Make Money Online

Review Agen BukaLapak: Dapat Untung Berlipat Jadi Juragan Pulsa

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bila sebelumnya saya menulis cara menjual barang di BukaLapak dan cara daftar agen BukaLapak, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman menjual pulsa sebagai Agen BukaLapak. Apakah menjadi Agen BukaLapak benar bisa untung? Simak terus artikel ini yah!

Pada artikel sebelumnya, saya menulis bagaimana cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen BukaLapak. Dengan menjadi Agen BukaLapak, kamu bertindak sebagai dropshipper offline untuk barang-barang yang dijual di situs bukalapak.com.

Namun selain mendapatkan keuntungan dengan menjual barang yang kamu beli dari BukaLapak, kamu juga bisa mendapatkan komisi tambahan, yaitu:

  • Komisi langsung 3% 5% untuk setiap transaksi barang fisik.
  • Komisi mingguan 5% untuk setiap transaksi E-Voucher yang masing-masing memiliki kuota mingguan yang harus kamu penuhi.
  • Komisi tambahan 2% untuk setiap transaksi barang fisik yang dilakukan oleh downline kamu.
  • Komisi sebesar Rp 50.000 untuk setiap Agen yang berhasil kamu rekrut dan telah melakukan transaksi sebesar Rp 1.000.000.
  • Komisi dari bonus promo yang besarnya bervariasi dan biasanya berlaku hanya dalam jangka waktu tertentu.

)* Per tanggal 23 Mei 2017, Bukalapak melakukan perubahan kebijakan yang mempengaruhi besarnya komisi yang didapat Agen Bukalapak.

Sejak tulisan ini dibuat, skema komisi di atas sudah tidak berlaku lagi. Untuk Skema komisi Agen Bukalapak terbaru, silahkan lihat panduan Agen Bukalapak 2018.

Menggiurkan bukan? Jadi kalau kamu belum gabung, segera daftar jadi Agen Bukalapak.

Kenapa harus jadi juragan pulsa?

Komisi utama yang kamu dapatkan dengan menjadi Agen BukaLapak dapat dibagi menjadi dua. Komisi Langsung yang kamu dapatkan untuk transaksi barang fisik dan Komisi Mingguan yang bisa kamu dapatkan untuk transaksi E-Voucher bila memenuhi syarat tertentu.

Meskipun sama-sama mendapatkan komisi, ada beberapa alasan kenapa saya lebih memilih untuk bertransaksi produk E-Voucher sebagai Agen BukaLapak.

  • Bebas biaya administrasi – Dengan menjadi Agen BukaLapak, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5% untuk setiap transaksi. Adanya biaya administrasi ini jelas akan membuat harga jual barang menjadi lebih tinggi apabila dikenakan kepada calon pembeli. Namun khusus untuk pembelian E-Voucher tidak ada biaya administrasi jadi kamu bisa menetapkan harga jual yang kompetitif.
  • Transaksi cepat dan bebas ribet – Berjualan produk non-fisik seperti pulsa atau token listrik dapat dilakukan dalam sekejap mata. Bila ada pesanan, kamu tinggal beli, bayar, dan produk sudah langsung sampai ke tangan pelanggan. Bebas ribet karena kamu juga tidak perlu berurusan dengan masalah barang rusak, barang yang salah kirim, lama sampai, hingga urusan retur barang.
  • Penjualan yang lebih teratur – Setiap orang butuh produk E-Voucher, bahkan penjualannya bisa sangat stabil atau cenderung naik karena semua orang pasti butuh pulsa atau token listrik. Meskipun untungnya mungkin jauh lebih kecil dibandingkan penjualan produk fisik, penjualan E-Voucher yang terus-menerus juga bisa mendatangkan untung yang lumayan.

Satu catatan lain kenapa saya memilih untuk mencoba jadi juragan pulsa BukaLapak adalah pengalaman saya menjual pulsa dan token listrik kepada teman-teman sekantor, jadi bisa sekalian uji coba nih!

Lalu bagaimana dengan harga yang ditawarkan oleh BukaLapak?

Jujur saja saya cukup terkejut ketika pertama kali melihat harga pulsa yang ditawarkan oleh BukaLapak. Sebagai orang yang pernah jualan pulsa, saya bisa yakinkan kalau harga yang ditawarkan tidak jauh beda dengan harga yang ditawarkan oleh agen-agen pulsa lainnya. Kalaupun ada selisih harga, nilainya masih beda-beda tipis saja.

