RIP Digg Reader – 4 Feed Reader Terbaik sebagai Alternatif

Setelah lima tahun, Digg Reader akhirnya secara resmi ditutup pada hari Senin kemarin (26/3/2018). Untuk kamu yang sedang mencari penggantinya, beberapa layanan feed reader terbaik ini bisa menjadi alternatif untuk membantu kamu move on dari Digg Reader.

Fungsi dari feed reader adalah untuk mengumpulkan feed dari satu atau beberapa website dan menampilkannya dalam satu tempat.

Feed reader sendiri memiliki banyak nama lain seperti RSS reader, feed aggregator, atau news aggregator.

Dengan feed reader, kamu bisa melihat daftar artikel atau update terbaru dari beberapa web sekaligus tanpa harus mengunjungi semua situs tersebut.

Salah satu aplikasi feed reader yang sangat populer adalah Google Reader. Namun sayang layanan tersebut kini sudah tidak aktif setelah pada tahun 2013 Google memutuskan untuk menghentikannya.

Sejak ditutup, feed reader lain berlomba-lomba untuk merebut hati pelanggan setia Google Reader yang mulai mencari alternatif lain. Selain pemain lama, banyak juga bermunculan feed reader baru seperti Digg Reader buatan digg.com.

Digg sendiri sebenarnya lebih dulu dikenal sebagai situs news aggregator yang fungsinya mengumpulkan berita-berita menarik di internet.

Namun sejak berita akan ditutupnya Google Reader mulai terendus, tim Digg mulai fokus membuat aplikasi feed reader dan berharap mereka bisa tampil sebaik pendahulunya tersebut.

Lima tahun berselang, Digg akhirnya memutuskan untuk menghentikan layanan mereka tersebut pada tanggal 26 Maret 2018 kemarin.

Digg Reader menjadi feed reader kedua yang ditutup di tahun ini setelah AOL Reader juga memutuskan untuk menutup layanan mereka bulan Januari lalu.

Untuk kamu yang menggunakan Digg Reader, pastikan kamu sudah menyimpan semua yang kamu butuhkan untuk memindahkan kumpulan feed ke RSS reader yang baru pada digg.com/settings.

Bila kamu masih belum menentukan feed reader apa yang harus kamu pakai, beberapa alternatif berikut bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya.

Feed Reader Terbaik Sebagai Alternatif Digg Reader

Untuk memilih feed reader terbaik sebagai alternatif Digg Reader, saya akan memakai daftar RSS reader yang dicantumkan pada pesan perpisahan Digg Reader. Beberapa opsi yang ada dipilih dengan satu fungsi wajib yaitu bisa mengimpor file OPML. File OPML ini sendiri berguna untuk memindahkan semua feed yang ada pada Digg Reader ke feed reader baru pilihanmu.

Beberapa alternatif yang bisa kamu pakai antara lain:

  • InoReader
  • Feedly
  • FeedBin
  • Panda
  • FeedWrangler
  • Reeder
  • Leaf
  • Newsblur

Namun saya mungkin tidak akan membahas semua karena FeedBin dan FeedWrangler hanya menyediakan layanan premium sedang Leaf dan Reeder adalah aplikasi feed reader khusus perangkat Mac/Apple.

1. Feedly

Platform: Web, iOS, Android

Tampilan RSS reader Feedly (Image: zapier.com)

Satu nama yang secara otomatis muncul bila kamu mencari feed reader terbaik saat ini adalah Feedly.

Bersaing sejak lama dengan Google Reader, popularitas Feedly mulai meningkat tajam setelah berhentinya rival terbesar mereka tersebut. Tidak tanggung-tanggung, pengguna Feedly melesat dari 4 juta user menjadi 12 juta user dalam waktu singkat[1].

Tidak seperti Google Reader, Feedly memiliki tampilan yang sangat baik dan modern. Kamu bahkan bisa memiliki satu dari empat macam tampilan yang sesuai dengan seleramu.

Untuk menambahkan feed baru pun caranya cukup mudah. Kamu bisa mencarinya berdasarkan keyword atau langsung memasukan link web yang ingin kamu ikuti. Feedly bahkan akan menyediakan rekomendasi feed berdasarkan hasil pencarian tersebut.

Semua feed yang kamu pilih bisa dimasukan dalam kategori khusus agar kamu dapat dengan mudah membaca berita dalam satu tema yang sama.

Satu kelebihan lain dari Feedly adalah integrasinya dengan media sosial sehingga kamu dapat membagikan artikel menarik dengan mudah ke akun sosmed pilihan kamu.

