Fungsi Hosting bagi Blog dan Bisnis Online

Website merupakan salah satu media digital marketing yang sangat efektif di masa kini. Bisnis-bisnis online yang ingin mendapatkan banyak konsumen sebaiknya mulai mengembangkan website sebagai media promosi. Membuat blog dengan hosting murah saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Blog bisnis pun bisa dibuat dengan mudah dan cepat sekaligus memberi banyak manfaat.

Mengenal Layanan Hosting

Sebelum tahu lebih jauh mengenai fungsi atau kegunaan hosting bagi blog atau toko online maka penting sekali untuk memahami makna layanan ini. Layanan hosting itu sendiri merupakan tempat penyimpanan data dari suatu halaman website. Hosting memungkinkan semua orang untuk mengakses data yang ingin ditampilkan dari suatu website.

Jika ingin membangun website untuk sebuah bisnis maka penting sekali untuk memilih layanan hosting yang tepat. Kamu harus menggunakan layanan hosting yang berkualitas dan bisa menawarkan akses lancar bagi pengguna lainnya. Kualitas pengelolaan website akan sangat dipengaruhi oleh layanan hosting yang dipakai.

Kegunaan Hosting

Apa saja sebenarnya fungsi dari layanan hosting ini? Sebelum menggunakan layanan ini, maka kamu harus paham dulu apa saja fungsi yang dijalankan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari layanan web hosting:

1. Menyimpan Data

Fungsi pertama dari sebuah layanan hosting adalah menyediakan tempat penyimpanan data. Hosting ini akan menjadi wadah semua data dari website disimpan sehingga dapat diakses oleh banyak orang. Bisa juga disebutkan bahwa layanan hosting ini adalah perpustakaan. Perpustakaan ini akan menyediakan banyak buku yang berupa website. Pengunjung bisa memilih ingin membuka buku yang mana.

Jika sudah menemukan layanan hosting yang tepat, maka pengelola atau pemilik website bisa menentukan konten apa saja yang ingin ditampilkan. Data-data tersebut tentu merupakan data yang memang ingin disebarluaskan kepada audiens. Itulah mengapa penting sekali untuk memilih layanan hosting yang berkualitas.

Apabila layanan hosting yang digunakan berkualitas maka penyajian data website juga akan berjalan dengan lancar. Akses masyarakat menuju semua data dari suatu website bisa berlangsung cepat dan efisien. Ini akan sangat membantu untuk meningkatkan reputasi website kamu dan ini sangatlah penting bagi jenis website yang digunakan untuk bisnis.

2. Alamat Akses Website

Layanan hosting akan berperan sebagai alamat atau link website. Hosting akan menjadi redirected dari sebuah DNS. Suatu situs akan terdaftar DNS terlebih dahulu kemudian redirected oleh hosting sehingga semua orang bisa mendapatkan akses menuju halaman website.

Jika suatu website terdaftar dalam DNS namun tidak punya web hosting maka tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Percuma saja jika memiliki website dan DNS. Apalagi jika website kamu digunakan untuk keperluan bisnis, maka peran web hosting sangatlah dianggap penting.

3. Menjaga Website Tetap Online

Fungsi lain dari sebuah layanan hosting adalah menjaga agar website selalu dalam kondisi online. Jika layanan hosting bekerja stabil dan tidak ada masalah, maka website kamu akan selalu online dan bisa diakses oleh banyak orang. Tentu ini menjadi fungsi yang sangat penting dari sebuah web hosting. Coba bayangkan, bagaimana jika kamu tidak punya layanan hosting dan website yang selalu offline?

Melihat fungsi penting dari layanan hosting, maka kamu sebaiknya memilih layanan yang tepat. Pastikan bahwa web hosting yang dipakai memiliki performa yang stabil. Ada banyak sekali layanan yang tersedia namun belum tentu semua kualitasnya baik. Jika kamu sembarangan memilih layanan tersebut maka bisa saja kinerjanya menjaga website tetap online tidak berjalan dengan baik.