Meskipun begitu tetap ada beberapa harga yang memiliki margin yang cukup tinggi sehingga bila kamu jual dengan harga kios, untungnya sangat tipis sekali.

Dan sama seperti agen pulsa lainnya, harga yang tertera pada bukalapak.com fluktuatif. Jadi jangan heran kalau harganya sering berubah-ubah.

Untuk token listrik sendiri harganya kurang lebih sama dengan token listrik yang bisa kamu beli lewat layanan internet/mobile banking yang disediakan oleh Bank yang kamu gunakan.

Jadi, sangat murah bukan? Bahkan kalau hanya sekedar digunakan untuk konsumsi pribadi, kamu tetap bisa hemat banyak lho![adinserter block=”1″]

Bagaimana cara Agen BukaLapak bisa jadi juragan pulsa

1. Daftar jadi Agen BukaLapak

Untuk menjual produk E-Voucher, kamu sebenarnya tidak perlu mendaftar dulu karena BukaLapak menyediakan fitur Beli Tanpa Daftar. Harga pulsa yang ditawarkan pun sama dengan membelinya menggunakan akun BukaLapak.

Namun untuk mendapatkan komisi dan bonus lainnya, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun BukaLapak lalu daftar menjadi Agen BukaLapak.

Setelah menjadi Agen BukaLapak, kamu bisa mulai menjual produk-produk E-Voucher seperti Pulsa, Token Listrik, Voucher Game, Tiket Kereta Api, hingga Tiket Pesawat Terbang.

2. Isi saldo BukaDompet

Untuk mempermudah transaksi, saya sangat menyarankan untuk mengisi saldo BukaDompet kamu terlebih dahulu. BukaDompet ini nantinya berfungsi sebagai tempat deposit uang yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi di BukaLapak. Jadi tidak perlu lagi bolak-balik transfer dan menghabiskan biaya tambahan.

Untuk menambah deposit BukaDompet, cukup masuk ke homepage bukalapak.com dan pilih opsi BukaDompet.

Masukan nominal yang kamu inginkan, lalu pilih cara pembayaran yang kamu suka kemudian tekan tombol Tambah Saldo.

Cara isi saldo bukadompet

Pada laman berikutnya, kamu akan dipandu untuk melakukan pembayaran sesuai dengan cara pembayaran yang kamu pilih.

BukaLapak memberikan waktu 12 jam bagi kamu untuk melakukan pembayaran. Bila kamu melebihi batas waktu tersebut maka kamu harus mengulang proses pengisian dari awal.

Bila uang sudah diterima oleh pihak BukaLapak, maka saldo BukaDompet akan bertambah secara otomatis. Kamu bisa melihat langsung saldo BukaDompet langsung dari homepage situs BukaLapak.

Cek saldo BukaDompet via homepage BukaLapak

3. Mulai Berjualan produk E-Voucher

Untuk mulai berjualan pulsa, cara yang paling mudah adalah menggunakan handphone yang dilengkapi dengan koneksi internet. Bila kamu menggunakan smartphone, ada aplikasi yang bisa kamu unduh:

CATATAN: Transaksi E-Voucher melalui aplikasi smartphone hanya melayani pembelian pulsa, paket data, dan token listrik saja. Untuk pembelian voucher game, tiket KAI, atau tiket pesawat hanya bisa dilakukan via browser.

Membeli produk E-Voucher di aplikasi BukaLapak caranya sangat mudah, karena fitur ini berada di posisi teratas pada aplikasi tersebut. Untuk melakukan transaksi yang kamu inginkan, cukup pilih menu dan masukan nominal pembelian. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke laman yang berbeda-beda tergantung dari apa yang kamu beli.

  • Untuk pembelian pulsa, kamu akan diarahkan ke laman pembayaran.
  • Untuk pembelian paket data, kamu akan diarahkan untuk memilih paket data yang disediakan provider nomor tersebut.
  • Untuk pembelian token listrik, kamu akan diarahkan ke laman baru yang berisi data-data pemilik nomor listrik.

Setelah selesai memilih paket data atau mengkonfirmasi pemilik nomor listrik, kamu akan diarahkan ke laman pembayaran.

Untuk melakukan pembayaran, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti transfer, mobile payment, melalui gerai retail seperti Indomaret & Alfamart, atau menggunakan BukaDompet.

Bila kamu menggunakan BukaDompet, maka kamu akan diminta untuk memasukan password akun BukaLapak sebelum dapat melakukan pembayaran. Jadi jangan takut saldo BukaDompet disalahgunakan oleh orang lain.

Bayar transaksi bukalapak via bukadompet

Akan ada popup yang muncul bila kamu berhasil melakukan pembayaran dengan BukaDompet. Tidak kurang dari satu menit biasanya pulsa/token listrik yang kamu beli sudah sampai ke tangan pelanggan.

BukaLapak sendiri memberikan batasan 15 menit untuk semua transaksi. Bila dalam rentang waktu tersebut pembelian gagal maka uang pembayaran akan secara otomatis masuk ke saldo BukaDompet.

Untuk memastikan transaksi berhasil, masuk ke menu Transaksi » Pembelian dan lihat status transaksi tersebut. Bila transaksi berhasil maka semua status akan berwarna hijau.

Cek status transaksu BukaLapak

Untuk pembelian token listrik, kamu bisa melihat nomornya dengan masuk ke menu Transaksi » Pembelian. Pilih transaksi pembelian token listrik dan lihat pada menu Token Listrik. Di sini kamu bisa melihat nomor seri yang akan kamu berikan kepada pelanggan.

data-token-listrik

Perbandingannya dengan cara konvensional

Setelah sekian lama menjual pulsa dengan cara konvensional, berjualan pulsa dengan menjadi Agen BukaLapak terlihat sangat menarik. Saya bahkan berpikir untuk beralih sepenuhnya dan meninggalkan cara lama.

Dibandingkan dengan cara konvensional, ada beberapa poin penting yang menjadi pertimbangan saya.[adinserter block=”3″]

1. Keuntungan

Seperti saya sebutkan sebelumnya, harga pulsa yang ditawarkan oleh BukaLapak sangat kompetitif sehingga kamu bisa menjualnya kembali dan mendapatkan profit.

Dengan selisih keuntungan yang beda-beda tipis, adanya komisi membuat Agen BukaLapak bisa mendapatkan profit yang lebih tinggi dibandingkan cara konvensional.

Untuk mendapatkan komisi dari penjualan E-Voucher, kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Akumulasi transaksi pulsa dan paket data mencapai minimal Rp 200.000 pada minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi token listrik mencapai minimal Rp 250.000 Rp 300.000 di minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi voucher game mencapai minimal Rp 100.000 di minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi tiket KAI mencapai minimal Rp 350.000 pada minggu tersebut.
  • Akumulasi transaksi tiket Pesawat mencapai minimal Rp 1.000.000 pada minggu tersebut.

)* Komisi ini bahkan bisa bertambah bila kamu mengikuti promo khusus Agen BukaLapak.

Perhitungan komisi dihitung setiap hari Kamis pukup 23:59 WIB setiap minggunya. Dan bila kamu bisa memenuhi target tersebut, komisi akan otomatis masuk ke saldo BukaDompet.

Komisi Agen BukaLapak
Komisi yang berhasil saya dapat sebagai Agen BukaLapak melalui penjualan pulsa dan token listrik

2. Waktu konfirmasi transaksi berhasil

Salah satu faktor penting dalam penjualan pulsa adalah kecepatan pelayanan. Bayangkan bila kamu harus melayani pelanggan yang sedang buru-buru namun transaksi pulsa tidak kunjung ada kabarnya.

Dengan cara konvensional, saya harus menunggu hingga 60 Menit bila ada transaksi yang berada dalam status pending. Kalau sudah begini, saya bisa berpotensi kehilangan pulsa atau kehilangan pelanggan.

Namun dengan BukaLapak, kamu hanya perlu menunggu 15 Menit saja. Bila transaksi lewat dari batas waktu tersebut maka biaya transaksi akan dikembalikan ke saldo BukaDompet.

3. Pengisian pulsa

Bila ada salah satu kelemahan berjualan pulsa melalui BukaLapak adalah penjualannya yang berdasarkan stok.

stok pulsa kosong

Kejadian ini saya ketahui ketika saya berusaha mengisi pulsa dengan nominal kecil pada sore hari. Alangkah kagetnya saya mengetahui tidak ada pilihan tersebut ketika kita memilih nominal transaksi. Padahal saya baru saja mengisi pulsa dengan provider yang sama dan nominal yang sama pada pagi harinya.

Dengan provider yang sama namun ada nominal yang hilang

Dari komunitas BukaLapak saya baru tahu kalau penjualan E-Voucher dilakukan berdasarkan stok yang ada. Jadi bila tidak ada nominal yang kamu inginkan, barangkali memang stoknya sedang habis.

