu lagi mau daftarin nama sendiri buat domain, ternyata udah milik orang lain. Mana sewanya sampai 10 tahun. Hah…
    Untung ada PANDI, jadi sekarang bisa wujudin impian meski harganya lumayan mahal dibanding domain sejuta umat .com.

    1. Iyes, salah satu kekurangan domain .COM memang masalah availability-nya, soalnya memang laris dicari. Kalau buat trafik Indonesia sih gak ada salahnya pakai domain .ID, cuma sayang harganya kurang bersaing, gapnya masih terlalu jauh. Saya sendiri juga sebenarnya pengen pakai .ID, tapi lihat harganya yang mahal baru berani pakai .web.id saja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like