Pake WhatsApp untuk Bisnis? Ganti Sama Aplikasi Ini Aja!

Bila kamu menggunakan WhatsApp sebagai sarana bisnis, kamu patut mencoba Whatsapp Business. Selain berguna untuk memisahkan chat pribadi dan chat bisnis, ada banyak fitur keren yang tidak kamu jumpai pada WhatsApp Messenger biasa lho!

Hari gini siapa sih yang tidak kenal WhatsApp?

Aplikasi yang satu ini rasanya sudah menjadi aplikasi wajib untuk kamu yang sering berbalas pesan lewat perangkat mobile.

Pernyataan saya sendiri bukan tanpa alasan karena nyatanya, aplikasi yang diakuisisi oleh Facebook ini memang rajanya aplikasi messenger.

Berdasarkan data dari comscore.com, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling sering diakses oleh pengguna mobile di Indonesia dan hanya kalah dari Google Play saja. (sumber)

Pada laporan yang sama disebutkan kalau WhatsApp sudah memiliki hampir 36 juta pengguna di Indonesia dengan rata-rata waktu pemakaian mencapai 7-8 jam per harinya.

Fantastis bukan?

Tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan kepada kerabat atau teman saja, aplikasi yang satu ini juga umum digunakan dalam berbisnis. Lihat saja! hampir semua pedagang online pasti mencantumkan nomor WhatsApp sebagai salah satu cara untuk menghubungi mereka.

WhatsApp sendiri melihat peluang ini dan meluncurkan WhatsApp Business, aplikasi pesan khusus yang bisa membantu pelaku bisnis menjangkau lebih banyak konsumen dan memanjakannya.

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp messenger biasa yang sering kita gunakan.

whatsapp business untuk Android
Aplikasi WhatsApp Business yang bisa kamu unduh dari Google Play Store.

Aplikasi ini sendiri khusus dibuat untuk kamu yang aktif berbisnis lewat WhatsApp.

Meski sekilas tampak mirip, WhatsApp Business dilengkapi banyak fitur yang tidak kamu temui pada aplikasi WhatsApp messenger biasa.

Sebagai informasi, kedua aplikasi pesan ini bisa kamu pakai secara bersamaan dalam satu smartphone dengan syarat kamu memiliki dua nomor yang berbeda. Bila hape kamu tidak support dual sim, jangan khawatir! Pakai nomor telepon rumah juga bisa kok’.

Terus kalau cuma punya satu hape dengan satu nomor gimana?

Kalau begitu kamu harus menghapus WhatsApp Messenger lama dan ganti dengan WhatsApp Business. Ingat saja untuk membackup chat dan pindahkan ke aplikasi WhatsApp Bisnis.

Sampai saat tulisan ini dibuat, WhatsApp Business masih dirilis dalam versi Beta. Aplikasi ini sendiri hanya tersedia di beberapa negara saja, dan user dari Indonesia beruntung nih guys bisa mencobanya lebih dulu.

Sekarang kita lihat yuk apa saja fitur yang ada pada WhatsApp Business.

Fitur-fitur WhatsApp Business

WhatsApp Business dibuat berdasarkan aplikasi pendahulunya, jadi semua fitur yang biasa kamu temui pada WhatsApp messenger juga bisa kamu lihat pada aplikasi ini.

Jadi selain bisa dipakai untuk group chat, kirim file multimedia, atau telepon, ini nih tambahan fitur yang ada pada aplikasi WhatsAppp Business.

1. Bisa Bikin Profil Khusus Bisnis

Memiliki profil khusus untuk bisnis jelas menguntungkan dibanding mencampurnya dengan profil pribadi.

Selain tampak lebih profesional, profil khusus juga akan membuat pelanggan dapat dengan mudah mengenali dan mencari info seputar bisnis kamu.

Pada WhatsApp Business, selain foto profil dan username, kamu juga bisa menambahkan alamat, peta lokasi, kategori bisnis, deskrisi bisnis, jam buka, alamat email, hingga alamat website.

Semua info ini dapat kamu tambahkan melalui menu SETTINGS » BUSINESS PROFILE » PROFILE.