4. Kenyamanan Bertransaksi

Notifikasi transaksi pulsa melalui SMSMungkin ini adalah hal yang subyektif, namun bertransaksi melalui SMS masih lebih nyaman dibandingkan dengan transaksi melalui internet. Dengan SMS, notifikasi ‘terasa’ lebih mudah didapatkan meskipun melalui internet juga sama.

Pantas saja masih ada bisnis online yang menyediakan layanan premium berupa notifikasi melalui SMS.

Kesimpulan

Berjualan pulsa adalah cara mudah untuk memiliki penghasilan tambahan dengan cara yang cepat. Meskipun keuntungannya terlihat kecil, tapi bila dilakukan dengan baik hasilnya cukup lumayan kok’ untuk menutupi pulsa bulanan kamu.

Dibandingkan dengan agen pulsa biasa, harga yang ditawarkan oleh BukaLapak sangat kompetitif sehingga kamu bisa mendapatkan untung seperti kios pulsa biasa. Ini bahkan belum termasuk komisi yang bisa kamu dapat sebagai Agen BukaLapak. Keuntungan lain berjualan pulsa via Bukalapak juga bisa kamu lihat di artikel isi ulang pulsa XL yang saya buat.

Namun untuk kamu yang sudah berjualan pulsa, saya tidak menyarankan untuk segera beralih sepenuhnya ke BukaLapak. Repot kan kalau harus melayani pembeli tapi stok pulsanya sedang kosong. Tapi adanya komisi jelas akan menambah keuntungan jualan pulsa kamu.

Bagaimana, tertarik juga menjadi juragan pulsa? Daftarkan diri kamu segera dan jadi Agen BukaLapak sekarang!

Image credit: blog.bukalapak.com

16 Comments

    • Syafiq Salman Reply

      Setuju mas, selama ini beli pulsa di Bukalapak kyknya dah mmenuhi kriteria tersebut. Cuma kalau harga harus pakai akun agen/mitra dulu supaya lebih miring belinya 🙂

    • Syafiq Salman Reply

      Kalau berdasarkan Ketentuan top up DANA-nya Bukalapak, minimal tambah saldo untuk pembayaran transfer atau pembayaran instan adalah Rp100.

      Saya sendiri pernah paling kecil deposit Rp10.000. Tp kalau lihat ketentuan di atas, harusnya nilai lebih kecil dari itu bisa.

  1. Dico Sugandhiko Reply

    Misi omm.. Numpang nanya juga sekaligus mohon sarannya.

    Saya sudah lama punya usaha PPOB yg biasa untuk pembayaran rek.listrik, PAM, telepon, pulsa, kredit, dll. Nah kebetulan sekarang ‘yg punya’ PPOB sedang stock opname dikarenakan byk para mitranya yg nunggak setoran jadi sistem di-block utk sementara waktu, secara kan sistem mereka adalah dg memberikan modal deposit dulu ke mitranya lalu setelah transaksi bisa disetorkan ke bank yg ditunjuk.
    Permasalahannya sekarang mungkin dalam waktu dekat sistem tsb blm bisa dipake, dan semakin kesini mestinya banyak pelanggan2 Saya yg akan bayar tagihan seperti biasa. Pertanyaan saya :

    1. Apakah dg menjadi Agen/Mitra Bukalapak merupakan solusi alternatif yg bagus untuk melanjutkan usaha saya ini? Mengingat pelanggan2 ‘loyal’ saya lumayan banyak omm, takutnya pada kabur.

    2. Bagaimana cara kerja sistem Bukalapak, dalam hal ini apakah kita musti deposit terlebih dahulub (modal deposit) atau ada modal sementara dari Bukalapaknya? Karena kalo modal murni jujur saya ga sanggup, banyak pelanggan saya yg membayar tagihan sampai puluhan juta. Apalagi kalo pas tanggal ramai, setoran saya bisa sampe ratusan juga.

    3. Soal cetak resi, apakah apabila transaksi berhasil dapat langsung kita cetak resinya omm..? Ya barang tentu resi fisik tsb untuk pelanggan Saya.

    Mohon solusi, bantuan saran dan masukannya omm.

    Best regards,
    DICO~

    tambahan:
    *Jualan/transaksi saya biasanya cuman tagihan rekening LISTRIK, AIR, TELPON, PULSA, dan CICILAN PEMBAYARAN. Tidak ada/jarang pelanggan2 Saya membayar tagihan diluar tagihan2 itu.