Jika kamu ingin membuat blog untuk toko online, maka penting sekali untuk memilih hosting yang tepat. Apa jadinya jika layanan hosting tidak stabil dan membuat website atau blog kamu mati hidup? Hal ini tentu akan membuat audiens merasa tidak nyaman. Kamu juga mungkin akan kehilangan banyak konsumen yang potensial karena performa website yang tidak optimal.

Cara Memilih Hosting yang Tepat

Saat kamu akan membuat blog untuk toko online, maka penting sekali untuk menemukan layanan hosting yang tepat. Saat ini ada banyak jasa yang menawarkan layanan tersebut. Namun, apakah semuanya bisa diandalkan? Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa tips untuk menemukan web hosting yang berkualitas:

1. Cek Kualitas Server

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan saat memilih hosting adalah kualitas atau performa dari server-nya. Periksa dulu seperti apa kualitas server, apakah cukup stabil atau tidak. Jangan mempercayakan website kamu pada hosting dengan server yang tidak stabil. Ini akan menyebabkan website kamu sulit untuk diakses dan menyebabkan turunnya kepercayaan audiens.

Untuk mengetahui seperti apa performa server, coba perhatikan beberapa aspek. Pertama, lihat lokasi servernya lalu perhatikan spesifikasi yang dimiliki. Informasi ini bisa didapatkan di website resmi layanan hosting atau bertanya langsung kepada customer service.

2. Pilih yang Menyediakan Support 24 Jam

customer service yang baik jadi salah satu tolak ukur hosting berkualitas

Usahakan untuk memakai layanan hosting yang bisa memberikan support selama 24 jam. Perlu diketahui bahwa kondisi website down bisa terjadi kapan saja. Kendala teknis website pun bisa dialami kapan saja tanpa terduga sebelumnya. Akan jauh lebih baik jika kamu bisa mendapatkan dukungan dan bantuan dari customer service selama 24 jam non-stop.

Informasi ini bisa dilihat di website atau bertanya langsung pada customer service. Tanyakan apakah mereka bisa memberi support 24 jam atau tidak. Apalagi layanan ini akan dipakai untuk website yang dipakai berbisnis. Tentu akan sangat merugikan jika website down dan tidak bisa diatasi tepat waktu.

3. Pertimbangkan Harga

Pilihlah layanan hosting yang menawarkan harga sesuai ketersediaan bujet. Penting sekali untuk berkonsultasi masalah harga sebagai bahan pertimbangan. Pastikan juga harga yang ditawarkan setara dengan kualitas yang akan kamu nikmati. Tak ada salahnya untuk banyak bertanya mengenai detail harga juga layanan yang akan diberikan. Jika kamu masih ragu dengan layana hosting yang akan diambil, kamu bisa mencoba hosting yang bisa bayar bulanan untuk mencoba kualitas mereka terlebih dahulu sebelum mengambil hosting dalam jangka yang lebih panjang.

4. Tanyakan Garansi

Akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan layanan dari penyedia hosting yang memberi garansi. Sebenarnya saat ini sebagian besar penyedia layanan akan menawarkan garansi pemakaian. Bahkan kamu bisa mendapatkan uang kembali jika merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan. Selain itu, biasanya penyedia jasa juga menyediakan waktu uji coba bagi konsumen.

5. Cari Tahu Review Pelanggan

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu layanan hosting, cobalah untuk mencari tahu review pelanggan terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan review pelanggan di website resmi penyedia layanan.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi penyedia layanan yang berkualitas lewat forum-forum di media sosial. Ini akan sangat membantu kamu untuk menemukan web hosting yang stabil dan berkualitas.


Itulah tadi sekilas informasi mengenai penggunaan web hosting bagi blog dan toko online. Kamu bisa membuat blog dengan hosting murah namun tetap mendapatkan performa yang bagus. Jangan ragu untuk mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memilih layanan hosting. Jika tersedia layanan uji coba, maka manfaatkan saja untuk melihat seperti apa performa yang ditawarkan.

Write A Comment