Tekno

7 Jenis Koneksi Internet Yang Sering Digunakan, Udah Tau?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengenal Jenis Koneksi Internet yang Beragam

Koneksi internet merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting saat ini. Kemajuan teknologi yang pesat menuntut masyarakat untuk mau tidak mau menggunakan koneksi internet untuk bisa melakukan berbagai aktivitas. Jenis koneksi internet sendiri ada beragam, ada yang membutuhkan kabel dan tidak. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Pentingnya Koneksi Internet

Era digital ini sangat membutuhkan koneksi internet. Banyak kegiatan atau aktivitas yang sekarang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan internet. Sekarang sudah hampir semua orang menggunakan smartphone dimana satu gadget itu saja jika sudah terhubung dengan internet segala hal bisa dilakukan.

Jika dulu untuk membaca berita harus membeli Koran atau majalah, sekarang melalui smartphone saja sudah bisa mengetahui berita-berita terbaru. Apalagi sejak ada pandemi covid 19, penggunaan smartphone dan internet semakin meningkat.

Jenis Koneksi Internet

Koneksi internet yang biasa digunakan di masyarakat ada dua jenis yaitu internet yang harus menggunakan kabel dan ada yang tanpa menggunakan kabel. Keduanya tentu ada kelebihan dan kekurangannya sendiri.

1. Koneksi Internet Pakai Kabel

a. Dial-up PSTN

Ini merupakan jenis koneksi internet yang menghubungkan PC atau laptop dengan kabel telepon atau dial up. Jadi ada 3 perangkat yang harus ada, PC, modem, dan telepon rumah. Kecepatan maksimal 56Kbps.

b. ADSL

Ini adalah koneksi internet yang menggunakan modem. Pada koneksi yang satu ini tetap membutuhkan kabel, karena ini bukan modem portable.

c. LAN

LAN, jenis koneksi internet untuk komputer yang berada dalam satu jaringan

Merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang sempit. Satu komputer akan menjadi server utama yang dihubungkan ke internet, nanti computer lainnya mengikuti. Jika koneksi di komputer utama diputus, maka komputer lainnya pun juga tidak akan terkoneksi dengan internet.

d. TV Kabel

Salah satu koneksi internet terbaru yang memadukan internet dengan TV. Bisa melihat tayangan TV berbayar dan layanan internet tersedia juga. Perlu menggunakan kabel koaksial serta menggunakan pemisah saluran untuk dialirkan ke modem juga.

2. Koneksi Internet Tanpa Kabel

a. GPRS

Menggunakan gelombang radio agar bisa melakukan komunikasi data dan juga suara. Koneksi ini juga bisa mengirimkan data dan suara melalui alat komunikasi bergerak. Biasanya dipasang di smartphone tipe GSM.

b. WiFi

jenis koneksi internet WIFI

Ini adalah koneksi internet yang sekarang paling sering digunakan selain TV kabel. Jaringan ini bisa digunakan untuk rumah, kantor, sekolah, dan lain-lain. Jika biasanya kantor menggunakan LAN, sekarang lebih banyak yang memilih WiFi karena lebih praktis. Selain WiFi, kini juga ada MiFi yang semakin banyak digunakan.

MiFi atau Mini Wifi bisa digunakan untuk perseorangan namun tetap tanpa kabel. Beda MiFi dan WiFi terletak pada adanya router mini dan terdapat slot simcard di dalam MiFi. Simcard inilah yang nantinya akan digunakan sebagai sumber data untuk MiFi. Jaringan internet diperoleh dari provider operator. Meski mini tetap saja ini bisa digunakan lebih dari satu orang.

c. Menggunakan Satelit

Kalau untuk koneksi internet ini di Indonesia mungkin belum banyak yang tahu dan menggunakan. Koneksi jenis ini tidak menggunakan kabel tapi menggunakan antena parabola dan aksesnya sangat tinggi. Harganya sangat mahal jadi ini kurang diminati masyarakat.


Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang jenis koneksi internet yang ada. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang paling praktis adalah dengan menggunakan WiFi atau memiliki MiFi sendiri. Telkomsel Orbit adalah solusi tepat untuk penyedia modem dengan kecepatan tinggi dan harga terjangkau. Sinyal sudah pasti kuat dimanapun dan bisa digunakan kapan saja.

Write A Comment