Fitur lain yang baru ditambahkan adalah Read Later yang bisa digunakan untuk menyimpan artikel yang kamu sukai namun belum sempat kamu baca. Ini adalah hal yang sangat berguna mengingat Feedly akan secara otomatis menandai artikel yang dipublikasikan lebih dari 30 hari sebagai Read (dibaca).

2. InoReader

Platform: Web, iOS, Android, Windows Phone

Tampilan RSS reader InoReader (Image: zapier.com)

InoReader adalah nama populer lainnya bila kamu ingin mencari feed reader terbaik.

Saya sendiri dulu sempat tertarik namun karena aksesnya yang cukup lambat saya lebih memilih Feedly. Namun kini InoReader tampil jauh lebih baik sejak terakhir saya memakainya.

Salah satu kelebihan InoReader adalah tidak adanya batasan, baik pada feed atau pada fitur pencarian yang kamu pakai.

Selain itu tidak ada batas waktu pada feed yang bisa kamu simpan. Jadi kamu tidak perlu khawatir feed yang belum kamu baca hilang.

Untuk kamu yang tidak menggunakan Digg Reader sebelumnya, RSS reader yang satu ini juga akan memberi kamu rekomendasi feed saat kamu memakainya untuk pertama kali.

Feed yang direkomendasikan akan diberikan setelah kamu memilih beberapa kategori yang ditawarkan.

3. Panda

Platform: Web, iOS, Chrome

Tampilan RSS reader Panda (Image: zapier.com)

Jujur saya belum pernah mendengar RSS reader Panda sampai saya membuat artikel ini dan membaca alternatif layanan yang direkomendasikan Digg sendiri.

Ternyata, Panda sudah ada sejak tahun 2013 dan aplikasi ini akan lebih baik digunakan sebagai ekstensi Chrome meski kamu juga bisa memakainya melalui web seperti biasa.

Satu hal yang cukup unik dari feed reader ini adalah pilihan 8 layout yang bisa kamu pilih untuk melihat feed yang ada pada layanan ini. Kamu bahkan diberi shortcut agar dapat berpindah dari satu layout ke layout lainnya dengan cepat dan mudah.

Artikel yang ada bisa kamu baca dalam dua mode, distraction free reading yang hanya akan menampilkan isi konten saja, atau original yang akan memperlihatkan tampilan konten asli artikel tersebut.

Hal lain yang cukup unik adalah fitur tab baru yang bisa kamu isi dengan catatan, gambar, to-do list, jam, dll. Dan sama seperti Feedly, kamu bisa menyimpan artikel yang kamu suka dengan fitur Bookmark.

4. NewsBlur

Platform: Web, iOS, Android

Tampilan RSS reader NewsBlur (Image: zapier.com)

NewsBlur adalah nama terakhir dalam daftar alternatif pengganti Digg Reader kali ini.

Feed reader yang satu ini memilik banyak kelebihan dibanding layanan lainnya. Namun sayang kebanyakan fitur tambahan tersebut hanya bisa dinikmati bila kamu memakai layanan premium NewsBlur.

Untuk versi gratisannya, kamu hanya bisa menambah 64 feed saja yang akan diupdate 1 kali setiap harinya.

Dan untuk jumlah artikelnya pun terbatas hanya 5 saja untuk masing-masing feed.

Penutup

Berkaca pada ditutupnya layanan Digg Reader dan AOL Reader, rasanya sulit membayangkan nasib feed reader lain ke depannya.

Melihat manfaat yang bisa didapat dari sebuah feed reader, cukup mengagetkan kalau layanan ini tidak begitu populer, setidaknya di sekeliling saya. Banyak yang masih mempertanyakan fungsi dari RSS Reader dan lebih memilih untuk mengunjungi situs langsung untuk membaca konten terbaru mereka.

Lagipula saat ini RSS memang tidak lagi menjadi pilihan utama. Kini banyak website yang lebih memilih untuk menggiring penggunanya menikmati artikel terbaru melalui email atau layanan sosial media.

Saya tentu masih ingin agar feed reader terus dapat bertahan. Feedly sendiri sudah menjadi bagian penting bahkan sebelum saya memakainya untuk menunjang kegiatan blogging. Dan rasanya sulit juga membayangkan layanan ini hilang selamanya.

Apakah kamu pernah menggunakan Digg Reader? Apa feed reader alternatif yang kamu pilih saat ini? Jangan segan untuk berbagi ceritamu di komentar di bawah ini yah!


Pos Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.