    Makasih :’)

    • Syafiq Salman Reply

      1. Usaha PPBO saya kira ada lumayan banyak alternatifnya. Bukalapak termasuk bisa ngasih murah dan punya banyak promo, tapi kalau bisa jangan cuma mengandalkan satu aplikasi aja. Saya sendiri pakai bbrp aplikasi. Siapapun yang lagi ada promo saya manfaatin, lumayan cashback/rewardnyanya biasanya lebih gede dibanding ngandelin selisih harga supplier-pembeli.
      2. Sistem kerjanya sama kyk kita belanja online, kita bisa deposit dulu atau bayar langsung via transfer. Kalau untuk sistem talangan dana, Bukalapak punya fitur peminjaan uang yang namanya BukaModal. Cuma sayang saya belum pernah pakai jadi agar lebih jelas bisa langsung tanyakan ke CS Bukalapak.
      3. Ya, bisa cetak resi untuk pelanggan. Tapi kyknya hanya bisa cetak lewat printer biasa, bukan yang versi printer bluetooth.

  2. Selamat sore mas,
    Untuk jualan pulsanya kalau dibandingkan dengan yang m-kios itu bagaimana mas? Saya sering dapat sms dicari agen m-kios dengan harga misal 5000 — sekian, 10.000 – sekian yang nominalnya lebih kecil dari 10.000. Jadi kalau dari m-kios sudah dapat dari sananya walau kita jual sama (5000, 10000) apalagi biasanya kita tambahkan jualnya dengan 2000. Misal 10 000 kita jual 12.000. Jadi kita dapat double keuntungan. Nah yang dari Bukalapak ini apa lebih murah dari m-kios itu mas? terima kasih

    • Syafiq Salman Reply

      Masih lebih murah m-kios mas.

      Kalau mau dapat pulsa lebih murah di bukalapak lebih enak gabung jadi agen/mitra bukalapak. Harga yang kita dapet lebih kecil dari nominalnya, sayang cuma berlaku buat nominal besar di atas Rp20.000 kyknya. Tapi kalau mau dijual lagi saingan sama kios biasa juga bisa, tapi untungnya tipis-tipis aja.

  3. Om, saya baru gabung bukalapak, dan ada teman yang beli pulsa ke saya, lalu saya login bukalapak dan saya isikan nomernya. dan saya bayar dengan bukadompet. trus ada isian suruh memasukan kode otentik apa yang dikirim lewat sms ke nomer hp teman saya yang saya isi. ini apakah harus saya isi atau tidak ya om, soalnya kalau kembali maka kode otentik tidak berlaku, maksudnya apa?

    • Syafiq Salman Reply

      Hi mas Indra, daftar akunnyanya pakai nomor siapa? Kode otentik dikirimkan ke nomor pemilik akun untuk menghindari tindak penyalahgunaan akun oleh orang lain. Jadi kalau daftar pakai nomor mas Indra harusnya kodenya dikirim ke nomor mas Indra sendiri, bukan nomor temannya. Kode otentikasi ini memang harus dimasukkan sbg langkah verifikasi bahwa transaksi memang dilakukan si pemilik akun, jadi gpp dimasukin. Yang penting jangan dikasih tau ke orang lain yah!

    • Syafiq Salman Reply

      Hi Mas/Mba Whaty

      Hmmm, boleh dijelaskan lebih spesifik gangguannya? Saya sendiri tidak pernah bermasalah soalnya.

      Kalaupun ada satu hal yang kurang, saya mungkin kurang sreg sama layanan pengisian token pulsa listriknya. Kalau di aplikasi lain kita bisa dapat nomor tokennya dengan cepat, di Bukalapak bisa cukup lama, kadang sy harus menunggu sampai hitungan menit.

    • Syafiq Salman Reply

      Hi Alphapay

      Saya bandingin sama aplikasi yang pernah/sering saya pakai aja yah. Kalau jadi agen bukalapak, harga pulsanya masih lebih murah dibanding Tokopedia, BebasBayar, m-BCA, T-Cash (Telkomsel), dan PayFazz.

      Kalau ada yang lebih murah boleh mas di share di sini 🙂

    • Syafiq Salman Reply

      Hi mas Walidin

      Untuk masalah harga, pulsa yang ada di BukaLapak termasuk sangat murah, bahkan dibandingin aplikasi PPOB seperti BebasBayar atau PAYFAZZ. Cuma sayang setahu saya tidak ada sistem afiliasinya, jadi profitnya ya paling lewat jualan offlinenya saja, CMIIW.

Write A Comment