2. Statistik

Statistik bukanlah hal baru pada WhatsApp. Pada WhatsApp Messenger biasa, kamu bisa lihat data-data mengenai pemakaian aplikasi ini melalui menu SETTINGS » DATA USAGE » NETWORK USAGE.

Menu ini masih bisa kamu temui ada pada WhatsApp Business namun ada tambahan menu data statistik yang bisa kamu lihat melalui menu SETTINGS » BUSINESS PROFILE » STATISTICS.

Di sini kita bisa melihat berapa banyak pesan yang dikirim, pesan yang berhasil terkirim, pesan yang dibaca, hingga berapa banyak pesan yang diterima.

3. Away Message

Away message adalah pesan yang secara otomatis terkirim bila kamu sedang offline (bukan offline dari jaringan internet yah!). Dengan begitu pelanggan akan selalu mendapat respon cepat meski kamu sedang sibuk atau berhalangan.

Isi pesan yang kamu kirim bisa kamu atur sendiri, termasuk waktu pengirimannya. Dan yang lebih asyik, away message bisa diatur agar dikirim bila ada pesan masuk di luar jam kerja kamu.

4. Greeting Message

Sesuai dengan namanya, greeting message atau salam adalah pesan auto-reply yang secara otomatis terkirim saat ada nomor yang pertama kali menghubungimu.

Tapi tidak hanya itu! greeting message juga akan mengirimkan pesan yang sama secara otomatis bila tidak ada aktivitas selama lebih dari 14 hari terhitung sejak chat terakhir dilakukan.


Hal ini sangat berguna nih untuk tetap mengingatkan pelanggan mengenai keberadaan bisnis kamu. Hanya saja sayang kita tidak bisa mengganti rentang waktunya.

5. Quick Replies

Fitur Quick replies pada WhatsApp Business mirip dengan aplikasi Text Expander yang bisa kamu temukan pada desktop. Jadi kita hanya perlu mengetik satu kata dengan tanda pengenal tertentu, maka WhatsApp Bisnis akan secara otomatis menampilkan pesan sebenarnya.

Sebagai contoh, kita bisa mengatur agar kata /thanks secara otomatis tertulis “Thank You for your business!” seperti pada contoh di bawah ini.

Hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu kamu dalam mengetik kata-kata yang sering kamu gunakan seperti pertanyaan yang sering diajukan konsumen atau kalimat sapaan seperti contoh di atas.

6. Label

Fitur Label akan sangat berguna untuk kamu yang melalukan transaksi jual-beli via WhatsApp. Dengan fitur ini, kita bisa menandai chat dengan label yang sudah kita tentukan sendiri.

Sebagai contoh, kita bisa membuat Label “Pelanggan Baru”, “Sudah Pesan”, “Sudah Dibayar”, atau “Selesai” untuk menandai status masing-masing pesan. Dengan begitu follow-up-nya jadi lebih mudah kan!

Penutup

Menurut saya, memisahkan kegiatan pribadi dan bisnis adalah langkah yang baik. Dan aplikasi WhatsApp Bisnis bisa membantu kamu mewujudkan hal tersebut dengan mudah.

Beberapa kekurangan yang saya rasa masih cukup penting adalah tidak adanya kontak terpisah antara WA biasa dan WA bisnis meski saya bisa memasukan nomor pelanggan pada sebuah grup khusus. Selain itu, akan sulit untuk memakai WhatsApp Business untuk sebuah tim selain dengan membuat akun baru untuk masing-masing anggotanya.

Meski begitu, WhatsApp Business menjadi pilihan yang jauh lebih baik dibanding WhatsApp Messenger biasa bila kamu memang fokus memakai aplikasi ini untuk berbisnis. Lagipula kamu bisa memakainya bersamaan selama kamu memiliki dua nomor yang berbeda pada satu hape.

Dan walau masih berstatus BETA, aplikasi ini bisa berjalan cukup baik pada perangkat yang saya gunakan. Dan untuk kamu yang juga memakai layanan WhatApp Web, aplikasi ini juga bisa disambungkan juga kok’.

Apakah kamu pernah mencoba WhatsApp Business? Apa kesan kamu terhadap aplikasi ini? Jangan segan untuk memberi komentar di bawah ini yah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *